Cara Menghidupkan Hp Oppo Yang Mati Total Baterai Tanam?

Cara Menghidupkan Hp Oppo Yang Mati Total Baterai Tanam
Mengatasi HP Mati Total Baterai Tanam

  • Tekan Tombol Power Selama Beberapa Detik Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP Xiaomi maupun Oppo mati total yang menggunakan baterai tanam adalah dengan menekan tombol power selama beberapa detik.
  • Cek Kondisi Layar
  • Lakukan Charger
  • Lepas SIM dan SD Card
  • Factory Reset
  • Ganti Baterai
  • Hubungkan ke PC atau Laptop
  • Service Center

Bagaimana jika HP OPPO tidak mau menyala?

Bagaimana Mengatasi Layar OPPO Stuck atau Tidak Menyala ? Di saat mengalami masalah Layar Ponsel OPPO tidak bergerak alias Stuck atau tidak bisa dinyalakan dan layar hanya diam hitam, sebelum memutuskan membawa ke service center terlebih dulu bisa anda coba mengatasinya sendiri, mudah dan hemat biaya tentunya.

  • Apa itu Stuck layar di smartphone ? seringkali kita mendengar dan melihat kata-kata tersebut di situs dan forum perbincangan perihal smartphone.
  • Dimana Tampilan akan diam, menu dan aplikasi tidak dapat merespon jika disentuh, kalau bahasa mudahnya layar macet.
  • Ada juga masalah di HP OPPO mengalami trouble tidak bisa menyala meskipun tombol power ditekan berulang kali.

meskipun ada fitur ketuk layar 2 kali di beberapa smartphone, namun ponsel tidak mereson dan tetap padam. Lalu apa yang harus dilakukan saat HP OPPO mengalami stuck sehingga layar tidak mau merespon sentuhan dan bagaimana keluar dari masalah HP tidak bisa menyala meski sudah dicoba menekan berulangkali tombol powernya, Silahkan simak beberapa tips di bawah ini.

  1. Cek Kondisi Baterai Cobalah melepas dan memasang ulang baterai untuk smartphone OPPO dengan type Removable (lepas-pasang) colokkan ke pengisi daya.
  2. Namun bila layar tidak menunjukkan tanda baterai sedang mengisi, bisa ada ada kerusakan layar atau komponen didalamnya bermasalah.
  3. Cara mudah untuk menentukan apakah hanya layar OPPO saja yang rusak dan sistem masih bisa bekerja, coba nyalakan ponsel dengan menekan tombol power seperti biasanya dan tunggu sekitar 1 menit, lalu coba lakukan panggilan telepon dari H lain, bila ternyata berbunyi, berarti memang screen HP bermasalah.

Simak juga: Cek Kondisi Suhu Ponsel Coba perhatikan seksama, apakah HP panas ketika masalah layar tidak respon atau mati. Dan bila posisi suhu normal kinerjanya normal ?. Bila iya, coba tempatkan telepon jauh dari paparan sinar matahari langsung dan beberapa tempat yang bersuhu ekstrem.

Tapi bila panas disebabkan banyaknya aplikasi yang berjalan, coba untuk membersihkan dulu aplikasi yang banyak terbuka sebelum membuka yang lainnya. Baca Juga: Paksa Menyalakan Ulang HP OPPO Ketika layar HP kondisinya Stuck, terdiam atau tidak bergerak ketika disentuh, coba Reboot / Nyalakan ulang sistem secara paksa.

Tidak hanya di smartphone OPPO saja, di ponsel Android lainnya juga bisa dipaksa nyala ulang ketika layarnya tidak merespon alias macet.

  • Pada HP OPPO F3, F3 Plus, R11, R9s Plus, R9, A77 dan se-tipe dengannya, cara me-restart paksa Ponsel dengan cara Menekan tombol Power dan Volume Atas bersamaan, tahan keduanya kurang lebih 10 Detik-an samapi terlihat Logo OPPO.
  • Pada tipe OPPO R9 Plus, R9, A33, A39, F1, F1 Plus dan tipe sebelumnya, cara reboot paksa dengan bersamaan menekan tombol power Sepuluhan Detik sampai muncul OPPO Logo.

