Apa Fungsi Baterai Pada Lampu Senter?

Apa Fungsi Baterai Pada Lampu Senter
KOMPAS.com – Ketika mati lampu, melakukan perjalanan malam, masuk ke gua, hingga mencari barang ditempat gelap, senter adalah barang yang sangat diperlukan. Tidak seperti lilin yang sulit dibawa dan mudah mati, cahaya senter stabil dan mudah di bawa kemana-mana.

Baterai

Baterai merupakan sumber energi senter. Baterai menjadi sumber energi dengan menyuplai senter dengan listrik satu arah (DC). Energi listrik dari baterai kemudian diubah menjadi energi cahaya oleh komponen senter lainnya.

Saklar

Dilansir dari All About Circuits, saklar atau switch adalah komponen yang digunakan untuk memutus aliran elektron dalam suatu rangkaian. Saklar terhubung dengan baterai dengan konduktor kawat logam berupa kabel. Baca juga: Komponen-komponen Rangkaian Listrik Sederhana Saat saklar senter dinyalakan (dipijit, digeser, mapun dipencet) maka rangkaian listrik akan terhubung dan elektron akan mengalir ke lampu.

Lampu

Senter bisa menggunakan lampu biasa maupun lampu LED. Pada lampu biasa, ketika listrik dari baterai mengalir maka filament dalam lampu akan memanas. Pemanasan itu menghasilkan cahaya tampak yang berpijar. Adapun senter dengan lampu LED memiliki prinsip konversi energi listrik ke cahaya yang sedikit berbeda.

Reflektor

Reflektor adalah lorong berlapis bahan yang memantulkan cahaya. Reflektor menghubungkan lampu senter dengan bagian kepala senter dan lensa senter. Reflektor berfungsi mengumpulkan sinar dari lampu yang menyebar ke segala arah. Lalu mengarahkannya ke satu arah, yaitu keluar dari bagian kepala senter.

Bezel

Bezel merupakan bagian depan kepala senter dan juga tempat melekatnya lensa senter. Bezel dan senter, keduanya berfungsi untuk melindungi lampu dan bagian dalam senter dari lingkungan luar. Lensa juga berfungsi memusatkan cahaya yang sebelumnya telah diarahkan reflektor, sehingga cahaya senter lurus ke depan dan tidak berhamburan.

Contents

You might be interested:  Sebutkan Bagian-Bagian Apa Saja Yang Ada Di Dalam Baterai?

Apakah baterai pada senter dapat menghasilkan energi cahaya?

Apa Fungsi Baterai Pada Lampu Senter Photo by cottonbro from Pexels Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 7 Subtema 2: Apa yang Menyebabkan Lampu Senter Bisa Menyala? Bobo.id – Pada materi kelas 4, tema 7, subtema 2, teman-teman mempelajari tentang perbedaan listrik statis dan listrik dinamis.

  1. Salah satunya adalah mengenai benda-benda elektronik yang ada di rumah kita.
  2. Teman-teman, apakah kamu tahu? Apa yang mnyebabkan lampu senter dapat menyala, ya? Lalu, apa yang menyebabkan setrika menjadi panas, apa yang menyebabkan kipas angin bisa bergerak, serta apa yang menyebabkan air bisa membeku di lemari pendingin? Kita cari tahu kunci jawabannya dalam materi tentang listrik, yuk! Baca Juga: Tips Mengasah Kreativitas selama School From Home dari Anchor Boneeto ‘Smart Parent Happy Kids’ bersama Majalah Bobo Apa yang Menyebabkan Benda Elektronik di Rumah Bisa Berfungsi? Peralatan elektronik yang ada di rumah kita bisa bekerja karena adanya aliran arus listrik.

Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Energi listrik bisa diubah menjadi energi lainya, misalnya energi gerak, energi cahaya, energi bunyi, dan yang lainnya. Kita lihat contohnya pada bohlam yang ada di rumah kita, yuk! Saat teman-teman menekan saklar untuk menyalakan lampu, ada aliran arus listrik yang mengalir melewati bohlam, sehingga lampu menyala.

  1. Saat saklar ditekan untuk mematikan lampu, aliran arus listrik terputus sehingga lampu tidak menyala.
  2. Ini merupakan contoh gejala listrik dinamis, teman-teman.
  3. Bagaimana dengan peralatan elektronik lainnya, seperti senter, kipas angin, setrika, dan lemari pendingin, ya? Bagaimana peralatan elektronik itu bisa berfungsi? Bagaimana Alat Elektronik di Sekitar Kita bisa Berfungsi? Apa yang Menyebabkan Senter bisa Menyala? Senter bisa menyala karena adanya aliran arus listrik, teman-teman.

