Iklan
Kategori: Panel Surya Atap

Cara Mudah Memasang Panel Surya Di Atap

Setelah anda melakukan perencanaan, maka hal selanjutnya yang akan dilakukan adalah melakukan pemasangan dan instalasi panel surya di atap. Disarankan, anda menghubungi ahlinya untuk proses pemasangan untuk hasil yang lebih maksimal. Namun, anda dapat melakukan beberapa cara mudah memasang panel surya di atap berikut ini:

Iklan

Persiapan komponen produk

Untuk melakukan pemasangan, anda harus telah memiliki seluruh komponen yang dibutuhkan, mulai dari panel surya, Inverter,  penyangga panel dan berbagai komponen pelengkap pendukung lainnya.

Pastikan anda mendapatkan produk berkualitas dan memiliki jaminan garansi yang baik. Hal ini akan memudahkan anda dalam melakukan klaim ketika terjadi kerusakan dan butuh bantuan dalam penggunaan produk. Jangan pernah menilai barang hanya dari harga.

Pemasangan instalasi sesuai desain rencana

Kemudian, setiap susunan panel surya akan dikoneksikan secara seri dan pararel untuk mendapatkan spesifikasi daya keluaran yang sesuai dengan standar penggunaan inverter. dalam hal ini anda perlu memastikan proteksi, untuk mencegah short circuit, over charge, kerusakan akibat petir dan lain sebagainya.

Iklan
LAINNYA

Perhatikan keamanan dan dapatkan sertifikat laik operasi

Setelah yakin sistem panel surya telah terpasang sempurna, anda dapat menghubungkan instalasi tersebut dengan instalasi rumah tangga dan PLN. Jangan ragu untuk menghubungi tenaga ahli yang kompeten untuk memantau ulang seluruh koneksi yang telah anda pasang. Karena, kerusakan akibat kelalaian instalasi dapat menyebabkan kecelakaan bahkan kematian.

Cara mudah memasang panel surya di atap dapat membantu pengguna mengetahui secara umum proses pemasangan sistem panel surya yang benar dan aman.

Sebagai tambahan, untuk cadangan daya saat listrik padam. Anda dapat menggunakan baterai. Pilihan baterai untuk sistem panel surya ini pun beragam, dari baterai lead acid hingga lithium. Lama penggunaan baterai pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 1 jam/hari atau bahkan 24 jam/hari.

Penggunaan mudah dari sistem panel surya

Aplikasi sistem panel surya tidak memiliki komponen bergerak, seperti diesel atau mikro hydro, sehingga perawatan yang dilakukan sangat minim. Mengecek panel surya bebas dari bayangan, mengecek sistem koneksi dan proteksi yang terpasang dan, jika menggunakan baterai, mengecek siklus pemakaian baterai adalah beberapa perawatan yang dilakukan.

Proses perawatan tersebut, dapat dilakukan 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Sedangkan untuk melihat produksi daya, efisiensi sistem dan kapasitas penggunaan, dapat menggunakan aplikasi pengawasan seperti solar log. Kondisi ini sangat membantu dan memudahkan rumah tangga dalam mengecek kerja sistem mereka.

Pemasangan panel surya atap oleh Solenergy di Filipina
Iklan

Apa Komentarmu?

Email Anda tidak akan kami publikasikan Isi kolom dibawah ini *

TERBARU

Tagihan Listrik Raffi Ahmad Bisa Hemat Hingga 22% Dengan Listrik Surya Atap

Tagihan listrik PLN Raffi Ahmad mencapai 17 juta rupiah per bulannya, Jika Raffi Ahmad memasang… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Tiga Pertimbangan Awal Pemasangan Panel Surya di Atap Rumah

Pemasangan panel surya di atap rumah anda dapat jadikan solusi untuk kebutuhan energi listrik. Berikut… SELANJUTNYA

5 bulan yang lalu

8 Alasan Mengapa Menggunakan Listrik Surya Atap Menarik untuk Orang Indonesia?

Menggunakan listrik surya atap, memiliki keunggulan yang dapat menarik simpati orang Indonesia. Berikut beberapa alasan… SELANJUTNYA

6 bulan yang lalu

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya?

Sudah banyak pemanfaatan panel surya untuk berbagai keperluan, mulai dari kota hingga pelosok. Tapi sebenarnya… SELANJUTNYA

6 bulan yang lalu

Lima Startup Listrik Surya Atap 2020

Salah satu pemanfaatan energi surya adalah sebagai alternatif sumber energi listrik atau dikenal sebagai listrik… SELANJUTNYA

6 bulan yang lalu

Apa Sih Bedanya Panel Surya dan Sel Surya?

PVinAsia.com - Apakah kamu tertarik untuk mengganti sumber listrik rumahmu dengan panel surya? Itu adalah… SELANJUTNYA

6 bulan yang lalu

This website uses cookies.