Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi?

Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi
2. Adaptor yang tidak Sesuai – Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi Adaptor yang tidak sesuai penyebab baterai HP lama terisi.

  • Alasan selanjutanya yang membuat baterai hp lama penuh/terisi yaitu masalah adaptor.
  • Adaptor merupakan sebuah rangkaian atau alat yang berguna untuk mengubah arus listrik tegangan tinggi AC menjadi tegangan lebih rendah DC yang biasa digunakan sebagai catu daya perangkat kecil seperti adaptor casan handphone, radio, dan perangkat lainya.
  • Seperti kita ketahui bahwa setiap produsen ataupun merek handphone mempunyai adaptor yang berbeda-beda.
  • Ada yang memakai kabel USB, dan ada yang langsung tanpa kabel USB.
  • Perlu kita ketahui bahwa adaptor yang memakai USB tambahan mempunyai kadar adaptor yang berbeda-beda.
  • Kita bisa lihat dari tegangan, watt, amper, dan general power range di spesifikasi tiap adaptor.
  • Sebagai contoh, jika Handphone Kamu biasa di cas dengan adaptor yang memiliki 2 amper, maka saat menggunakan adaptor jenis lain yang berbeda yang tidak sesuai akan pengaruhi proses pengisian baterai.
  • Solusi terbaik untuk menjaga baterai smarphone terisi dengan stabil, Kamu harus gunakan adaptor bawaan yang diperoleh dari smartphone tersebut.

Kenapa baterai HP saat di cas lama penuh?

Penyebab dari HP Anda lama dicas saat mengisi ulang baterai bisa jadi diakibatkan karena beberapa faktor. Misalnya, port pengisian daya yang bermasalah, kabel pengisi daya yang rusak, dan sebagainya.

Berapa lama waktu untuk mengecas HP?

Lalu Untuk Jaman Sekarang, HP Baru Harus Dicas Berapa Jam? – Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi Teknologi baterai yang digunakan pada semua hp di jaman sekarang, khususnya smartphone Android, sudah tidak lagi mengharuskan kita untuk melakukan charging terlalu lama pada saat baru pertama kali akan dipakai. Cukup dicas hingga baterai mencapai 100%, maka kita sudah bisa menggunakan hape dengan normal.

Saya pribadi sudah berkali-kali mencoba hape yang baru, dan saya hanya melakukan charging hingga baterai menunjukkan angka 100%. Bahkan tak jarang, saya malah langsung mengutak-atiknya tanpa melakukan charging terlebih dahulu. Sebelum akhirnya saya harus mengecas hape tersebut ketika baterai sudah menunjukkan indikator baterai lemah.

Jadi dari sini, bisa disimpulkan bahwa kita bebas untuk memilih apakah hp baru kita akan dicas dulu, atau langsung pakai sampai baterainya lobat (baterai lemah). Saya sudah mempraktekkan hal ini pada beberapa hape baru. Dan beberapa diantaranya bahkan sudah saya gunakan untuk jangka panjang.

Ada yang lebih dari 4 tahun, bahkan ada juga yang sudah saya gunakan lebih dari 6 tahun. Sekali lagi, intinya adalah kita tidak perlu melakukan charging hingga 8 jam pada saat pertama kali menggunakan hape baru seperti halnya pada hape jadul. Perlu diketahui pula bahwa saat ini semua hape Android yang beredar di pasaran sudah menggunakan baterai berjenis Lithium, baik Lithium Ion (Li-Ion) maupun Lithium Ion Polymer (Li-Po).

Jadi memang kedua jenis baterai ini tidak perlu dicas dalam waktu lama pada saat pertama kali akan digunakan. Dan jika memang kamu ingin agar baterai hapemu bisa punya umur panjang, silakan baca tulisan tentang tips merawat baterai hape berjenis Li-Po,

Nah mungkin itu saja yang bisa saya bagikan pada posting kali ini. Semoga dapat memberikan pencerahan atas pertanyaan yang kalian ajukan. Dan jika dirasa ada yang perlu dikoreksi atau diperbaiki dari artikel ini, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yang ada di bawah yaa. Kamu bisa menemukan berbagai tips lain yang ada di blog Techijau.com ini.

