Transportasi Laut Yang Canggih Dan Maju Menggunakan Tenaga?

Transportasi Laut Yang Canggih Dan Maju Menggunakan Tenaga
Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat Air Udara dan Laut » » Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat Air Udara dan Laut Pada Pembelajaran Kelas VI Tema 9 Menjelajah Ruang Angkasa Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkas terdapat muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Ompetensi yang dibahas pada subtema tersebut adalah KD 3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. KD 4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. Berikut ini penjelasan mengenai Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat, Laut dan Udara.A.

Modernisasi Teknologi Transportasi Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. Sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti sepeda motor, mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang.

Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan antara lain jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan. Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia. Contohnya dengan cara dipikul, digendong atau didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah.

Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air. Alat transportasi darat semula menggunakan tenaga manusia, seperti sepeda, becak, dan gerobak dorong. Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya.

Transportasi laut yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar. Transportasi laut yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung.B. Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi darat Alat transportasi tradisional umumnya tidak bermesin. Contohnya, antara lain sepeda, becak, cikar dan gerobak.

Sepeda, becak dan dokar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang. Sedangkan gerobak digunakan untuk alat angkutan barang. Alat angkutan darat tradisional pada umumnya hanya melayani pengangkutan jarak dekat. Alat angkutan darat modern pada umumnya menggunakan mesin dengan kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda.

  1. Alat transportasi modern terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang.
  2. Endaraan penumpang seperti sepeda motor, bemo, mobil, bus, dan kereta api.
  3. Sedangkan kendaraan angkutan barang, antara lain, truk, truk tangki, kereta api barang, dan mobil boks.
  4. Alat angkutan darat modern dapat melayani pengangkutan jarak dekat maupun jarak jauh, seperti antarkota dan antarprovinsi.

Perusahaan negara yang melayani angkutan darat yaitu PT DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) dan PT KAI (Kereta Api Indonesia) Persero. Ayo Berlatih Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini. Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi darat dulu dan sekarang.

Aspek Transportasi Darat Sebelum Modernisasi Transportasi Darat Setelah Modernisasi
Tenaga Penggerak Manusia dan Hewan Mesin
Fungsi Alat angkut manusia dan barang Alat angkut penumpang dan barang
Contoh Gambar

Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya terhadap sistem transportasi darat saat ini. Beberapa dampak negatif dan positif perkembangan transportasi darat terhadap masyarakat antara lain sebagai berikut Dampak positif terhadap kehidupan masyarakat

  1. Memudahkan pekerjaan masyarakat.
  2. Membantu masyarakat mengangkut banyak barang.
  3. Memudahkan masyarakat untuk bepergian jarak jauh.
  4. Mempersingkat waktu kunjungan ke daerah yang jauh.
  5. Menciptakan lapangan pekerjaan baru.
  • Dampak negatif terhadap kehidupan masyarakat
  1. Masyarakat menjadi bergantung terhadap transportasi dan kehilangan sikap mandiri.
  2. Menyebabkan kemacetan.
  3. Meningkatkan polusi suara yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat.
  4. Meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.
  5. Meningkatkan pola hidup konsumtif.

B. Pengaruh Modernisasi terhadap Perkembangan Sistem Transportasi Air dan Udara Perkembangan teknologi terus mengalami inovasi dan perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi ini dimaksud untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, pergi ke sekolah menggunakan bus tentunya lebih mudah dibandingkan dulu ke sekolah dengan berjalan kaki. Manusia pada saat ini memang tidak bisa terlepas dengan yang namanya teknologi. Di zaman modern dan era globalisasi ini kita dituntut untuk dapat menggunakan teknologi yang ada. Tujuannya adalah supaya kita dapat terus menjalani kehidupan dengan lebih mudah.

Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air sepertiperahu dayung, rakit, dan perahu layar. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air.

Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan untuk pesawat tempur. Kapal ini adalah kapal militer yang disebut kapal induk. Masyarakat pada zaman dulu tidak memiliki transportasi udara.

Mungkin zaman dulu transportasi udara yang paling canggih adalah balon udara. Perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang.

