Planet Yang Terkecil Dalam Tata Surya Adalah?

Planet Yang Terkecil Dalam Tata Surya Adalah
Mengenal Merkurius, Planet Terkecil di Tata Surya Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari dan planet terkecil di tata surya kita. Planet tersebut memiliki diameter sekitar 3.032 mil (4.880 kilometer) dan berukuran kurang dari setengah ukuran Bumi.

  1. Meskipun kecil, Merkurius mengelilingi matahari lebih cepat daripada planet lain di tata surya.
  2. Merkurius diambil dari nama sebuah dewa Romawi yang setara dengan Dewa Yunani, Hermes.
  3. Merkurius mengelilingi matahari selama 88 hari, menjadikannya sebagai planet tercepat di tata surya.
  4. Secara perhitungan waktu, satu tahun di Merkurius sama dengan kurang dari tiga bulan di Bumi.

Merkurius dapat terlihat di langit malam tanpa teleskop dan telah dikenal manusia di seluruh dunia selama ribuan tahun. Menurut Cool Cosmos, bangsa Sumeria membuat salah satu catatan paling awal yang diketahui tentang planet ini sekitar 3.000 SM. Merkurius mungkin tampak sebagai planet terpanas karena terdekat dengan matahari.

Namun, ia tidak memiliki atmosfer seperti Bumi yang dapat memerangkap dan menahan panas, sehingga sisi yang menghadap jauh dari matahari biasanya cukup dingin, terutama karena Merkurius berotasi lambat dan membutuhkan waktu sekitar 59 hari Bumi untuk menyelesaikan satu rotasi. Menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), suhu di permukaan Merkurius masih bisa mencapai 800 derajat Fahrenheit (427 derajat Celcius) pada siang hari, tetapi bisa turun hingga minus 290 F (minus 179 C) pada malam hari.

Menurut Museum Sejarah Alam di London, Inggris. Merkurius sebagian besar terdiri dari besi. Planet itu memiliki inti dalam dengan inti luar logam cair dan terbungkus dalam mantel dan kerak, seperti Bumi. Inti bagian dalam Merkurius padat dan ukurannya mendekati Bumi.

Meskipun Merkurius merupakan planet terkecil di tata surya, inti dalamnya padat dan ukurannya mirip dengan Bumi, menurut sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters. Merkurius memiliki eksosfer yang merupakan sebutan untuk lapisan terluar tipis atmosfer Bumi, bukan atmosfer penuh.

Eksosfer Merkurius dibentuk oleh angin matahari dan meteoroid menghantam atom dari permukaannya. Eksosfer dapat melindungi Merkurius dari benda-benda seperti asteroid. Planet ini berkawah ke titik di mana ia menyerupai bulan Bumi. Menurut Museum Sejarah Alam di London, tidak ada bulan di sekitar Merkurius karena begitu dekat dengan matahari sehingga gravitasi matahari menyeret mereka menjauh.

  • Apa di Planet Merkurius ada kehidupan? Kehidupan di Merkurius masih menjadi misteri bagi para ilmuwan.
  • Gagasan mengenai gravitasi benda-benda yang sangat jauh ini dapat mempengaruhi kehidupan kita dalam beberapa cara tidak terbukti dalam kerangka fisika,” jelas Jean-Luc Margot, profesor astronomi dan ilmu planet di University of California, Los Angeles, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (17/5).
You might be interested:  What Are The Advantages Of Solar Energy?

Dilansir dari situs messenger para ilmuwan masih harus terus mengkaji mengenai Merkurius, Suhu yang tidak tidak pasti serta melimpahnya radiasi matahari menjadikannya terlalu ekstrem untuk ditinggali oleh organisme hidup mana pun. Pesawat luar angkasa MESSENGER (Mercury Surface, Space Environment, Geochemistry, and Ranging) menemukan air beku di Merkurius pada 2011.

