Jelaskan Yang Kamu Ketahui Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya?

Jelaskan Yang Kamu Ketahui Tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya
Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya –

  1. PLTS Mampu Menghasilkan Energi Listrik PLTS memiliki banyak sekali manfaat untuk membantu kehidupan manusia yang dapat menyediakan energi listrik yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. PLTS mampu mengolah foton matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Listrik ini yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyalakan peralatan elektronik dan sebagainya.
  2. PLTS Sangat Ramah Lingkungan PLTS juga ramah lingkungan sehingga ekosistem bumi bisa lebih terjaga. Dengan menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari energi alternatif sinar matahari, bumi akan terhindar dari polusi udara. Sumber energinya berupa cahaya matahari sehingga tidak pernah habis. Berbeda dengan listrik PLN konvensional yang membutuhkan bahan bakar sehingga menyebabkan polusi udara.
  3. PLTS Dapat Mengurangi Biaya Penggunaan Listrik Harian Manfaat yang paling dapat dirasakan adalah pembangkit listrik tenaga surya dapat mengurangi biaya penggunaan listrik harian. Energi listrik yang dihasilkan dari energi surya akan bisa digunakan sebelum menggunakan energi listrik PLN sehingga tagihan listrik PLN ini bisa Anda hemat.
  4. Penggunaan Listrik Dapat di Monitoring Jika menggunakan PLN, Anda tidak mengetahui seberapa besar penggunaan listrik yang Anda gunakan, maka dengan menggunakan PLTS kini semua produksi listrik dan daya yang dikeluarkan dapat Anda monitor setiap harinya melalui aplikasi canggih yang dirancang oleh tim SUN Energy. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau produksi listrik yang dihasilkan PLTS Anda. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga bisa melihat penurunan tagihan listrik yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Selain pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di dataran, terdapat juga PLTS atap dimana PLTS tersebut dipasang di atas atap, dari sanalah dikenal sebagai PLTS Atap. Untuk industri, perumahan dan gedung komersial, PLTS atap ini lebih direkomendasikan dibandingkan dengan PLTS lainnya.

  1. Atap menjadi lokasi yang strategis untuk mendapatkan banyak sinar matahari.
  2. Sinar matahari tersebut kemudian ditangkap oleh panel surya yang terpasang di atap bangunan atau rumah Anda.
  3. Untuk jenis PLTS atap yang Anda gunakan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  4. Pilihannya pun sangat beragam.
  5. Misalnya saja, jenis panel yang disediakan oleh SUN Energy ini ada 1 kWp, 2 kWp, 4 kWp dan juga 6 kWp.
You might be interested:  Tata Surya Merupakan Kumpulan Bintang-Bintang Yang Dekat Dengan Matahari?

Selain itu, SUN Energy juga melayani pemasangan sistem tenaga surya untuk skala yang lebih besar, sehingga jenis panel produk yang ditawarkan sangat beragam. Menggunakan PLTS atap juga jauh lebih ramah lingkungan, sehingga efek pemanasan global bisa berkurang.1 kWp energi surya dapat mengurangi emisi CO 2 sebanyak 9 ton per tahunnya.

  1. Untuk industri, pabrik dan juga gedung komersial, PLTS atap yang diaplikasikan semakin besar sehingga emisi gas karbondioksida juga berkurang semakin banyak.
  2. Misalnya saja, dengan penggunaan daya 200 kWp, emisi CO2 yang dikurangi ini sebesar 1,8 ribu ton.
  3. Belum lagi jumlah bahan bakar seperti batubara yang terbakar untuk pemakaian sumber listrik konvensional ini bisa berkurang.

PLTS atap tidak membutuhkan bahan bakar seperti listrik PLN sehingga tidak menyebabkan polusi udara. Di masa depan, industri dan pabrik harus lebih ramah lingkungan sehingga kualitas lingkungan tetap terjaga dengan baik. Untuk fungsi dan hasil yang maksimal, Anda harus memasang pembangkit listrik tenaga surya dengan baik dan benar.

Anda juga harus memperhatikan lokasi pemasangan PLTS atap tersebut. PLTS yang dipasang di atap paling efektif dalam menyerap sinar matahari. Anda harus memilih komponen PLTS atap yang berkualitas dan memiliki kinerja yang bagus sehingga tidak mudah rusak meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perizinan proyek juga harus dikantongi terutama jika skalanya pemasangan panel surya untuk kebutuhan besar agar tidak dianggap ilegal.

Akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan jasa dari perusahaan pengembang sistem tenaga surya terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai macam layanan mulai dari perizinan sampai dengan pemasangan.

Apa perbedaan pemusatan energi surya dan pembangkit listrik tenaga surya?

Cara Kerja PLTS – Pembangkit listrik tenaga surya memiliki konsep kerja yang sederhana, yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik melalui sel surya. Sel surya merupakan komponen terpenting pada PLTS. Obyek berukuran sekitar 10-15 cm persegi ini mampu mengonversikan energi surya menjadi energi listrik. icasolar.com Tak hanya terdiri dari sel surya, sistem PLTS juga terdiri dari komponen Balance of System (BOS), yaitu inverter dan controller . Listrik yang berasal dari PLTS akan disimpan pada baterai atau penyimpan daya lainnya agar daya listrik tetap bisa digunakan meskipun tidak ada cahaya atau kondisi gelap.

Ada 3 lapisan solar panel pada PLTS ini, yaitu lapisan bagian atas panel P (positif), lapisan tengah untuk pembatas, dan lapisan bawah atau panel N (negatif). Pembangkit listrik yang bekerja dengan tenaga surya ini juga mengadopsi sistem yang didasarkan pada efek fotoelektrik yang terdapat pada bagian bagian tersebut.

Efek fotoelektrik akan berlangsung pada saat elektron yang disebabkan oleh sinar matahari pada lapisan panel P terlepas serta membuat aliran proton ke lapisan di panel N yang ada di bawahnya. Arus listrik inilah yang kemudian dihasilkan dari proses tersebut.