Cara Mudah Menghitung Biaya Listrik Surya Atap dengan Kalkulator SIAP

PvinAsia.com – Penggunaan tenaga surya sebagai sumber listrik kini telah populer di kalangan masyarakat. Sebagai alternatif, jenis energi yang satu ini mampu bersaing dengan sumber lainnya dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Apakah Anda juga menggunakan tenaga surya?

Berdasarkan informasi dari janaloka.com, energi surya dihasilkan dari sinar dan panas matahari. Energi tersebut dapat dimanfaatkan dengan menggunakan serangkaian teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, dan fotosintesis buatan.

Salah satu media populer untuk menangkap energi surya adalah panel. Meski penggunaan panel surya masih sangat kecil dibandingkan bahan bakar fosil, namun ia semakin menjadi pilihan utama dari hari ke hari. Tentu, hal penting yang ditekankan di sini adalah ramah lingkungan.



Bagi Anda yang memutuskan untuk menggunakan surya sebagai sumber utama energi listrik di rumah, tak usah khawatir. Kini, Anda bisa menggunakan kalkulator Simulasi Listrik Surya Atap (SIAP) yang mengacu Peraturan Menteri ESDM No. 49 Tahun 2018.

Cara Penggunaan Kalkulator Surya – SIAP

Cara di atas dapat membantu Anda dalam melakukan perhitungan sistem dan pembiayaan solusi listrik surya di rumah secara mudah. Simak langkahnya secara bertahap sebagai berikut:

1. Informasi Umum

Langkah pertama adalah mengisi informasi umum. Cantumkan nama lengkap, alamat e-mail, serta lokasi Anda berada. Cara ini mudah, simpel, namun hindari melakukan kesalahan dalam pengisian data agar penghitungan yang dilakukan kalkulator SIAP dapat muncul secara akurat.

2. Informasi Penggunaan

Ada tiga kolom yang harus diisi, yakni tagihan listrik PLN per bulan, golongan tarif listrik, hingga batas daya listrik Anda. Kedua kolom yang disebut terakhir, mesti diisi dalam format hitungan VA. Pastikan dengan melihat secara langsung atau tanyakan pada ahlinya di rumah.

3. Informasi Lainnya

Tahap terakhir dalam pengisian data adalah membubuhi penyedia solusi listrik surya atap di rumah Anda. Setelah mengisi Janaloka.com sebagai penyedia solusi listrik surya atap. Isi juga lama waktu pakai selama tahun yang Anda inginkan dan kenaikan tarif listrik per tahun.

Guna melancarkan proses verifikasi data, berikan tanda ceklis pada tiga kolom di bawahnya. Cara tersebut dilakukan sebagai tanda persetujuan atas data yang telah diisi. Setelah itu, akan keluar hasil pada laman terakhir. Berapa jumlah penggunan Anda?

Setelah semua data diisi, akan keluar hasil penggunaan daya listrik PLN setiap bulan sesuai dengan pemakaian, daya produksi listrik surya Anda, hingga tagihan yang harus dibayar per bulan ke PLN dengan penggunaan listrik surya atap. Penghitungan ini muncul secara akurat.

Mudah Mengetahui Kebutuhan dan Biaya Listrik Surya Dengan Kalkulator Surya – SIAP

Lewat penggunaan listrik surya atap dari Janaloka.com, Anda bisa menghemat biaya hingga puluhan persen dibanding sumber bahan bakar fosil yang biasa digunakan sebelumnya. Kebutuhan rumah tangga sehari-hari juga dapat dipenuhi tanpa kurang sedikitpun.

Masih ragu dengan penggunaan listrik menggunakan energi surya atap? Secara umum, listrik yang dihasilkan panel surya sama saja, yakni dapat mendukung seluruh bentuk beban rumah tangga sehari-hari. Bahkan sesuai penjelasan di atas, Anda bisa lebih menghemat biaya.

Guna memastikan terlebih dahulu, pastikan agar Anda berkonsultasi dengan vendor pemasang panel surya untuk di rumah. Tanyakan hal-hal detail terkait sumber energi tersebut, baik plus dan minus yang akan dirasakan kelak. Selamat mencoba!




Artikel yang mungkin Anda cari:




Tinggalkan Balasan