Bagaimana Prinsip Kerja Dari Sel Surya Jelaskan Secara Singkat?

Bagaimana Prinsip Kerja Dari Sel Surya Jelaskan Secara Singkat
Apa dan Bagaimana Sistem Kerja Panel Surya? – Penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai di lakukan di Indonesia. Salah satu yang banyak dilirik adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya.

Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluas seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan. Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari. Sedangkan yang bertugas menyerap sinar matahari adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal. Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan.

  1. Dalam artian semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik.
  2. Ada beberapa jenis sel surya yang telah dimanfaatkan dan dapat ditemui di pasaran, diantaranya adalah Monocrystalline Silicon PV Module, Polycrystalline Silicon PV Module, Amorphous Silicon PV Module, dan Hybrid Silicon PV Module.

Prinsip kerja sel surya dimulai dari partikel yang disebut “Foton” yang merupakan partikel sinar matahari yang sangat kecil. Ketika foton tersebut menghantam atom semikonduktor sel surya sehingga dapat menimbulkan energi yang besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.

Elektron yang terpisah dan bermuatan negatif akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari material semi konduktor, sehingga atom yang kehilangan elektron kekosongan pad strukturnya dan disebut “hole” dengan muatan positif. Daerah semi konduktor dengan elektron bebas bersifat negatif dan bertindak sebagai donor elektron yang disebut dengan semi konduktor tipe N.

You might be interested:  Yang Termasuk System Pemindahan Tenaga Adalah?

Sedangkan daerah semi konduktor “hole” sebagai penerima elektron dinamakan semi konduktor tipe Pdi. Persimpangan daerah positif dan negatif akan menimbulkan energi yang mendorong elektron dan hole begerak ke arah berlawanan. elektron bergerak menjauhi darah negatif, dan hole menjauhi daerah positif.

Bagaimana prinsip kerja sel surya sebagai sumber energi listrik alternatif?

Apa perbedaan antara panel surya dan sel surya? – Sel surya merupakan inti dari panel tenaga surya tersebut. Sel ini disusun berjajar dan dihubungkan secara seri dan parallel yang kemudian membentuk satu kesatuan panel surya. Dapat dikatakan bahwa panel surya merupakan gabungan dari banyak sel surya.

Panel surya mengkonversi energi dari matahari menjadi listrik Inverter merubah listrik yang dihasilkan oleh panel surya dari arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC) Energi digunakan untuk memberi daya pada peralatan listrik Anda

Kenaikan listrik konvensional atau listrik PLN ini sangat besar terutama bagi yang non subsidi. Tingkat kenaikannya dapat mencapai 9,7% per tahunnya. Penyebabnya sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Namun yang paling berperan dalam kenaikan tarif listrik adalah harga bahan bakarnya.

  1. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada tingkat perekonomian dan juga tingkat kesejahteraan masyarakat.
  2. Memang tagihan listrik setiap tahunnya tidak mengalami kenaikan.
  3. Namun, sekali terjadi peningkatan, persentase kenaikan dapat mencapai 30%.
  4. Dilihat dari segi penggunaanya, manfaat dan fungsi panel surya ini sangat ramah lingkungan saat digunakan karena tidak menggunakan bahan bakar konvensional.

Energi utamanya berasal dari matahari dan bisa didapatkan dengan gratis. Manfaat dari panel maupun energi surya yang sangat terasa adalah mampu untuk menghemat pengeluaran. Selain itu, energi surya mampu berkontribusi untuk mengurangi pemanasan global.

You might be interested:  Planet Yang Paling Besar Dalam Tata Surya Kita Adalah?

Bagaimanakah cara kerja dari fotovoltaik brainly?

Cara kerja panel surya adalah dengan mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik. Panel surya pada pembangkit listrik tenaga surya ini bekerja dengan memanfaatkan efek fotovoltaik, sehingga radiasi sinar matahari dapat membuat elektron lepas dari atom, menghasilkan aliran listrik Pembahasan : Sel surya atau panel surya bekerja merubah energi sinar matahari menjadi energi listrik.

  1. Sel surya secara komersial dikembangkan sejak tahun 1954 oleh Bell Labs di Amerika Serikat.
  2. Sel surya ini beroperasi dengan memanfaatkan fenomena efek fotovoltaik,
  3. Pada fenomena ini, ketika foton (partikel cahaya) dari sinar matahari mengenai suatu permukaan dengan energi tertentu, maka elektron di atom-atom pada permukaan tersebut akan lepas.

Lepasnya elektron ini akan menyebabkan permukaan bermuatan listrik dan menyebabkan arus listrik. Asus listrik ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Umumnya sel surya terbuat dari panel atau lapisan tipis yang terbuat dari silikon, yang dilengkapi unsur lain seperti boron, fosfor dan logam-logam seperti galium.

  1. Sel surya merupakan sumber energi yang terperbarukan (renewable ).
  2. Berbeda dengan sumber energi berupa bahan bakar fosil yang akan habis bila terus digunakan, energi dari sinar matahari tidak akan habis.
  3. Selain itu, sel surya juga tidak mengakibatkan polusi dalam operasinya, sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara.

Ini berbeda dengan pembangkit listrik tenaga uap yang menggunakan bahan bakar batu bara, yang menghasilkan banyak asap yang mencemari udara. Pelajari lebih lanjut pengaruh faktor abiotik cahaya matahari terhadap makhluk hidup di bumi di: brainly.co.id/tugas/1111308 Pelajari lebih lanjut kenapa baterai disebut elemen kering di: brainly.co.id/tugas/2719967 Pelajari lebih lanjut kelebihan dan kelemahan tenaga surya di: brainly.co.id/tugas/5077386 – Detail Jawaban: Kode: 7.7.5 Kelas: VII Mata pelajaran: Kimia Materi: Bab 5 – Karakteristik Zat Kata kunci: Panel Surya