Tuliskan Kelebihan Dan Kelemahan Yang Dimiliki Pembangkit Energi Tenaga Nuklir?

Tuliskan Kelebihan Dan Kelemahan Yang Dimiliki Pembangkit Energi Tenaga Nuklir
Kelebihan energi nuklir saat ini

  • Penurunan penggunaan energi yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil (batu bara dan minyak).
  • Pengurangan emisi karbondioksida (CO2) dan gas lain yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil.
  • Bahan bakar nuklir lebih murah, membutuhkan lebih sedikit bahan bakar untuk menghasilkan lebih banyak energi.
  • Pembangkit nuklir menghasilkan listrik terus menerus untuk menghindari volatilitas harga.

Apa kelemahan pembangkit listrik tenaga nuklir?

Keuntungan dan kekurangan – Keuntungan PLTN dibandingkan dengan pembangkit daya utama lainnya adalah:

Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca (selama operasi normal) – gas rumah kaca hanya dikeluarkan ketika Generator Diesel Darurat dinyalakan dan hanya sedikit menghasilkan gas) Tidak mencemari udara – tidak menghasilkan gas-gas berbahaya sepert karbon monoksida, sulfur dioksida, aerosol, mercury, nitrogen oksida, partikulate atau asap fotokimia Sedikit menghasilkan limbah padat (selama operasi normal) Biaya bahan bakar rendah – hanya sedikit bahan bakar yang diperlukan Ketersedian bahan bakar yang melimpah – sekali lagi, karena sangat sedikit bahan bakar yang diperlukan Baterai nuklir – (lihat SSTAR )

Berikut ini berberapa hal yang menjadi kekurangan PLTN:

Risiko kecelakaan nuklir – kecelakaan nuklir terbesar adalah kecelakaan Chernobyl (yang tidak mempunyai containment building ) Limbah nuklir – limbah radioaktif tingkat tinggi yang dihasilkan dapat bertahan hingga ribuan tahun. AS siap menampung limbah ex PLTN dan Reaktor Riset. Limbah tidak harus disimpan di negara pemilik PLTN dan Reaktor Riset. Untuk limbah dari industri pengguna zat radioaktif, bisa diolah di Instalasi Pengolahan Limbah Zat Radioaktif, misal yang dimiliki oleh BATAN Serpong.

You might be interested:  Cara Memperbaiki Hp Xiaomi Baterai Tanam Yang Terkena Air?

Untuk apakah medan magnet digunakan pada pembangkit listrik tenaga nuklir?

Apa kegunaan medan magnet pada PLTN – Brainly.co.id Medan magnet berguna pada pembangkit listrik tenaga nuktlir (PLTN) untuk menghasilkan listrik dari induksi elektromagnetik, yaitu timbulnya arus listrik akibat perubahan medan magnet. Pergerakan ini timbul akibat pergerakan turbin dalam generator akibat gerakan uap air.

  • Uap air dihasilkan dari pemanasan air, akibat pelepasan energi saat terjadi pembelahan inti atom pada bahan baku nuklir.
  • Pembahasan :
  • Pembangkit listrik menghasilkan listrik dengan melakukan perubahan energi dari energi gerak menjadi energi listrik, dengan menggunakan bantuan generator.
  • Sebuah generator bekerja pada fenomena ” induksi elektromagnetik “. Jika medan magnet di sekitar suatu penghantar berubah, misalnya dengan memutar magnet di dalam kumparan kawat penghantar atau dengan memutar kumparan kawat penghantar di dalam magnet yang diam, maka akan timbul arus listrik yang akan bergerak melalui kawat

Fenomena ini ditemukan oleh ilmuwan Inggris, Michael Faraday. Fenomena ini digunakan untuk merubah energi gerak yang menyebabkan perputaran magnet atau kumparan untuk menghasilkan energi listrik. Contoh penerapannya adalah pada pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Pada pembangkit listrik tenaga nuklir, gerakan untuk memutar turbin dalam generator dihasilkan secara tidak langsung. Pertama, reaksi pemisahan fisi dari bahan bakar nuklir (umumnya atom uranium yang bersifat radioaktif), akan menghasilkan panas. Panas ini digunakan untuk memanaskan air menjadi uap air.

