Aplikasi Awning Panel Surya Mempercantik Rumah

Pemasangan panel surya pada bangunan rumah, memang banyak dilakukan pada atap. Namun siapa menyangka, awning dapat disulap menjadi penyuplai energi terbarukan yang ramah lingkungan secara mudah, seperti Aplikasi Awning Panel Surya.

Lokasi pemasangan awning panel surya, tetap menjadi prioritas utama. Arah bangunan, penerimaan cahaya matahari, bayangan dan sudut pemasangan, adalah beberapa hal yang tetap harus diperhatikan ketika hendak memasangan awning.

Aplikasi Awning Panel Surya Mempercantik Rumah
Sumber: www.rentvine.com

Arah bangunan

Idealnya, lokasi aplikasi awning panel surya harus tetap mempertimbangkan arah utara atau selatan dan lintasan matahari. Awning yang menghadap utara atau selatan akan lebih maksimal memproduksi daya matahari, dibanding awning yang hanya menghadap timur dan barat.



Penerimaan cahaya matahari

Cahaya matahari yang terbaik adalah antara pukul 10.00 – 14.00, jadi pastikan pada jam tersebut awning panel surya menerima sinar matahari. Jika awning panel surya hanya mampu menangkap sinar matahari secukupnya, maka pastikan panel surya yang digunakan memiliki efisiensi yang tinggi. Hal ini akan membantu produksi daya listrik menjadi semakin tinggi.

Bayangan

Pastikan awning panel surya yang anda pasang bebas dari bayangan, baik bangunan sekitar, pohon atau objek lain yang mungkin menghalangi sinar matahari. Pastikan cermat dalam memilih lokasi, sebelum pemasangan awning dilakukan. Jika memiliki kemungkinan terganggu oleh bayangan, akan lebih baik aplikasi panel surya untuk awning dipindahkan ke tempat yang lebih ideal. Namun jika kondisi tidak memungkinkan, maka gunakan panel surya dari thin film untuk memaksimalkan fungsi panel.

Sudut pemasangan

Sudut pemasangan dapat dimaksimalkan dengan pemasangan penyangga modul yang tepat. Secara ideal, Indonesia cukup menggunakan sudut 5º – 15º untuk aplikasi awning panel surya. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan sudut datanganya sinar matahari dan membuang air hujan agar tidak tergenang. Namun, untuk optimalisasi, akan lebih baik jika disesuaikan dengan lokasi pemasangan dan referensi dari kontraktor pemasangan.

Sebenarnya tidak sulit memasang awning panel surya, karena aplikasinya dapat disesuaikan dengan keinginan. Tentu akan sangat menarik, jika awning yang selama ini berfungsi hanya untuk memberikan kesan teduh, juga mampu digunakan untuk memproduksi energi listrik bagi kebutuhan sehari-hari rumah tangga.




Artikel yang mungkin Anda cari:




Tinggalkan Balasan