Dalam Tata Surya Yang Menjadi Bintang Adalah?

Dalam Tata Surya Yang Menjadi Bintang Adalah
Matahari – Matahari adalah bintang induk Tata Surya dan merupakan komponen utama sistem Tata Surya ini. Bintang ini berukuran 332.830 massa bumi, Massa yang besar ini menyebabkan kepadatan inti yang cukup besar untuk bisa mendukung kesinambungan fusi nuklir dan menyemburkan sejumlah energi yang dahsyat.

Kebanyakan energi ini dipancarkan ke luar angkasa dalam bentuk radiasi eletromagnetik, termasuk spektrum optik. Matahari dikategorikan ke dalam bintang katai kuning (tipe G V) yang berukuran tengahan, tetapi nama ini bisa menyebabkan kesalahpahaman, karena dibandingkan dengan bintang-bintang yang ada di dalam galaksi Bima Sakti, Matahari termasuk cukup besar dan cemerlang.

Bintang diklasifikasikan dengan diagram Hertzsprung-Russell, yaitu sebuah grafik yang menggambarkan hubungan nilai luminositas sebuah bintang terhadap suhu permukaannya. Secara umum, bintang yang lebih panas akan lebih cemerlang. Bintang-bintang yang mengikuti pola ini dikatakan terletak pada deret utama, dan Matahari letaknya persis di tengah deret ini.

Akan tetapi, bintang-bintang yang lebih cemerlang dan lebih panas dari Matahari adalah langka, sedangkan bintang-bintang yang lebih redup dan dingin adalah umum. Dipercayai bahwa posisi Matahari pada deret utama secara umum merupakan “puncak hidup” dari sebuah bintang, karena belum habisnya hidrogen yang tersimpan untuk fusi nuklir.

Saat ini Matahari tumbuh semakin cemerlang. Pada awal kehidupannya, tingkat kecemerlangannya adalah sekitar 70 persen dari kecermelangan sekarang. Matahari secara metalisitas dikategorikan sebagai bintang “populasi I”. Bintang kategori ini terbentuk lebih akhir pada tingkat evolusi alam semesta, sehingga mengandung lebih banyak unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium (“metal” dalam sebutan astronomi) dibandingkan dengan bintang “populasi II”.

  • Unsur-unsur yang lebih berat daripada hidrogen dan helium terbentuk di dalam inti bintang purba yang kemudian meledak.
  • Bintang-bintang generasi pertama perlu punah terlebih dahulu sebelum alam semesta dapat dipenuhi oleh unsur-unsur yang lebih berat ini.
  • Bintang-bintang tertua mengandung sangat sedikit metal, sedangkan bintang baru mempunyai kandungan metal yang lebih tinggi.

Tingkat metalitas yang tinggi ini diperkirakan mempunyai pengaruh penting pada pembentukan sistem Tata Surya, karena terbentuknya planet adalah hasil penggumpalan metal.

Apakah di tata surya ada bintang?

15 Bintang Paling Terang di Tata Surya dan Jaraknya dari Bumi Jakarta – Tata surya merupakan sistem kumpulan benda langit yang terdiri dari yang disebut Matahari dan objek lain yang berkaitan dengannya. Setidaknya ada 15 bintang yang bercahaya paling terang di malam hari.

  1. Bintang adalah benda angkasa besar yang terdiri dari gas yang memancarkan cahaya dari energi internalnya, menurut catatan Ensiklopedia Britannica,
  2. Dari puluhan miliar triliun bintang penyusun alam semesta yang teramati, hanya sebagian kecil yang terlihat dengan mata telanjang.
  3. Para ilmuwan berpendapat bahwa alam semesta terbentuk dari sebuah ledakan besar miliaran tahun lalu atau yang dikenal dengan big bang.

Menurut Oxlade dan Anita Ganeri dalam buku Ensiklopedia Mini Sains, ledakan ini menyebarkan gas-gas yang membentuk bintang, galaksi, dan planet termasuk Bumi. Bumi sendiri masuk dalam galaksi berbentuk spiral yang bernama Bimasakti. Semua bintang yang dilihat manusia pada malam hari berada dalam galaksi tersebut.

