Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir?

Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir adalah Pusat pembangkit listrik yang menggunakan reaksi atom sebagai sumber energi pembangkitan listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN merupakan salah satu bentuk sumber energi yang menuai banyak kontroversi.

  1. Pembangkit Nuklir adalah jenis pembangkit thermal yang dimana sumber panasnya adalah dari reaktor nuklir.
  2. Sama seperti tipe pembangkit thermal lainnya, panas ini digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang kemudian memutar generator.
  3. Dilaporkan oleh IAEA per April 2014 ada sekitar 435 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir yang beroperasi di 31 negara di dunia.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan PLTN : KEUNTUNGAN PLTN : 1. Lahan PLTN tidak memerlukan area yang luas, tidak seperti pembangkit lain semacam Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (angin) atau PLTA yang memerlukan catchment area yang luas. Namun untuk pendinginan, PLTN memerlukan air yang banyak, sehingga PLTN biasanya diletakkan di pinggir pantai, yang juga untuk mencegah terganggunya air minum.2.

Rendah Emisi Karbon PLTN tidak berkontribusi terhadap emisi karbon. Tak ada emisi CO2 yang dikeluarkan oleh PLTN, karenanya PLTN tidak menjadi penyebab global warming.3. Tidak Memproduksi Partikel Polutan PLTN juga tidak mengeluarkan partikel polutan seperti halnya Pembangkit Thermal dari bahan fosil.

Sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara yang dapat menyebabkan hujan asam.4. Padat Energi Energi nuklir memiliki intensitas energi yang tertinggi, energi yang sangat besar diproduksi dari jumlah bahan bakar yang sangat sedikit.5. Raliable Energi nuklir sangat reliable, tidak tergantung cuaca, tidak seperti PLT Bayu atau PLTA.6.Volume Sampah Kecil Sampah dari energi nulir volumenya relatif kecil.

http://sharonbrown.src.wastateleg.org/

KEKURANGAN PLTN : 1. Pembuangan Energi Nuklir Pembuangan sampah nuklir sangat mahal. Karena sampahnya bersifat radioaktif maka harus mendapatkan treatment khusus sehingga sampahnya tidak mencemari lingkungan.2. Decomissioning PLTN yang tidak terpakai tidak bisa begitu saja ditinggalkan.

  • Proses decomisiioning akan memakan waktu yang lama dan biaya yang besar untuk mencegah terpaparnya lingkungan sekitar dari sampah radioaktif.3.
  • Ecelakaan Nuklir Kecelakaan nuklir dapat menyebarkan partikel radioaktif kelingkungan yang luas.
  • Radiasi ini dapat merusak sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan penyakit atau kematian.

Penyakit dapat muncul dalam waktu yang lama setelah kejadian radiasi. Sumber : Wikipedia http://nuclear-energy.net/ : Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Apa manfaat dari pembangkit listrik tenaga nuklir?

Selain untuk Pemenuhan Energi, Ini Manfaat PLTN Liputan6.com, Jakarta Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) tidak hanya bermanfaat untuk pemenuhan energi. Namun, PLTN juga bermanfaat untuk mendorong pengembangan industri. Rosatom, perusahaan energi asal Rusia, menyatakan pengembangan PLTN akan memacu pertumbuhan industri.

  1. Pembangkit listrik tenaga nuklir tidak hanya tentang listrik yang bersih.
  2. Pembangunan PLTN dapat menjadi penggerak yang kuat untuk perekonomian suatu negara, memberikan peluang baru bagi perusahaan-perusahaan pembangunan, konstruksi, dan industri lainnya,” kata Kepala Rosatom Asia Tenggara Egor Simonov, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Dia mengatakan, pengembangan PLTN juga mampu menciptakan 70.000 tenaga kerja. Bukan hanya itu, adanya PLTN juga meningkatkan kemampuan ilmiah dan teknis sebuah negara. Rosatom sendiri, lanjut dia, berupaya untuk memanfaatkan kandungan lokal di semua negara dalam pembangunan PLTN.

Saat ini, Rosatom dan PLN berencana untuk mencari potensi wilayah untuk pembangunan PTLN. Kepala Perencanaan dan Pengadaan Mesin PLN Moch Praydianto mengatakan, PLTN akan memperkenalkan Indonesia dengan teknologi baru. “Ratusan perusahaan Indonesia dapat berpartisipasi dalam proyek konstruksi PLTN. Di negara kita, tenaga nuklir bisa menciptakan lapangan kerja baru, memperkenalkan teknologi inovatif dan mengembangkan kompetensi baru,” tandas dia.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) – Prinsip Kerja, Kelebihan dan Kekurangan (Better Sound)

: Selain untuk Pemenuhan Energi, Ini Manfaat PLTN

You might be interested:  How To Use Solar Panel For Home?

Apa keuntungan dan kerugian membangun pembangkit listrik tenaga nuklir?

Pembahasan : Keuntungan PLTN : Tidak memerlukan lahan yang luas Emisi karbon cukup rendah Tidak memproduksi partikel polutan Energi yang dihasilkan sangat padat Reliable, tidak tergantung cuaca Volume sampah kecil Kelemahan PLTN : Risiko kecelakaan nuklir Limbah radioaktif yang dihasilkan dapat bertahanribuan tahun.

Apakah ada manfaat dari nuklir brainly?

sebutkan Manfaat dari energi nuklir ​

  • Jawaban:
  • dalam bidang energi: sebagai pembangkit listrik.
  • dalam bidang industri: Sebagai contoh dengan teknologi nuklir manusia dapat melakukan proses ekspolrasi minyak dan gas.
  • Dalam bidang hidrologi: untuk menguji kecepatan aliran sungai atau lumpur.
  • Penjelasan:
  • semoga membantu
  1. Jawaban:
  2. untuk mengganti energi listrik
  3. Penjelasan:
  4. maaf kalo salah

: sebutkan Manfaat dari energi nuklir ​

Apa yang kamu ketahui tentang pembangkit listrik tenaga nuklir?

Pengenalan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir – Detail Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Jakarta. Batan.go.id – Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN adalah sebuah pembangkit daya thermal yang menggunakan satu atau beberapa reaktor nuklir sebagai sumber panasnya. Prinsip kerja sebuah PLTN hampir sama dengan sebuah Pembangkilt Listrik Tenaga Uap, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin. Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Daya sebuah PLTN berkisar antara 40 Mwe sampai mencapai 2000 MWe, dan untuk PLTN yang dibangun pada tahun 2005 mempunyai sebaran daya dari 600 MWe sampai 1200 MWe. Sampai tahun 2015 terdapat 437 PLTN yang beroperasi di dunia, yang secara keseluruhan menghasilkan daya sekitar 1/6 dari energi listrik dunia.

  • Sampai saat ini sekitar 66 unit PLTN sedang dibangun di berbagai negara, antara lain Tiongkok 28 unit, Rusia 11 unit, India 7 unit, Uni Emirat Arab 4 unit, Korea Selatan 4 unit, Pakistan dan Taiwan masing-masing 2 unit.
  • PLTN dikategorikan berdasarkan jenis reaktor yang digunakan.
  • Namun pada beberapa pembangkit yang memiliki beberapa unit reaktor yang terpisah memungkinkan untuk menggunakan jenis reaktor yang berbahan bakar seperti Uranium dan Plutonium.

Dilihat: 203550 : Badan Tenaga Nuklir Nasional – Pengenalan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Mengapa kita tidak dapat menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir di Indonesia untuk saat ini?

Selasa, 14 April 2015 15:25 WIB – Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Wakil Presiden Jusuf Kalla. REUTERS/Beawiharta TEMPO.CO, Jakarta – Pembangkit listrik tenaga nuklir dinilai belum bisa dibangun di Indonesia. Kondisi alam Indonesia yang rawan gempa serta ketersediaan energi lain membuat nuklir menjadi alternatif terakhir sebagai sumber pembangkit listrik.

  • ‎ Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pendapat dunia internasional tentang penggunaan nuklir sebagai energi alternatif pun terbelah.
  • Beberapa negara, seperti Jepang, sudah mulai menurunkan produksinya karena pencemaran lingkungan,” kata JK dalam seminar tentang diversifikasi energi di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, 14 April 2015.

Di sisi lain, kata JK, Korea Selatan justru baru mulai melakukan pengembangan. Di Indonesia, kata JK, energi alternatif ini tak mudah diterapkan. Sebab kondisi Indonesia rawan gempa. Selain itu, energi alternatif lain, seperti geothermal, batu bara, serta tenaga surya dan hidro masih melimpah.

“Ini jelas beda dengan negara-negara lain. Kita ini negara kaya sumber daya alam.”‎ ‎ Menurut JK, negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, tak bergantung pada tenaga nuklir sebagai pembangkit listrik. Sekitar 60 persen energi untuk kebutuhan pembangkit listrik di Negeri Abang Sam justru berasal dari batu bara.

Indonesia pernah ‎mencoba membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di daerah Kudus, Jawa Tengah. Walaupun baru rencana, warga sekitar sudah menolaknya. Alasannya, kata Kalla, pembangunan tersebut dianggap membahayakan lingkungan. “Tapi pada dasarnya semua energi punya risiko,” ujarnya.

You might be interested:  Tembakan Lay Up Dilakukan Dengan Menggunakan Tenaga Yang?

Apa dampak dari energi nuklir?

1. Merusak sel-sel tubuh – Energi radiasi nuklir dosis tinggi dapat menyebabkan sel-sel tubuh rusak, sehingga menimbulkan berbagai komplikasi. Bagian tubuh yang paling rentan mengalami kerusakan akibat paparan radiasi nuklir dosis tinggi adalah lambung, usus, mulut, pembuluh darah, dan sel-sel yang memproduksi darah di sumsum tulang.

Mengapa energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia?

Dalam kehidupan sehari – hari energi listrik merupakan sumber energi utama yang banyak dimanfaaatkan dan dibutuhkan oleh manusia. Energi listrik merupakan salah satu faktor pendukung penting bagi kehidupan manusia karena banyak sekali peralatan yang biasa menggunakan listrik sebagai sumber energinya.

Mengapa nuklir disebut energi alternatif Padahal nuklir termasuk dalam sumber energi tak terbarukan?

Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Ode/Majalah Bobo Jenis energi terbarukan, ada apa saja, ya? Bobo.id – Energi alternatif dan energi terbarukan memang mirip, teman-teman. Namun keduanya berbeda, lo. Cari tahu bedanya energi alternatif dan energi terbarukan, yuk. Bedanya Energi Alternatif dan Energi Terbarukan Energi Alternatif Energi alternatif adalah sumber energi selain energi fosil, teman-teman.

  • Yang termasuk energi alternatif adalah semua energi yang tidak menggunakan bahan dari fosil.
  • Energi yang termasuk dalam energi alternatif adalah energi terbarukan dan energi nuklir.
  • Sehingga energi terbarukan merupakan bagian dari energi alternatif.
  • Namun, meskipun energi nuklir termasuk energi alternatif, energi nuklir bukanlah energi terbarukan, teman-teman.

Memangnya, apa itu energi terbarukan, Bo? Baca Juga : Sumber Energi Listrik di Sekitar Kita Energi Terbarukan Energi terbarukan adalah energi yang diproduksi dari sumber yang tidak menghabiskan sumber daya alam dan bisa terus dikembalikan. Yang termasuk sumber energi alternatif dan terbarukan adalah cahaya matahari, panas bumi, angin, air, biomassa, biogas, dan gelombang laut.

