Di Mana Biasanya Pembangkit Tenaga Listrik?

Di Mana Biasanya Pembangkit Tenaga Listrik
Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Diesel – Pertama-tama bahan bakar di dalam tangki penyimpanan disaring terlebih dahulu sebelum dipompakan ke dalam tangki penyimpanan sementara yang kemudian akan disimpan. Jika menggunakan bahan bakar minyak (BBM), bahan bakar tersebut dipompakan ke nozzle (pengabut).

  • Pada proses ini temperatur bahan bakar akan dinaikkan sehingga menjadi kabut.
  • Sedangkan jika menggunakan bahan bakar gas (BBG), bahan bakar dari tangki penyimpanan sementara akan diatur tekanannya melalui convertion kit (pengatur tekanan gas).
  • Dengan kompresor, udara bersih akan dimasukkan ke dalam tangki udara kemudian dialirkan ke dalam turbocharger.

Sebelum dialirkan, udara di dalam turbo charger tersebut akan dinaikkan tekanan dan temperaturnya mencapai 500 psi dan suhunya 600° C, Lalu udara yang bertemperatur dan bertekanan tinggi tersebut akan dialirkan ke dalam ruang bakar (combustion chamber).

  1. Emudian bahan bakar dari nozzle (jika menggunakan BBM) atau dari convertion kit (jika menggunakan (BBG) diinjeksikan ke dalam ruang bakar (combustion chamber).
  2. Arena menggunakan udara yang memiliki tekanan dan temperatur tinggi, mesin diesel akan menyala secara otomatis.
  3. Hal ini terjadi karena udara dengan tekanan dan temperatur tinggi tadi akan membuat temperatur di dalam silinder ikut naik.

Dan pada saat itu bahan bakar akan disemprotkan pada silinder sehingga dapat menimbulkan ledakan bahan bakar dan membuat mesin diesel menyala. Ledakan bahan bakar tersebut dapat menggerakkan poros rotor generator yang akan mengubah energi mekanis menjadi energi listrik.

Dimana sebaiknya dibangun pembangkit listrik tenaga air?

Suatu PLTA biasanya dibangun di dekat sebuah waduk atau sungai yang memiliki aliran air yang besar.

Dari manakah pembangkit listrik?

Sumber tenaga listrik bisa didapatkan dari tenaga uap, tenaga air, surya atau matahari, diesel, gas, dan yang lainnya. Dan dengan kemajuan teknologi saat ini, hampir seluruh sumber energi itu kita gunakan untuk pembangkit listrik yang hasil akhirnya dapat dinikmati.

Bagaimana pembangkit listrik?

Pembangkit listrik tenaga nuklir – Pembangkit listrik tenaga nuklir merupakan pembangkit listrik yang mengubah energi nuklir melalui transformasi energi untuk menghasilkan energi listrik. Peralatan di dalam pembangkit listrik tenaga nuklir meliputi reaktor nuklir, pendidih, turbin uap, kondense, generator listrik, dan bangunan pendukung.

  1. Transformasi energi dilakukan dengan memanfaatkan energi panas hasil reaksi fisi di dalam reaktor nuklir.
  2. Pembangkitan listrik diadakan dengan memindahkan panas ke dalam pendidih dalam bentuk uap yang mampu memutar turbin.
  3. Perputaran turbin kemudian menggerakkan generator listrik sehingga menghasilkan energi lsitrik.

Uap turbin kemudian disalurkan pada kondenser yang mengubahnya kembali menjadi air. Air ini dipompa lagi ke pendidih. Rotor turbin uap modern, digunakan di dalam pembangkit listrik. Diagram pembangkit listrik tenaga panas dengan superheater(no 19)

Lingkungan seperti apa yang cocok untuk mendirikan pembangkit listrik?

Memurutmu, lingkungan seperti apa yang cocok untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga angin? Wilayah yang memiliki intensitas angin yang tinggi, misalnya daerah pegunungan dan negara yang memiliki iklim subtropis/dingin. Di wilayah dataran rendah dan beriklim tropis, usaha ini tidak cocok karena intensitas anginnya tidak terlalu kuat. Maaf kalau salah dan semoga membantu 😀

Makasih gan! Sangat membantu!

