Mengapa Benda-Benda Langit Dalam Tata Surya Bergerak Mengitari Matahari?

Mengapa Benda-Benda Langit Dalam Tata Surya Bergerak Mengitari Matahari
Semua benda langit dalam sistem tata surya berputar mengelilingi matahari karena matahari memiliki gaya gravitasi paling besar. Anggota tata surya antara lain adalah Matahari,Venus,Bumi,Mars,Yupiter,Saturnus,dan Uranus.

Mengapa benda benda langit dalam tata surya bergerak mengitari matahari brainly?

mengapa benda benda langit dalam sistem tata surya bergerak mengelilingi matahari Benda-benda langit yang mengelilingi matahari dikarenakan gaya gravitasi matahari yang stabil sehingga menyebabkan benda langit berputar mengelilingi matahari. Jawabannya Rotasi Matahari karena dia mengelilingi matahari bukan bumi : mengapa benda benda langit dalam sistem tata surya bergerak mengelilingi matahari

Mengapa benda benda dalam tata surya tertarik oleh matahari?

Matahari terletak di jantung tata surya dan menjadi objek terbesar. (Foto: (NASA)) Jakarta, CNN Indonesia – Matahari merupakan bintang yang menjadi pusat dari tata surya. Seperti bintang yang lain, Matahari merupakan bola gas pijar namun bersuhu tinggi.

Suhunya bahkan bisa mencapai 6.000 derajat Celsius. Permukaannya berupa lautan gas yang sangat panas. Matahari adalah salah satu dari 100 miliar lebih bintang di Bima Sakti, Matahari mengorbit sekitar 25.000 tahun cahaya dari inti galaksi, menyelesaikan satu kali revolusi setiap 250 juta tahun bahkan lebih.

Matahari terletak di jantung tata surya dan menjadi objek terbesar. Jika dilihat dari Bumi, Matahari akan tampak sangat kecil, padahal sesungguhnya ukuran Matahari sangat besar. Matahari memegang 99,8 persen dari massa tata surya dan kira-kira 109 kali diameter Bumi atau sekitar satu juta Bumi menyamai satu Matahari.

Jarak Bumi ke Matahari adalah 93 juta mil. Diperlukan 8 menit 19 detik untuk sinar Matahari sampai melalui ruang dan menyinari planet yang kita huni. Menurut NASA, jika mungkin untuk melakukan penerbangan dengan pesawat sampai menuju Matahari, perjalanan itu akan memakan waktu 26 tahun. Sejak dulu selalu kita selalu diajarkan bahwa pusat tata surya adalah Matahari.

Lantas mengapa Matahari yang dipilih menjadi pusat tata surya kita? Mengapa bukan planet atau benda langit lain yang menjadi pusatnya? Orang yang pertama kali mengatakan bahwa Matahari adalah pusat tata surya adalah Aristarchus of Samos. Ia berargumen klaim Matahari sebagai pusat tata surya bukanlah tanpa alasan.

Tata surya kita terdiri atas banyak bintang, salah satunya Matahari. Matahari adalah bintang yang memiliki massa dan gravitasi terbesar dibandingkan bintang-bintang lainnya. Sehingga Matahari bisa membuat planet-planet dan benda langit lainnya bergerak mengitari orbitnya. Dengan kata lain, gravitasi yang dimiliki Matahari membuat seluruh planet tetap dalam orbit masing-masing.

Alasan mendasar inilah yang membuat Matahari menjadi pusat tata surya. Matahari menarik planet-planet dengan gaya gravitasinya yang besar sehingga mereka mengitari Matahari sesuai dengan orbitnya. Di sisi lain planet-planet ini juga memiliki gaya gravitasi yang sama sehingga terjadi gaya tarik-menarik antara Matahari dan planet-planet yang disebut gaya sentripetal dan gaya sentrifugal.

Peran Matahari sebagai pusat tata surya begitu berpengaruh besar dalam keseimbangan tata surya. Jika tak ada Matahari, planet-planet serta berbagai benda langit lainnya akan bergerak lurus tanpa arah. Selain itu, panas yang dihasilkan Matahari menghadirkan suhu yang ideal bagi planet-planet yang ada dalam dalam tata surya.

Sejarah dan pengamatan Matahari Dikutip dari Space, pada zaman dulu budaya kuno sering memodifikasi formasi batu alam atau membangun monumen batu untuk menandai gerakan Matahari dan bulan, memetakan musim, membuat kalender, dan memantau gerhana. Banyak yang percaya bahwa Matahari yang sebenarnya merupakan pusat tata surya ini berputar mengelilingi B umi.

  1. Teori tersebut sebagai model geosentris yang dipopulerkan oleh seorang astronom Yunani kuno Ptolema eus ( Claudius Ptolemy ) pada 150 SM.
  2. Emudian, pada 1543, astronom Polandia Nicolaus Copernicus mematahkan teori geosentris yang menyatakan bahwa Bumi sebagai pusat alam semesta.
  3. Ia menggambarkan model tata surya heliosentris yang berpusat pada Matahari.

Kemudian pada 1610, penemuan bulan-bulan Jupiter di Galileo oleh Galileo mengungkapkan bahwa tidak semua benda langit mengelilingi Bumi. Meskipun begitu, teori heliosentris ini juga tak sepenuhnya benar karena Matahari hanyalah pusat tata surya. Dengan demikian, matahari menjadi pusat orbit planet-planet, asteroid, komet, dan batuan serta debu yang menjadi anggota tata surya lainnya.

You might be interested:  Anggota Tata Surya Yang Lintasannya Paling Lonjong Adalah?

Selain Matahari, masih banyak bintang lain yang memiliki orbitnya sendiri sehingga tak mengelilingi Matahari. Pada akhirnya Matahari dan ratusan miliar bintang lainnya tak akan diam, tetapi mengorbit pada pusat galaksi. Formasi dan evolusi Matahari diperkirakan ada sejak sekitar 4,6 miliar tahun lalu.

Banyak ilmuwan memprediksi Matahari terbentuk dari awan gas dan debu yang berputar raksasa yang dikenal sebagai nebula Matahari. Ketika nebula runtuh karena gravitasinya, nebula itu berputar lebih cepat dan menjadi cakram. Sebagian besar elemennya ditarik ke tengah sehingga membentuk Matahari.

Yang membuat Matahari dapat bertahan seperti sekarang hingga berusia 5 miliar tahun karena memiliki cukup bahan bakar nuklir di dalamnya. Struktur Matahari terbagi menjadi 3 zona yakni inti, zona radiasi, dan zona konvektif. Sementara atmosfer Matahari antara lain fotosfer, kromosfer, daerah transisi, dan korona sebagai lapisan terluar.

Inti Matahari terletak dari pusat hingga seperempat bagian menuju permukaannya. Meskipun hanya membentuk sekitar 2 persen dari volume Matahari, namun kepadatannya hampir 15 kali timbal. Kemudian zona radiasi, yang membentang dari inti hingga 70 persen dari jalan menuju permukaan Matahari dan membutuhkan jutaan tahun untuk menembus ke kedalaman intinya. Matahari dipotret dengan tiga gelombang ( Foto: Dok. NASA) Sama seperti kebanyakan bintang lainnya, Matahari sebagian besar terdiri atas hidrogen dan helium. Kemudian unsur kecil lainnya terdiri atas oksigen, karbon, neon, nitrogen, magnesium, besi, dan silikon.

  1. Massa Matahari yang sangat besar itu disatukan oleh gaya tarik gravitasi, menghasilkan tekanan yang luar biasa pada intinya yang mencapai 3.000 kali lebih kuat dari medan Bumi.
  2. Merujuk The Planets, ternyata Matahari bukanlah benda langit yang unik dan satu-satunya.
  3. Faktanya, Matahari merupakan salah satu dari triliunan bintang di alam semesta.

Matahari diklasifikasikan sebagai bintang katai kuning ( yellow dwarf ) yang merupakan bintang urutan utama. Bintang katai kuning memiliki ciri suhu permukaan antara 5.000 dan 5.700 derajat Celsius (setara 9.000 dan 10.300 derajat Fahrenheit). Nah, suhu pada permukaan Matahari atau fotosfer berkisar 10.000 derajat Fahrenheit, sedangkan suhu inti sekitar 27 juta derajat Fahrenheit (15 juta derajat Celsius)-40.000 kali lebih panas dari air mendidih.

  1. Energi yang dihasilkan dalam inti menghasilkan semua panas dan cahaya yang kita terima di Bumi.
  2. Menurut NASA, untuk menyamai energi yang dihasilkan oleh Matahari, kita perlu meledakkan 100 miliar ton dinamit per detik.
  3. Nasib Matahari di masa depan Melansir Huffington Post, Matahari yang kini berusia sekitar 4,6 miliar tahun sudah hampir separuh jalan hidupnya.

Bintang seperti Matahari diperkirakan bersinar selama 10 hingga 20 miliar tahun. Matahari yang masuk dalam fase tua kemudian akan menjadi bintang raksasa merah. Lapisan luarnya mengembang dan tumpah. Diameter Matahari akan membesar dan diperkirakan mencapai jarak orbit Bumi.

  1. Ini alasannya ketika Matahari menjadi raksasa merah disebut akan menelan Bumi.
  2. Sebab saat Matahari membengkak ke diameter maksimum, ia dapat menelan planet-planet terestrial seperti Merkurius, Venus, dan Bumi, atau setidaknya mendorong sisa-sisa dari planet-planet ini ke arah luar orbit.
  3. Pada titik itu Matahari bakal membentang 150 kali dari ukurannya saat ini.

Itulah fakta mengenai Matahari yang menjadi pusat tata surya sekaligus pusat keseimbangan dalam kehidupan. Matahari memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan kita. Tumbuhan tak akan bisa melakukan fotosintesis, manusia kehilangan sumber daya utama, dunia menjadi gelap gulita, planet-planet tak akan berjalan sesuai orbitnya, alam semesta ini bisa jadi tak beraturan tanpanya.

Jadi tak perlu lagi mengeluh dan mengaduh karena kepanasan terkena terik Matahari. Kita harus tetap bersyukur masih bisa melihat Matahari bersinar seperti biasa. Terik dan panasnya justru memberi kehidupan di Bumi, menyejahterakan berbagai makhluk hidup, memberikan kehangatan serta energi yang digunakan tanaman untuk membentuk banyak rantai makanan, dan mengalirkan sumber daya.

(dib/fef)

Mengapa benda langit lainnya tidak tertarik sehingga bergerak menuju ke matahari?

Lalu pertanyaannya jika planet tertarik oleh gaya gravitasi Matahari, mengapa planet tidak tertarik hingga jatuh ke Matahari? Jawabannya adalah karena gravitasi Matahari tidak terlalu kuat untuk menarik planet ke intinya dan juga gaya inersia akibat kecepatan alami planet.

Apa yang menyebabkan bumi berputar mengelilingi matahari?

mengapa bumi mengelilingi matahari? Bumi mengelilingi Matahari karena adanya gaya gravitasi (gaya tarik menarik) dari Matahari, yang diakibatkan oleh massa Matahari yang sangat besar. Pembahasan : Setiap planet di Tata Surya, termasuk Bumi, bergerak atau beredar mengelingi Matahari dalam gerak Revolusi.

  • Waktu yang diperlukan oleh Bumi untuk satu kali putaran ini adalah 1 tahun atau 365,25 hari.
  • Revolusi ini dilakukan Bumi dalam orbit yang berbentuk elips, dengan Matahari berada di salah satu titik fokusnya.
  • Sebagaimana dijelaskan oleh Isaac Newton, pergerakan planet di orbitnya mengelilingi Matahari ini merupakan fenomena gravitasi,

Gravitasi ini disebabkan oleh massa matahari dan planet. Massa matahari adalah 1,989 x 10³⁰ kg, sekitar 333.000 kali massa Bumi. Matahari mengandung 99,8 persen massa di seluruh Tata Surya. Massa Matahari yang sangat besar ini menyebabkan gaya gravitasi matahari terhadap planet-planet yang membuat planet ini mengitari Matahari.

  • Pelajari Lebih Lanjut
  • 1. Jelaskan dasar pembagian planet dalam Tata Surya oleh para ahli
You might be interested:  How Often Does A Solar Eclipse Happen?

2. Planet-planet yang mengelilingi matahari mengikuti orbit (jalur) yang berbentuk. Detail Jawaban: Kode: 10.8.3

  1. Kelas: X
  2. Mata pelajaran: IPS/Geografi
  3. Materi: Bab 3 – Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya
  4. Kata kunci: Revolusi Bumi Mengelilingi Matahari

: mengapa bumi mengelilingi matahari?

Mengapa benda-benda langit secara teratur mengelilingi sebuah bintang?

Mengapa benda-benda langit secara teratur mengelilingi sebuah bintang?​ Jawaban: Planet dan benda-benda langit ini memiliki sistem orbit, atau berputar secara teratur karena ada gaya gravitasi matahari. Gaya gravitasi matahari lebih besar dari gaya gravitasi benda langit lainnya. Oleh karena itu, benda-benda langit yang lain mengelilingi matahari. Penjelasan: S E M O G A M E M B A N T U : Mengapa benda-benda langit secara teratur mengelilingi sebuah bintang?​

Mengapa benda benda langit seperti matahari bintang dan bulan seolah olah bergerak padahal sebenarnya tidak bergerak?

Karena seolah2 matahari dan bintang tampak bergerak mengelilingi bumi, padahal sebenarnya kita(bumi) yg mengitari matahari.

Mengapa planet planet dan benda langit lainnya bisa beredar mengelilingi matahari Osnipa?

2. Mengapa planet-planet dan benda langit lainnya bisa beredar mengelilingi matahari ? – Pembahasan: Karena matahari adalah benda langit yang sangat besar sehingga matahari juga memiliki gravitasi yang besar. Gravitasi ini yang menyebabkan planet-planet dan benda langit lainnya bisa beredar mengelilingi matahari.

Matahari mengitari apa?

Apakah Matahari mengelilingi galaksi bimasakti ? Jika ya, berapa lama kala revolusinya ? (Irvan Ary Maulana Nugroho – Garut) Matahari di galaksi Bimasakti. Kredit : NASA Matahari dan semua planetnya berada di dalam sebuah galaksi yakni Galaksi Bima Sakti. Kalau Bumi dan seluruh planet di Tata Surya bergerak mengelilingi Matahari, maka Matahari dan seluruh sistem di dalamnya bergerak mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti yang selama ini jadi rumahnya.

Di dalam galaksi Bima Sakti, Matahari berada di salah satu lengan spiralnya pada jarak 26000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti. Dan pusat galaksi BImasakti merupakan sebuah lubang hitam supermasif. Matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti dalam orbit yang hampir lingkaran dengan kecepatan 782000 km/jam.

Waktu yang dibutuhkan oleh Matahari untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi pusat Bima Sakti adalah 226 juta tahun dan semenjak pertama kali terbentuk 4,6 milyar tahun lalu Matahari baru 20,4 kali mengelilingi pusat Bima Sakti. Matahari akan terus berputar mengelilingi pusat Bima Sakti.

Mengapa daun jatuh ke bumi sedangkan bulan tidak jatuh ke bumi?

Benda yang berada dalam medan gravitasi bumi akan selalu jatuh ke permukaan bumi atau tertarik menuju pusat bumi. Daun jatuh ke permukaan bumi karena berada dalam medan gravitasi bumi. Sedangkan bulan walaupun berukuran besar, tidak berada dalam medan gravitasi bumi sehingga bulan tidak ke pemukaan bumi.

Apa yang menyebabkan planet planet pada tata surya selalu bergerak pada orbitnya?

Mengapa Planet Tetap pada Orbitnya dan Tidak Bertabrakan? – Adjar adjar.id – terbentuk dari awan gas dan debu yang berputar di sekitar bintang, yaitu Matahari sebagai pusatnya, Adjarian.

Nah, gravitasi Matahari inilah yang membuat tetap pada orbitnya.Mereka tetap pada orbitnya karena tidak ada kekuatan lain di yang dapat menghentikan mereka.Namun, gaya gravitasi Matahari tetap tergantung pada jarak, sehingga masing-masing tetap berjauhan dan tidak saling mengganggu. Jangan lupa tonton video ini, ya!

: Mengapa Planet Tetap pada Orbitnya dan Tidak Bertabrakan? – Adjar

Delapan planet berputar mengelilingi matahari karena matahari merupakan bintang Menurutmu apakah pernyataan tersebut benar Jelaskan pendapatmu?

Terdapat delapan planet yang berputar mengelilingi matahari. Penyebabnya matahari merupakan Jawaban: Benar. Matahari adalah bintang besar dalam tata Surya kita. Matahari atau Surya adalah bintang di pusat tata surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Diameternya sekitar 1.392.684 km, kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan massanya mewakili kurang lebih 99,86 % massa total tata surya. Matahari adalah bintang induk, dan bukan merupakan planet.

Penjelasan: Semoga bermanfaat dan jangan lupa likenya ya:’)Bila benar, jadikan jawaban terbaik ya!

Nah ini baru Jawaban yang bagus bukan jawaban yang ada tulisan maaf kalo salah diakhir kalimat @SIAPOY,yg lain tuh bikin ragu klo ada kata ‘maaf kalo salah’ diakhir kalimat kurang tepat itu jawabnya =_=

: Terdapat delapan planet yang berputar mengelilingi matahari. Penyebabnya matahari merupakan

Apa yg dimaksud dengan orbit?

Apa yang Dimaksud dengan Orbit? Simak Penjelasannya di Sini Jakarta – ? Istilah orbit adalah lintasan yang dilalui benda langit untuk mengelilingi benda langit lainnya. Lintasan orbit bersifat tetap, tidak berubah-ubah. Lalu, bagaimana sistem pergerakan di orbit? Apa saja bentuk-bentuk orbit? Jawaban selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

  1. ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Apa yang dimaksud dengan orbit? Melansir dari situs resmi NASA, orbit adalah lintasan teratur dan berulang yang dilewati suatu benda di ruang angkasa mengelilingi benda angkasa lainnya.
  2. Benda yang mengorbit disebut dengan satelit.
  3. Satelit dapat berupa alami dan buatan.

Satelit alami contohnya bumi atau bulan, sedangkan satelit buatan contohnya Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Tuliskan benda-benda langit apa saja yang mengelilingi matahari?

Macam-Macam Benda Langit dalam Sistem Tata Surya – Ragam Bola.com Tata surya (sumber: pixabay) Bola.com, Jakarta – merupakan kumpulan benda langit dengan matahari sebagai pusatnya. Tata surya mengorbit pusat Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 515.000 mph.

  • Tata surya membutuhkan sekitar 230 juta tahun untuk menyelesaikan satu orbit di sekitar pusat galaksi.
  • Susunan tata surya terdiri dari Matahari dan keluarga benda antariksa yang mengelilinginya.
  • Selain Matahari, anggota terbesar yang berada di adalah planet.
  • Ada delapan planet yang beredar mengelilingi Matahari.
You might be interested:  Tembakan Lay Up Dilakukan Dengan Menggunakan Tenaga Yang?

Setiap planet yang ada tersebut memiliki satelit-satelit sendiri. Selain itu, masih ada benda-benda langit yang lainnya. Beberapa benda-benda langit tersebut di antaranya asteroid, meteori, komet, dan satelit. Setiap benda langit tersebut memiliki karakteristik tersendiri.

  1. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita uraikan benda langit lain yang ada di tata surya.
  2. Berikut ini rangkuman tentang macam-macam benda langit dalam sistem yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (28/10/2021).
  3. Berita Motion Grafis Termasuk Mauro Icardi, Berikut 5 Pemain Pinjaman Terbaik di Sepak Bola Eropa Gambar yang disediakan oleh NASA memperlihatkan Badai Florence di atas Samudra Atlantik terlihat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, Rabu (12/9).

Badai Florence ini berpotensi membawa gelombang tinggi, hujan deras dan banjir parah. (HO / NASA / AFP) Satelit berasal dari bahasa latin ‘satelles’, yang berarti pelayan, atau seseorang yang mematuhi atau melayani pihak lain. Jadi, satelit merupakan benda langit yang bergerak mengitari sebuah planet.

  • Ada dua jenis satelit, yaitu: a.
  • Satelit Alam Satelit alam adalah satelit yang sudah ada dalam tata surya.
  • Contoh: bulan yang merupakan satelit alam dari bumi.b.
  • Satelit Buatan Satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan diluncurkan dengan menggunakan roket.
  • Satelit buatan dibuat untuk fungsi tertentu, misalnya untuk komunikasi, pemetaan, monitor cuaca, dan lain sebagainya.

Satelit Palapa milik Indonesia merupakan satu di antara contoh satelit buatan. Ilustrasi Meteor. (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com) Di angkasa, banyak sekali benda-benda langit berukuran kecil yang tidak mempunyai lintasan tertentu. Benda-benda ini bergerak bebas di angkasa dengan kecepatan tinggi.

  1. Benda ini disebut meteoroid.
  2. Jika benda ini tertarik planet yang memiliki atmosfer seperti bumi, benda tersebut akan berpijar karena bergesekan dengan atmosfer.
  3. Benda yang berpijar tersebut dinamakan meteor.
  4. Benda inilah yang biasanya dilihat di angkasa, bergerak cepat saat melintasi bumi kita.
  5. Ada juga yang menyebut meteor adalah bintang jatuh atau bintang beralih.

Apabila meteor tidak habis terbakar di atmosfer maka akan sampai di bumi. Batu meteor yang sampai di permukaan bumi disebut meteorit. Kecepatan gerak meteor yang tinggi dan ukurannya yang besar maka saat jatuh ke permukaan bumi biasanya menimbulkan suara yang sangat keras seperti suara ledakan.

  1. Tabrakan itu juga menyebabkan terbentuknya sebuah kawah.
  2. Awah ini biasa disebut kawah meteor.
  3. Satu di antara contoh kawah meteor berada di Wolfe Creek, Australia.
  4. Ilustrasi komet.
  5. | KID CANDY dari Pexels Komet adalah benda langit yang mengelilingi matahari dengan orbit yang berbentuk sangat lonjong.
  6. Omet menyerupai bintang.

Itulah mengapa Komet sering disebut orang bintang berekor. Meski ada yang beranggapan hal tersebut kurang tepat karena kalau bintang, berarti ia memancarkan cahayanya sendiri. Sedangkan komet tidak dapat memancarkan cahaya. Komet tersusun dari gas, es, dan debu.

Saat komet bergerak mendekati matahari, lapisan es pada komet menguap. Kumpulan uap dan debu itu terdorong oleh angin matahari sehingga menjauhi matahari. Itu sebabnya saat komet mendekati matahari, ekornya berada di belakang, sedangkan saat komet bergerak menjauhi matahari, ekornya berada di depan. Panjang ekor komet dapat mencapai mencapai jutaan kilometer.

Makin dekat dengan matahari, ekor komet makin panjang. Ilustrasi asteroid. (Sumber: Pixabay) Asteroid merupakan bongkahan batu langit dan sisa logam dengan ukuran beragam dan tak beraturan sisa pembentukan tata surya di masa lalu. Sebagian dari asteroid yang terdapat di tata surya berada di antara planet Mars dan Jupiter.

  • Mereka bergerombol membentuk suatu gugusan menyerupai ‘sabuk’ yang ‘beredar bersama’ mengorbit matahari.
  • Ada yang menyebut kelompok asteroid tersebut Sabuk Asteroid.
  • Sabuk Asteroid merupakan rumah bagi ratusan ribu asteroid, dari yang berukuran sekecil partikel debu kosmik, hingga yang sebesar miniatur planet.

Sumber: Kemdikbud : Macam-Macam Benda Langit dalam Sistem Tata Surya – Ragam Bola.com

Apa sajakah benda-benda angkasa yang mengitari matahari?

Selain Bumi, terdapat planet-planet lain yang mengelilingi Matahari. Tidak hanya Bumi yang mengelilingi Matahari, tetapi planet-planet lain, satelit, asteroid, dan meteor juga mengelilingi Matahari. Semua benda – benda langit menjadi satu kesatuan dan membentuk sebuah sistem yang sangat teratur.

Apa saja benda langit yang mengelilingi matahari brainly?

Benda langit yang mengelilingi matahari adalah Benda-benda langit yang mengelilingi matahari yakni planet-planet, bulan dan satelit, asteroid, meteroid, dan komet.

Jawaban: Benda-benda langit yang mengelilingi matahari yakni planet-planet, bulan dan satelit, asteroid, meteroid, dan komet.Planet dan benda-benda langit ini memiliki sistem orbit, atau berputar secara teratur karena ada gaya gravitasi matahari.

Gaya gravitasi matahari lebih besar dari gaya gravitasi benda langit lainnya. Oleh karena itu, benda-benda langit yang lain mengelilingi matahari. : Benda langit yang mengelilingi matahari adalah