Biaya Sistem Panel Surya Atap Untuk Rumah 5500 VA

Bagaimana merencanakan sistem untuk rumah dengan daya 5500VA? Berapa biaya sistem panel surya atap untuk rumah 5500 VA jika ingin melakukan pemasangan? Komponen apa saja yang dibutuhkan? Dan bagaimana menentukan sistem yang tepat?

Penyederhanaan Pelanggan Listrik non-subsidi menjadi 5500 VA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT PLN (Persero) berencana menyederhanakan golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi.

Sebelumnya penyederhanaan ke pelanggan dengan golongan 900 VA tanpa subsidi, 1300 VA, 2200 VA, dan 3300 VA akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 4400 VA. Namun, kemudian Kementerian ESDM dan PLN berencana akan menaikan golongan tersebut ke 5500 VA, seperti dikutip dari Detik dari Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, di Kementerian ESDM, Jakarta (14/11/2017).

Untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan perubahan, Kementerian ESDM dan PLN juga menjamin tidak ada biaya yang akan diambil dalam penambahan daya tersebut, seperti dikutip dari BeritaSatu. Selanjutnya, Direktur Utama PLN Sofyan Basir (16/11/2017) juga menjamin tidak ada penambahan abunemen.

Ilustrasinya sebagai berikut:

  1. Jika pelanggan 1300 VA dengan biaya abunemen Rp 76.284 per bulan ingin naik daya ke 5500 VA, maka biaya abunemen nantinya tetap Rp 76.284. Atau,
  2.  pelanggan 2200 VA dengan abunemen Rp 129.096 naik daya ke 5500 VA dengan abunemen Rp 322.740. Setelah naik daya 5500 VA, biaya abunemen tetap Rp 129.096

Sedangkan untuk besaran tarif per kWh tidak akan berubah. Contohnya jika sebelumnya golongan 1300 VA membayar Rp 1467,28/kWh, maka jika telah berubah ke golongan 5500 VA, harga tersebut tetap.

Namun bagaimana detail teknis pelaksanaannya lebih lanjut, kita juga masih menunggu keputusan kebijakan dari Kementerian ESDM dan PLN.

Berapa rata-rata konsumsi pelanggan 5500 VA?

Yang menarik untuk dibahas lebih lanjut adalah apakah dengan penambahan daya ini, pelanggan yang awalnya berlangganan 1300 VA atau 2200 VA akan mengalami konsumsi listrik yang sama saat berpindah ke daya 5500 VA?

Oleh karena itu kebijaksanaan pelanggan sangat dituntut dalam mengkonsumsi listrik, jangan sampai tagihan yang awalnya kecil menjadi membengkak karena listrik rumah tidak dibatasi “jeglek” lagi.

Sekarang ini, rata-rata pelanggan 5500 VA mengkonsumsi kurang lebih 46,5 kWh setiap harinya, atau setara 1.395 kWh setiap bulannya. Jika pelanggan tersebut membayar Rp 1.467,28/kWh, maka asumsi rata-rata perbulan pelanggan akan membayar Rp. 2.000.000,-.

Berapa biaya Sistem Panel Surya Atap Untuk Rumah 5500 VA?

Untuk memenuhi kekurangan kebutuhan listrik sebesar 5500 VA tersebut, ada beberapa tipe aplikasi sistem listrik surya yang dapat digunakan, yaitu:

Sistem Grid Tie dengan EXIM tanpa baterai

Pada sistem grid tie, sistem panel surya harus berada di area yang memiliki jaringan koneksi dengan PLN untuk dapat bekerja. Minimal pada area tersebut PLN dapat bekerja 24 jam dan hanya terjadi pemadaman listrik sekali dalam sebulan dengan total lama waktu pemadaman tidak lebih dari satu jam. Hal ini karena sistem panel surya membutuhkan sinkronasi daya listrik PLN sebagai pemicu sistem bekerja, atau dengan kata lain sistem listrik surya hanya berfungsi jika listrik PLN ada.

Yang perlu dicatat adalah pengguna yang ingin memasang sistem Grid tie dengan EXIM hanya dapat memasang listrik energi surya kurang dari daya meter terpasang. Sehingga untuk meter 5500 VA, maka sistem listrik energi surya yang dapat diinstal adalah maksimal sebesar 5400 Wp atau lebih kecil.