Bahkan kini manusia dapat menjelajah angkasa luar dengan menggunakan pesawat angkasa luar. Perlu ditekankan lagi bahwa perkembangan teknologi tidak hanya terjadi pada transportasi saja melainkan pada seluruh bidang kehidupan. Seperti di militer, kesehatan, dan komunikasi. Namun, perkembangan teknologi ini lambat laun memiliki dampak negatif seperti polusi udara akibat semakin banyaknya kendaraan bermotor.

Kita harus bersikap bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi ini agar dampak yang ditimbulkan dapat diatasi dan dimanfaatkan sisi-sisi positifnya. Ayo Berdiskusi Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini. Pilihlah sistem transportasi udara dan air yang akan dibahas oleh kelompokmu Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi air dan udara baik dulu maupun sekarang.

You might be interested:  Kapan Sebaiknya Baterai Hp Di Charge?
Aspek Transportasi Air Sebelum Modernisasi Transportasi Air Setelah Modernisasi Transportasi Udara Sebelum Modernisasi Transportasi Udara Setelah Modernisasi
Tenaga Penggerak Manusia dan Angin Mesin Udara panas Mesin
Fungsi Alat transportasi Alat transportasi Alat transportasi Alat transportasi
Contoh Gambar

Kesimpulan : Manusia tidak bisa terlepas dengan teknologi sehingga di era globalisasi ini manusia dituntut untuk dapat menggunakan teknologi. Namun, perkembangan teknologi memiliki dampak negatif sehingga kita harus bersikap bijak dalam menggunakan teknologi.

Perkembangan alat transportasi telah memberikan banyak kemudahan kepada masyarakat penggunanya. Berbagai alat transportasi telah silih berganti seiring dengan perkembangan teknologi. Alat transportasi bermesin kini menjadi pilihan utama untuk digunakan. Perkembangan teknologi transportasi memiliki dampak negatif dan juga dampak positif.

Beberapa dampak positif perkembangan teknologi transportasi air dan udara adalah sebagai berikut :

  1. Biaya transportasi lebih murah.
  2. Bisa mengangkut manusia, barang, dan hewan lebih banyak.
  3. Lebih cepat sampai ke tujuan.
  4. Sistem pembelian tiket lebih mudah dan cepat.
  5. Pelayanan pada konsumen diutamakan.
  6. Meningkatkan perekonomian.

Selain memiliki dampak positif perkembangan teknologi transportasi air juga memiliki dampak negatif. Beberapa dampak negatif perkembangan teknologi transportasi air antara lain sebagai berikut.

  1. Pencemaran air.
  2. Rusaknya terumbu karang.
  3. Meningkatkan jumlah sampah yang dibuang ke dalam air dari transportasi air.
  4. Meningkatnya pencemaran udara.
  5. Meningkatnya pencemaran suara.
  6. Berkurangnya lahan hijau karena untuk membangun landasan pesawat terbang

Demikian. pembahasan mengenai Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat Air Udara dan Laut. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sumber : Buku Kelas VI Tema 9, Kemendikbud Posted by Nanang_Ajim Updated at: 11:20 AM : Pengaruh Modernisasi Terhadap Transportasi Darat Air Udara dan Laut

Mengapa Indonesia perlu memajukan transportasi laut?

Transportasi Laut Pegang Peranan Strategis untuk Merajut Keberagaman Indonesia dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi – Transportasi Laut Yang Canggih Dan Maju Menggunakan Tenaga Jakarta – Transportasi laut memiliki peran yang strategis dalam mendukung pembangunan nasional di segala bidang, termasuk untuk mempersatukan Indonesia yang penuh dengan keberagaman, baik keberagaman agama, suku, budaya, ras maupun bahasa. Selain itu transportasi laut juga menjadi infrastruktur penting dalam rangka menggerakkan roda perekonomian Indonesia, khususnya di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

Ribuan pulau yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia dihuni oleh penduduk yang beragam suku, agama, ras maupun bahasa, perlu dijembatani dengan infrastruktur konektivitas yang memadai. Transportasi laut selain menjadi simpul konektivitas antar pulau juga merupakan penghubung serta menjadi urat nadi yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional di seluruh pelosok Indonesia,” demikian disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada acara Webinar Transportasi Untuk Merajut Keberagaman Episode 4 : Moda Transportasi Laut, Senin 24 Agustus 2020.