  • Dijelaskan dalam buku Ensiklopedia Mini Dunia Kita karya Angela Wilkes, bintang-bintang diketahui tidak bersinar selamanya.
  • Bintang akan meredup dan mati setelah jutaan tahun menampakkan cahayanya.
  • Sebelum benar-benar mati, bintang tersebut akan berubah menjadi besar dan memerah kemudian meledak.
  • Ledakan tersebut dikenal dengan supernova.

Lalu, akan muncul serpihan kecil yang berputar akibat ledakan itu. Sementara bagian tengah bintang akan semakin dingin dan tidak bercahaya.

Bintang terbentuk dari apa?

Apa Itu Bintang dan Proses Terbentuknya, Ini Penjelasannya yang Menarik Dipelajari | merdeka.com Dalam Tata Surya Yang Menjadi Bintang Adalah Ilustrasi bintang. ©Shutterstock/jupeart Merdeka.com – Pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu bintang saat tengah menatap langit di malam hari dan melihat taburan cahaya yang berkelap-kelip di atas sana? Bulan dan bintang telah dikenal oleh peradaban manusia sejak dulu kala, dan digunakan sebagai penunjuk arah oleh masyarakat primitif.

  • Bintang-bintang yang tersebar di langit begitu banyak jumlahnya, sehingga mustahil bagi manusia untuk menghitungnya.
  • Lantas, apa itu bintang? Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri.
  • Apabila dilihat dari dekat, bintang berbentuk seperti bola besar yang terdiri dari berbagai macam gas yang memiliki panas dan memancarkan cahaya.

Karena letak bintang sangat jauh dari bumi tempat manusia melihat, maka bintang akan terlihat seperti titik cahaya. Oleh karena itu, untuk melihat bintang yang sangat jauh itu, maka digunakan alat khusus seperti teleskop. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai apa itu, yang pasti menarik untuk Anda ketahui.2 dari 4 halaman Bintang adalah bola gas raksasa yang sangat panas.

You might be interested:  Bentuk Tenaga Endogen Yang Mengubah Bentuk Muka Bumi Adalah?

Secara umum, manusia menyebut benda-benda langit yang terlihat berkelap-kelip di malam hari sebagai bintang. Bintang-bintang memiliki susunan yang berubah-ubah. Namun perubahan susunan bintang-bintang tersebut sangat kecil sehingga sulit untuk diamati. Mengutip Bambang Hidayat dalam Materi antar Bintang, pergerakan bintang-bintang hanya dapat dibandingkan posisinya dalam waktu ribuan tahun dengan menggunakan teropong atau teleskop, sehingga pergeserannya dapat diketahui dengan jelas.

Di samping pergerakan tersebut, pergerakan bintang-bintang juga dapat diamati dalam arah radial, yaitu mendekati atau menjauhi matahari. Pergerakan bintang-bintang mendekati atau menjauhi matahari ini dapat membuktikan terjadinya rotasi pada galaksi. Matahari, planet, satelit, komet, meteor, steroid, dan asteroid, hanyalah satu dari jutaan bintang-bintang yang bergabung dalam kelompok bintang yang disebut galaksi.

Dengan demikian, galaksi merupakan kumpulan dari bintang-bintang. Galaksi dengan matahari sebagai salah satu anggotanya dinamakan galaksi bima sakti (Milky Way).3 dari 4 halaman Setelah mulai memahami apa itu bintang, hal selanjutnya yang patut diketahui adalah bagaimana proses terbentuknya bintang. Bintang tersusun dari gas seperti gas hidrogen (H2) sekitar 94%, helium (He) 5%, serta unsur lainnya 1%.

Temperatur bintang bervariasi mulai dari 22730 C sampai 52730 C. Sebagian besar bintang-bintang mempunyai massa antara 0,1 sampai 5 kali massa matahari. Bintang lahir di dalam awan debu dan tersebar di sebagian besar galaksi. Contohnya adalah Nebula Orion.

Turbulensi di dalam awan ini menimbulkan simpul dengan massa yang cukup sehingga gas dan debu dapat mulai runtuh di bawah tarikan gravitasinya sendiri. Saat awan runtuh, material di pusat mulai memanas, mengutip science.nasa.gov. Dikenal sebagai protobintang, inti panas di jantung awan yang runtuh inilah yang suatu hari akan menjadi bintang.

