Sumber Energi Alternatif Yang Dimanfaatkan Oleh Panel Surya Adalah?

Sumber Energi Alternatif Yang Dimanfaatkan Oleh Panel Surya Adalah
Pemanfaatan Energi Surya Skala Rumah Tangga Energi telah menjadi kebutuhan vital masyarakat yang sangat dibutuhkan untuk menopang kehidupannya dan mendukung kegiatannya sehari-hari. Misal, untuk memasak makanannya, manusia membutuhkan energi panas atau untuk memenuhi kebutuhan air di perkotaan, masyarakat membutuhkan energi listrik untuk menyalakan dan menjalankan pompa air.

  • Energi listrik yang umumnya dipakai oleh masyarakat Indonesia berasal dari pembangkit tenaga listrik yang menggunakan bahan bakar fosil.
  • Elemahan penggunaan bahan bakar fosil adalah pembakarannya menghasilkan gas rumah kaca sehingga menambah konsentrasi gas rumah kaca di bumi penyebab peningkatan suhu bumi dan pemanasan global.

Bumi sudah semakin panas, sehingga manusia sudah harus memikirkan untuk beralih dari bahan bakar yang tidak ramah lingkungan ke bahan bakar yang ramah lingkungan. Pemanfaatan tenaga panas matahari bisa dijadikan pilihan. Sumber : Koleksi Knowledge Center Perubahan Iklim Matahari adalah sumber energi yang berjumlah besar dan bersifat terus-menerus (tidak habis), khususnya energi elektro magnetik yang dipancarkan oleh matahari. Penggunaan tenaga surya tidak membutuhkan pembakaran sehingga tidak menghasilkan gas buang berupa gas rumah kaca.

  • Pemanfaatan energi matahari dilakukan dengan mengubah sinar matahari menjadi energi panas atau listrik untuk memenuhi kebutuhan energi manusia.
  • Pemanfaatan tenaga surya dilakukan dengan mengubah sinar matahari secara langsung menjadi panas atau energi listrik.
  • Dua tipe dasar tenaga matahari adalah sinar matahari dan photovoltaic, yaitu tenaga matahari.

Bahan dasar untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi adalah bahan semi konduktor. Umumnya bahan yang digunakan adalah bahan silikon. berwarna hitam. Bahan dasar silikon ini dibuat menjadi lempengan dan dipasangi tiang agar bisa diarahkan langsung pada matahari.

  • Silikon adalah bahan yang dapat merefleksikan matahari seperti kaca.
  • Cara kerja lempengan silikon kaca atau yang bidas disebut sebagai solar panel adalah kaca-kaca silikon besar mengkonsentrasikan cahaya matahari ke satu garis atau titik.
  • Onsentrasi cahaya matahari akan menghasilkan panas.
  • Lalu, panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap panas.

Panasnya tekanan uap digunakan untuk menjalankan turbin yang kemudian menghasilkan listrik. Penerapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Rumah Tangga, Sumber: Pada awal penelitian pemanfaatan tenaga surya, solar panel biasanya digunakan untuk penggunaan energi dalam jumlah besar seperti industri.

  1. Tetapi, semakin hari masyarakat semakin sadar bahwa mereka tidak dapat mengandalkan energi yang berasal dari bahan bakar fosil.
  2. Hal ini yang mendasari ide solar panel dibuat dalam ukuran kecil untuk penggunaan rumah tangga.
  3. Saat ini sudah banyak penyedia solar panel untuk penggunaan skala rumah tangga.

Untuk penggunaan jangka panjang, penggunaan solar panel ini terhitung sangat murah. Dengan menggunakan solar panel, msayarakat dapat menghemat energi listrik. Sumber :

http://www.greenpeace.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklim-global/Energi-Bersih/Energi_matahari/ Hasil wawancara dengan CV Diartona dalam Pekan Nasional Perubahan Iklim, 4 Agustus 2017.

: Pemanfaatan Energi Surya Skala Rumah Tangga

Apakah panel surya memanfaatkan sumber energi alternatif?

JAKARTA, KOMPAS.com – Lonjakan biaya energi global seperti batu bara dan minyak telah menyebabkan banyak orang mencari sumber listrik alternatif dan berkelanjutan, salah satunya dengan panel surya yang memanfaatkan energi matahari. Secara definisi, energi matahari adalah energi yang berasal dari matahari.

Apa saja yang termasuk energi surya?

Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari, Energi ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan serangkaian teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, dan fotosintesis buatan,

Teknologi energi surya secara umum dikategorikan menjadi dua kelompok, yakni teknologi pemanfaatan pasif dan teknologi pemanfaatan aktif. Pengelompokan ini tergantung pada proses penyerapan, pengubahan, dan penyaluran energi surya. Contoh pemanfaatan energi surya secara aktif adalah penggunaan panel fotovoltaik dan panel penyerap panas.

Contoh pemanfaatan energi surya secara pasif meliputi mengarahkan bangunan ke arah matahari, memilih bangunan dengan massa termal atau kemampuan dispersi cahaya yang baik, dan merancang ruangan dengan sirkulasi udara alami. Pada tahun 2011, Badan Energi Internasional menyatakan bahwa “perkembangan teknologi energi surya yang terjangkau, tidak habis, dan bersih akan memberikan keuntungan jangka panjang yang besar.

Perkembangan ini akan meningkatkan keamanan energi negara-negara melalui pemanfaatan sumber energi yang sudah ada, tidak habis, dan tidak tergantung pada impor, meningkatkan kesinambungan, mengurangi polusi, mengurangi biaya mitigasi perubahan iklim, dan menjaga harga bahan bakar fosil tetap rendah dari sebelumnya.

Keuntungan-keuntungan ini berlaku global. Oleh sebab itu, biaya insentif tambahan untuk pengembangan awal selayaknya dianggap sebagai investasi untuk pembelajaran; inventasi ini harus digunakan secara bijak dan perlu dibagi bersama.”

You might be interested:  Gaya Renang Yang Memerlukan Tenaga Yang Cukup Besar Adalah?

Panel surya digunakan untuk apa saja?

Manfaat Penggunaan Panel Surya Secanggih-canggihnya teknologi saat ini adalah teknologi yang menggunakan listrik. Oleh sebab itu, listrik menjadi prioritas utama yang wajib pada anggaran pengeluaran keluarga. Sayangnya biaya atau tarif listrik cenderung terus meningkat.

Membuat masyarakat harus berpikir cara untuk menghemat penggunaan listrik agar biaya tidak semakin membengkak. Dalam perihal ini, pemerintah indonesia pun semakin gencar dalam menggaungkan penggunaan sumber daya terbarukan yang dapat diperoleh oleh masyarakat, salah satunya dengan pemasangan panel surya di tiap-tiap rumah.

Panel surya adalah sistem pembangkit listrik yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi daya listrik dengan efek fotovoltaik. Energi listrik itu akan disimpan dalam baterai yang kemudian digunakan untuk sumber daya listrik. Panel surya memiliki beberapa manfaat salah satunya adalah menghemat biaya pemakaian listrik.

Apa Manfaat panel surya brainly?

Jawaban: Energi gratis. Matahari menyediakan bahan bakar panas yang berfungsi menyalakan sistem komponen elektrik di rumah Anda. Produksi energi bersih.

Panel surya terbuat dari apa?

Apa dan Bagaimana Sistem Kerja Panel Surya? – Penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai di lakukan di Indonesia. Salah satu yang banyak dilirik adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluas seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan. Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Sedangkan yang bertugas menyerap sinar matahari adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal. Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan.

  1. Dalam artian semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik.
  2. Ada beberapa jenis sel surya yang telah dimanfaatkan dan dapat ditemui di pasaran, diantaranya adalah Monocrystalline Silicon PV Module, Polycrystalline Silicon PV Module, Amorphous Silicon PV Module, dan Hybrid Silicon PV Module.

Prinsip kerja sel surya dimulai dari partikel yang disebut “Foton” yang merupakan partikel sinar matahari yang sangat kecil. Ketika foton tersebut menghantam atom semikonduktor sel surya sehingga dapat menimbulkan energi yang besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.

Elektron yang terpisah dan bermuatan negatif akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari material semi konduktor, sehingga atom yang kehilangan elektron kekosongan pad strukturnya dan disebut “hole” dengan muatan positif. Daerah semi konduktor dengan elektron bebas bersifat negatif dan bertindak sebagai donor elektron yang disebut dengan semi konduktor tipe N.

Sedangkan daerah semi konduktor “hole” sebagai penerima elektron dinamakan semi konduktor tipe Pdi. Persimpangan daerah positif dan negatif akan menimbulkan energi yang mendorong elektron dan hole begerak ke arah berlawanan. elektron bergerak menjauhi darah negatif, dan hole menjauhi daerah positif.

Apa saja contoh pemanfaatan energi alternatif?

