PVinAsia.com – Adanya himbauan berupa penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di rumah, menjadi angin segar yang diterima oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena menggunakan listrik surya atap, memiliki keunggulan yang dapat menarik simpati orang Indonesia. Sehingga tidak heran bila banyak masyarakat Indonesia yang mulai memasang listrik surya atap tersebut.

Keunggulan Menggunakan Listrik Surya Atap

Penggunaan listrik surya atap memiliki keunggulan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Hal ini karena himbauan penggunaan listrik surya atap tersebut, masih tergolong baru. Meski demikian, sudah ada sebagian warga yang sudah memasang listrik surya atap di rumah. Pastinya mereka telah merasakan keunggulan listrik surya atap tersebut.

1. Cocok dengan Iklim Indonesia

Keunggulan pertama dalam penggunaan listrik surya atap adalah cocok dengan iklim Indonesia. Indonesia memiliki intensitas cahaya yang cukup dalam satu tahunnya. Sehingga penggunaan listrik surya atap, sangat cocok dilakukan di Indonesia. Hal ini karena listrik surya atap membutuhkan sinar matahari yang tergolong stabil setiap harinya.

2. Listrik Surya Atap Ramah Lingkungan

Keunggulan kedua dalam penggunaan listrik surya atap adalah ramah lingkungan. Penggunaan panel surya fotovoltaik sangatlah aman. Hal ini karena panel surya tersebut, tidak menghasilkan karbon dioksida yang dapat menimbulkan efek rumah kaca. Sehingga penggunaan listrik surya atap tergolong aman, karena tidak mengandung bahan bakar fosil di dalamnya.

3. Memanfaatkan Sinar Matahari

Keunggulan ketiga dalam penggunaan listrik surya atap adalah dengan memanfaatkan sinar matahari. Penggunaan listrik surya atap terbagi menjadi dua tipe, yaitu on – grid dan off – grid. Tipe on grid adalah yang paling banyak digunakan sekarang ini.

4. Proses Pemasangan Mudah

Keunggulan keempat dalam penggunaan listrik surya atap adalah proses pemasangan mudah. Untuk pemasangan perangkat panel surya fotovoltaik, tergolong mudah untuk dilakukan. Selain pemasangannya yang mudah, perawatan perangkatnya juga tergolong murah. Sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk biaya perawatan perangkat panelnya.

5. Tidak Menimbulkan Polusi Suara

Keunggulan kelima dalam penggunaan listrik surya atap adalah tidak menimbulkan polusi suara. Hal ini karena cara kerja listrik surya atap tersebut, hanyalah menggunakan paparan sinar matahari saja yang nantinya berubah menjadi energi listrik. Itulah yang menyebabkan penggunaan listrik surya atap tidak menimbulkan suara.

6. Harga Panel Surya Bersahabat

Keunggulan keenam dalam penggunaan listrik surya atap adalah harga panel surya bersahabat. Meskipun sudah mulai banyak masyarakat yang menggunakan listrik surya atap, namun tidak membuat harganya menjadi mahal. Malahan harga panel surya menjadi turun dan bersahabat. Perlu diingat bahwa dalam penggunaan panel surya, tidak perlu menggunakan biaya besar.

7. Penggunaan Panel Surya mencapai 20 Tahun

Keunggulan ketujuh dalam penggunaan listrik surya atap adalah penggunaan panel surya mencapai 20 tahun. Keunggulan ini sangat menguntungkan para penggunanya. Bahkan selama 20 tahun tersebut, efisiensi dalam panel surya tersebut masih tetap bagus. Itulah yang menjadi alasan para pengguna listrik surya atap, di masa yang sudah canggih seperti sekarang ini.

8. Tagihan Listrik Lebih Murah

Keunggulan kedelapan dalam penggunaan listrik surya atap adalah tagihan listrik lebih murah. Hal ini karena penggunaan listrik surya atap hampir separuhnya menggunakan energi dari sinar matahari. Sehingga penggunaan listrik hanya ketika malam hari saja, dimana energi matahari sudah digantikan dengan listrik yang berasal dari PLN.

Ada berbagai macam keunggulan dalam penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di rumah. Itulah alasannya mengapa listrik surya atap sangat menarik untuk digunakan di Indonesia. Oleh sebab itu bagi Anda yang belum menggunakan listrik surya atap, segera pasang untuk mendapatkan berbagai keuntungannya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *