Peralatan Yang Menggunakan Sel Surya Sebagai Sumber Energi Listrik Adalah?

Peralatan Yang Menggunakan Sel Surya Sebagai Sumber Energi Listrik Adalah
Masalah Tarif Dasar Listrik – Setiap tahun tarif dasar listrik akan mengalami peningkatan akibat konsumsi listrik yang terus meningkat. Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 143K/20/MEM/2019 tentang Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional Tahun 2019 sampai dengan Tahun 2038, ESDM memproyeksikan rata-rata pertumbuhan kebutuhan energi listrik nasional mencapai 6,9 persen per tahun.

Seiring dengan meningkatnya populasi manusia, krisis listrik sangat mungkin terjadi. Ditambah lagi dengan peningkatan harga bahan bakar dan penggunaan bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik konvensional dalam jangka waktu yang panjang sehingga cadangannya juga semakin menipis. Krisis listrik ini harus menjadi perhatian semua masyarakat karena jika tidak diantisipasi krisis ini akan semakin cepat terjadi.

Selain lebih bijak dalam pemakaian listrik, beralih menggunakan energi baru dan terbarukan dengan pemasangan panel surya dapat menjadi solusi untuk penghematan listrik. Panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Apa yang kamu ketahui tentang energi alternatif berupa sel surya?

Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari, Energi ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan serangkaian teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, dan fotosintesis buatan,

Teknologi energi surya secara umum dikategorikan menjadi dua kelompok, yakni teknologi pemanfaatan pasif dan teknologi pemanfaatan aktif. Pengelompokan ini tergantung pada proses penyerapan, pengubahan, dan penyaluran energi surya. Contoh pemanfaatan energi surya secara aktif adalah penggunaan panel fotovoltaik dan panel penyerap panas.

Contoh pemanfaatan energi surya secara pasif meliputi mengarahkan bangunan ke arah matahari, memilih bangunan dengan massa termal atau kemampuan dispersi cahaya yang baik, dan merancang ruangan dengan sirkulasi udara alami. Pada tahun 2011, Badan Energi Internasional menyatakan bahwa “perkembangan teknologi energi surya yang terjangkau, tidak habis, dan bersih akan memberikan keuntungan jangka panjang yang besar.

Perkembangan ini akan meningkatkan keamanan energi negara-negara melalui pemanfaatan sumber energi yang sudah ada, tidak habis, dan tidak tergantung pada impor, meningkatkan kesinambungan, mengurangi polusi, mengurangi biaya mitigasi perubahan iklim, dan menjaga harga bahan bakar fosil tetap rendah dari sebelumnya.

Keuntungan-keuntungan ini berlaku global. Oleh sebab itu, biaya insentif tambahan untuk pengembangan awal selayaknya dianggap sebagai investasi untuk pembelajaran; inventasi ini harus digunakan secara bijak dan perlu dibagi bersama.”

You might be interested:  Beberapa Fungsi Baterai Yang Tepat Pada Mobil Adalah?

Apa kegunaan panel surya dalam kehidupan sehari hari?

Contoh Penggunaan Panel Surya – Contoh dari penggunaan panel surya ini mudah untuk dijumpai dalam kehidupan. Misalnya saja, penggunaan panel surya di rumah sebagai alternatif sumber energi listrik dari energi matahari ini bisa digunakan untuk melistriki rumah.

Panel surya juga bisa digunakan sebagai penyedia energi untuk menyalakan berbagai macam peralatan elektronik seperti kipas, mesin, komputer, maupun seluruh bangunan. Anda juga bisa menggunakan panel surya untuk mengisi daya perangkat yang dimiliki seperti ponsel maupun tablet ataupun untuk memasak menggunakan oven dan juga kompor listrik.

Energi surya dapat dimanfaatkan untuk pencahayaan di dalam maupun di luar ruangan. Terakhir, energi surya ini juga bermanfaat untuk pemanas air yang memanfaatkan tenaga surya. Untuk fasilitas umum, energi surya bermanfaat digunakan untuk menerangi jalan dan juga fasilitas publik.

  • Dengan hal ini, pemerintah dapat menghemat biaya pengeluaran.
  • Untuk para pelaku industri atau gedung perkantoran, energi surya bisa digunakan untuk kegiatan operasional kantor atau perusahaan sampai dengan sore hari, barulah pada malam harinya dilanjutkan menggunakan listrik PLN.
  • Dengan hal ini perusahaan lebih hemat biaya untuk listriknya hanya dengan menggunakan panel tenaga surya.

Dalam memasang panel tenaga surya, penting bagi Anda untuk tahu tips atau prosedur pasang panel surya yang baik dan benar. Salah dalam pemasangan akan membuat PLTS tersebut tidak dapat bekerja secara optimal atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda akan pasang panel surya.