Seperti yang sudah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia saat pidato Sidang Tahunan dan Sidang Bersama MPR/DPR pada tanggal 14 Agustus lalu, dalam situasi krisis akibat pandemi ini pemerintah harus terus bergerak membuat terobosan untuk menciptakan lompatan kemajuan.

  1. Begitu juga halnya dengan sektor transportasi khususya di sub sektor Laut.
  2. Beberapa pembangunan infrastruktur transportasi laut terus berjalan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, seperti penyelesaian pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat, Pelabuhan Kijing yang terletak di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, dan Pelabuhan Gilimas Lombok.
You might be interested:  Why Are South Facing Solar Panels The Best?

“Pemerintah optimis Pelabuhan Patimban dapat diselesaikan untuk tahap I pada bulan Oktober 2020 ini, sehingga bisa dilakukan soft launching pada November 2020. Selanjutnya, terdapat pembangunan pelabuhan Kijing merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional, dimana nantinya Pelabuhan Kijing akan menjadi pelabuhan berstandar internasional terbesar di Pulau Kalimantan.

Begitu juga dengan Pelabuhan Gilimas Lombok. kami terus berupaya mendorong pelaksanaan pembangunan dan pengembangan Terminal Gilimas guna mendukung pariwisata di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat.” Jelas Menhub Budi lebih lanjut. Selain itu pada tahun 2020 ini, terdapat beberapa infrastruktur perhubungan laut yang pembiayaan pembangunannya akan dilaksanakan melalui skema pendanaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sebagai alternatif pembiayaan pembangunan oleh Pemerintah selain melalui APBN.

Di antaranya adalah pengembangan Pelabuhan Seba di Nusa Tenggara Timur dan pembangunan Menara Suar Tanjung Batu di Tarakan, Kalimantan Utara. Menhub Budi Karya juga menyampaikan bahwa dimasa kondisi pandemi Covid-19 ini Kementerian Perhubungan terus melaksanakan salah satu program transportasi laut yang berperan langsung dalam merajut keberagaman, dengan menciptakan kesetaraan dan pemerataan ekonomi yaitu Tol Laut.

Program yang telah dimulai pada tahun 2015 ini, sampai dengan tahun 2020 telah mengoperasikan 26 trayek angkutan barang tol laut, 110 trayek pelayaran perintis dan 6 trayek kapal ternak. “Salah satu program yang berkaitan dengan upaya peningkatan konektivitas antar wilayah di Indonesia untuk kesetaraan perekonomian adalah tol laut.

Program Tol Laut telah memberikan kontribusi dan manfaat dalam menekan angka disparitas harga, khususnya di wilayah timur Indonesia serta meningkatkan pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Menhub. Turut hadir sebagai pembicara pada acara ini Direktur Jenderal Laut Agus H.

Apakah keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transportasi laut adalah?

Halo Siocio, kaka bantu jawab ya. Jawaban benar pada soal ini adalah C. Berikut adalah penjelasannya. Transportasi adalah suatu bentuk mobilitas barang dan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Alat transportasi meliputi wilayah laut, darat, dan udara.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah laut yang luas serta potensi sumber daya yang melimpah, selain itu luasnya wilayah laut dapat digunakan dalam pemanfaatan mobilitas manusia dan barang menggunakan kapal. Penggunaan transportasi laut memiliki keunggulan, salah satunya adalah dapat memuat barang dalam jumlah besar bahkan mengangkut banyak kendaraan darat maupun pesawat, karena massa jenis barang yang ditampung masih jauh lebih kecil dengan massa jenis air laut.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat pada soal ini adalah C. Semoga membantu ya:).

Apa yang menjadi sumber penggerak alat transportasi modern?

