Apa Yang Menyebabkan Kapasitas Baterai Iphone Menurun?

Apa Yang Menyebabkan Kapasitas Baterai Iphone Menurun
Saat ini Kesehatan Baterai merupakan salah satu fitur pada iPhone yang sering menarik perhatian penggunanya. Menu Kapasitas Maksimum pada Kesehatan Baterai menunjukkan kapasitas maksimal yang masih dapat ditampung oleh baterai dalam iPhone, semakin kecil angka Kapasitas Maksimum mengindikasikan semakin kecil juga daya tampung ataupun kesehatan dari baterai itu sendiri. Apa Yang Menyebabkan Kapasitas Baterai Iphone Menurun Kesehatan Baterai iPhone memang secara pelan tapi pasti akan tetap menurun seiring dengan waktu dan penggunaan, namun disisi lain ada beberapa faktor yang dapat mempercepat penurunan tersebut dan terkadang seringkali tidak disadari. Apa sajakah itu? Menggunakan iPhone Sambil Dicas Kebiasaan saat menggunakan iPhone saat sedang diisi daya, merupakan salah satu penyebab cepat menurunnya kesehatan baterai pada iPhone.

  • Hal ini dikarenakan baterai pada iPhone akan bekerja lebih keras dan menghasilkan panas berlebih.
  • Panas sendiri merupakan salah satu penyebab utama mengapa kesehatan baterai lebih cepat menurun.
  • IPhone yang Sering Mengalami Panas Berlebih Panas merupakan salah satu musuh utama baterai, semakin sering baterai iPhone mengalami panas berlebih semakin cepat juga kesehatan baterainya menurun.

Bahkan menurut Apple sendiri baterai yang sering mengalami panas berlebih dapat berpotensi merusak baterai itu sendiri secara permanen. Sering Membiarkan iPhone Hampir Kehabisan Daya Baterai Salah satu kebiasaan lainnya yang sering tidak disadari adalah membiarkan daya baterai pada iPhone hingga ke titik terendah atau hampir habis.

Baterai lithium-ion yang digunakan oleh iPhone merupakan salah satu komponen yang paling kompleks dan rumit, menurut beberapa penelitian membiarkan baterai iPhone hingga benar-benar berada pada level terendah atau sampai benar-benar kosong, dapat berakibat pada menurunkan daya tampung dari baterai itu sendiri.

Sangat disarankan untuk segera melakukan pengisian daya apabila level baterai iPhone sudah mendekati 20%. Baca Juga : Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis Membiarkan iPhone Diisi Daya Selama Berjam-jam Walaupun Sudah Penuh Hampir sama seperti diatas, karena kompleks dan rumitnya susunan komponen pada baterai, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa membiarkan pengisian daya baterai iPhone meskipun telah penuh, dapat menurunkan daya tampungnya secara perlahan-lahan.

  1. Untuk memastikan hal ini, Apple sendiri pun bahkan menanamkan fitur Pengoptimalan Penggunaan Baterai yang bekerja secara cerdas untuk membatasi pengisian daya hanya sampai 80% saja dalam kondisi tertentu.
  2. Jadi untuk kedepannya, apabila sedang tidak jauh dengan sumber listrik, batasi pengisian daya sampai sekitar 80% hingga 90% saja untuk menjaga agar kesehatan baterai tidak cepat menurun.
You might be interested:  Mengapa Matahari Yang Menjadi Pusat Tata Surya Jelaskan?

Menggunakan Charger Tidak Asli yang Berkualitas Rendah Menggunakan charger tidak asli berkualitas rendah dapat memperburuk kesehatan baterai pada iPhone. Hal ini disebabkan charger berkualitas rendah yang seringkali tidak memenuhi standar keamanan untuk melakukan pengisian daya pada iPhone. Apa Yang Menyebabkan Kapasitas Baterai Iphone Menurun Untuk merawat agar kesehatan baterai pada iPhone agar tidak cepat menurun, kalian dapat menerapkan beberapa tips dan trik berikut:

Pastikan selalu menggunakan charger yang asli dan berkualitas Hindari memainkan iPhone sambil diisi daya Hindari menggunakan iPhone terlalu lama pada suhu ruangan yang panas Isi daya iPhone apabila level baterai sudah menunjukkan angka 20% Apabila tidak dalam kondisi penting isi daya iPhone sampai 80% saja Lepas case iPhone saat diisi daya untuk mengurangi panas Gunakan fitur kecerahan otomatis atau kurangi kecerahan layar untuk menghemat penggunaan baterai Gunakan juga Mode Daya Rendah untuk menghemat penggunaan baterai Selalu update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia Nonaktifkan Segarkan App di Latar di Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar Gunakan pengambilan data email terbaru secara manual di Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Fetch Data Baru lalu pilih Secara Manual Nonaktifkan sementara Layanan Lokasi apabila sedang tidak digunakan di Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi Kurangi waktu kunci layar iPhone di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis Nonaktifkan update aplikasi otomatis di Pengaturan > iTunes & App Store

Dengan menerapkan tips diatas dapat membantu menjaga agar kesehatan baterai pada iPhone tidak cepat menurun, sehingga jangka penggunaan baterai pada iPhone bisa ditekan lebih tahan lama. Baca Juga : Berapa Lama Waktu Kesehatan Baterai iPhone Biasanya Menurun?

Apa yang menyebabkan kesehatan baterai iPhone menurun?

Kenapa kesehatan baterai iPhone cepat berkurang?

Lalu, berapa persen Battery Health iPhone harus Anda ganti baterainya? – Mengutip dari website resmi Apple, baterai iPhone yang normal bertanda kemampuannya untuk menyimpan daya sebesar 80 persen dari kapasitas aslinya. Dengan kata lain, baterai normal adalah yang memiliki kondisi Battery Health 80 persen ke atas. Apa Yang Menyebabkan Kapasitas Baterai Iphone Menurun Baterai iPhone yang perlu diservice (sumber: macrumors.com) Baca juga: iPhone SE 2020 atau iPhone SE 2022, Pilih Mana? Selama persentase kesehatan baterai iPhone masih lebih dari 80 persen dan belum muncul status service, berarti baterai masih bisa bekerja dengan cukup baik dan belum perlu untuk Anda ganti.

  1. Battery Health iPhone turun karena lamanya pemakaian merupakan sesuatu hal yang normal.
  2. Endati demikian, berikut adalah penyebab Battery Health iPhone Anda mengalami penuruan secara drastis dan cara mengatasinya.
  3. Terpapar suhu ekstrem Penyebab Battery Health iPhone cepat turun yakni adalah iPhone terpapar suhu yang ekstrem.
You might be interested:  How Much Does Rooftop Solar Cost?

iPhone biasanya dapat beroperasi dengan baik dalam kisaran suhu mulai 16 hingga 22 derajat celcius. Bila kurang atau melebihi rentang ideal suhu tersebut maka tentu akan mempengaruhi kondisi kesehatan baterai iPhone Anda. Dengan demikian, Anda dapat menghindarkan iPhone Anda dari paparan suhu ekstrem secara langsung seperti matahari atau ditinggal di dalam mobil.

  • Bermain game saat pengisian daya Jika Anda gemar bermain game sambil melakukan pengisian daya, hal tersebut perlu Anda hindari mulai sekarang.
  • Proses pengisian daya yang bersamaan dengan bermain game tentu dapat membuat iPhone Anda cepat panas secara drastic dan mempengaruhi Battery Health.
  • Membiarkan lebih dari 80 persen saat pengisian daya Penyebab Battery Health iPhone cepat turun juga bisa terjadi karena pengguna membiarkan melakukan pengisian daya lebih dari 80 persen saat iPhone sedang digunakan.

Mengisi daya dalam waktu yang cukup lama tentu dapat membuat temperatur iPhone akan meningkat. Dengan demikian, pastikan Anda tidak mengisi daya lebih dari 80 persen saat iPhone sedang Anda gunakan. Pada iPhone yang sudah menggunakan sistem operasi terbaru yakni iOS 15, terdapat fitur yang memungkinkan pengisian daya terhenti di 80 persen secara otomatis.

Saat terdeteksi aktivitas intens yang membuat peningkatan temperatur iPhone. Fitur tersebut tentu sangat berguna guna menjaga Kesehatan baterai iPhone Anda. Menggunakan case saat mengisi daya Mengisi daya iPhone dengan kondisi tertutup softcase maupun hardcase tentu dapat membuat suhu panas menjadi berlebih, dimana hal tersebut juga dapat memengaruhi Battery Health.

Jika Anda merasa iPhone Anda menjadi panas ketika proses pengisian daya, Anda bisa segera melepaskan iPhone Anda dari softcase maupun hardcase yang Anda gunakan terlebih dahulu. Sumber: dari berbagai sumber Foto: cnet.com, ubergizmo.com, macrumors.com