Jangan takut, memaksa menyalakan ulang HP OPPO yang macet tidak merespon tidak akan menghapus data atau aplikasi, semua aman ketika ponsel berhasil menyala kembali. Bagaimana Kalau Ponsel tidak dapat dihidupkan ?

  1. Coba charge ulang baterai, kurang lebih 30-an menit dan coba tekan tombol power lagi untuk menyalakannya.
  2. Bila tidak masuk ke sistem, masuk ke ‘ ‘ OPPO dengan cara Menekan bersamaan lalu tahan tombol Volume bawah dan power sampai keluar tampilan recovery.
  3. Coba reset HP OPPO di halaman recovery mode tersebut supaya sistem kembali ke setelan pabrikan.
  • Mengoptimalkan HP OPPO Android
  • 1. Bersihkan Cache berkala
  • 2. Copot aplikasi
  • 3. Batasi penggunaan multitasking pada aplikasi
  • 4. Gunakan Memori Berkecepatan Tinggi
  • 5. Jaga Suhu Smartphone
  • Itulah tips mengatasi Layar OPPO Stuck terdiam tidak merespon sebelum memutuskan untuk flashing ulang serta beberapa panduan membuat performa smartphone tetap stabil dan tidak lemot, semoga bermanfaat.

Terjadinya permasalahan pada smartphone ada beberapa sebab yang sering menjadi pemicunya, seperti banyak aplikasi dan file sampah, ada virus menginfeksi sistem, Ponsel sering terjatuh, terlalu lama di suhu ekstrim dan beberapa sebab lainnya. Namun ada panduan umum yang dapat anda jalankan untuk menjaga performa sistem dan aplikasi smartphone OPPO, silahkan simak tipsnya berikut ini.

Membersihkan cache sistem serta aplikasi dapat mengingkatkan performa sistem tetap bagus dan lancar. Membuang cache di Ponsel OPPO secara umum caranya bisa melalui menu manajer aplikasi, kemudian pilih salah satu app dan tekan tombol hapus cache. Di beberapa tipe smartphone OPPO juga disertakan aplikasi bawaan untuk pembersih file sampah dan cache.

Gunakan secara berkala supaya sistem tidak cepat lemot, layar tidak gampang blank / Macet, tidak boros daya baterai dan permasalahan lainnya. Coba buang aplikasi yang jarang digunakan, tidak ada ruginya dan nanti bila suatu saat ingin menggunakan bisa diinstall ulang melalui google play store.

  • Banyaknya aplikasi di smartphone bisa menjadi beban prosesor dan RAM meskipun tidak seddang digunakan.
  • Begitu juga kapasitas memori yang makin hari semakin penuh juga akan berimbas ke performa sistem.
  • Maksudnya, saat kita sering membuka beberapa aplikasi secara bergantian dan menutupnya hanya dengan tombol Home, sebenarnya semua aplikasi yang sudah tertutup masih berjalan di background dan menggunakan resource RAM serta prosesor.
You might be interested:  Tenaga Yang Berasal Dari Luar Bumi Yang Mempunyai Sifat Merusak?

HP OPPO Panas, lemot dan bahkan stuck layarnya tidak respon bisa diakibatkan oleh proses aplikasi yang menumpuk. Oleh sebab itu, tutup semuanya saat ingin membuka app lainnya. Adapun di beberapa tipe smartphone OPPO colorOS 2.0 dengan menekan lama tombol Menu dan pilih “End All”.

  1. Untuk Color0S 3.0 tekan dan tahan tombol menu lalu tekan tanda silang “End All”.
  2. Dan secara umum padda beberapa tipe OPPO juga menggunakan salah satu dari kedua cara tersebut.
  3. Bila menggunakan memori eksternal MicroSD untuk penyimpanan tambahan, sebisa mungkin pilih yang tipe kartu yang memiliki Class 10, karena MicroSD dengan class lebih tinggi akan semakin cepat proses transfer datanya sehingga menghindarkan lambatnya pembacaan data.

Hidari paparan panas matahari secara langsung dan menempatkan didekat sumber panas lain agar ponsel tetap berkerja normal dan tentunya awet. : Bagaimana Mengatasi Layar OPPO Stuck atau Tidak Menyala ?

