Salah Satu Sektor Yang Menyerap Tenaga Kerja Terbesar Indonesia Adalah?

Salah Satu Sektor Yang Menyerap Tenaga Kerja Terbesar Indonesia Adalah
Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik ( BPS ) mengumumkan tiga sektor terbesar yang mampu menyerap tenaga kerja pada Februari 2022. Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekonomi di kuartal I/2022 berhasil menyerap sebesar 4,55 juta tenaga kerja. Jika dirinci, sektor pertanian, industri pengolahan, dan perdagangan menjadi tiga sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja dengan masing-masing sebanyak 1,86 juta orang, 850.000 orang, dan 640.000 orang.

Epala BPS Margo Yuwono menyampaikan sektor pertanian menjadi yang paling banyak menyerap tenaga kerja karena terjadi musim panen pada kuartal I/2022. “Sektor pertanian jadi yang tertinggi karena di kuartal satu ini terjadi musim panen,” ujar Margo dalam siaran pers virtual, Senin (9/5/2022). Sementara untuk distribusi penduduk bekerja, sektor pertanian menempati posisi pertama sebesar 29,96 persen, diikuti perdagangan 19,03 persen, dan industri pengolahan sebesar 13,77 persen.

Jumlah penduduk yang bekerja di sektor pertanian sempat turun pada Agustus 2021 menjadi 28,33 persen dari sebelumnya 29,59 persen (Februari 2021) dan kembali naik pada Februari 2022. Lebih lanjut, Margo menyampaikan dengan adanya penyerapan tenaga kerja ini, maka akan menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT).

Berapa banyak orang yang bekerja di sektor pertanian?

Penduduk bekerja di sektor pertanian, 1998-2017 Deskripsi Hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) oleh Badan Pusat Statistik menggambarkan pada periode 1998-2017 jumlah penduduk yang bekerja di sektor pertanian perkembangannya menurun. Tahun 1998 sebanyak 39,14 juta orang, sedangkan pada Agustus 2017 sebanyak 35,92 juta orang yang bekerja di pertanian.

You might be interested:  How To Make Thin Film Solar Cells?

Berapa persen penduduk Indonesia yang bekerja di bidang pertanian?

Hari Tani Nasional 2021 Tahukah Sahabat Data, menurut data BPS, jumlah penduduk yang bekerja di sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan pada Februari 2021 sebesar 38,78 juta penduduk atau 29,59 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang bekerja.

Siapa penyerap tenaga kerja terbanyak?

Penyerapan Penduduk Bekerja menurut Lapangan Pekerjaan (Februari 2022)

A Font Kecil A Font Sedang A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada 135,61 juta penduduk bekerja pada Februari 2022. Mayoritasnya atau 29,96% terserap di sektor pertanian, Sektor perdagangan menempati urutan kedua, dengan jumlah penduduk bekerja yang terserap mencapai 19,03%. Kemudian sektor industri menyerap penduduk bekerja sebanyak 13,77%, akomodasi dan makanan-minuman 7,11%, serta lapangan usaha konstruksi 6,04%.

Sektor jasa pendidikan menyerap 4,89%, jasa lainnya 4,34%, lalu sektor transportasi dan pergudangan 4,21%. Diikuti oleh sektor administrasi pemerintahan yang menyerap 3,42%, jasa kesehatan 1,76%, jasa perusahaan 1,43%, pertambangan 1,17%, dan jasa keuangan 1,11%. Adapun sektor pengadaan listrik dan gas memiliki serapan penduduk bekerja paling sedikit, yakni hanya 0,23%.

(Baca: 11 Juta Penduduk Usia Kerja Masih Terkena Dampak Pandemi )

Apa pekerjaan utama penduduk Indonesia?

Persentase Penduduk Bekerja Menurut Status Pekerjaan Utama (Februari 2021)

A Font Kecil A Font Sedang A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sebanyak 37,02% penduduk Indonesia berstatus sebagai buruh, karyawan, dan pegawai pada Februari 2021. Proporsi tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan status pekerjaan utama lainnya. Sebanyak 19,57% penduduk Indonesia menjalani usahanya sendiri.

  1. Sebanyak 16,49% penduduk Indonesia yang berusaha dengan dibantu buruh tidak tetap.
  2. Emudian, 14,63% penduduk Indonesia berstatus sebagai pekerja keluarga.
  3. Proporsi penduduk yang menjadi pekerja bebas di sektor non-pertanian sebanyak 5,11%.
  4. Penduduk Indonesia yang menjadi pekerja bebas di sektor pertanian mencapai 5,11%.
You might be interested:  Negara Apa Yang Memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir?