Transportasi modern merupakan alat atau kendaraan yang dibuat dengan teknologi canggih, menggunakan mesin dan bahan bakar sebagai alat penggeraknya. Mesin yang terpasang pada transportasi modern membutuhkan bahan bakar minyak sebagai tenaga penggerak, sedangkan pada transportasi tradisional tenaga penggerak didapatkan langsung dari alam, seperti memanfaatkan angin atau menggunakan tenaga manusia secara penuh.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. – Transportasi modern merupakan alat atau kendaraan yang dibuat dengan teknologi canggih, menggunakan mesin dan bahan bakar sebagai alat penggeraknya. Mesin yang terpasang pada transportasi modern membutuhkan bahan bakar minyak sebagai tenaga penggerak, sedangkan pada transportasi tradisional tenaga penggerak didapatkan langsung dari alam, seperti memanfaatkan angin atau menggunakan tenaga manusia secara penuh.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Apa kerugian transportasi laut?

apa kelebihan dan kekurangan transportasi air

Jawaban: 1. Getekkelebihan : murah, mudah dibuat, tidak menggunakan bahan bakarkekurangan : jumlah penumpang terbatas2. Kapal Lautkelebihan : dapat memuat banyak orangkekurangan : harga tiket mahal3. Perahukelebihan : tidak perlu bahan bakarkekurangan : mengandalkan angin sehingga terkadang membuat sulit4. Kapal Pesiarkelebihan : dapat menampung penumpang yg sangat banyakkekurangan : harganya sangat mahalsemoga membantu

Makasih kak saya dapat nilai seratus di pr saya makasih banyak kak

Jawaban: Kelebihan :

Cenderung membutuhkan biaya yang lebih murah bila dibandingkan dengan kendaraan darat dan udara.Mampu menampung jumlah penumpang jauh lebih banyak dibandingkan dengan alat transportasi udara dan dara. Misal: 1 kapal KM Kelud mampu membawa penumpang hingga 6500 penumpang. Sedangkan 1 buah pesawat sebut saja Airbus A380 yang merupakan salah satu pesawat terbesar, hanya mampu menampung sebanyak 850 penumpang.Beberapa alat transportasi air seperti perahu, tidak memerlukan bahan bakar, sehingga akan menghemat banyak biaya

Kekurangan :

Tidak bisa diandalkan untuk membawa barang barang yang mudah busuk dalam perjalanan yang jauh.Jalur pelayaran sangat tidak fleksibel bila dibandingkan dengan alat transportasi udara.Tidak mampu bergerak dengan kecepatan tinggi, Salah satu kapal pesiar tercepat di dunia saja hanya memiliki kecepatan sekitar 54 km/jam.Untuk jarak yang cukup jauh, perjalanan menggunakan kapal laut cenderung sangat lama, Misal, untuk perjalan dengan kapal KM Kelud dari pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Belawan Medan umumnya berlangsung selama 3 hari 3 malam.

You might be interested:  Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Baterai?

Dikutip dari : Jagad.id : apa kelebihan dan kekurangan transportasi air

Mengapa alat transportasi udara jauh lebih cepat dibandingkan dengan transportasi darat dan laut?

Alasan Mengapa Sarana Transportasi Udara Semakin Banyak Dipilih Masyarakat Indonesia untuk Perjalanan Jauh – Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sarana transportasi udara semakin banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk perjalanan jauh, mengalahkan minat pada transportasi darat dan laut.1.

Waktu Perjalanan yang Lebih Singkat Sarana transportasi udara lebih unggul dalam hal waktu jika dibandingkan dengan perjalanan menggunakan sarana transportasi laut dan darat, Untuk melakukan perjalanan dari satu pulau ke pulau lain, atau dari provinsi satu ke provinsi yang lain, misalnya, sarana transportasi udara jauh lebih hemat waktu.2.

Jangkauan Wilayah Lebih Luas Alasan berikutnya adalah karena sarana transportasi udara dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Tidak semua area dapat dijangkau dengan kapal atau mobil. Namun, sarana transportasi udara bisa menjangkaunya.3. Tingkat Keamanan yang Tinggi Sarana transporasi udara dianggap memiliki tingkat keamanan no 1 jika dibandingkan dengan transportasi darat dan laut, karena transportasi udara memiliki persentase/kemungkinan kecelakaan yang sangat kecil dibandingkan dengan transportasi darat dan laut Tiga alasan mengapa sarana transportasi udara semakin banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk perjalanan jauh tadi mampu menutup kenyataan bahwa sarana trasnportasi udara sebenarnya juga memiliki kekurangan.