Gimana cara hidupkan hp yang mati total?

Penyebab HP Mati Total – Charge Ponsel / Charger Smartphone / Charger HP / Charger Handphone 1. Masalah Pada Charger Penyebab Hp mati total, karena terjadi masalah pada charger yang digunakan. Beberapa kejadian ini sering terjadi, dan membuat hp mati total.

  1. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk mengatasi charger yang bermasalah.
  2. Alau hal ini terjadi, Cek debu juga kotoran yang ada di port charger, dan pastikan apakah kabel charger-mu baik-baik saja.
  3. Jika tidak, kamu perlu mengganti kabel tersebut.
  4. Bisa juga kamu harus menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik, kira-kira 10 hingga 30 detik.2.

Cek Kondisi Baterai Pada umumnya, penyebab hp mati total, dikarenakan baterai hp yang sudah rusak atau lowbat menjadi penyebab smartphone-mu tidak dapat menyala. Baterai hp juga memiliki masa hidup dan setiap tahun kualitasnya terus menurun. Jika saat dihubungkan tidak ada respon, berarti ada masalah dengan baterai Hp.

Bagaimana cara memulihkan hp OPPO?

2. Menu Android Recovery – Apabila ponsel Oppo Anda tidak dapat masuk ke menu Home, caranya cukup berbeda dari yang telah disebutkan di atas. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

Nonaktifkan terlebih dahulu perangkat ponsel Tekan tombol volume bawah serta tombol power secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik Setelah muncul logo Oppo lepaskan tombol power (tombol volume bawah masih ditahan) Ketika tertera opsi pemilihan bahasa lepaskan tombol volume bawah Pilih opsi bahasa Inggris Untuk mengonfirmasi pilihan gunakan tombol power, namun untuk smartphone Oppo tipe baru dapat memilih langsung menggunakan touchscreen Klik pada gunakan tombol volume atas dan bawah untuk navigasi Klik untuk mengonfirmasi Tunggu beberapa saat hingga proses berhasil Klik menu Nantinya smartphone akan terrestart secara otomatis Selesai

Mengapa hp OPPO mati mati?

Sebab HP OPPO Mati dan Nyala sendiri – Bilamana mendapati kejadian Error di HP android, perlu dilakukan urutan pengecekan karena bukan berarti error disebabkan oleh sistem. Bahkan ada sebab lain seperti aplikasi di OPPO yang error atau hardwarenya yang bermasalah. Baca juga tips OPPO berikut:

Cara Restart Paksa HP OPPO Layar Macet tidak Respon Cara Membuat Baterai OPPO tidak cepat Drop

Adapun beberapa penyebab HP OPPO tiba-tiba mati sendiri atau restart ulang saat baterai masih penuh bisa diakibatkan hal-hal sebagai berikut:

Ada aplikasi dan file sistem yang rusak HP OPPO di root oleh pemiliknya Suhu CPU / Prosesor terlalu panas RAM kehabisan kapasitas memorinya Penggguna OPPO melakukan Custom ROM bukan versi resmi Kesalahan melakukan flashing firmware OPPO Ada malware atau Virus di dalam sistem Sering install aplikasi dari situs tidak resmi, dan lain sebagainya

Kenapa HP tiba tiba mati dan tidak bisa hidup lagi?

Cara Mengatasi Handphone Mati Sendiri – Cara Menghidupkan Hp Oppo Yang Mati Total Baterai Tanam ilustrasi handphone mati sendiri/Charlz Gutiérrez De Piñeres/unsplash Tak perlu panik terlebih dahulu kalau handphone mati sendiri. Kalau handphone mati sendiri karena kehabisan baterai, sebaiknya biarkan handphone diisi ulang dayanya dalam keadaan mati, agar perangkat tidak mengalami overheat,

Tetapi kalau kondisi baterai handphone bocor, sebaiknya segera ganti baterai dengan yang baru. Karena bisa menyebabkan kerusakan total pada handphone, Kalau kamu mendapatkan notifikasi sistem data penuh, sebaiknya segera kosongkan atau hilangkan data yang tidak diperlukan di handphone, Karena data penuh bisa menyebabkan handphone mati sendiri.

