Bagaimana Kontribusi Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Cadangan Devisa?

Bagaimana Kontribusi Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Cadangan Devisa
Peran TKI dalam Meningkatkan Devisa Negara Posted by Rizki Gusnandar May 15, 2021 Bagaimana Kontribusi Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Cadangan Devisa Peran TKI (tenaga kerja Indonesia) tidak bisa dianggap remeh. Sebab, pendapatan mereka yang bekerja di luar negeri mampu memperkuat perekonomian Indonesia karena mereka memasukkan mata uang asing yang pada akhirnya menjadi sumber devisa negara. Selain itu, kebutuhan mereka terhadap mata uang rupiah juga meningkat sehingga semakin membuat mata uang Indonesia perkasa.

  1. Jadi, Anda jangan lagi memberikan stigma negatif terhadap kelompok tenaga kerja ini, ya! Istilah “pahlawan devisa negara” yang melekat pada TKI memang sangat tepat.
  2. Perannya dalam sumbangsih pemasukan devisa negara memang begitu krusial.
  3. Etika menerima gaji bulanan, tentu mereka akan mengirim sebagiannya ke sanak saudara di tanah air sebagai wujud dedikasi bagi keluarga.

Pada saat mereka men-transfer uang yang masih berupa valuta asing, uang tersebut akan masuk ke devisa negara sehingga terjadilah penambahan mata uang asing bagi kas negara. Semakin banyak nominal transfer-nya, semakin bertambah pula devisa negaranya. Sumber devisa negara berasal dari kuantitas mata uang asing yang tersimpan, sementara konversi tersebut menandakan mata uang rupiah begitu vital dalam transaksi.

  • Dengan begitu, hal ini dapat menjaga stabilitas peredaran uang rupiah dan mengantisipasi terjadinya inflasi negara.
  • Baca Juga: Sebagaimana yang sudah dijelaskan bahwa besaran mata uang asing yang mengalami konversi alias “rupiahisasi” dapat menimbun simpanan devisa negara.
  • Ontribusi ini tidak main-main karena turut mengantarkan tingginya tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Program tersebut terbilang cukup berhasil. Sejauh ini, jumlah TKI yang terdata mencapai delapan juta orang di berbagai mancanegara. Sementara itu, upah terkecil yang mereka peroleh adalah 10-20 juta juta rupiah per tahun. Artinya, sumbangsih devisa negara dari para TKI sebanyak Rp160 triliun dalam setahun.

  • Besaran tersebut merupakan kontribusi nilai devisa tertinggi nomor dua di bawah sektor migas.
  • Itu baru jumlah tenaga kerja Indonesia yang terdata secara resmi.
  • Banyak pula TKI ilegal yang nekat mencari kerja lewat jalur-jalur gelap dengan menyelinap melalui kapal-kapal dagang.
  • Seandainya para TKI tersebut lebih terkontrol, maka bisa saja TKI berdiri di garda terdepan sebagai “donatur” utama devisa negara.
You might be interested:  How Expensive Are Solar Panels For A Home?

Kategorisasi TKI tergantung pada skill-nya masing-masing. Bagi mereka yang mempunyai skill akan ditempatkan di sektor formal (bekerja pada perusahaan yang berbadan hukum). Sedangkan bagi TKI yang non-skill, umumnya mereka bekerja di sektor informal (penata tata laksana rumah tangga).

  • Baca Juga: Sayangnya, TKI jenis yang ke dua justru masih memenuhi hampir 90 persen permintaan pasar di luar negeri.
  • Walaupun terbilang kontributif, tetapi Indonesia masih jauh bila dikomparasikan jumlah devisa negaranya dengan negara lain, seperti India dan Filipina.
  • India sendiri yang jumlah populasi manusianya kejar-kejaran dengan Indonesia, para TKI-nya sudah menyumbang devisa negara sebesar US$20 miliar.

Sedangkan Filipina, para TKI-nya menyumbang US$10 miliar dan Indonesia hanya US$5 miliar. Jika ingin menyusul pencapaian kedua negara tersebut, maka Indonesia harus berbenah, mulai dari jaminan asuransi, kualitas individu, hingga kemudahan legalitas para TKI ilegal.