Saat awan runtuh, inti panas yang padat terbentuk dan mulai mengumpulkan debu dan gas. Namun, tidak semua materi ini berakhir sebagai bagian dari bintang. Debu yang tersisa dapat menjadi planet, asteroid, atau komet atau mungkin tetap menjadi debu.4 dari 4 halaman Ribuan tahun yang lalu, negeri Mesir Kuno telah mengenal ilmu perbintangan.

Meski demikian, pemahaman mereka terhadap bintang dan aspek-aspek astronomi masih berpusat dalam kepercayaan tahayul dan mitos-mitos. Mengutip Djakaria M.Nur dan Ahmad Yani dalam Handout Matakuliah Kosmograf, konsep masyarakat Mesir Kuno tentang matahari, bulan, dan bintang-bintang masih sederhana dan keliru.

Bumi masih dianggap sebagai pusat dari peredaran matahari, bulan, dan bintang-bintang. Formasi bintang-bintang tertentu yang membentuk gambaran hewan atau lainnya (yang kemudian disebut rasi bintang) dijadikan ramalan pernasiban, bahkan bintang-bintang yang terang dan menarik perhatian orang akan diartikan sebagai petunjuk lahirnya pemimpin dunia.

  • Warisan peradaban kuno ini masih ada hingga sekarang.
  • Misalnya meramal nasib berdasarkan tanggal dan bulan kelahiran seseorang, yaitu yang disesuaikan dengan munculnya rasi bintang tertentu ketika seseorang dilahirkan.
  • Rasi bintang yang digunakan untuk meramal biasanya rasi bintang zodiak.
  • Zodiak adalah 12 rasi bintang sepanjang ekliptika membentuk gelang melingkari garis edar bumi mengelilingi matahari.2 Dua belas rasi bintang itu sudah kita kenal yaitu Capricornus, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, dan Sagitarius.

: Apa Itu Bintang dan Proses Terbentuknya, Ini Penjelasannya yang Menarik Dipelajari | merdeka.com

Bintang itu ada berapa?

Ada Berapa Banyak Bintang di Langit? – Adjar adjar.id – Saat menatap pada malam hari, Adjarian mungkin jadi penasaran dan bertanya-tanya berapakah jumlah, Di alam semesta ada banyak sekali dan tidak semuanya bisa kita lihat. Bahkan, bintang tidak hanya ada di tempat di mana kita berada, yakni galaksi Bima Sakti.

Apakah bulan itu termasuk bintang?

Bulan bukan merupakan bintang karena bulan memantulkan cahaya dari matahari dan tidak memiliki cahaya sendiri. Benda langit dikategorikan sebagai bintang apabila benda langit tersebut memancarkan cahayanya sendiri sedangkan bulan tidak memancarkan cahayanya melainkan memantulkan cahaya matahari.

  1. Jadi, jawaban yang benar adalah C – Bulan bukan merupakan bintang karena bulan memantulkan cahaya dari matahari dan tidak memiliki cahaya sendiri.
  2. Benda langit dikategorikan sebagai bintang apabila benda langit tersebut memancarkan cahayanya sendiri sedangkan bulan tidak memancarkan cahayanya melainkan memantulkan cahaya matahari.

Jadi, jawaban yang benar adalah C

Mengapa matahari disebut sebagai bintang dalam sistem tata surya?

Mataharidisebut sebagaibintang karenamampu berpijar dan mengeluarkan energi berupa cahaya.Karenaenergi yang sangat besar ini lah,mataharijuga berperan sebagai pusat dari tata surya kita. Jadi, jawaban yang benar adalah D – Matahari disebut sebagai bintang karena mampu berpijar dan mengeluarkan energi berupa cahaya.

Apa yang dimaksud dengan bintang serta berikan contohnya?

Apakah yg dimaksud dengan bintang? Dan berilah contohnya​ Bintang adalah benda luar angkasa yang dapat mengeluarkan cahaya/sinar. contoh bintang = Matahari, Bintang Sirius, Bintang Betelgeuse, Bintang Rigel. bintang adalah suatu benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri cth: matahari : Apakah yg dimaksud dengan bintang? Dan berilah contohnya​

Apakah Bumi termasuk bintang?

Tidak. Karena bumi tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri.

Apa nama bintang yang paling terang?

Dalam Tata Surya Yang Menjadi Bintang Adalah PIXABAY/dom1706 Mengenal sirius, bintang paling terang di langit malam. Bobo.id – Ketika kita memandang ke langit di malam hari, seringkali kita melihat banyak bintang. Bintang merupakan objek luar angkasa yang dapat memancarkan cahayanya sendiri. Jika teman-teman memperhatikan, ada satu bintang yang cahayanya lebih terang daripada bintang lainnya.

