Iklan
Kategori: Desain

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya?

PVinAsia – Kamu mungkin sudah mengenal panel surya sebagai salah satu alternatif energi terbarukan untuk memproduksi listrik. Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluan seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan. Tapi sebenarnya kamu tahu nggak cara kerja panel surya? Kali ini kita akan membahasnya secara singkat dan mudah!

Panel surya terdiri dari kumpulan sel surya

Mungkin ada yang bingung, apa ya bedanya panel surya dan sel surya?

Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Nah, yang bertugas menyerap ini adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari beberapa komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya (photo) menjadi listrik (voltaic). Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, lapisan anti reflektif, dan strip konduktor metal. Lapisan-lapisan inilah yang berjasa menghasilkan listrik agar bisa kamu nikmati di rumah.

Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan. Semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Jumlah sel surya untuk penggunaan industri tentu berbeda dari sel surya untuk rumah.

Jenis-jenis sel surya

Ada banyak jenis sel surya yang telah dimanfaatkan, Namun sel surya berbasis silikon adalah paling sering yang kita jumpai dalam penggunaan masal. Beberapa jenis yang bisa kita temui di pasaran, yaitu:

Iklan
LAINNYA
  1. Monocrystalline silicon PV Module
  2. Polycrystalline silicon PV Module
  3. Amorphous silicon PV module
  4. Hybrid silicon PV module

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sel surya silikon lebih banyak dipilih? Pemilihan silikon karena selain mudah didapat di alam, juga tidak menghasilkan polusi atau berbahaya bagi lingkungan.

Cara kerja panel surya berarti membahas proses yang terjadi di dalam sel surya

Sederhananya, ketika sel surya menyerap cahaya, maka terdapat pergerakan antara elektron di sisi positif dan negatif. Adanya pergerakan ini menciptakan arus listrik sehingga dapat digunakan sebagai energi alat-alat elektronik.

Lebih detilnya, energi matahari membawa foton yang bisa dipecah menjadi ion positif dan ion negatif. Ion negatif ini akan bergerak menuju lapisan negatif yang ada di sel surya, dan begitu pula sebaliknya dengan ion positif. Nah, ion negatif akan bergerak menuju ion positif melewati beberapa lapisan. Pergerakan inilah yang menciptakan arus listrik.

Semakin banyak sel surya yang terpasang, semakin besar pula voltase maupun arus yang dihasilkan. Oleh karena itu pemasangan panel surya juga disusun berdasarkan kebutuhan listrik khususnya dalam rumah tangga.

Kamu bisa menghubungi PV in Asia dan mencoba kalkulator SIAP untuk mencari tahu biaya pemasangan panel surya kamu!

Iklan

Apa Komentarmu?

Email Anda tidak akan kami publikasikan Isi kolom dibawah ini *

TERBARU

Tagihan Listrik Raffi Ahmad Bisa Hemat Hingga 22% Dengan Listrik Surya Atap

Tagihan listrik PLN Raffi Ahmad mencapai 17 juta rupiah per bulannya, Jika Raffi Ahmad memasang… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Tiga Pertimbangan Awal Pemasangan Panel Surya di Atap Rumah

Pemasangan panel surya di atap rumah anda dapat jadikan solusi untuk kebutuhan energi listrik. Berikut… SELANJUTNYA

5 bulan yang lalu

8 Alasan Mengapa Menggunakan Listrik Surya Atap Menarik untuk Orang Indonesia?

Menggunakan listrik surya atap, memiliki keunggulan yang dapat menarik simpati orang Indonesia. Berikut beberapa alasan… SELANJUTNYA

6 bulan yang lalu

Lima Startup Listrik Surya Atap 2020

Salah satu pemanfaatan energi surya adalah sebagai alternatif sumber energi listrik atau dikenal sebagai listrik… SELANJUTNYA

6 bulan yang lalu

Apa Sih Bedanya Panel Surya dan Sel Surya?

PVinAsia.com - Apakah kamu tertarik untuk mengganti sumber listrik rumahmu dengan panel surya? Itu adalah… SELANJUTNYA

6 bulan yang lalu

Panel Surya Bisa Berdampak Langsung Ke Biaya Rumah Sakit Kamu, Kok Bisa?

Umumnya, panel surya dikaitkan dengan nilai ekonomis pemakaian listrik dan energi terbarukan. Tapi ada korelasi… SELANJUTNYA

6 bulan yang lalu

This website uses cookies.