Wilayah yang cocok untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga angin ialah:harus tempat yang luas. harus tempat yang datar. harus tempat yang dekat pemukiman. dan paling penting harus tempat yang banyak angin supaya dapat banyak angin dan diubah menjadi energi listrik.

Terima kasih. Sgt membantu Terima kasih jawaban yang baik

: Memurutmu, lingkungan seperti apa yang cocok untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga angin?

Dimana contoh tempat yang dibangun proyek pembangkit listrik tenaga angin?

dimana contoh tempat yang dibangun proyek pembangkit tenaga angin​ Jawaban: Pembangkit listrik tenaga angin juga dibangun di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dan akan dimulai segera di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, PLTB Sidrap merupakan pembangkit angin pertama di Indonesia yang akan beroperasi secara komersial.

Dimana lokasi PLTP di Indonesia?

Ini Dia Sebaran Pembangkit Listrik Panas Bumi di Indonesia – Selasa, 8 Mei 2018 – Dibaca 56984 kali JAKARTA – Sumber daya energi panas bumi di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 28,5 Giga Watt electrical (GWe) yang terdiri dari resources 11.073 MW dan reserves 17.453 MW, hal ini menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan sumber daya panas bumi terbesar di dunia.

  • Eberadaan sumber energi ini erat kaitannya dengan posisi Indonesia yang berada pada kerangka tektonik dunia.
  • Sebagai salah satu sumber energi terbarukan yang sangat potensial, Pemerintah terus berupaya mendorong peningkatan pemanfaatan panas bumi di Indonesia.
  • Berdasarkan data terbaru dari Direktorat Panas Bumi, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi tercatat sumber daya panas bumi yang termanfaatkan telah mencapai 1.948,5 MW yang terdiri dari 13 Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) pada 11 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP).
You might be interested:  Pembangkit Listrik Yang Menggunakan Tenaga Matahari Adalah?

Sebaran 13 Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang terpasang berdasarkan letak geografis dari wilayah barat sampai wilayah timur Indonesia sebagai berikut:

No PLTP Pengembang/ Operator Kapasitas Total WKP, Lokasi
1 PLTP Sibayak PT Pertamina Geothermal Energy 12 MW Sibayak – Sinabung, Sumatera Utara
2 PLTP Sarulla Sarulla Operation Ltd 330 MW Sibual-buali, Sumatera Utara
3 PLTP Ulubelu PT Pertamina Geothermal Energy 220 MW Waypanas, Lampung
4 PLTP Salak PT Star Energy Geothermal Salak. Ltd 377 MW Cibeureum – Parabakti, Jawa Barat
5 PLTP Wayang Windu Star Energy Geothermal Wayang Windu 227 MW Pangalengan, Jawa Barat
6 PLTP Patuha PT Geo Dipa Energy 55 MW Pangalengan, Jawa Barat
7 PLTP Kamojang PT Pertamina Geothermal Energy 235 MW Kamojang – Darajat, Jawa Barat
8 PLTP Darajat Star Energy Geothermal Drajat 270 MW Kamojang – Darajat, Jawa Barat
9 PLTP Dieng PT Geo Dipa Energy 60 MW Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah
10 PLTP Karaha PT Pertamina Geothermal Energy 30 MW Karaha Bodas, Jawa Barat
11 PLTP Matalako PT Perusahaan Listrik Negara 2,5 MW Matalako, NTT
12 PLTP Ulumbu PT Perusahaan Listrik Negara 10 MW Ulumbu, NTT
13 PLTP Lahendong PT Pertamina Geothermal Energy 120 MW Lahendong – Tompaso, Sulawesi Utara

Khusus untuk PLTP Karaha, baru beroperasi secara komersil pada tanggal 6 April 2018. Dengan beroperasinya PLTP Karaha ini mampu melistriki 33 ribu rumah di Tasikmalaya dan sekitarnya. Pencapaian ini merupakan realisasi dari program 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah, di mana akan meningkatkan kehandalan sistem transmisi Jawa-Bali dengan tambahan suplai listrik sebesar 227 Giga Watt hour (GWh) per tahun.

