Apa Yang Dimaksud Dengan Baterai Health?

Apa Yang Dimaksud Dengan Baterai Health
KOMPAS.com – Menjaga kesehatan baterai atau Battery Health iPhone perlu dilakukan pengguna agar perangkat bisa digunakan dan bekerja secara optimal. Setiap baterai ponsel pasti memiliki batas kesehatannya, tak terkecuali baterai iPhone. Semakin lama baterai digunakan maka kesehatannya juga bisa berpotensi menurun.

  1. Battery Health di sini maksudnya adalah durasi pemakaian baterai sebelum perlu diisi daya.
  2. Usia baterai yang telah lama akan mempengaruhi besar kecilnya durasi pemakaian baterai sebelum perlu diisi daya.
  3. Baca juga: Cara Mengatasi iPhone Mati Mendadak padahal Masih Ada Daya Misalnya, iPhone Anda dulu bisa dipakai selama 4 jam dari persentase daya penuh hingga kosong.

Seiring berjalan waktu penggunaan baterai, iPhone Anda kini hanya bisa dipakai selama 2 jam dan harus sudah diisi ulang dayanya. Meski iPhone terkenal punya komponen yang baik, namun tidak menutup kemungkinan Battery Health bisa menurun akibat beberapa faktor.

  • Lantas, kenapa kesehatan baterai iPhone menurun? Pertama, kesehatan baterai iPhone bisa menurun karena masa pakai baterai yang telah lama.
  • Emampuan kandungan kimia yang ada di baterai untuk menyimpan daya bakal menurun seiring lamanya masa pemakain.
  • Emudian, kesehatan baterai iPhone bisa menurun disebabkan juga karena kesalahan pengguna dalam memperlakukan perangkat, khususnya baterai.

Battery Health iPhone yang berada dalam kondisi buruk bakal mempengaruhi kinerja perangkat. Bahkan dengan kondisi Battery Health yang buruk, bisa saja terjadi iPhone tiba-tiba mati padahal masih ada daya. Untuk menghindari persoalan ini, pengguna perlu untuk menjaga Battery Health iPhone .

Menjaga Battery Health iPhone tidaklah rumit, namun pengguna harus rajin dalam melakukannya. Pengguna bisa memulai menjaga Battery Health iPhone dengan menggunakan perangkat charger atau pengisi daya (kabel dan adaptor) yang orisinal dari Apple. Alasannya adalah charger orisinal punya output daya yang dirancang sesuai dengan kemampuan baterai iPhone.

You might be interested:  Apa Perbedaan Bio Solar Dan Dexlite?

Output daya yang tidak sesuai dengan kemampuan baterai bakal bisa cepat merusak kesehatannya. Selain itu, ada berbagai cara menjaga Battery Health iPhone yang bisa dilakukan pengguna. Selengkapnya, berikut cara menjaga Battery Healt iPhone agar tetap awet, sebagaimana dilansir laman resmi Apple, Jumat (18/02/2022).

Apa itu battery health di iPhone?

Sumber: Nexpit Battery Health iPhone menjadi fitur yang diberikan Apple kepada pengguna iPhone untuk memantau kesehatan baterai secara lebih akurat. Fitur ini memberikan tampilan persentase penggunaan baterai harian dan siklus baterai. Selain itu, fitur ini juga akan memberikan informasi terkait kesehatan baterai. Apa Yang Dimaksud Dengan Baterai Health Sumber: NYTimes Menggunakan Charger Original Tidak menggunakan charger original dalam mengisi daya akan menyebabkan kerusakan battery health iPhone. Sebenarnya kasus ini tidak hanya berlaku untuk iPhone, setiap produk elektronik yang tidak menggunakan original charger biasanya baterai akan lebih cepat rusak atau bocor.

  1. Selain itu, hal lain yang harus diketahui adalah terkait penggunaan fast charging .
  2. Jika iPhone yang kamu miliki belum mendukung fitur fast charging , maka lebih baik tidak menggunakan jenis charger dengan fitur tersebut.
  3. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada battery health iPhone sehingga pastikan untuk menggunakan charger bawaan saat melakukan pengisian daya.

Menjaga Suhu iPhone Suhu berlebih pada iPhone memang akan memakan banyak daya hingga merusak baterai. Setiap pengguna harus bisa menjaga kondisi suhu iPhone dalam keadaan stabil atau tidak terlalu panas. Kondisi seperti ini juga berlaku pada jenis smartphone maupun perangkat lainnya. Apa Yang Dimaksud Dengan Baterai Health Sumber: Medium Perhatikan Pengisian Daya Dalam proses pengisian daya, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pengguna sehingga battery health iPhone bisa tetap terjaga kualitasnya. Untuk lama pengisian daya, Apple sendiri sudah menyediakan fitur otomatis yang membuat pengisian daya telah penuh akan berhenti sejak iOS 13.

You might be interested:  Tipe Arus Yang Dihasilkan Oleh Baterai Adalah?

Di samping itu, ada hal lain yang harus diperhatikan seperti intensitas pengisian daya. Jangan terlalu sering melakukan pengisian daya terutama dalam jumlah daya yang sedikit. Hal ini akan mempengaruhi kualitas konektor. Pastikan juga iPhone yang digunakan dalam kondisi terisi baterai jika hendak tidak digunakan dalam waktu lama.

Baca juga: 5 Kelebihan Apple AirTag yang Berguna Buat Kamu Si Pelupa Perhatikan Penggunaan Aplikasi dan Fitur di iPhone Cara efektif selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas battery health iPhone adalah dengan memperhatikan penggunaan aplikasi maupun fitur.

  1. Jangan terlalu banyak mengunduh aplikasi berat hingga menyalakan beberapa fitur yang bisa menguras baterai secara cepat.
  2. Aktivitas aplikasi yang berat akan membuat suhu iPhone cepat panas dan mengurangi jumlah daya baterai secara drastis.
  3. Selain itu, ada beberapa fitur yang bisa menguras baterai saat digunakan seperti Wi-Fi, GPS, HotSpot, flashlight , dan lain sebagainya.

Fitur-Fitur tersebut ada baiknya diaktifkan sesuai dengan kebutuhan saja. Apa Yang Dimaksud Dengan Baterai Health sumber: Windows Report Jangan Terlalu Sering Menggunakan Powerbank Menggunakan powerbank sesekali memang tidak masalah, apalagi dalam keadaan bepergian. Namun pemakaian powerbank yang cukup sering dapat merusak battery health iPhone. Jika dalam keadaan mudah menemukan sumber listrik, maka sebaiknya iPhone diisi daya menggunakan charger .

  1. Nah, itu dia sejumlah cara efektif yang bisa dilakukan para pengguna iPhone untuk menjaga kualitas battery health iPhone.
  2. Jaga kesehatan baterai iPhone kamu dengan cara yang baik dan benar.
  3. Penanganan yang tepat tentu akan menghasilkan kondisi yang maksimal.
  4. Selanjutnya, kamu bisa dapatkan berbagai seri iPhone impian dengan spesifikasi terbaik di Eraspace .

Ada banyak pilihan iPhone yang bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan. Caranya dengan mengunjungi website resmi Eraspace atau download aplikasinya. Yuk, temukan produk iPhone pilihanmu secara mudah hanya di Eraspace , sekarang. Baca juga: 5 Peningkatan Spesifikasi iPhone 14 yang Semakin Gahar