Es berkumpul di kutub sehingga melindunginya dari sinar matahari. Asteroid mungkin telah membawa sebagian besar es ini ke Merkurius. Merkurius, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Astrophysical Journal Letters pada 2020, mungkin memproduksi hingga 10% dari esnya sendiri. Hal ini dimungkinkan karena permukaan Merkurius memiliki mineral yang disebut hidroksil dengan gugus atom oksigen (O) dan hidrogen (H) yang dapat diaktifkan menjadi energi di bawah panas matahari ekstrem dan bertabrakan untuk membentuk molekul air (H2O).

Sementara matahari juga memecah molekul-molekul ini, beberapa melayang di sekitar planet dan berakhir di kawah yang sangat dingin di kutub untuk membentuk es, (M-4) : Mengenal Merkurius, Planet Terkecil di Tata Surya

Apakah Venus planet Terkecil?

Urutan Planet di Dalam Sistem Tata Surya – Jagad.ID

Planet Yang Terkecil Dalam Tata Surya Adalah Urutan Planet di Tata Surya dari yang Terkecil sampai Terbesar GridKids.id – Kids, tahukah kamu urutan planet di tata surya dari yang terkecil sampai terbesar? Setiap planet di tata surya berbeda. Baik kondisi, zat penyusun atau komposisi, sampai ukuran.

  • Alau kamu mengira Bumi adalah planet terbesar, kamu salah besar, nih.
  • Nyatanya, ada banyak planet-planet lain di tata surya yang ukurannya jauh lebih besar dari Bumi, lo.
  • Nah, kali ini kita akan mencari tahu urutan planet dari ukuran yang terkecil sampai terbesar.1.
  • Merkurius Selain jadi planet yang punya jarak terdekat dengan Mataharu, Merkurius juga merupakan planet terkecil di tata surya.
You might be interested:  Hp Samsung Yang Bisa Transfer Baterai?

Planet yang berjarak 57,9 juta km dari Matahari ini memiliki jari-jari sekitar 2.4739 km. Merkurius terdiri dari 70% logam dan 30% silikat. Baca Juga: Kelompok Planet Berdasar Ukuran dan Komposisi: Jovian dan Terrestrial 2. Mars Mars dijuluki sebagai Planet Merah. Planet Yang Terkecil Dalam Tata Surya Adalah MaxPixel’s contributors Urutan Planet dari yang Terkecil sampai Terbesar 3. Venus Planet yang bertetangga dengan Bumi ini adalah planet yang punya ukuran terkecil ketiga di tata surya. Venus berjarak 108 juta km dari Matahari dan memiliki jari-jari sekitar 6.052 km.4.

  • Bumi Satu-satunya planet di tata surya yang bisa dihuni manusia ini jadi planet terkecil keempat, Kids.
  • Bumi berjarak 150 juta km dari Matahari dan berjari-jari 6.371 km.
  • Baca Juga: Mengenal Planet Pengembara yang Berkelana Sendirian di Ruang Angkasa 5.
  • Neptunus Planet yang punya jarak terjauh dari Matahari ini punya bentuk yang mirip dengan Bulan, Kids.

Neptunus memiliki jari-jari 24.622 km dan berjarak 4.500 juta km dari Matahri.6. Uranus Planet berwarna biru ini sering sering disebut juga sebagai planet es raksasa. Planet Uranus punya jari-jari yang luasnya sekitar 25.362 km dan berjarak 2.880 juta km dari Matahari.7.

  • Saturnus Panet Saturnus punya cincin yang terdiri dari bongkahan es meteroit.
  • Planet ini memiliki jari-jari 58.232 km dan berjarak 1.430 juta km dari Matahari.
  • Baca Juga: Mengapa Planet di Tata Surya Berbentuk Bulat? #AkuBacaAkuTahu 8.
  • Jupiter Planet Jupiter adalah planet terbesar di tata surya, Kids.
  • Planet Jupiter punya jari-jari seluas 69.911 km dan berjarak 778,3 juta km dari Matahari.

Nah, itulah urutan planet dari ukuran yang terkecil sampai terbesar, yaitu Merkurius, Mars, Venus, Bumi, Neptunus, Uranus, Saturnus, dan Jupiter. Baca Juga: Apa Planet di Tata Surya yang Tak Punya Satelit Alami? #AkuBacaAkuTahu – Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.