  1. Apa itu? Yap, bintang paling bersinar itu bernama Sirius A.
  2. Ia menjadi bintang paling terang di jagat raya.
  3. Untuk menikmati keindahan bintang ini, kita tidak perlu repot menggunakan alat bantu seperti teropong.
  4. Sirius A ini bisa kita lihat secara langsung dengan mata telanjang.
  5. Nama Sirius ini berasal dari Bahasa Yunani, Seirios, yang bermakna “berkilauan”.
You might be interested:  Mengapa Indonesia Berpotensi Besar Dalam Mengembangkan Sumber Energi Surya?

Orang-orang zaman dulu menggunakan bintang ini sebagai penanda waktu tertentu hingga penunjuk arah. Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya, lo. Penasaran? Yuk, kita cari tahu bersama! Baca Juga: Menghiasi Langit Malam, Ini 5 Rasi Bintang yang Paling Terang di Tata Surya Sirius A Bersinar Sangat Cerah Tingkat kecerahan benda luar angkasa ini ditetapkan dengan magnitudo.

Jika ketinggian bintang semakin rendah, maka bintang akan semakin cerah. Sirius A sendiri memiliki tingkat magnitudo sebesar -1,44. Ini yang membuat Sirius A menjadi bintang paling cerah sejagat raya. Jika dilihat dari Bumi, sebenarnya ada beberapa objek luar angkasa yang nampak lebih terang daripada Sirius A, teman-teman.

Objek luar angkasa itu yakni Bulan, Mars, Venus, dan Jupiter. Namun, pengamatan menunjukkan bahwa sistem Sirius perlahan-lahan terus mendekati sistem tata surya kita, nih. Ini membuat bintang Sirius A ini terlihat sangat bersinar jika dilihat dari belahan dunia manapun.

  • Bahkan jika sistem Sirius terus mendekati sistem tata surya kita, sinar yang dipancarkan bisa melebihi planet Venus, lo.
  • Jarak dan Ukuran Bintang Sirius A Baca Juga: Macam-Macam Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia, Apa Artinya? Bintang Sirius tidaklah sendirian, bahkan masih tetangga terdekat dengan Bumi, teman-teman.

Sirius A berjarak sekitar 8,6 juta tahun cahaya dengan bumi. Dalam daftar bintang terdekat dari Bumi, Sirius masuk dalam urutan ke-5 yang paling dekat dengan Bumi. Sementara itu, bintang yang paling dekat dengan Bumi adalah Alpha Centauri. Sirius A ini memiliki radius sekitar 740 ribu mil atau 1,2 juta kilometer, yang artinya ukuran sirius A ini 71 persen lebih besar daripada matahari, teman-teman.

  • Sedangkan untuk massanya, Sirius A memiliki massa dua kali lebih besar daripada matahari.
  • Menariknya, suhu permukaan Sirius A ini diperkirakan mencapai 9,9940 Kelvin yang berarti dua kali lebih panas daripada matahari, lo.
  • Nah, itulah fakta menarik dari bintang paling terang yang bisa kita lihat di malam hari.

Jika teman-teman ingin melihat kilauan bintang Sirius, waktu terbaik untuk melihatnya adalah pada tanggal 1 Januari tengah malam. Ini karena saat itu bintang akan mencapai meridian atau garis khayal pada permukaan Bumi.

Kuis!
Berapa tingkat magnitudo bintang Sirius A?
Petunjuk: cek di halaman 2!

Tonton video ini, yuk! – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Bintang itu warna apa?

adjar.id – Bintang adalah benda langit yang memancarkan cahaya sendiri. Selain itu, bintang juga mempunyai energi sendiri, Adjarian. Nah, salah satu contoh bintang adalah matahari. Warna-warni Bintang Saat dilihat dari bumi secara sekilas, mungkin kita hanya melihat bintang berkelip dengan cahaya berwarna putih.

  • Namun, sebenarnya ada beragam warna bintang.
  • Ada bintang yang berwarna putih cerah, kuning, kebiruan, bahkan merah.
  • Warna-warna tersebut sama dengan yang kita lihat bila selembar logam dipanaskan pada tungku, Adjarian.
  • Pertama bintang berpijar merah, kemudian lebih terang dan lebih kuning sampai berwana putih.