Untuk biaya sistem panel surya atap untuk rumah 5500 VA tipe grid tie ini, disediakan harga mulai dari Rp. 85.000.000,- Untuk per 5 kWp (5000 Wp), dengan biaya komponen pelengkap dan biaya pasang mulai dari Rp. 35.000.000,-. Perbedaan biaya dapat terjadi tergantung dengan jenis pilihan produk yang digunakan, lokasi pemasangan, sistem pembiayaan dan tambahan layanan lainnya, seperti sertifikat laik operasi, bantuan pengurusan izin dan lain sebagainya.

Dengan kebutuhan listrik yang mencapai 46,5 kWh per harinya, maka listrik surya dapat memenuhi maksimal hingga 25 kWh atau setara 53% kebutuhan harian listrik rumah tangga.

Berapa biaya sistem panel surya atap untuk rumah 5500 VA jika menggunakan grid tie EXIM? Grid tie dengan baterai? Hybrid? sesuaikah dengan manfaat yang didapat?

biaya sistem panel surya atap untuk rumah 5500 VA
Sumber: solar-phillippines.com
Sistem Grid Tie dengan EXIM dan baterai

Pada sistem grid tie ini, sistem kerjanya sama dengan sistem grid tie diatas, namun ada penambahan baterai sebagai cadangan daya jika listrik mati. Sehingga sistem dapat mendukung kebutuhan listrik rumah, baik saat ada listrik PLN ataupun tidak ada.

Harga komponen grid tie nya tidak berbeda jauh dengan seperti yang dijelaskan diatas, namun ada penambahan komponen inverter charger dan baterai, sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Dapat diasumsikan untuk setiap kebutuhan cadangan daya 1000 watt per jamnya, dibutuhkan penambahan biaya mulai dari Rp. 5.000.000,- (sesuai dengan tipe kualitas inverter charger dan tipe baterai) untuk lama penggunaan bervariasi sesuai umur pakai produk baterai.

Cadangan daya 1000 watt tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalkan, pelanggan ingin memiliki backup 5000 watt untuk setiap jamnya. Sehingga menjamin seluruh perangkat beban rumah tidak mati, selama maksimal 1 jam dari waktu listrik PLN putus. Biaya dapat dihitung dengan mengkalikan nilai biaya dengan kelipatan cadangan daya yang dibutuhkan.

Sebagai catatan, nilai biaya tersebut hanya untuk mempermudah anda dalam menghitung awal kebutuhan. Untuk detail dan total kebutuhan biaya nyata yang dibutuhkan, anda dapat menanyakan langsung kepada penyedia layanan pembelian dan pemasangan listrik surya, seperti janaloka (Iklan).

Sistem hybrid pararel PLN

Pada sistem panel surya hybrid, sistem mampu bekerja dengan terhubung, tanpa terhubung ataupun bersamaan dengan PLN. Sistem ini cocok untuk lokasi yang memiliki PLN, namun sering terjadi pemadaman listrik.

Biaya sistem panel surya atap untuk rumah 5500 VA yang dibutuhkan adalah mulai dari Rp. 245.000.000,- untuk cadangan daya selama maksimal 4 jam setiap harinya. Jika anda membutuhkan daya lebih, maka dapat diberikan dua pilihan:

(1) Menambah daya baterai untuk penyimpanan, sehingga anda bisa menggunakan listrik rumah untuk bantuan catu daya. Tambahan biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp. 15.000.000,- untuk setiap jamnya. Alternatif pertama ini merupakan pilihan yang murah dan tepat, jika lokasi anda sering mati listrik lebih dari 4 jam setiap harinya.

(2) menambah daya baterai dan kapasitas terpasang panel surya, sehingga catu daya dapat diambil langsung dari pembangkit listrik surya. Tambahan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 245.000.000,- setiap penambahan 4 jam nya. Alternatif kedua ini dapat digunakan jika lokasi anda memang “kesulitan” listrik PLN dan sering menggunakan genset. Karena biaya investasinya cenderung sangat tinggi.

Sebagai catatan, nilai tersebut tidak bersifat mengikat dan dapat berubah sesuai penawaran kualitas produk yang diberikan. Juga nilai kelipatan yang ditampilkan hanya sebagai acuan, dan dapat berubah sesuai perhitungan detail di rumah pengguna.

Jadi, apakah sudah mulai tertarik menggunakan listrik surya sebagai sumber listrik alternatif?

Artikel yang mungkin Anda cari:

Tinggalkan Balasan