10. Hidrogen – Kalau energi yang satu ini berasal dari proses perubahan bahan bakar fosil. Energi hidrogen punya sifat yang terbarukan, jadi bisa digunakan terus menerus untuk memenuhi kebutuhan manusia salah satunya sebagai bahan bakar. Jadi saat bahan bakar mengalami kenaikan ataupun kelangkaan, penggunaan hidrogen sebagai alternatif bisa menjadi pilihan terbaik.

  • Selain itu, hidrogen juga tidak mengakibatkan polusi tinggi, jadi lebih ramah lingkungan.
  • Risis energi yang tengah terjadi di masa sekarang mendorong para ilmuwan mengembangkan energi alternatif.
  • Sebenarnya ada banyak energi alternatif yang sudah ditemukan namun belum bisa digunakan.
  • Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah untuk mencegah kelangkaan.

: Contoh Pemanfaatan Energi Alternatif

Perubahan energi apakah yang terjadi pada panel surya?

Panel surya terdiri dari susunan sel surya yang dihubungkan secara seri. Sel surya berfungsi mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik.

Apa sumber energi utama dalam oven surya?

Oven surya atau kompor tenaga surya adalah perangkat masak yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi.

Bagaimana cara kerja panel surya dalam menghasilkan energi listrik?

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya Secara sederhana, cara kerja panel solar adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menapung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. Dengan demikian, sistem bisa berjalan meskipun di sore hari, malam hari, atau ketika kondisi hujan.

Bagaimana cara panel surya menyimpan energinya?

Pembangkit listrik tenaga surya terkonsentrasi menyimpan panas matahari dalam tangki besar yang diisi dengan garam cair dan dipanaskan hingga suhu tinggi sekitar 1,000 0F. Ketika listrik diperlukan, garam panas dipompa menjadi uap dan turbin angin mengubah uap itu menjadi listrik.

You might be interested:  Alat Yang Mengubah Energi Surya Menjadi Energi Listrik Adalah?

Pembangkit listrik tenaga surya itu apa?

Pertamina Power Indonesia melakukan berbagai inisiatif terkait pengembangan Energi Baru Terbarukan, diantaranya adalah pemasangan Solar PV sebagai pembangkit energi terbarukan berbasis modul Surya di berbagai area di Indonesia. – Kebutuhan energi listrik Indonesia selama ini berasal dari hasil pertambangan energi konvesional seperti minyak bumi dan batu bara.

  • Sebagian besar hasil pertambangan ini selain di ekspor ke luar negeri juga dipakai untuk konsumsi dalam negeri seperti digunakan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar transportasi, perindustrian, pemukiman penduduk dan lain-lain.
  • Pemakaian sumber energi surya di Indonesia mempunyai prospek yang sangat baik, mengingat bahwa secara geografis sebagai negara tropis yang dilewati khatulistiwa mempunyai potensi energi surya yang cukup baik dengan insolasi rata–rata harian yang besar yang dapat dikembangkan sebagai salah satu sumber energi murah dan tersedia sepanjang tahun.

Hal ini disebabkan karena pembangkit listrik yang mempergunakan konversi fotovoltaik dalam memanfaatkan energi surya atau lebih umum di kenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini tidak lagi memerlukan bahan bakar. Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah sumber energi penghasil listrik yang ramah lingkungan dan tidak menggunakan bahan bakar minyak, sehingga sangat murah, karena energi surya/matahari merupakan sumber energi yang tidak terbatas.

Apakah keunggulan energi listrik tenaga surya?

Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya –

  1. PLTS Mampu Menghasilkan Energi Listrik PLTS memiliki banyak sekali manfaat untuk membantu kehidupan manusia yang dapat menyediakan energi listrik yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. PLTS mampu mengolah foton matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Listrik ini yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyalakan peralatan elektronik dan sebagainya.
  2. PLTS Sangat Ramah Lingkungan PLTS juga ramah lingkungan sehingga ekosistem bumi bisa lebih terjaga. Dengan menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari energi alternatif sinar matahari, bumi akan terhindar dari polusi udara. Sumber energinya berupa cahaya matahari sehingga tidak pernah habis. Berbeda dengan listrik PLN konvensional yang membutuhkan bahan bakar sehingga menyebabkan polusi udara.
  3. PLTS Dapat Mengurangi Biaya Penggunaan Listrik Harian Manfaat yang paling dapat dirasakan adalah pembangkit listrik tenaga surya dapat mengurangi biaya penggunaan listrik harian. Energi listrik yang dihasilkan dari energi surya akan bisa digunakan sebelum menggunakan energi listrik PLN sehingga tagihan listrik PLN ini bisa Anda hemat.
  4. Penggunaan Listrik Dapat di Monitoring Jika menggunakan PLN, Anda tidak mengetahui seberapa besar penggunaan listrik yang Anda gunakan, maka dengan menggunakan PLTS kini semua produksi listrik dan daya yang dikeluarkan dapat Anda monitor setiap harinya melalui aplikasi canggih yang dirancang oleh tim SUN Energy. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau produksi listrik yang dihasilkan PLTS Anda. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga bisa melihat penurunan tagihan listrik yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Selain pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di dataran, terdapat juga PLTS atap dimana PLTS tersebut dipasang di atas atap, dari sanalah dikenal sebagai PLTS Atap. Untuk industri, perumahan dan gedung komersial, PLTS atap ini lebih direkomendasikan dibandingkan dengan PLTS lainnya.