Baca Juga: Macam-Macam Rasi Bintang yang Bisa Menjadi Penunjuk Arah Bintang bersinar dengan warna beraneka macam karena beberapa bintang lebih panas daripada yang lain. Bintang yang berwarna merah lebih dingin dan bintang yang berwarna biru keputihan lebih panas, sekitar 10.000 °C atau lebih.

  • Nah, permukaan matahari sendiri bersuhu sekitar 6.000 derajat Celsius.
  • Ukuran Bintang Bintang-bintang sangat jauh letaknya, Adjarian.
  • Makanya tidak heran kalau bintang hanya terlihat seperti titik cahaya walaupun sudah dilihat dengan teleskop terbesar di dunia.
  • Namun, para ahli astronom telah menemukan bahwa bintang-bintang itu memiliki berbagai macam ukuran.

Para ahli astronom sering menyebut bintang besar denga julukan “Sang Raksasa” dan yang kecil “Si Kerdil”. Nah, bagaimana dengan matahari? Baca Juga: Mengapa Matahari Disebut Bintang? Matahari merupakan bintang yang relatif kecil, walau ada juga bintang yang lebih kecil lagi.

Jenis bintang luar biasa yang disebut Kerdil Putih memiliki garis tengah kurang dari seperseratus garis tengah matahari. Sebaliknya, ada bintang berukuran sangat besar yang ukurannya beberapa ratus kali matahari. Bintang merah terang yang disebut Betelguese dalam gugus bintang Orion ukurannya sekitar 500 kali matahari.

Bila Betelguese berada di pusat Tata Surya kita, bintang tersebut akan menelan bumi dan mencampai hampir sejauh Jupiter. Tonton video ini, yuk!

Nama bintang itu artinya apa?

Arti Nama Bintang – Kamus Nama Bayi, Orang, Perusahaan, Produk, dll Nama Bintang artinya adalah benda langit yang tampak berkilauan yang diberikan untuk seorang anak Laki-Laki / Perempuan. Nama Bintang berasal dari Indonesia, dengan huruf awal B dan terdiri atas 7 huruf.

  1. Ata Bintang memiliki pengertian, definisi, maksud atau makna benda langit yang tampak berkilauan, bisa digunakan untuk nama bayi (nama anak), nama perusahaan, nama merek produk, nama tempat, dan lain sebagainya.
  2. Ata Bintang yang bermakna benda langit yang tampak berkilauan serta berasal dari Indonesia ini boleh anda gunakan selama arti Bintang tidak berkonotasi negatif di lingkungan anda.
You might be interested:  Manakah Yang Merupakan Contoh Perlindungan Teknis Seorang Tenaga Kerja?

Informasi Lebih Rinci (Detil) : Kata / Nama : Bintang Arti Nama : benda langit yang tampak berkilauan Asal Nama : Indonesia Jenis Kelamin Nama : Laki-Laki / Perempuan Huruf Awal Nama : B Jumlah Huruf Nama : 7 Huruf Bentuk/Arti Nama Lain : Bintang = Benda Langit (Bahasa Jawa) Contoh Nama Populer : – Contoh Kombinasi Nama : – Keterangan : –

Kesimpulan dari Nama Bintang : Kembali Menuju : Berikan komentar dan pengalaman anda terkait nama Bintang di bawah ini, terima kasih.

Kesimpulan 1 : Pengertian atau arti nama Bintang adalah benda langit yang tampak berkilauan Kesimpulan 2 : Salah satu bentuk nama yang memiliki arti benda langit yang tampak berkilauan yaitu adalah nama Bintang Kesimpulan 3 : Nama Bintang yang berarti benda langit yang tampak berkilauan adalah nama untuk manusia berjenis kelamin Laki-Laki / Perempuan Kesimpulan 4 : Nama Bintang asal-muasalnya dari Indonesia yang mempunyai makna benda langit yang tampak berkilauan Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan atau kekurangan, dan semoga informasi nama Bintang yang sederhana ini membawa manfaat bagi kita semua.

Apa arti dari kata bintang?

Bintang adalah sebutan masyarakat awam terhadap benda-benda langit yang berkelap-kelip di langit ketika malam hari. Dalam astronomi dunia Islam, disebut ada banyak nama bintang dalam Al Qur’an.