Semoga bermanfaat 🙂

Kenapa ngecas lambat masuk?

Salah satu faktor yang membuat pengisian daya melambat adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Ini membuat baterai ponsel akan terkuras lebih cepat dan membuat pengisian daya melambat. Aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat energi baterai terkuras lebih banyak.

You might be interested:  Sumber Energi Alternatif Yang Digunakan Untuk Menggantikan Solar Adalah?

Kenapa kepala charger lama mengisi?

Penyebab Charger Ponsel Lambat Ngisinya, dan cara memperbaikinya – Beberapa penyebab Charger Ponsel menjadi Lambat mengisi, Antara Lain: 1. Kerusakan pada Adaptor (kepala Charger)

Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi
Penyebab Charger ponsel lambat untuk ngecas

Salah satu penyebab Charger Lambat untuk Mengisi batere Ponsel adalah adanya kerusakan Pada Kepala Charger (Adaptor), beberapa jenis kerusakan pada Adaptor Charger yang biasa terjadi antara lain:

Tegangan Keluaran (Output Voltage) Adaptor kurang.

Tegangan yang dihasilkan dari sebuah Adaptor (kepala Charger) Ponsel umumnya adalah 5 Volt, tegangan adaptor harus lebih besar dari tegangan Batere ponsel yan umumnya adalah 3,7 V, Jika tegangan keluaran dari Adaptor kurang dari 5 Volt maka Charger tetap dapat mengisi batere namun akan lebih lambat, apalagi jika tegangan kepala charger dibawah 3,7 Volt, ini dapat mengakibatkan saat Ponsel di Cas, baterenya malah berkurang. Cara mengatasinya: Untuk memastikan hal ini, harus dilakukan pengukuran tegangan keluaran adaptor dengan menggunakan Volt Meter DC (Multi tester), dan sebaiknya pengukuran tegangan dilakukan saat charger terhubung ke ponsel, karena jika dilakukan pengukuran Adaptor namun tidak digunakan untuk ngecas, bisa jadi tegangan keluarannya mencapai 5 Volt namun saat di gunakan ngecas ponsel tegangannya bisaDrop, sehingga pengukuran harus dilakukan saat adaptor dalam posisi charger digunakan untuk Mengisi batere Ponsel. Cara Menggunakan Multi tester Cara mengukurnya dapat dilakukan dengan cara membuka casing Adaptor atau dengan mengupas sedikit kabel chargernya. Jika Tegangan terukur > 5 Volt berarti Adaptor masih dalam keadaan Bagus, dan bisa lanjut pemeriksaan penyebab Charger lambat lainnya, Namun jika Tegangan Adaptor kurang, berarti Adaptor rusak, dan harus diganti dengan yang baru.

Port USB pada Kepala Charger rusak atau Kendur

Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi
Penyebab Charger Hape Lambat ngecas

Lama kelamaan seiring pemakaian Charger, dapat menyebabkan Lubang (Port Kabel) rusak atau Kendur, dan tentunya hal ini dapat menyebabkan Pengisian batere menjadi lambat. Cara Mengatasinya: Lakukan pemeriksaan pada Port USB yang ada pada Adaptor, dengan melihat secara visual, mencoba mencolokkan kabel ke Port USB tersebut atau menggoyangnya, Jika Kondisinya terasa Goyang atau todak menjepit dengan sempurna, Lakukan perbaikan dengan cara membuka Casing Adaptor dan memeriksa kondisi Solderan kaki-kaki Port USB, biasanya kerusakan pada Solderan yang lepas atau kendur, dan dapat dilakukan perbaikan dengan Menyoldernya kembali, dan memperbaiki dan mengencangkan penjepit yang ada pada USB Port tersebut.2.

Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi
Kenapa Charger ponsel Lambat mengisi?

Salah satu Penyebab Charger Lambat Ngisinya yang paling sering adalah Kerusakan pada Kabel Charger, Misalnya: Kabel charger Putus di dalam, Pin colokan Kabel charger ke Ponsel Patah atau Longgar, atau Colokan (USB) kabel charger putus atau kendur. Cara Mengatasinya: Lakukan pemeriksaan secara visual terhadap kondisi kabel charger, apakah ada yang tertekuk dan patah di dalam, apakah Colokan pada kabel charger kondisinya kendur atau longgar, jika dipastikan terdapat beberapa kerusakan tersebut, sebaiknya anda mengganti kabel charger dengan yang baru dan pastikan pilih kabel yang Fast Charging.

Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi
Mengatasi Kabel charger yang lambat mengisi batere ponsel

Jika kondisi kabel masih dalam keadaan bagus, namun Lambat untuk Ngecas, anda bisa melakukan modifikasi pada kabel charger dengan menambah ukuran penampang kabel,Kabel Charger biasanya terdiri dari 4 inti kabel didalamnya dan yang digunakan untuk Ngecas hanya dua kabel, sedangkan dua kabel lagi untuk kabel data, Jika kebutuhannya hanya untuk kabel charger, maka anda bisa menggabung masing-masing kabel sehingga kabel menjadi dobel untuk ngecas.

  • Dengan cara ini maka luas penampang kabel cas akan bertambah besar dan akan lebih cepat untuk ngecas batere ponsel.3.
  • Tegangan Listrik turun/kurang Penyebab Charger ponsel lambat berikutnya adalah Tegangan listrik dalam keadaan kurang/turun, Toleransi Naik/Turun Tegangan listrik di rumah sekitar ± 10 %, jika tegangan turun melebihi 10% tentunya akan menyebabkan Charger menjadi lambat mengisi.
You might be interested:  Benda Langit Yang Membatasi Tata Surya Dengan Ruang Antar Bintang?

Cara Memasang Stabilzer Tegangan di rumah Cara Mengatasinya: Coba dipastikan terlebih dahulu apakah tegangan listrik di rumah anda dalam keadaan normal atau kurang, dengan mengukurnya menggunakan Volt meter (Multi tester), jika memang tegangannya kurang dan hal ini sering terjadi dirumah anda, untuk mengatasinya anda dapat menggunakan Stabilizer Voltage pada stopkontak yang anda gunakan untuk ngecas.

Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi
Penyebab Charger Hape lambat mengisi

Stopkontak yang kendur juga dapat menyebabkan Charger menjadi lambat ngisi, jika stopkontak (lubang colokan listrik) yang digunakan kondisinya rusak, coba cari stopkontak lain dan pastikan kondisi Stopkontak yang anda gunakan untuk mencolokkan Charger dalam kondisi bagus dan tidak longgar.5.

Batere Ponsel Rusak (Soak) Penyebab berikutnya adalah Batere ponsel anda sudah rusak/soak, sehingga meski Charger yang digunakan adalah tipe Fast Charging, tetap saja lambat untuk ngisi batere ponsel karena kondisi baterenya sudah soak. Tanda-tanda Batere Ponsel rusak/soak dapat dilihat secara visual, biasanya kondisi baterenya menggelembung, dan pemakaian Baterenya cepat habis, serta lambat ngisi, untuk masalah ini maka anda harus mengganti batere ponsel anda dengan yang baru dan pastikan batere yang anda beli adalah yang Original.6.

Lubang atau Port Charger pada Ponsel Rusak atau Kotor

Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi
Penyebab charger hape lambat mengisi ponsel

Masalah berikutnya yang dapat menyebabkan Charger lambat, adalah Kondisi Lubang charger pada ponsel kondisi rusak, kendur atau Kotor, anda bisa mencoba untuk membersihkannya dengan sikat yang lembut, dan jika setelah kondisinya bersih namun masih lambat juga ngisinya, sebaiknya bawa ponsel anda ke servis ponsel untuk penggantian port charger.7.