Kemudian, lakukan pembaharuan perangkat lunak yang baru, untuk menghilangkan bug dan virus penyebab handphone mati sendiri. Terakhir, jangan panik kalau handphone mati setelah jatuh atau terkena air. Sebaiknya biarkan handphone dalam keadaan mati, lepaskan semua komponen pada handphone yang bisa dilepas.

You might be interested:  Apakah Yang Anda Ketahui Tentang Kewajiban Utama Tenaga Kerja?

Kenapa HP OPPO tiba tiba layar hitam?

Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam OPPO – Mengutip laman resmi Support OPPO, berikut ini adalah tutorial yang bisa kamu ikuti untuk cara mengatasi HP blank baterai tanam dalam kondisi menyala. Ilustrasi Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam OPPO.

  • Pada R11, F3, F3 Plus, R9s, R9s Plus, A57, A77 dan lain-lain: Tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume atas setidaknya delapan detik, sampai kamu melihat logo OPPO.
  • Pada R9, R9 Plus, F1, F1 Plus, A39, A33 dan lain-lain: Tekan dan tahan tombol Power setidaknya delapan detik, sampai kamu melihat logo OPPO.

Restart paksa tidak akan menghapus data pada ponsel kamu, kecuali HP tersebut mengalami kerusakan sistem. Jika ponsel tidak dapat dinyalakan, kamu bisa mencoba metode lain yaitu dengan mengisi daya pada baterai tanam HP setidaknya selama 30 menit. Kemudian, tekan dan tahan tombol ‘Power’ dan tombol ‘Volume’ bawah selama setidaknya delapan detik, sampai ponsel masuk ‘Mode Recovery’ untuk memperbarui sistem HP yang kamu gunakan.

Berapa lama flash HP OPPO?

Flashing Oppo A3S tanpa PC/Laptop (via SD Card) – Metode atau cara flash oppo ini dikhususkan bagi kamu yang sedang tidak memegang PC/laptop, atau karena memang ingin lebih praktis. Jadi, apa yang diperlukan untuk cara flash oppo a3s tanpa PC/laptop ini? Kamu cuma butuh SD Card dan file Firmware.

  • Untuk kapasitas minimal SD Card adalah 4 GB dan harus diformat dulu supaya kosong.
  • File Firmware Oppo A3S bisa kamu unduh dari tautan berikut ini: Link Download Firmware OTA Oppo A3S CPH1803 Simpan file unduhan itu ke dalam SD Card yang akan dipakai flashing.
  • Oh ya, satu hal lagi.
  • Pastikan daya baterai hapemu terisi 100 persen atau sekurang-kurangnya 50 persen untuk mencegah kehabisan daya di saat proses flashing berlangsung.

Jadi, sebelum menerapkan langkah-langkahnya, file Firmware tadi sudah tersimpan di SD Card. Nah, mari kita mulai cara flash hape Oppo seri ini:

  1. Pasang SD Card ke dalam hapemu yang sudah dalam posisi dimatikan.
  2. Nyalakan hapemu dengan cara memencet tombol power dan volume bersamaan. Tahan hingga logo Oppo muncul di layar.
  3. Lepaskan tombol power namun biarkan volume bawah, tunggu sampai muncul menu bahasa yang digunakan. Silakan pilih Bahasa Inggris.
  4. Masuklah ke menu recovery,
  5. Klik install from storage device yaitu dari SD Card.
  6. Carilah file berekstensi,zip dalam Firmware OTA yang tersimpan di SD Card.
  7. Klik OK.
  8. Tunggu proses flashing berjalan kira-kira paling lama 15 menit.
  9. Jika proses flashing sukses akan muncul notifikasi updating succesfully, Klik Back.
  10. Klik menu Reboot untuk restart.
  11. Setelah restart, layar menampilkan setting wizard, lalu atur bahasa, lokasi, dan tanggal.

Nah, itulah urutan cara flashing A3S tanpa PC, mudah kan? Baca Juga: 7 HP OPPO Termahal 2019, Mulai 3 Jutaan!

Kenapa HP tidak bisa hidup dan tidak merespon termasuk ketika dicas?