Kemudian, contoh yang termasuk energi alternatif tapi bukan energi terbarukan adalah bahan bakar nuklir. Energi nuklir tidak termasuk energi terbarukan karena energi ini didapatkan dari menambah uranium dan thorium yang suatu saat bisa habis. Mengapa Kita Membutuhkan Energi Alternatif? Ada beberapa alasan mengapa kita membutuhkan energi alternatif, teman-teman.

Yang pertama adalah terbatasnya bahan bakar fosil seperti minyak, batu bara, dan gas alam di Bumi. Kalau sumber energi fosil habis, kita tidak bisa mendapatkannya lagi. Fosil yang juga butuh jutaan tahun untuk bisa dimanfaatkan menjadi energi. Yang kedua, bahan bakar fosil meninggalkan jejak karbon di atmosfer saat terbakar.

  1. Ini membuat udara di atmosfer Bumi dipenuhi polusi, seperti karbon monoksida dari kendaraan dan nitrogen dioksida.
  2. Jejak karbon ini memicu pemanasan global, teman-teman.
  3. Baca Juga : Sering Dibicarakan, Apa Itu Pemanasan Global? #AkuBacaAkuTahu Apakah Energi Alternatif Lebih Baik? Energi alternatif yang berasal dari sumber alam ini juga dianggap lebih bersih karena tidak meninggalkan jejak karbon.

Namun, meskipun energi nuklir termasuk dalam energi alternatif, bisa ada masalah. Jika energi dilepaskan dari bahan bakar nuklir, ada zat sisa radioaktif yang berbahaya bagi makhluk hidup dan alam. Tapi, kebanyakan sumber energi alternatif adalah energi terbarukan yang bisa diperbarui, teman-teman. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Apa manfaat nuklir di bidang industri?

Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (Jakarta, 18/11/2020) Aplikasi teknologi nuklir telah dimanfaatkan secara luas, mulai dari bidang industri, kesehatan, pangan, sumber daya alam dan lingkungan. Bidang industri dan kesehatan termasuk yang paling banyak memanfaatkan teknologi nuklir. Lantas, apa saja manfaat dari teknologi nuklir di kedua bidang ini? Jika diperhatikan, keduanya hampir memiliki kemiripan manfaat.

  • Di bidang industri, misalnya, teknologi nuklir digunakan untuk mendeteksi kebocoran pipa tanpa harus membongkar pipa atau menghentikan proses produksi.
  • Sedangkan di bidang kesehatan, teknologi nuklir diantaranya digunakan untuk mendeteksi penyakit seperti kanker atau tumor.
  • Epala Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Kristedjo Kurnianto mengatakan, teknologi nuklir di bidang industri digunakan untuk mengetahui malfungsi, troubleshooting, diagnostik, ataupun optimasi.
You might be interested:  Baterai Adalah Bahan Bakar Bio Yang Dihasilkan Dari?

“Penggunaan radiasi baik alfa, beta, gamma, maupun sinar – X digunakan untuk membantu di dalam proses industri, seperti proses pengukuran dan kontrol, diagnostik, testing, dan inspeksi,” tutur Kristedjo dalam Seminar Nasional Inovasi dan Pendayagunaan Teknologi Nuklir (SENOPATEN) 2020, melalui konferensi video Zoom dan YouTube Humas BATAN, Rabu (18/11). Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Saat ini, BATAN tengah mengembangkan beberapa perangkat yang diperlukan untuk bidang industri, seperti perangkat radioskopi, pengujian prototipe beta di industri manufaktur, dan CT untuk produk manufaktur. “Mirip dengan CT scan di bidang kedokteran, tetapi kalau ini CT untuk indsutri,” terangnya.

  • BATAN juga tengah mengembangkan Sistem Pemantauan Radiasi Nasional yang masuk kedalam salah satu Prioritas Riset Nasional.
  • Di bidang kesehatan, Ketua Perhimpunan Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler Indonesia (PKNTMI), dr.
  • Eko Purnomo mengemukakan, cikal bakal kedokoteran nuklir tidak lepas dari sejarah BATAN.