Kenapa pengisian daya cepat tidak berfungsi?

Penyebab Fast Charging Bermasalah – Fast charging yang tidak berfungsi dapat mengakibatkan pengisian daya ponsel menjadi lebih lambat. Perlu kita ketahui bahwa masalah pengisian daya cepat tidak berfungsi dapat terjadi karena perangkat Anda sedang tidak mendukung fast charging,

  1. Hal ini karena fitur fast charging memerlukan adanya kriteria khusus supaya dapat aktif pada saat proses charging,
  2. Dalam hal ini, pengguna harus memastikan bahwa perangkat yang mereka gunakan telah mendukung atau Support Fast Charging,
  3. Penyebab lain yang dapat terjadi saat fitur pengisian cepat tidak berfungsi adalah perangkat dalam keadaan panas.

Sebaiknya jangan melakukan pengisian daya sebelum suhu perangkat di bawah 35°C atau 40°C. Bisa juga terjadi adanya kerusakan kabel atau kepala charger. Masalah ini umum terjadi, karena penggunaan yang kurang hati-hati atau masa pakai yang sudah lama. Jika masalah ini terjadi, dapat Anda atasi dengan mengganti bagian yang rusak.

Apa akibatnya jika HP di cas semalaman?

Benarkah Ngecas Smartphone tak Boleh Semalaman? Selama ini, ada berbagai tips tentang mengecas baterai smartphone yang sudah turun-temurun kita dengar. Salah satunya, adalah jangan mengecas handphone, kemudian ditinggal tidur karena akan memicu kerusakan baterai akibat terlalu panas.Tapi, ternyata hal tersebut sudah tidak berlaku lagi dengan lahirnya perangkat smartphone.

  1. Sesuai namanya, handphone -handphone saat ini sudah memiliki kecerdasan tersendiri, dibanding perangkat terdahulu yang belum menyandang gelar ‘pintar’.
  2. Sekalipun kita mengecas smartphone semalaman, HP kita tidak akan kelebihan daya atau rusak.
  3. Tapi, perlu dicatat, hal ini berlaku ketika stop kontak dan charger yang digunakan untuk mengisi daya tidak bermasalah.

Smartphone yang dicas semalaman tidak akan rusak karena sebagian besar telah menggunakan baterai lithium-ion yang bakal berhenti menerima daya ketika dayanya telah penuh. Artinya, sekalipun HP kamu penuh dan masih dalam posisi mengisi, tidak akan ada daya yang masuk ke HP kita. : Benarkah Ngecas Smartphone tak Boleh Semalaman?

Bolehkah ngecas HP dalam keadaan hidup?

4. Mematikan Ponsel saat Ngecas – Apa Penyebab Baterai Hp Lama Terisi * Salah satu cara paling baik untuk ngecas HP adalah dengan mematikan HP tersebut. Memang tidak terlalu salah ketika ngecas dalam keadaan HP menyala. Hanya saja akan lebih baik ngecas HP dalam keadaan HP mati.

You might be interested:  Hydropower Merupakan Teknologi Ramah Lingkungan Yang Didapatkan Dari Tenaga?

Apa yang menyebabkan baterai HP android cepat habis?

Baterai ponsel biasanya terkuras lebih cepat ketika berada di wilayah yang sulit menjangkau sinyal seluler. Hal ini disebabkan karena ponsel terus-menerus bekerja untuk mencari sinyal. Apabila dibiarkan secara terus-menerus, aktivitas ini bisa menghabiskan daya baterau dengan cepat meski dalam kondisi tidak digunakan.

Apa yang membuat HP jadi panas?