  • Selanjutnya, pada triwulan kedua tahun 2018, direncanakan tambahan kapasitas terpasang sebesar 110 MW terdiri dari: PLTP Sorik Marapi Modullar Unit 1, PLTP Sorik Marapi Marapi Modullar Unit 2, PLTP Lumut Balai Unit 1 dan PLTP Sokoria Unit 1.
  • E depan, pengembangan industri panas bumi diharapkan juga mencapai wilayah timur Indonesia serta pemanfaatannya tidak hanya sebagai pembangkit juga dapat dimanfaatkan secara langsung seperti untuk industri pertanian (antara lain untuk pengeringan hasil pertanian, sterilisasi media tanaman, dan budi daya tanaman tertentu), selain sebagai destinasi wisata yang sudah dilakukan saat ini.

(DEP/KO) Bagikan Ini!

PLTN di Indonesia ada dimana?

Cek, Ini 3 Lokasi Potensial untuk RI Bangun Pembangkit Nuklir Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah memiliki rencana untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) setelah tahun 2025 mendatang. Setidaknya ada tiga lokasi yang dianggap potensial untuk membangun PLTN, antara lain Kalimantan Barat, Bangka Belitung, dan Jepara.

  • Djarot Sulistio Wisnubroto, Peneliti Senior Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), mengatakan saat ini tengah dilakukan studi kelayakan ( feasibility study / FS) untuk pembangunan PLTN di Kalimantan Barat.
  • Studi ini diproyeksikan akan rampung pada 2024 mendatang.
  • Alau merujuk pada kegiatan saat ini, maka pembangunan PLTN di Kalbar,” ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Jumat (30/04/2021).

ADVERTISEMENT SCROLL TO RESUME CONTENT Meski potensi terbesarnya di Kalbar, namun menurutnya tidak menutup kemungkinan bila pembangunan PLTN dilakukan di Bangka Belitung (Babel) yang juga sudah dilakukan uji kelayakannya di sana pada 2011-2013. “Atau juga Jepara yang di era 1990-an dilakukan hal yang sama (FS),” ujarnya.

  • Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Fraksi PAN Eddy Soeparno.
  • Menurutnya, potensi pengembangan PLTN di Indonesia ada di dua lokasi, yaitu Kalimantan Barat dan Bangka Belitung.
  • Dua lokasi ini menurutnya tidak rawan gempa bumi dibandingkan dengan daerah lainnya.
  • Ada dua daerah yang memang kelihatan sudah mampu untuk dikembangkan sebagai daerah pengembangan PLTN, yaitu Kalimantan Barat dan Bangka Belitung karena tidak rentan gempa sebagaimana daerah lainnya,” tuturnya.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut pembangunan PLTN akan dibangun setelah 2025. Ini dilakukan dalam rangka memenuhi permintaan energi nasional yang diperkirakan terus meningkat.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan pembangunan PLTN ini juga bertujuan untuk menekan emisi gas rumah kaca.”Ini program kami, pembangunan program EBT setelah tahun 2025, pemerintah Indonesia akan terapkan beberapa program diantaranya pembangunan pembangkit tenaga nuklir untuk memberikan suplai energi nasional,” paparnya dalam diskusi daring, Kamis (29/04/2021).Kendati demikian, pembangunan PLTN ini harus terlebih dahulu dibahas bersama DPR.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ramson Siagian menilai rencana pembangunan PLTN ini belum konkret, belum terukur, dan masih sekedar retorika. Pembangunan setelah tahun 2025 menurutnya bisa saja di tahun 2026 atau bahkan bisa saja dibangun pada 2045 mendatang.

  • Untuk pembangunan PLTN itu belum ada perencanaan yang konkret dan terukur, masih tahapan retorika,” ungkap anggota Fraksi Parta Gerindra ini kepada CNBC Indonesia, Jumat (30/04/2021).
  • Menurutnya, Komisi VII DPR RI periode 2014-2019 kala itu sudah mendesak agar disepakati terlebih dahulu anggaran dan perencanaan pembuatan uji kelayakan pembangunan PLTN.