Sementara, 3,36% penduduk Indonesia berusaha dengan dibantu buruh tetap. Adapun, mayoritas atau 29,59% lapangan pekerjaan utama penduduk Indonesia di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. Posisi kedua adalah perdagangan besar dan eceran sebesar 19,20%.

Mayoritas penduduk Indonesia bekerja sebagai apa?

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan sebagian besar penduduknya bekerja pada bidang pertanian.

Apa saja sektor pertanian di Indonesia?

Sebagai negara kepulauan dan memiliki wilayah yang luas, Indonesia adalah negara yang dianugerahi oleh kekayaan alam yang tidak pernah ada habisnya. Dari keindahan alam untuk wisata hingga kekayaan alam yang bisa diproduksi menjadi sumber energi tersendiri, salah satunya berasal dari sektor pertanian.

Sejak dahulu, Indonesia selalu kaya dengan hasil dari pertanian seperti padi, kedelai, jagung, kacang tanah, ketela pohon dan ubi jalar. Selain itu, ada juga hasil dari pertanian yang disebut sebagai hasil pertanian tanaman perdagangan yaitu teh, kopi, kelapa, kina, cengkeh, tebu, karet dan yang lainnya.

Dengan pertanian Indonesia yang semakin hari semakin besar, hal ini memberikan dampak positif juga. Tidak hanya untuk urusan dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Sektor pertanian Indonesia di mata dunia mendapatkan respon positif yang patut dibanggakan.

Mengapa sektor pertanian itu penting?

Peran Pertanian Penting untuk Pembangunan Daerah Mukmin : Alih Fungsi Lahan Hanya Kepentingan Sesaat MARUAT- Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengimbau agar masyarakat tidak terbujuk dengan perubahan alih fungsi lahan dari pertanian padi menjadi pertambangan.

“Itu sangat bahaya, saya yakin alih fungsi lahan hanya sebagai kepentingan sesaat saja,” kata Mukmin Faisyal di Desa Maruat Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser, Sabtu (4/1). Dia mengatakan sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor pertanian berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk ketahanan pangan masyarakat, sebagai instrumen pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja, serta sumber pendapatan masyarakat. Menurut dia, Kabupaten Paser merupakan satu daerah di Kaltim yang potensial untuk pertanian tanaman pangan dan diharapkan bisa menjadi lumbung padi terbesar di Kaltim. Karena itu, dengan jutaan hektar lahan potensial di Kaltim yang ada dan dapat dimanfaatkan secara maksimal, maka bukan mustahil Kaltim secara umum, akan mampu berswasembada beras.

You might be interested:  Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja?

“Saya berharap Pemerintah Kabupaten Paser dapat mengimbau para petani agar tidak tergiur dengan alih fungsi tersebut. Diharapkan Pemkab Paser terus memberikan perhatian kepada para petani yang didukung dengan pengalokasian anggaran dana pembangunan sektor pertanian yang memadai, maupun rangsangan lain yang dapat memacu usaha pertanian di daerah ini, agar makin bergairah lagi,” jelasnya,(jay/hmsprov) : Peran Pertanian Penting untuk Pembangunan Daerah

Agraris itu apa ya?

Salah Satu Sektor Yang Menyerap Tenaga Kerja Terbesar Indonesia Adalah ilustrasi pertanian. ©2021 Merdeka.com/pixabay Merdeka.com – Agraris adalah keadaan di mana penduduk di suatu negara sebagian besar berprofesi sebagai seorang petani. Negara agraris biasanya akan lebih mengutamakan sektor pertanian sebagai sumber dayanya. Salah satu contoh negara agraris adalah Indonesia. Sebab, mayoritas warga negaranya berprofesi sebagai seorang petani. Apalagi Indonesia juga dikenal memiliki tanah yang subur. Hal itu membuat sektor pertanian di Indonesia sangat menjanjikan. Lantas bagaimana penjelasan lebih lanjut terkait agraris adalah negara mayoritas warganya petani dan keuntungan-keuntungan yang diperoleh? Melansir dari berbagai sumber, Rabu (2/3), simak ulasan informasinya berikut ini.2 dari 4 halaman