7. Konektor Baterai Rusak – Kalau baterai ponsel kamu tidak bermasalah, tapi tetap tidak bisa dinyalakan dan dicas berarti ada masalah di bagian konektor baterai. Seperti misalnya karat atau terlalu kotor, yang menyulitkan baterai terhubung ke bagian hardware perangkat sehingga tidak memiliki daya untuk menyala dan mati total.

Kenapa baterai HP tidak mau mengisi?

Penyebab Hp Tidak Bisa Di-charge – Cara Menghidupkan Hp Oppo Yang Mati Total Baterai Tanam Hp yang tidak bisa di-charge, atau diisi ulang baterainya, tentu karena ada masalah. Cara memperbaiki hp Android yang tidak bisa di-charge harus memastikan dulu dari mana sumber masalahnya, dengan melakukan pengecekan secara mendetil. Masalah yang paling umum bila baterai hp tidak bisa di-charge adalah usia baterai yang sudah terlalu lama, atau baterai sudah bocor.

Berapa harga service tombol power Android?

7. Tombol Power Tidak Bisa Ditekan – Estimasi biaya mengganti tombol power yang tidak bisa ditekan umumnya mulai dari 50 ribu hingga 300 ribu.

HP mati sendiri apa sebabnya?

Liputan6.com, Jakarta – Apa penyebab HP mati sendiri? Memahami penyebab HP mati sendiri memang sulit dideteksi, tetapi bukan tidak mungkin hal ini bisa diketahui. Kondisi HP yang mati sendiri akan berisiko mati total jika tidak kunjung diatasi dengan benar.

  1. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, penyebab HP mati sendiri adalah kurang lebih ada sepuluh.
  2. Penyebab HP mati sendiri adalah bisa dipengaruhi sistem, kondisi baterai, memori atau RAM, aktivitas menjalankan program yang berlebihan, masalah eksternal, hingga HP yang terlalu banyak menyimpan sampah.

Cara mengatasi HP mati sendiri, mulailah dengan mendeteksi penyebab HP mati sendiri. Kemudian lakukan penanganan sendiri apabila masalah penyebab HP mati sendiri tidak serius. Akan tetapi, saat masalah penyebab HP mati sendiri cukup serius, maka segera konsultasikan kepada jasa perbaikan HP.

You might be interested:  Apa Itu Wear Level Pada Baterai?

Dimana letak tombol power di handphone?

TRIBUNSTYLE.COM – Apapun perangkat yang digunakan, tombol power memiliki peran yang sangat penting. Tanpa tombol tersebut, pengguna tidak akan dapat menggunakan perangkat miliknya, karena tak ada sarana untuk menghidupkan. Begitu pula untuk ponsel yang berbasis Android.

  • Untuk ponsel cerdas, tombol power biasanya akan berada di bagian samping.
  • Tinggal Tekan Satu Tombol, Instagram Story Bisa Langsung Diupdate ke WhatsApp, Begini Caranya! Nah ternyata, tombol yang sangat penting ini tak hanya berfungsi untuk menghidupkan atau mematikan handphone (HP) saja.
  • Selain itu, masih ada fungsi lain, yang bisa sangat membantu pengguna saat memakai HP Android.

Berikut fungsi tombol power HP Android, yang mungkin belum kamu ketahui.1. Mode Pesawat Tak perlu susah-susah masuk ke pengaturan untuk mengaktifkan mode pesawat. Pengguna hanya perlu menekan tombol power cukup lama, lalu ketuk pilihan mode pesawat. Setelah itu, HP pengguna akan berada dalam mode ini.2.

  • Mengatur Suara Pengaturan suara juga dapat dilakukan dengan tombol power, apakah akan dibuat berdering atau hanya bergetar.
  • Lakukan cara yang sama dengan poin 1, kemudian pilih tanda bergambar lonceng.
  • Tak Perlu Dikeluarkan, Anggota Grup Cerewet Bisa Dibatasi Kirim Pesan oleh Admin Grup WhatsApp 3.
  • Restart Untuk memulai ulang (restart) ponsel, tekan tombol power cukup lama, lalu ketuk Restart.4.

Mengakhiri Panggilan Kita tak perlu susah-susah melihat layar, lalu memencet akhiri telepon, untuk mengakhiri sebuah pilihan. Tinggal masuk Settings – Accessibility, kemudian cari opsi Power Button to Ends Call. Setelah diaktifkan, tombol Power berguna untuk mengakhiri telepon.5.