Namun, hingga kini menurutnya permintaan itu belum juga terlaksana. (wia) : Cek, Ini 3 Lokasi Potensial untuk RI Bangun Pembangkit Nuklir

Mengapa PLTA sering ditemukan di pegunungan?

Mengingat PLTA membutuhkan adanya perbedaan ketinggian antara reservoir dan powerhouse, daerah pegunungan menjadi tempat yang sangat cocok untuk lokasi PLTA. Seperti yang secara umum diketahui, daerah pegunungan merupakan daerah yang rawan akan kejadian alam seperti gempa bumi, tanah longsor serta banjir.

Apa fungsi dari pembangkit listrik?

Pembangkit listrik sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi, dan merupakan hal penting dalam upaya untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan pengentasan kemiskinan. Energi, termasuk listrik dan panas untuk bisnis dan rumah tangga serta transportasi adalah sumber terbesar dari emisi gas rumah kaca buatan manusia secara global.

You might be interested:  Tenaga Apa Saja Yang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Pembangkit Listrik?

Apa kelemahan pembangkit listrik tenaga air?

Technopat #9 – Apa Itu PLTA ? – Friday, 19 November 2021 Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Meski kerap digunakan untuk keperluan sehari-hari, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara kerja PLTA. Seperti dikutip dari alterra.id, PLTA merupakan sumber pembangkit listrik yang menggunakan energi potensial dan kinetik dari air guna menghasilkan energi listrik.

Di Indonesia sendiri, pembangkit listrik tenaga air memanfaatkan dari bendungan yang sengaja dibuat untuk menghasilkan listrik. Bendungan menjadi salah satu sumber alternatif yang mampu menghasilkan listrik dengan jumlah besar, sehingga dapat mengaliri akses listrik ke rumah rumah dan jalanan untuk penduduk yang jauh dari pembangkit listrik perkotaan.

Apakah PLTA Ramah Lingkungan? Seperti yang sudah diketahui, PLTA merupakan pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Ada beberapa komponen utama dari PLTA seperti bendungan, saluran pelimpah, gedung sentral, dan serandang hubung.

Meski begitu, pembangkit listrik tenaga air tak hanya terbatas pada air dari sebuah bendungan, namun juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak. Ada beberapa kelebihan dari pembangkit listrik tenaga air dibandingkan tenaga listrik lainnya, seperti mampu menyesuaikan dengan beban yang dibutuhkan, ramah lingkungkungan, dan tidak menyebabkan polusi.

Bagaimana Cara Kerja PLTA ? Cara kerja PLTA pada dasarnya untuk mengubah energi air menjadi energi listrik. Air menjadi sarana potensial yang bisa digunakan untuk menggerakkan turbin, lalu air yang ada di bendungan akan turun ke dalam lubang untuk memutar turbin.

  • Perputaran turbin tersebut akan menghasilkan energi mekanik yang dikonversi melalui generator menjadi energi listrik.
  • Setelah itu, cara kerja PLTA berikutnya akan diteruskan ke power suplay listrik dan akan disambungkan oleh kabel.
  • Umumnya, kabel tersebut dibentangkan dan ditahan oleh sutet, lalu dibagi ke daerah atau diteruskan ke rumah penduduk.

Selain itu, air yang sudah melewati turbin akan disalurkan ke sungai agar bisa dimanfaatkan oleh warga sebagai sumber kehidupan. Apa Saja Bagian Bagian Komponen PLTA? Ada beberapa komponen penting yang digunakan PLTA sehingga bisa menghasilkan energi listrik, antara lain:

Bendungan

Salah satu komponen PLTA yang paling utama adalah bendungan. Komponen ini berfungsi untuk menampung air dalam jumlah besar karena turbin membutuhkan pasokan air yang cukup dan stabil. Tak hanya itu, bendungan juga berperan untuk mengendalikan banjir.

Pipa

Pipa berfungsi untuk menyalurkan dan mengarahkan air ke cerobong turbin. Adapun pipa pusat dipasang pada bak penenang minimal 10 cm. Sementara itu, ujung yang lain diarahkan pada cerobong turbin.