Nah, serangkaian data di atas menunjukkan bahwa potensi ketenagarkerjaan Indonesia saat ini masih belum maksimal. Di sisi lain, data tersebut bisa saja menjadi pendorong semangat untuk meningkatkan ketenagakerjaan Indonesia di dunia internasional. Oleh karena itu, pemerintah harus memiliki komitmen untuk melakukan perlindungan hukum bagi TKI yang bermasalah dengan hukum di tempat kerjanya.

HUBUNGAN ANTARA TENAGA KERJA INDONESIA, PEKERJA MIGRAN & DEVISA NEGARA

Demikianlah ulasan tentang peran TKI dalam meningkatkan devisa negara, Sekarang, Anda telah mengetahui bahwa peran TKI sangat penting bagi pemasukan devisa negara. Semoga apa yang baru saja dijelaskan dapat menambah wawasan Anda. : Peran TKI dalam Meningkatkan Devisa Negara

Bagaimana cadangan devisa mempengaruhi suatu negara?

Pembahasan – Cadangan devisa negara diperoleh dari kegiatan perdagangan antar negara yang dikenal dengan kegiatan ekspor dan impor, Cadangan devisa memiliki peran penting dalam mengurangi fluktuasi nilai tukar dan mendorong kemajuan ekonomi suatu negara.

  • Cadangan devisa digunakan sebagai alat untuk menstabilkan fluktuasi nilai tukar untuk mengurangi permintaan dan membiayai impor, sehingga nilai tukar mata uang domestik dapat terjaga.
  • Cadangan devisa dipengaruhi oleh ekspor, impor, serta nilai tukar rupiah ( kurs ).
  • Cadangan devisa adalah indikator moneter yang sangat penting untuk menunjukkan kuat atau lemahnya fundamental perekonomian suatu negara.
You might be interested:  Gaya Renang Yang Paling Banyak Menggunakan Tenaga Adalah?

Selain itu, cadangan devisa juga berpengaruh dalam tercapainya stabilitas moneter dan perekonomian makro suatu negara.

Mengapa TKI yang bekerja di luar negeri bisa disebut sebagai pahlawan devisa?

Kompas TV video sinau Rabu, 29 Juni 2022 | 23:18 WIB Bagaimana Kontribusi Tenaga Kerja Indonesia Terhadap Cadangan Devisa Penulis : Sunbhio Pratama KOMPAS.TV-Faktanya para Tenaga Kerja Indonesia sangat membantu roda perekonomian Indonesia, bagaimana bisa demikian? Simak penjelasan berikut. Julukan pahlawan devisa negara lekat pada Tenaga Kerja Indonesia atau TKI. Mengapa julukan tersebut bisa sangat identik dengan para pekerja migran ini? Sebelum melangkah lebih jauh mari kita ketahui apa itu devisa? Melansir Kompas.com, devisa merupakan alat pembayaran antarnegara yang bisa diterima oleh dunia internasional.

Saat devisa negara semakin bertambah, artinya kegiatan ekonomi di negara tersebut berkembang. Devisa bisa berupa wesel asing, valuta asing, cek, emas batangan, surat berharga, dan sebagainya. Apa hubungan antara devisa dengan TKI? TKI ikut menyumbang pemasukan devisa dalam bentuk remintasi ke Indonesia remitansi ke Indonesia ini, secara tidak langsung membuat Indonesia mendapatkan keuntungan.

Remitansi adalah jasa pengiriman uang, yang dilakukan oleh pengirim dari Indonesia ke penerima di luar negeri atau sebaliknya. Dalam hal ini TKI mengirim uang dari negara tempat ia bekerja ke Indonesia. Remitansi ini merupakan jenis remitansi masuk atau inward remittance.

Kuartal I sebesar 2.260 juta dollar AS Kuartal II 2.277 juta dollar AS Kuartal III 2.303 juta dollar AS

Dengan demikian, pada semester I 2021, jumlah remitansi TKI sebesar 4.537 juta dollar AS atau setara Rp 65 miliar. Dengan uang kiriman dari luar negeri ke Indonesia yang berjumlah miliaran ini, TKI sangat berjasa membantu perekonomian negara. Inilah alasan mengapa TKI disebut sebagai pahlawan devisa.