  1. Ekurangannya antara lain, membutuhkan dana yang lebih besar alias ongkos yang mahal.
  2. Selain itu juga, sarana transportasi udara sangat bergantung pada cuaca dan kondisi alam.
  3. Ini terjadi karena sarana transportasi udara melakukan perjalanan melalui udara yang langsung berhadapan dengan awan dan cuaca.

Jika pesawat beroperasi ketika hujan lebat dan badai, maka akan berbahaya untuk keselamatan penumpang dan mesin pesawat. Demikian tadi beberapa alasan mengapa sarana transportasi udara semakin banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk perjalanan jauh.

Apa prasarana transportasi kapal laut?

sebutkan 8 macam alat transportasi laut,serta prasarana transportasi,benda yang

  • 8 macam alat transportasi laut, serta prasarana transportasi, benda yang diangkut, keunggulannya serta kelemahannya yaitu :
  • 1. Kapal Feri
  • Prasarana transportasinya adalah pelabuhan, barang yang diangkut yaitu manusia dan barang.
  • Keunggulannya adalah dapat mengangkut muatan dalam jumlah yang banyak, sedangkan kelemahannya adalah lambat dan membutuhkan bahan bakar.
  • 2. Perahu dayung
  • Prasarana transportasinya adalah dermaga sungai, barang yang diangkut yaitu manusia dan barang.
  • Keunggulannya adalah tidak tergantung pada bahan bakar, ramah lingkungan dan nyaman, sedangkan kelemahannya adalah jarak tempuh pendek dan muatannya sedikit.
  • 3. Kapal laut
  • Prasarana transportasinya adalah laut dan pelabuhan, barang yang diangkut yaitu manusia dan barang.
  • Keunggulannya adalah muatan banyak, tidak kehujanan dan kepanasan, serta dapat melihat pemandangan laut, sedangkan kelemahannya adalah resiko tinggi, lama, dan biayanya mahal.
  • 4. Gethek
  • Prasarana transportasinya adalah sungai, barang yang diangkut yaitu manusia dan barang.
  • Keunggulannya adalah mampu menjangkau wilayah perairan yang sempin maupun dangkal, penggunaannya lebih mudah serta tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk perawatan, sedangkan kelemahannya adalah lambat sampai ke tujuan, masih menggunakan tenaga manusia, serta kurang nyaman karena tidak ada tempat duduk.
  • 5. Becak air
  • Prasarana transportasinya adalah danau, barang yang diangkut yaitu manusia.
  • Keunggulannya adalah dapat menghibur pengguna melihat pemandangan serta lebih nyaman karena tidak banyak penumpang dan ada tempat duduknya, sedangkan kelemahannya adalah masih menggunakan tenaga manusia untuk mengayuh becak air tersebut.
  • 6. Kapal Tongkang
  • Prasarana transportasinya adalah pelabuhan atau dermaga, yang diangkut yaitu barang.
  • Keunggulannya adalah muatannya banyak, sedangkan kelemahannya adalah sedikit lebih lambat, hanya untuk mengangkut barang, tergantung bahan bakar, tergantung cuaca.
  • 7. Kapal Layar
  • Prasarana transportasinya adalah dermaga atau sungai, yang diangkut yaitu manusia dan barang.
  • Keunggulannya adalah muatannya lumayan banyak, sedangkan kelemahannya adalah tergantung cuaca, dan tergantung arah angin,
  • 8. Kapal Penumpang
  • Prasarana transportasinya adalah pelabuhan, yang diangkut yaitu manusia, hewan dan barang.
  • Keunggulannya adalah cepat dan muatannya banyak, sedangkan kelemahannya adalah tergantung cuaca dan bahan bakar.

Apakah nama alat transportasi air yang digunakan di sungai?

Alat transportasi air terbagi menjadi alat transportasi sungai dan alat transportasi laut. Contoh dari alat transportasi sungai adalah perahu, rakit, getek, sedangkan kapal selam, kapal pesiar dan kapal layar merupakan contoh dari alat transportasi laut. Transportasi Laut Yang Canggih Dan Maju Menggunakan Tenaga Jadi, jawaban yang tepat adalah D.