Turbin

Fungsi turbin untuk mendorong dan memutar bolang-baling digantikan oleh air untuk memutar turbin. Langkah berikutnya, turbin akan mengkonversi energi potensial yang disebabkan gaya jatuh air menjadi kinetik. Tanpa turbin, cara kerja PLTA tidak akan efektif.

Generator

Generator merupakan sebuah alat yang dihubungkan dengan turbin melalui gigi-gigi putar sehingga baling-baling turbin berputar, generator juga akan ikut berputar. Alat ini memanfaatkan perputaran turbin untuk memutar kumparan magnet di dalam generator, sehingga terjadi pergerakan elektron yang membangkitkan timbulnya arus listrik AC.

Jalur Transmisi

Jalur transmisi berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari PLTA ke rumah-rumah atau industri. Sebelum listrik dikonsumsi, terlebih dahulu tegangannya di turunkan dengan transformatir step down. Apa saja Kelebihan dari PLTA ? PLTA sebagai pembangkit listrik yang mengandalkan potensi air mempunyai kelebihan-kelebihan dibandingkan pembangkit listrik lainnya.

Pembangkit listrik ini merupakan energi yang ramah lingkungan, bebas dari karbon emisi, dan tidak menyebabkan polusi yang berakibat efek rumah kaca. Pembangkit listrik ini memiliki gas emisi yang lebih kecil dari pembangkit listrik lainnya. Kapasitas output yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga air lebih besar dibandingkan pembangkit listrik lainnya. Teknologi yang ada di Indonesia pun mampu dikuasai dengan baik untuk PLTA. PLTA dapat menjadi objek destinasi wisata air. Bendungan yang digunakan untuk PLTA dapat juga digunakan sekaligus untuk sarana wisata dan edukasi. Potensi wisata waduk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghasilkan keuntungan ekonomi. Adanya PLTA mampu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Adakah Kekurangan dari PLTA ? Di sisi lain, penggunaan PLTA juga mempunyai kekurangan dibandingkan pembangkit listrik lainnya. Kekurangan PLTA adalah sebagai berikut:

Pembangkit listrik ini membutuhkan investasi yang besar. Lahan yang digunakan cukup luas untuk pusat listrik dengan kapasitas listrik yang besar. Dengan adanya pembuatan bendungan air untuk PLTA, dapat mengakibatkan ekosistem sungai atau danau pada tempat tersebut terganggu.

PLTA Terbesar di Indonesia Saat Ini

Waduk Cirata, Jawa Barat

Bermuara di tiga kabupaten, yakni Cianjur, Purwakarta, dan Bandung barat yang merupakan salah satu pemanfaatan potensi tenaga air di sungai Citarum dalam memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Jawa-Bali. Kemampuan daya hingga 1,008 Megawatt dengan kemampuan energi listrik rata-rata 1,428 Giga Watt Hour (GWH) per tahun.

Waduk Saguling, Jawa Barat

PLTA Saguling merupakan waduk buatan, di wilayah Kabupaten Bandung Barat dengan luas genangan 5,600 hektare dengan debit air mencapai 875 juta kubik. Saat ini mampu memenuhi kebutuhan listrik berkapasitas 700 MW, dan bisa ditingkatkan hingga 1,400 MW. Waduk Saguling juga dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, maupun industri agribisnis yang menjanjikan.

You might be interested:  Fenomena Alam Yang Berhubungan Dengan Tata Surya?

Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat

Tak hanya menjadi sebuah pembangkit air, Waduk Jatiluhur merupakan salah satu PLTA di Indonesia yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Meski digunakan sebagai salah satu tempat pariwisata, Waduk Jatiluhur merupakan bagian terpenting dalam memenuhi kebutuhan listrik di tanah priangan maupun Jabodetabek.

Bersumber dari manakah pembangkit listrik tenaga tidal?

Dilihat 25,798 pengunjung Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Tidak hanya kaya akan budaya dan tradisi, negara tercinta kita juga sangat kaya akan hasil alamnya. Banyak kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan oleh bangsa ini untuk keperluan di masa sekarang dan masa mendatang.

