Bentuk Tenaga Endogen Yang Mengubah Bentuk Muka Bumi Adalah?

Bentuk Tenaga Endogen Yang Mengubah Bentuk Muka Bumi Adalah
Keragaman bentuk permukaan bumi ini disebabkan oleh dua kekuatan, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga Eksogen merupakan energi yang berasal dari luar perut bumi. Energi eksogen adalah energi yang dapat merombak dan mengubah bentuk muka bumi atau bentang alam yang ada.

Adapun yang termasuk ke dalam tenaga eksogen adalahpelapukan, erosi, sedimentasi dan pergerakan batu atau tanah, T enaga Endogen adalah tenaga yang berasaldari dalam bumi. Tenaga Endogen biasa disebut jugatenaga tektonik. Tenaga ini biasanya bersifat membentuk atau membangun bentuk muka Bumi. Tenaga endogenterdiri dari tektonisme (pergerakan lempeng), vulkanisme (aktivitas gunung api), seisme/diatropisme (gempa bumi).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. – Keragaman bentuk permukaan bumi ini disebabkan oleh dua kekuatan, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga Eksogen merupakan energi yang berasal dari luar perut bumi. Energi eksogen adalah energi yang dapat merombak dan mengubah bentuk muka bumi atau bentang alam yang ada.

  • Adapun yang termasuk ke dalam tenaga eksogen adalah pelapukan, erosi, sedimentasi dan pergerakan batu atau tanah,
  • T enaga Endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi.
  • Tenaga Endogen biasa disebut juga tenaga tektonik.
  • Tenaga ini biasanya bersifat membentuk atau membangun bentuk muka Bumi.
  • Tenaga endogen terdiri dari tektonisme (pergerakan lempeng), vulkanisme (aktivitas gunung api), seisme/diatropisme (gempa bumi).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Apa saja tenaga endogen pembentuk muka bumi?

TRIBUNNEWS.COM – Penjelasan proses pembentukan muka bumi berdasarkan tenaga pembentuknya, yaitu tenaga endogen dan eksogen Permukaan bumi terdiri atas berbagai bentuk, antara lain dataran, gurun, danau, sungai, laut, bukit, hingga gunung. Keragaman permukaan bumi tersebut tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui berbagai proses dan waktu yang sangat lama.

Berbagai bentuk tenaga bekerja untuk mengubah muka bumi, baik dari dalam bumi maupun luar bumi. Baca juga: Karakteristik dan Perbedaan Peta, Atlas, dan Globe Baca juga: Berbagai Macam Rumah Adat di Indonesia dari Pulau Jawa hingga Papua Tenaga dari dalam bumi mengubah bentuk muka bumi sehingga muncul gunung, pegunungan, dan lain-lain.

Selanjutnya ada proses pembentukan muka bumi dari tenaga luar bumi seperti air, angin, es, dan organisme, lalu muncul lautan. Sehingga terjadi keragaman muka bumi seperti yang kita lihat sekarang. Mengutip buku Wawasan Sosial untuk kelas VII SMP, ada dua jenis tenaga yang membentuk permukaan bumi, yaitu tenaga endogen dan eksogen.

Baca juga: Kerajaan Majapahit: Sejarah, Masa Kejayaan hingga Peninggalan Baca juga: Kerajaan Sriwijaya: Sejarah, Masa Kejayaan, dan Peninggalan Bagaimana tenaga eksogen dan endogen membentuk ketampakan alam di bumi? Simak penjalasanya berikut ini yang dirangkum dari buku Wawasan Sosial untuk kelas VII SMP: Tenaga Endogen Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi.

You might be interested:  What Inverter Does Tesla Solar Use?

Berdasarkan penyebabnya, tenaga endogen dibagi dalam tiga bentuk, yaitu tenaga tektonik (diatropisme), vulkanik (vulkanisme), dan gempa (seisme). Ketiga tenaga inilah yang membentuk permukaan bumi sehingga permukaan bumi tampak beragam. – Diastropisme Diastropisme adalah tenaga yang bekerja dari dalam bumi yang mengakibatkan pergeseran dan perubahan posisi lapisan batuan sehingga mengubah bentuk muka bumi.

Gerakan tersebut dapat dibedakan menjadi gerakan orogenesis dan epirogenesis. Semua gerakan tersebut akan mengubah bentuk permukaan bumi berupa munculnya sesar dan pelipatan. Sedangkan, epirogenesis adalah pengangkatan jalur kerak bumi sehingga membentuk pegunungan yang berlangsung sangat lambat dan meliputi daerah yang sangat luas.

Sementara, orogenesis adalah proses pembentukan pegunungan (mountain building) atau pengangkatan kerak bumi karena tumbukan lempeng. – Vulkanisme Vulkanisme adalah segala kegiatan magma dari lapisan dalam litosfer yang menyusup ke lapisan yang lebih atas atau sampai ke luar permukaan bumi.

Aktivitas tersebut menghasilkan bentukan berupa kerucut atau kubah yang berdiri sendiri dan disebut gunung api. Sementara, gunung api umumnya terbentuk pada pertemuan lempeng, terutama lempeng yang saling bertumbukan. Pada pertemuan lempeng tersebut, lempeng samudera menunjam ke bawah dan lempeng benua terangkat.