Energi dari pergerakan uap air yang panas ini akan dialirkan untuk memutar turbin generator, agar timbul induksi elektromagentik dan menghasilkan arus listrik. Prinsip ini mirip dengan prinsip pada pembangkit listrik tenaga air. Pada pembangkit listrik ini, air terjun dari waduk atau bendungan akan digunakan untuk memutar turbin di dalam generator.

  1. Sedangkan pada pembangkit listrik tenaga angin, angin akan memutar baling-baling di kincir angin, dan kemudian baling-baling ini akan menggerakkkan turbin yang berputar, dan akhirnya timbul arus listrik.
  2. Pelajari lebih Lanjut:
  3. Sebutkan 10 sumber sumber energi listrik!
  4. Detail Jawaban
You might be interested:  20 Benda Yang Menggunakan Tenaga Listrik Dan Manfaatnya?

Kode: 8.6.8

  • Kelas: VIII
  • Mata pelajaran: Fisika
  • Materi: Bab 8 – Listrik
  • Kata kunci: PLTN, Induksi Elektromagnetik

: Apa kegunaan medan magnet pada PLTN – Brainly.co.id

Apa kekurangan dari pembangkit listrik tenaga batubara?

Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Uap – Dibalik keuntungan yang diperoleh dari PLTU, terdapat beberapa kekurangan atau kelemahan. Isu lingkungan merupakan sisi yang perlu dikritisi dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap, antara lain:

  • Pembakaran batubara akan menghasilkan zat berbahaya bagi kesehatan, seperti sulphur dioxide. Efek paling buruk dari kontaminasi zat tersebut adalah penyakit pernapasan jika pembakaran dari batubara tidak terkontrol.
  • Ekstrasi batubara memerlukan investasi mahal. Kondisi ini menyebabkan harga listrik dari sumber satu ini terus menerus mengalami kenaikan.
  • PLTU berpotensi menghasilkan gas rumah kaca. Sedangkan turbin angin menghasilkan gas CO2 delapan kali lebih rendah dibandingkan yang dihasilkan dari PLTU.
  • Penambangan batubara berpotensi merusak lingkungan dan cukup berbahaya untuk jangka panjang.
  • PLTU dinilai tidak ramah terhadap flora dan fauna yang ada di sekitar pembangkit.
  • Limbah yang dihasilkan dapat mencemari perairan penduduk yang berada di sekitarnya.
  • Abu terbang merupakan sisa dari hasil pembakaran PLTU. Sisa pembakaran ini merupakan zat yang sangat beracun. Selain itu, dengan adanya sisa pembakaran tersebut kualitas udara yang ada di sekitar kawasan akan menurun.
  • Jutaan ton limbah dihasilkan dari operasional PLTU batubara. Limbah tersebut mengandung berbagai zat berbahaya dan terus menumpuk membawa dampak buruk pada kondisi lingkungan.
  • Perubahan topografi dari alam yang terjadi karena adanya penambangan batubara. Bekas galian yang tidak lagi digunakan akan membuat penampakan alam berubah drastis.

: Pembangkit Listrik Tenaga Uap – Pengertian, Sejarah, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan PLTU

You might be interested:  Nyala Lampu 6 Baterai Yang Disusun Paralel?

Apa itu nuklir dan bahayanya?

KOMPAS.com – Nuklir adalah sumber energi yang menjanjikan untuk dunia. Namun, energinya menghasilkan radiasi nuklir bisa bertahan sangat lama di lingkungan. Radiasi nuklir sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Jika tidak diatasi, radiasi nuklir bisa menyebabkan kematian sel dan memicu kanker.