Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Panel Surya?

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Panel Surya
Apa dan Bagaimana Sistem Kerja Panel Surya? – Penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai di lakukan di Indonesia. Salah satu yang banyak dilirik adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya.

  • Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluas seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan.
  • Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari.
  • Sedangkan yang bertugas menyerap sinar matahari adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal. Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan.

Dalam artian semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Ada beberapa jenis sel surya yang telah dimanfaatkan dan dapat ditemui di pasaran, diantaranya adalah Monocrystalline Silicon PV Module, Polycrystalline Silicon PV Module, Amorphous Silicon PV Module, dan Hybrid Silicon PV Module.

Prinsip kerja sel surya dimulai dari partikel yang disebut “Foton” yang merupakan partikel sinar matahari yang sangat kecil. Ketika foton tersebut menghantam atom semikonduktor sel surya sehingga dapat menimbulkan energi yang besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.

Elektron yang terpisah dan bermuatan negatif akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari material semi konduktor, sehingga atom yang kehilangan elektron kekosongan pad strukturnya dan disebut “hole” dengan muatan positif. Daerah semi konduktor dengan elektron bebas bersifat negatif dan bertindak sebagai donor elektron yang disebut dengan semi konduktor tipe N.

Sedangkan daerah semi konduktor “hole” sebagai penerima elektron dinamakan semi konduktor tipe Pdi. Persimpangan daerah positif dan negatif akan menimbulkan energi yang mendorong elektron dan hole begerak ke arah berlawanan. elektron bergerak menjauhi darah negatif, dan hole menjauhi daerah positif.

You might be interested:  Yang Merupakan Contoh Tenaga Kerja Terlatih?

Apakah yang kamu ketahui dari panel surya?

Masalah Tarif Dasar Listrik – Setiap tahun tarif dasar listrik akan mengalami peningkatan akibat konsumsi listrik yang terus meningkat. Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 143K/20/MEM/2019 tentang Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional Tahun 2019 sampai dengan Tahun 2038, ESDM memproyeksikan rata-rata pertumbuhan kebutuhan energi listrik nasional mencapai 6,9 persen per tahun.

  1. Seiring dengan meningkatnya populasi manusia, krisis listrik sangat mungkin terjadi.
  2. Ditambah lagi dengan peningkatan harga bahan bakar dan penggunaan bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik konvensional dalam jangka waktu yang panjang sehingga cadangannya juga semakin menipis.
  3. Risis listrik ini harus menjadi perhatian semua masyarakat karena jika tidak diantisipasi krisis ini akan semakin cepat terjadi.

Selain lebih bijak dalam pemakaian listrik, beralih menggunakan energi baru dan terbarukan dengan pemasangan panel surya dapat menjadi solusi untuk penghematan listrik. Panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.

Kunci jawaban kelas 4 tema 9 halaman 69 Apakah pembangkit listrik tenaga surya itu?

Apakah Pembangkit Listrik Tenaga Surya Itu? Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 69 – Tribunpadang.com Rabu, 25 Mei 2022 12:48 WIB Buku Tema 4 Kelas 6 SD Pembangkit Listrik Tenaga Air TRIBUNPADANG.COM – Apakah pembangkit listrik tenaga surya itu?

  • Pertanyaan tersebut terdapat pada kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 69, 70, 72, 73, 74, Subtema 2 Pembelajaran 3
  • Jawaban: Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah sumber energi penghasil listrik yang ramah lingkungan dan tidak menggunakan bahan bakar minyak, sehingga sangat murah, karena energi surya/matahari merupakan sumber energi yang tidak terbatas.
  • Baca juga:
  • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 69
  • Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas.
You might be interested:  How Much Is Solar Hot Water?

1. Apakah pembangkit listrik tenaga surya itu? Jawaban: Pembangkit listrik tenaga surya adalah panel-panel surya yang mengambil cahaya matahri dan mengubahnya menjadi energi listrik.2. Apakah penel surya itu? Jawaban: Panel surya adalah suatu benda yang berguna untuk mendapatkan cahaya matahari.3. Perubahan energi apakah yang terjadi pada pembangkit listrik tenagasurya?

  1. Jawaban: Dari energi cahaya ke energi listrik.
  2. Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 70
  3. Amatilah lingkungn sekitar tempat tinggalmu.
  4. Identifikasikan perubahan energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari orang-orang di sekitarmu.

: Apakah Pembangkit Listrik Tenaga Surya Itu? Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 69 – Tribunpadang.com