Akibat sifatnya yang kaku lempeng benua mengalami retakan. Magma yang cair kemudian masuk melalui retakan-retakan tersebut dan membentuk kantong-kantong magma. Sebagian magma mampu mencapai permukaan bumi dan membentuk gunungapi. – Seisme Seisme atau gempa merupakan getaran yang terjadi karena gerakan batuan yang melewati batas kelentingan atau kelengkungannya.

  1. Jika batas kelentingan tersebut terlampaui maka akan menghasilkan sebuah getaran.
  2. Gempa dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu gempa tektonik, vulkanik, dan longsoran.
  3. Untuk gempa tektonik terjadi akibat tumbukan lempeng-lempeng litosfer.
  4. Pada saat dua lempeng bertumbukan dan bergesekan, maka pada bidang batas lempeng tersebut terjadi pelengkungan dan terjadi tegangan.

Jika pelengkungan dan tegangan tersebut melampaui daya lentingnya, maka tenaga yang tersimpan pada saat terjadinya pelengkungan dan tegangan akan dilepaskan untuk mencapai keseimbangan. Lalu untuk gempa vulkanik, terjadi karena adanya aktivitas gunung api.

  • Aktivitas gunung api menimbulkan getaran pada wilayah sekitarnya.
  • Getaran tersebut biasanya tidak seluas getaran yang ditimbulkan oleh gempa tektonik.
  • Terakhir untuk gempa longsoran, terjadi akibat longsor atau runtuhnya tanah perbukitan atau gua kapur.
  • Akibat volume tanah yang longsor terbatas maka getarannya pun relatif kecil dan tidak begitu berbahaya.

Tenaga Eksogen Tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi. Ada tiga jneis tenaga endogen yang mempengaruhi bentuk permukaan bumi. Tiga proses tersebut, yaitu pelapukan, erosi, dan sedimentasi, berikut penjelasan masing-masing: – Proses Pelapukan Batuan yang telah terbentuk melalui berbagai proses akhirnya lama kelamaan akan mengalami proses penghancuran atau pelapukan.

  1. Batuan yang berukuran besar akan terpecah menjadi batuan yang berukuran lebih kecil, bahkan sampai menjadi debu.
  2. Pelapukan dapat dibedakan menjadi pelapukan fisika, kimia dan biologik-mekanik.
  3. Di alam, ketiga proses tersebut seringkali terjadi secara bersamaan dalam proses pelapukan.
  4. Namun, biasanya terdapat satu proses yang lebih dominan dibanding proses pelapukan lainnya.

– Proses Erosi Erosi adalah suatu proses penghancuran tanah dan kemudian dipindahkan ke tempat lain oleh kekuatan air, es, angin, dan gravitasi. Karena itu, berdasarkan penyebabnya erosi dapat disebabkan oleh air, gelombang air laut, es atau gletser, angin, dan gravitasi.

  • Proses Sedimentasi Sedimentasi adalah proses pengendapan materi-materi hasil erosi yang dibawa oleh tenaga pengangkut seperti air, angin, gelombang laut, dan gletser.
  • Materi-materi hasil erosi tersebut pada jarak tertentu akan mengalami penurunan kecepatan gerak atau berhenti sama sekali.
  • Materi yang lebih besar tentu akan diendapkan terlebih dahulu dibanding dengan materi yang lebih halus.
You might be interested:  Alat Yang Digunakan Untuk Membersihkan Terminal Baterai Adalah?

(Tribunnews/Triyo)

Apa contoh bentuk muka bumi akibat tenaga endogen?

Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi dan tenaga tersebut bersifat membangun atau menciptakan bentang alam. Contoh bentukan alam yang disebabkan oleh tenaga endogen, yaitu pegunungan, palung laut, dan danau vulkanisme. – Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi dan tenaga tersebut bersifat membangun atau menciptakan bentang alam.

Tenaga yang merubah muka bumi disebut apa?

Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen yang berasal dari dalam bumi menyebabkan terjadinya perubahan pada kulit bumi yang meliputi bagian luar permukaan bumi hingga bagian dalam bumi.

Bagaimana tenaga eksogen dapat merubah bentuk muka bumi?

Proses Tenaga Eksogen Membentuk Muka Bumi – Tenaga eksogen merombak permukaan bumi akibat dari proses pelapukan, pengikisan (erosi), pengendapan, dan pergerakan batuan atau tanah. Dalam prosesnya ketiga fenomena tersebut biasanya dibantu oleh air, udara, maupun es.

  • Pelapukan adalah peristiwa ketika batuan dari gumpalan besar hancur menjadi gumpalan kecil dan melebur menjadi bentuk yang sangat halus.
  • Proses pelapukan membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan dapat terjadi secara mekanik, kimiawi, dan organik.
  • Pelapukan mekanik yaitu peristiwa hancurnya material batuan tanpa mengubah struktur yang dipengaruhi oleh perbedaan temperatur, dan lainnya.

Lalu, pelapukan kimiawi yaitu proses pelapukan batuan yang mengubah susunan kimiawi dan struktur batuan. Sedangkan pelapukan organik adalah proses pelapukan yang terjadi karena aktivitas makhluk hidup seperti tumbuhan lumut, atau tumbuhan paku-pakuan, maupun aktivitas hewan seperti cacing tanah dans serangga.

  1. Erosi adalah pengikisan batuan yang diakibatkan oleh media yang bergerak seperti aliran air sungai, angin, gelombang laut, dan gletser.
  2. Dengan kata lain, proses erosi mengubah atau memindahkan massa batuan secara alami dari satu tempat ke tempat lain.
  3. Erosi terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan tenaga perombaknya yaitu erosi air, erosi angin (deflasi), erosi gelombang laut (abrasi), dan glasial.Bentuk permukaan bumi akibat erosi misalnya tebing sungai yang semakin dalam, lembah yang curam, pembentukan gua, atau badan sungai yang melebar.

Hasil dari erosi tidak berhenti dan diam di satu tempat saja. Prosesnya berlanjut ke tahap pengendapan di daerah yang memungkinkan untuk menimbun suatu material. Nah, penimbunan material ini yang kita sebut dengan sedimentasi. Jadi, sedimentasi adalah pengendapan material hasil pengikisan dan pelapukan yang disebabkan oleh air, angin, gletser ke suatu wilayah untuk diendapkan.

Apa yang dimaksud dengan tenaga endogen dan berikan contohnya?

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam perut bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi yang merupakan lapisan terluar dari bumi. Tenaga endogen secara umum dibagi menjadi 3 bagian yaitu tektonisme, vulkanisme dan seisme atau gempa bumi.

You might be interested:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Tenaga Didalam Tari?

Faktor faktor apa saja yang menyebabkan perubahan bentuk muka bumi?

sebutkan faktor yg memengaruhi bentuk muka bumi faktor yg mempengaruhi bentuk muka bumi,yaitu: Tenaga Endogen dan tenaga eksogen.Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen bersifat membangun atau member bentuk relief di permukaan bumi, yang meliputi tektonisme, vulkanisme dan seismic.

Jelaskan terdiri dari apa saja tenaga eksogen?

Tenaga eksogen – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel ini, artinya tidak ada artikel lain yang,Bantulah ke artikel ini dari atau coba, Tag ini diberikan pada Oktober 2016.

table>

Artikel ini tidak memiliki atau sehingga isinya tidak bisa, Tolong bantu dengan menambahkan referensi yang layak. Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu. Cari sumber: – · · · ·

Tenaga eksogen iaitu tenaga yang berasal dari luar, Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari, Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi. Laut termasuk tenaga eksogen Secara umum tenaga eksogen berasal dari 3 sumber, iaitu:

, iaitu perubahan suhu dan angin. iaitu berupa seperti aliran air, siraman hujan, hempasan gelombang laut,, dan sebagainya. iaitu berupa,,, dan,

Di permukaan laut, bahagian yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen iaitu dengan pengenapan, pengikisan dan pengangkutan, serta, Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktiviti atau, Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan, kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air, angin, atau dengan hanya,

Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan, ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus. Contoh lain dari tenaga eksogen adalah pengikisan pantai. Setiap saat air laut menerjang pantai yang akibatnya tanah dan batuannya terkikis dan terbawa oleh air.

Tanah dan batuan yang dibawa air tersebut kemudian diendapkan dan menyebabkan pantai menjadi dangkal. Di daerah pegunungan bisa juga ditemukan sebuah bukit batu yang kian hari semakin kecil akibat tiupan angin. Ada pun geologi yang berlangsung sepanjang masa.

Artikel bertopik ilmu pengetahuan ini adalah sebuah, Anda dapat membantu Wikipedia dengan,

ul>

Diperoleh dari “” : Tenaga eksogen – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Apa yang disebut tenaga endogen dan eksogen jelaskan keterkaitannya terhadap bentuk lahan di muka bumi?

Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi. Sementara itu tenaga eksogen merupakan tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar tubuh bumi. Tenaga eksogen terdiri dari Pelapukan, Pengikisan, (erosi) dan sedimentasi.

Apa yang dimaksud dengan tenaga endogen dan tenaga eksogen dalam proses pembentukan bumi?

Bentuk Tenaga Endogen Yang Mengubah Bentuk Muka Bumi Adalah ilustrasi bumi. shutterstock ©2020 Merdeka.com Merdeka.com – Bumi terdiri dari beberapa lapisan penyusun. Bagian terluar yang kita tinggali sekarang disebut dengan kerak bumi. Proses pembentukan muka bumi melalui serangkaian peristiwa yang membentuknya selama ribuan tahun. Ketika perubahan internal dan eksternal ini terjadi terus menerus, perubahan kimiawi dan stres dipicu di permukaan bumi, yang pada akhirnya mengarah pada pembentukan medan yang tidak rata. Proses endogen yaitu berasal dari tenaga tektonik (diatropisme), aktivitas vulkanik (vulkanisme) dan gempa bumi (seisme).