Cara Mencegah Agar HP Tidak Cepat Panas – Tentunya, Grameds tidak ingin mengalami hal-hal tersebut bukan? Selain menghambat aktivitas, perbaikan HP juga akan memakan biaya yang tidak sedikit. Lebih buruk, kita bisa saja terpaksa mengeluarkan uang untuk membeli HP baru karena HP lama tidak dapat diperbaiki karena sudah rusak terlalu parah.

  • Oleh karena itu, kita harus menjaga HP kita agar tidak rusak.
  • Penting bagi kita untuk memahami HP sendiri, agar kita bisa mengetahui batas penggunaan HP masing-masing.
  • Ini dikarenakan setiap HP memiliki kemampuannya tersendiri, dan belum tentu bisa disamakan dengan HP lain.
  • Terdapat berbagai cara mudah untuk mencegah HP agar tidak cepat panas maupun menurunkan suhu HP yang sudah terlanjur panas.

Grameds bisa menerapkan cara-cara ini agar HP tetap terjaga dan tidak cepat rusak.

  • Menutup aplikasi yang tidak digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan, banyaknya aplikasi yang terbuka bisa menyebabkan HP cepat panas. Menutup aplikasi yang sedang tidak dipakai memang terdengar sepele, namun efektif untuk mencegah HP agar tidak panas.
  • Perhatikan pengaturan HP. Terkadang kita lupa mematikan hal-hal penting seperti Bluetooth maupun GPS. Beberapa dari kita juga sering membiarkan kondisi HP dalam keadaan terang karena sedang dari luar rumah. Pengaturan-pengaturan tersebut bisa membuat HP cepat panas. Alangkah baiknya jika kita memastikan pengaturan HP sudah benar agar tidak menghambat kerja HP dan membuatnya panas.
  • Uninstall aplikasi tidak penting dan membersihkan cache, Aplikasi yang sudah tidak digunakan sebaiknya di- uninstall karena berpotensi memberatkan memori HP dan membuatnya menjadi panas. Membersihkan cache juga bisa membantu mengurangi potensi HP panas.
  • Update aplikasi dan sistem secara berkala. Sementara itu, aplikasi yang masih digunakan, disarankan untuk di- update secara berkala untuk meminimalisir kemungkinan HP menjadi panas. Hal ini juga berlaku untuk sistem yang berada di HP.
  • Mengganti kabel adapter. Seperti yang sudah dibahas, kabel adapter bisa menjadi akar permasalahan HP panas, apalagi jika kabel tersebut rusak atau bermasalah. Mengganti kabel adapter HP dengan yang baru menjadi solusi jika HP menjadi panas ketika sedang di- charge,
  • Mengunduh aplikasi resmi dan legal. Lebih baik mengunduh aplikasi resmi dan legal yang sudah terjamin keamanannya. Ini lebih baik dibandingkan dengan mengunduh aplikasi dari situs yang tidak terjamin keamanannya dan berpotensi menyebarkan virus di dalam HP, dan membuat HP panas
  • Berhati-hati dalam menaruh HP. Hindari meletakkan HP di tempat yang berpotensi meningkatkan suhu HP. Pastikan HP selalu berada di tempat sejuk dan tidak terkena langsung oleh sumber panas, seperti di dalam tas dan di atas meja dalam ruangan.
  • Membeli pendingin HP. Ini adalah langkah terakhir bagi pengguna HP yang benar-benar tidak bisa lepas dari HP, dan memperlukan HP hampir dalam setiap kegiatan mereka. Pendingin HP bisa menjadi alternatif untuk menghindari HP cepat panas.

Selain itu, kita juga disarankan untuk mengetahui seluk beluk HP kita sendiri agar tidak salah dalam merawatnya. Buku ” Step By Step Ponsel Android ” akan membantu Grameds, khususnya pengguna HP Android untuk memahami lebih lanjut mengenai HP masing-masing, mulai dari aplikasi-aplikasi dalam HP, serta pengaturan untuk HP Android.