Pernyataan Yang Menunjukkan Sifat Tenaga Endogen Adalah?

Pernyataan Yang Menunjukkan Sifat Tenaga Endogen Adalah
Tenaga Endogen : Pengertian dan Pembagiannya ( Tektonisme, Vulkanisme, gempa) Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata.

Diperkirakan awalnya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung, bukit atau pegunungan. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang. Terjadinya bentuk muka bumi yang tidak rata terjadi akibat adanya tenaga dari dalam bumi (endogen) dan luar bumi (eksogen).

Pada bagian ini hanya akan dibahas mengenai tenaga endogen yang merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan bentuk pada kulit bumi, sebagai salah satu bukti kekuasaan Tuhan dalam menciptakan bumi beserta isinya. Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi.

Bagaimana sifat tenaga endogen?

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Daerah awalnya merupakan permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini berubah menjadi gunung, bukit atau pegunungan.

Apa sifat dari tenaga eksogen?

Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi.

You might be interested:  What Is Better Solar Refrigerator Or Propane?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan tenaga endogen dan eksogen beserta contoh brainly?

Dalam perkembangannya, permukaan bumi selalu mengalami perubahan. Tenaga yang berperan dalam mengubah permukaan bumi disebut dengan tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu seisme atau gempa, tektonisme dan juga vulkanisme.

Sedangkan tenaga eksogen, merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi, contohnya abrasi dan tanah longsor. – Dalam perkembangannya, permukaan bumi selalu mengalami perubahan. Tenaga yang berperan dalam mengubah permukaan bumi disebut dengan tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu seisme atau gempa, tektonisme dan juga vulkanisme.

Tenaga Endogen – Dinamika Litosfer – Materi Geografi

Sedangkan tenaga eksogen, merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi, contohnya abrasi dan tanah longsor.