Reaktor nuklir pertama, reaktor Triga, diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1965. Dua tahun kemudian, tahun 1967, dibangunlah Pelayanan Kedokteran Nuklir pertama di Pusat Reaktor Atom Bandung, yang selanjutnya dipindahkan ke R.S Hasan Sadikin di Bandung.

Eko menerangkan, kedokteran nuklir adalah pelayanan kesehatan penunjang dan atau terapi yang menggunakan sumber radiasi terbuka dari disintegrasi inti radionuklida. “Keunggulan dari kedokteran nuklir adalah bisa memberikan terapi dan diagnostik atau dikenal dengan istilah teragnostik,” lanjutnya. Pelayanan diagnostik, digunakan untuk mengetahui fungsi organ tubuh, dengan menyuntikkan, atau meneteskan, minum dosis kecil radiofarmaka dilanjutkan pencitraan dengan alat scan Gamma Camera atau PET.

Sedangkan pelayanan terapi dengan radiofarmaka digunakan dengan cara diminum, disuntikkan, di tempel di kulit atau disinari neutron. “Diagnostik dengan menggunakan radiofarmaka yang dikembangkan BATAN ini bagus sekali. Dia (radiofarmaka) bisa mendiagnosa fungsi organ mulai dari ujung kepala sampai kaki. Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Saat ini BATAN tengah mengembangkan 3 produk radiofarmaka yang sangat dibutuhkan masyarakat, yakni Generator Mo-99/Tc-99m, radiofarmaka berbasis PSMA ( Prostate Specific Membrane Antigen ) atau Lu-177-PSMA, dan kit radiofarmaka nanokoloid HSA. Tc-99m banyak digunakan untuk diagnosis penyakit kanker, jantung, dan ginjal.

  • Produk Lu-177-PSMA selain untuk diagnosis dan terapi kanker prostat, hasil pencitraan sebaran radiofarmakanya dapat digunakan pula untuk mengetahui status terakhir sebaran kanker yang ada di dalam tubuh.
  • Sedangkan Kit radiofarmaka nanokoloid HSA berguna untuk mendiagnosis sebaran kanker ke kelenjar limfa (limfoscintigrafi), khususnya sebaran dari kanker payudara.

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan mengatakan bahwa seringkali penelitian dari skala lab kemudian berhenti pada skala simulasi atau prototipe, yang dikenal dengan istilah valley of death, “Seringkali produk inovasi bukan yang dibutuhkan oleh masyarakat atau industri.

Apa manfaat nuklir dalam bidang pertanian dan kesehatan?

Teknologi Nuklir di bidang pertanian khususnya pangan ditujukan untuk iradiasi pangan dan makanan, dan pemuliaan mutasi tanaman pangan. Beberapa komoditas pertanian dapat dipertahankan kualitas dan kesegarannya dengan iradiasi.

Apa dampak dari energi nuklir?

1. Merusak sel-sel tubuh – Energi radiasi nuklir dosis tinggi dapat menyebabkan sel-sel tubuh rusak, sehingga menimbulkan berbagai komplikasi. Bagian tubuh yang paling rentan mengalami kerusakan akibat paparan radiasi nuklir dosis tinggi adalah lambung, usus, mulut, pembuluh darah, dan sel-sel yang memproduksi darah di sumsum tulang.

Manfaat apa saja yang dapat terpenuhi dari pembangkit listrik tenaga angin?

Tenaga angin mengurangi pencemaran udara – Tuliskan Alasan Mengapa Kita Butuh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir PLTB Sidrab. ©ESDM Angin adalah sumber energi terbarukan, tidak menggunakan bahan bakar dan tidak ada pencemaran gas. Jumlah listrik yang dihasilkan tergantung pada kekuatan angin, jika tidak ada angin maka tidak ada listrik. Selain itu, PLTB juga bisa mengurangi 115 juta ton emisi karbon dioksida setiap tahun.3 dari 5 halaman