Atap menjadi lokasi yang strategis untuk mendapatkan banyak sinar matahari. Sinar matahari tersebut kemudian ditangkap oleh panel surya yang terpasang di atap bangunan atau rumah Anda. Untuk jenis PLTS atap yang Anda gunakan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilihannya pun sangat beragam. Misalnya saja, jenis panel yang disediakan oleh SUN Energy ini ada 1 kWp, 2 kWp, 4 kWp dan juga 6 kWp.

Selain itu, SUN Energy juga melayani pemasangan sistem tenaga surya untuk skala yang lebih besar, sehingga jenis panel produk yang ditawarkan sangat beragam. Menggunakan PLTS atap juga jauh lebih ramah lingkungan, sehingga efek pemanasan global bisa berkurang.1 kWp energi surya dapat mengurangi emisi CO 2 sebanyak 9 ton per tahunnya.

  1. Untuk industri, pabrik dan juga gedung komersial, PLTS atap yang diaplikasikan semakin besar sehingga emisi gas karbondioksida juga berkurang semakin banyak.
  2. Misalnya saja, dengan penggunaan daya 200 kWp, emisi CO2 yang dikurangi ini sebesar 1,8 ribu ton.
  3. Belum lagi jumlah bahan bakar seperti batubara yang terbakar untuk pemakaian sumber listrik konvensional ini bisa berkurang.

PLTS atap tidak membutuhkan bahan bakar seperti listrik PLN sehingga tidak menyebabkan polusi udara. Di masa depan, industri dan pabrik harus lebih ramah lingkungan sehingga kualitas lingkungan tetap terjaga dengan baik. Untuk fungsi dan hasil yang maksimal, Anda harus memasang pembangkit listrik tenaga surya dengan baik dan benar.

  1. Anda juga harus memperhatikan lokasi pemasangan PLTS atap tersebut.
  2. PLTS yang dipasang di atap paling efektif dalam menyerap sinar matahari.
  3. Anda harus memilih komponen PLTS atap yang berkualitas dan memiliki kinerja yang bagus sehingga tidak mudah rusak meski digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Perizinan proyek juga harus dikantongi terutama jika skalanya pemasangan panel surya untuk kebutuhan besar agar tidak dianggap ilegal.

Akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan jasa dari perusahaan pengembang sistem tenaga surya terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai macam layanan mulai dari perizinan sampai dengan pemasangan.

You might be interested:  What Are The Best Solar Panels?

Apa saja contoh pemanfaatan energi alternatif?

10. Hidrogen – Kalau energi yang satu ini berasal dari proses perubahan bahan bakar fosil. Energi hidrogen punya sifat yang terbarukan, jadi bisa digunakan terus menerus untuk memenuhi kebutuhan manusia salah satunya sebagai bahan bakar. Jadi saat bahan bakar mengalami kenaikan ataupun kelangkaan, penggunaan hidrogen sebagai alternatif bisa menjadi pilihan terbaik.

  • Selain itu, hidrogen juga tidak mengakibatkan polusi tinggi, jadi lebih ramah lingkungan.
  • Risis energi yang tengah terjadi di masa sekarang mendorong para ilmuwan mengembangkan energi alternatif.
  • Sebenarnya ada banyak energi alternatif yang sudah ditemukan namun belum bisa digunakan.
  • Contoh pemanfaatan energi alternatif adalah untuk mencegah kelangkaan.

: Contoh Pemanfaatan Energi Alternatif

Mengapa PLTS termasuk energi alternatif?

Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya –

  1. PLTS Mampu Menghasilkan Energi Listrik PLTS memiliki banyak sekali manfaat untuk membantu kehidupan manusia yang dapat menyediakan energi listrik yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. PLTS mampu mengolah foton matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Listrik ini yang kemudian bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menyalakan peralatan elektronik dan sebagainya.
  2. PLTS Sangat Ramah Lingkungan PLTS juga ramah lingkungan sehingga ekosistem bumi bisa lebih terjaga. Dengan menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari energi alternatif sinar matahari, bumi akan terhindar dari polusi udara. Sumber energinya berupa cahaya matahari sehingga tidak pernah habis. Berbeda dengan listrik PLN konvensional yang membutuhkan bahan bakar sehingga menyebabkan polusi udara.
  3. PLTS Dapat Mengurangi Biaya Penggunaan Listrik Harian Manfaat yang paling dapat dirasakan adalah pembangkit listrik tenaga surya dapat mengurangi biaya penggunaan listrik harian. Energi listrik yang dihasilkan dari energi surya akan bisa digunakan sebelum menggunakan energi listrik PLN sehingga tagihan listrik PLN ini bisa Anda hemat.
  4. Penggunaan Listrik Dapat di Monitoring Jika menggunakan PLN, Anda tidak mengetahui seberapa besar penggunaan listrik yang Anda gunakan, maka dengan menggunakan PLTS kini semua produksi listrik dan daya yang dikeluarkan dapat Anda monitor setiap harinya melalui aplikasi canggih yang dirancang oleh tim SUN Energy. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memantau produksi listrik yang dihasilkan PLTS Anda. Melalui aplikasi tersebut, Anda juga bisa melihat penurunan tagihan listrik yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Selain pembangkit listrik tenaga surya yang dipasang di dataran, terdapat juga PLTS atap dimana PLTS tersebut dipasang di atas atap, dari sanalah dikenal sebagai PLTS Atap. Untuk industri, perumahan dan gedung komersial, PLTS atap ini lebih direkomendasikan dibandingkan dengan PLTS lainnya.

Atap menjadi lokasi yang strategis untuk mendapatkan banyak sinar matahari. Sinar matahari tersebut kemudian ditangkap oleh panel surya yang terpasang di atap bangunan atau rumah Anda. Untuk jenis PLTS atap yang Anda gunakan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilihannya pun sangat beragam. Misalnya saja, jenis panel yang disediakan oleh SUN Energy ini ada 1 kWp, 2 kWp, 4 kWp dan juga 6 kWp.

Selain itu, SUN Energy juga melayani pemasangan sistem tenaga surya untuk skala yang lebih besar, sehingga jenis panel produk yang ditawarkan sangat beragam. Menggunakan PLTS atap juga jauh lebih ramah lingkungan, sehingga efek pemanasan global bisa berkurang.1 kWp energi surya dapat mengurangi emisi CO 2 sebanyak 9 ton per tahunnya.

  1. Untuk industri, pabrik dan juga gedung komersial, PLTS atap yang diaplikasikan semakin besar sehingga emisi gas karbondioksida juga berkurang semakin banyak.
  2. Misalnya saja, dengan penggunaan daya 200 kWp, emisi CO2 yang dikurangi ini sebesar 1,8 ribu ton.
  3. Belum lagi jumlah bahan bakar seperti batubara yang terbakar untuk pemakaian sumber listrik konvensional ini bisa berkurang.

PLTS atap tidak membutuhkan bahan bakar seperti listrik PLN sehingga tidak menyebabkan polusi udara. Di masa depan, industri dan pabrik harus lebih ramah lingkungan sehingga kualitas lingkungan tetap terjaga dengan baik. Untuk fungsi dan hasil yang maksimal, Anda harus memasang pembangkit listrik tenaga surya dengan baik dan benar.

Anda juga harus memperhatikan lokasi pemasangan PLTS atap tersebut. PLTS yang dipasang di atap paling efektif dalam menyerap sinar matahari. Anda harus memilih komponen PLTS atap yang berkualitas dan memiliki kinerja yang bagus sehingga tidak mudah rusak meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perizinan proyek juga harus dikantongi terutama jika skalanya pemasangan panel surya untuk kebutuhan besar agar tidak dianggap ilegal.

Akan lebih bagus lagi jika Anda menggunakan jasa dari perusahaan pengembang sistem tenaga surya terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai macam layanan mulai dari perizinan sampai dengan pemasangan.

Apakah sumber energi matahari termasuk sumber energi alternatif?

Sinar Matahari adalah merupakan sumber energi alternatif yang sangat penting karena dengan menggunakan sel surya energi matahari dapat diubah langsung menjadi energi listrik, selanjutnya dapat diubah menjadi energi lain sesuai dengan kebutuhan.