Apa arti dari nama bintang?

Bintang menjadi salah satu nama yang cukup populer baik untuk laki-laki maupun sebagai nama bayi perempuan modern, Dalam bahasa Indonesia, nama Bintang dapat diartikan sebagai benda langit yang mampu memancarkan cahaya. Namun, arti nama Bintang sendiri memiliki makna yang begitu baik jika disematkan untuk nama calon buah hati Anda.

Sebagai doa dan harapan yang ingin dipanjatkan untuk si Kecil, memberikan nama dengan makna yang baik pun menjadi salah satu hal penting yang perlu orang tua persiapkan jauh-jauh hari sebelum persalinan. Pasalnya, nama adalah doa agar nantinya anak dapat tumbuh sesuai dengan nama yang telah diberikan.

Sebagai referensi untuk menyambut kelahiran si Kecil nanti, berikut ini kami rangkumkan arti nama, sifat, karakter, serta rangkaian nama Bintang untuk anak perempuan.

Apa saja yang ada di tata surya?

Planet – Ada 8 planet yang terdapat di tata surya, yaitu Mekurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet-planet tersebut tidak memiliki cahaya, tetapi dapat bercahaya karena memantulkan cahaya yang berasal dari matahari. Tidak hanya mengelilingi matahari, planet juga berputar pada porosnya berlawanan arah jarum jam.

Orbit planet ketika mengitari matahari berbentuk elips. Berdasarkan jaraknya dengan matahari, planet terbagi menjadi dua, yaitu planet dalam (inferior) dan planet luar (superior). Planet-planet tersebut terpisah dan dibatasi oleh asteroid atau planet-planet kecil (planet minor). Planet dalam memiliki jarang yang lebih dekat dengan matahari, sedangkan planet luar sebaliknya.

Merkurius, venus, bumi, mars termasuk dalam planet dalam, dan sisanya termasuk dalam planet luar.

Apa saja yang termasuk ke dalam anggota tata surya?

2. Planet – Planet merupakan bintang yang letaknya berubah-ubah karena planet bergerak mengitari matahari. Planet tidak dapat memancarkan cahay matahari dan bintang. Cahaya yang dipancarkan planet berasal dari cahaya matahari yang dipantulkannya sehingga pada malam hari planet dapat dilihat dengan mata telanjang dan kelihatan terang seperti bintang.

Setiap planet memiliki lintasan orbitnya seendiri-sendiri dan berbentuk elips. Johannes Kepler pada abad ke-17 membuktikan bahwa lintasan orbit planet berbentuk lonjong (elips) dan matahari berada di salah satu titik fokus elips (lonjong). Susunan delapan planet mulai dari yang jaraknya terdekat dengan matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Berdasarkan jarak dengan matahari, planet yang disebut inferior (planet dalam) adalah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan yang disebut planet superior (planet luar) adalah Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Selain bergerak mengelilingi matahari, Sembilan planet juga berputar pada porosnya (rotasi). Dalam Tata Surya Yang Menjadi Bintang Adalah Gerak sebuah planet dalam orbitnya mengitari matahari disebut revolusi, sedangkan perputaran planet mengitari sendiri porosnya disebut rotasi. Periode revolusi adalah waktu yang diperlukan oleh sebuah planet untuk beredar sekali mengitari matahari, sedangkan periode rotasi adalah waktu yang diperlukan oleh sebuah planet untuk berputar sekali mengitari porosnya sendiri.

Sebuah benda langit bisa mendapatkan status planet apabila memenuhi kriteria sebagai berikut: mengorbit matahari, memiliki massa yang cukup untuk bergravitasi sendiri sehingga memiliki bentuk yang relatif bulat, dan tidak membagi orbitnya dengan benda lain yang relatif sama ukurannya selain satelitnya sendiri.

Dengan demikian, karena orbit Pluto memotong orbit neptunus sehingga dalam perjalanannya mengelilingi matahari dan kadang berada lebih dekat dengan matahari dibanding neptunus, maka pluto tidak berhak menyandang nama planet karena tidak memenuhi syarat ketiga.

Apa perbedaan antara bintang dan planet?

Planet merupakan benda langit yang tidak bisa mengeluarkan panas. Bintang memancarkan cahaya energi panas. Karena massanya dan energi yang cuku besar untuk membakar hidrogen dan isotopnya.