  • Mengunci Layar Fungsi ini mungkin sudah diketahui banyak orang.
  • Untuk mengunci layar, pengguna hanya perlu memencet singkat tombol power.6.
  • Screenshot Untuk mengambil screenshot, pengguna perlu mengombinasikan tombol power dengan tombol volume down ataupun home (bergantung pada tipe perangkat).
  • Cara Menghemat Penggunaan Paket Data WhatsApp, Anti Kuota Jebol! 7.

Recovery Mode Banyak hal yang dapat dilakukan dengan masuk ke Recovery Mode, di antaranya menghapus semua data, membersihkan chache ataupun memperbarui Android Debug Bridge. Tak dapat membuka layar karena lupa kuncinya juga dapat diatasi dengan masuk ke Recovery Mode.

  1. Caranya, tekan tombol power + volume atas + tombol home bersamaan (bergantung perangkat).
  2. Setelah itu, kamu akan masuk ke Recovery Mode.8.
  3. Download Mode Download Mode adalah fitur service yang dapat digunakan untuk memulihkan atau memperbaiki ponsel dari kerusakan, akibat software di Android.
  4. Orang biasa menyebutnya Flash atau Upgrade.

Download Mode juga berfungsi memperbarui firmware atau OS android yang digunakan, juga digunakan untuk menambah bahasa Indonesia di ponsel android. Untuk HP Samsung, tekan volume bawah + tombol home (Tengah) dan tombol power secara bersamaan. (tribunjogja.com/ dari berbagai sumber) Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul ” Ini Sederet Fungsi Tombol Power pada Ponsel yang Jarang Diketahui ” Yuk Subscribe YouTube dan Like Fanpage TribunStyle.com di bawah ini:

Kenapa hp OPPO tiba tiba layar hitam?

Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam OPPO – Mengutip laman resmi Support OPPO, berikut ini adalah tutorial yang bisa kamu ikuti untuk cara mengatasi HP blank baterai tanam dalam kondisi menyala. Ilustrasi Cara Mengatasi Layar HP Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam OPPO.

  • Pada R11, F3, F3 Plus, R9s, R9s Plus, A57, A77 dan lain-lain: Tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume atas setidaknya delapan detik, sampai kamu melihat logo OPPO.
  • Pada R9, R9 Plus, F1, F1 Plus, A39, A33 dan lain-lain: Tekan dan tahan tombol Power setidaknya delapan detik, sampai kamu melihat logo OPPO.

Restart paksa tidak akan menghapus data pada ponsel kamu, kecuali HP tersebut mengalami kerusakan sistem. Jika ponsel tidak dapat dinyalakan, kamu bisa mencoba metode lain yaitu dengan mengisi daya pada baterai tanam HP setidaknya selama 30 menit. Kemudian, tekan dan tahan tombol ‘Power’ dan tombol ‘Volume’ bawah selama setidaknya delapan detik, sampai ponsel masuk ‘Mode Recovery’ untuk memperbarui sistem HP yang kamu gunakan.

Kenapa handphone mati secara tiba tiba?

Liputan6.com, Jakarta – Apa penyebab HP mati sendiri? Memahami penyebab HP mati sendiri memang sulit dideteksi, tetapi bukan tidak mungkin hal ini bisa diketahui. Kondisi HP yang mati sendiri akan berisiko mati total jika tidak kunjung diatasi dengan benar.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, penyebab HP mati sendiri adalah kurang lebih ada sepuluh. Penyebab HP mati sendiri adalah bisa dipengaruhi sistem, kondisi baterai, memori atau RAM, aktivitas menjalankan program yang berlebihan, masalah eksternal, hingga HP yang terlalu banyak menyimpan sampah.

Cara mengatasi HP mati sendiri, mulailah dengan mendeteksi penyebab HP mati sendiri. Kemudian lakukan penanganan sendiri apabila masalah penyebab HP mati sendiri tidak serius. Akan tetapi, saat masalah penyebab HP mati sendiri cukup serius, maka segera konsultasikan kepada jasa perbaikan HP.