Arus listrik pada senter berasal dari baterai yang ada di dalamnya. Arus listrik pada lampu senter diubah menjadi energi cahaya melalui pijaran pada bagian bohlam yang terdapat pada senter. Baca Juga: Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas dan Energi Kimia Menjadi Energi Gerak Apa Fungsi Baterai Pada Lampu Senter Photo by Alireza Kaviani from Pexels Ilustrasi kipas angin Apa yang Menyebabkan Kipas Angin bisa Bergerak? Kipas angin bisa bergerak karena adanya arus listrik. Saat kipas angin dihubungkan dengan sumber listrik, kemudian kita menekan tombol untuk menyalakan kipas angin, kipas akan mulai berfungsi.

You might be interested:  Bagaimana Solusi Untuk Melindungi Tenaga Kerja Di Luar Negeri?

Arus listrik pada kipas angin diubah menjadi energi gerak melalui motor penggerak yang menggerakkan bilah-bilah kipas angin. Bilah-bilah kipas angin itu kemudian menggerakkan udara di sekitarnya. Apa yang Menyebabkan Setrika bisa Panas? Setrika juga bisa menjadi panas berkat adanya arus listrik. Saat setrika dihubungkan dengan sumber listrik dan tombolnya diputar, maka setrika akan mulai memanas.

Arus listrik pada setrika listrik diubah menjadi energi panas melalui elemen pemanas di dalam setrika. Panas ini kemudian mengalir ke alas setrika yang merupakan konduktor. Apa Fungsi Baterai Pada Lampu Senter Photo by Polina Tankilevitch from Pexels Ilustrasi lemari pendingin atau kulkas Baca Juga: Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Panas, Energi Gerak, Energi Cahaya, dan Energi Bunyi Apa yang Menyebabkan Air Membeku di Lemari Pendingin? Air bisa membeku di lemari pendingin karena adanya suhu hingga titik beku air, teman-teman.

  • Lemari pendingin bisa mendinginkan dan membekukan makanan karena disambungkan dengan sumber listrik.
  • Aliran arus listrik akan menggerakkan motor pada mesin lemari pendingin, sehingga bagian yang membuang panas dan memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas.
  • Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV Tema 7, Edisi Revisi 2016 dan Berbagai Sumber – – Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD.

Tinggal klik di www.gridstore.id/ Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Apa yang terjadi pada lampu senter jika dua baterai?

Jawaban: Lampu akan lebih redup namun mampu bertahan lebih lama.

You might be interested:  Apa Reaksi Yang Terjadi Pada Batu Baterai Saat Ditempelkan?

Apa jenis rangkaian baterai pada lampu senter?

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter. Rangkaian yang disusun seri pada lampu senter adalah baterai, karena hanya terdapat satu lampu pada senter.

Apa fungsi dari tombol senter?

Cara Kerja Lampu Senter – Pada dasarnya, peralatan elektronik dapat bekerja dengan bantuan dari aliran arus listrik. Dimana, arus listrik yang mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Dan yang perlu diingat, energi listrik dapat diubah menjadi energi lain.

  • Sehingga, saat kita menekan tombol on/off atau switch untuk menyalakan atau mematikan senter, arus listrik akan terhubung dari baterai menuju lampu atau led, melalui logam penghantar yang bersifat konduktor.
  • Arus listrik ini akan diteruskan hingga ke lampu/led, dimana energi yang mencapai lampu / led akan diubah menjadi energi cahaya.

Pada beberapa senter, akan dilengkapi tombol/knop yang berfungsi untuk mengatur seberapa besar arus listrik yang disalurkan ke lampu / LED, sehingga akan membuat energi cahaya yang dihasilkan akan semakin kuat atau semakin lemah. Perlu diingat, semakin besar cahaya yang dihasilkan, maka semakin besar pula konsumsi listrik dari baterai, sehingga listrik yang tersimpan di baterai akan semakin cepat habis.

Apa yang terjadi pada lampu senter jika dua baterai?

Jawaban: Lampu akan lebih redup namun mampu bertahan lebih lama.

Apa jenis rangkaian baterai pada lampu senter?

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter. Rangkaian yang disusun seri pada lampu senter adalah baterai, karena hanya terdapat satu lampu pada senter.