Salah satu kekayaan alam yang terkubur di Indonesia adalah sumber energi. Terdapat banyak sumber energi yang terpendam di Indonesia seperti batu bara, minyak bumi, gas alam, dan juga biomassa. Energi-energi tersebut saat ini digunakan sebagai sumber energi utama oleh masyarakat. Contohnya adalah seperti minyak bumi yang diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Ketika Sobat SMP berangkat ke sekolah menggunakan transportasi umum, bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan umum tersebut berasal dari minyak bumi. Selain itu, listrik yang dinikmati untuk menyalakan lampu, menonton televisi, dan mengisi daya ponsel Sobat SMP berasal dari PLN (perusahaan listrik negara).

  1. PLN pun masih mengandalkan batu bara untuk pembangkit tenaga listrik.
  2. Energi-energi yang telah dijelaskan tadi termasuk ke dalam energi tak terbarukan.
  3. Arti dari tak terbarukan adalah apabila energi tersebut habis maka butuh waktu jutaan tahun untuk tergantikan dengan energi yang baru.
  4. Lantas, bagaimana jika energi tak terbarukan sudah habis? Tak perlu khawatir, masih banyak sumber energi lain kok Sobat SMP.

Bila ada energi tak terbarukan, ada pula yang namanya energi terbarukan. Memangnya apa itu yang disebut energi terbarukan? Energi terbarukan merupakan sumber energi yang berasal dari sumber daya alam dan tidak akan habis karena terbentuk dari proses alam yang berkelanjutan.

Energi surya (sinar matahari)

Energi surya atau energi matahari adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas matahari melalui peralatan tertentu menjadi energi dalam bentuk lain. Matahari merupakan sumber utama energi. Energi matahari dapat digunakan secara langsung maupun diubah ke bentuk energi lain.

Energi tidal (pasang-surut ombak)

Melihat Indonesia adalah negara kepulauan yang banyak dikelilingi oleh lautan, energi tidal dapat dimanfaatkan. Energi tidal merupakan energi yang memanfaatkan pasang surutnya air laut. Energi ini juga sering disebut juga sebagai energi pasang surut.

Energi angin

Apakah Sobat SMP pernah melihat kincir angin? Ternyata kincir angin tersebut bukan hanya sebuah hiasan belaka lho ! Kincir angin digunakan untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik atau bentuk energi lainnya. Umumnya, digunakan dalam ladang angin dalam skala besar untuk menyediakan listrik di lokasi yang terisolir.

Energi air

Mirip seperti energi angin, pemanfaatan energi air juga menggunakan kincir. Namun, pada kali ini yang digunakan adalah kincir air. Biasanya energi air dimanfaatkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik.

  • Energi listrik yang dibangkitkan ini disebut hidroelektrik.
  • Nah, sekarang Sobat SMP sudah tahu kan seperti apa energi alternatif di masa depan nantinya? Meskipun ada energi alternatif yang terbarukan, kita juga harus tetap melakukan penghematan energi mulai dari sekarang.
  • Caranya adalah dengan menggunakan air dan listrik secukupnya.

Matikan lampu ketika sudah menjelang pagi hari, nyalakan kembali ketika petang. Selain itu, gunakanlah transportasi umum untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak yang dapat menyebabkan pemanasan global, Untuk mengetahui materi mengenai energi, Sobat SMP dapat mempelajari lebih lanjut lewat modul pembelajaran jarak jauh terbitan Direktorat SMP tahun 2020.

Tempat yang paling cocok untuk digunakan sebagai PLTB adalah apa?

tempat yang paling cocok untuk digunakan sebagai PLTB adalah​

  • Jawaban:
  • semoga membantu❤
  • jadikan jawaban terbaik
  • Penjelasan:

1.Gunung Kidul (10 MW) dan Bantul (50 MW) di DIY Yogyakarta.

  1. 2.Belitung Timur (10 MW)
  2. 3.Tanah Laut (90 MW)
  3. 4.Selayar (5 MW)
  4. 5.Buton (15 MW)

6.Kupang (20 MW), Timur Tengah Selatan (20 7.MW),dan Sumba Timur (3 MW) di Nusa Tenggara Timur. : tempat yang paling cocok untuk digunakan sebagai PLTB adalah​

Mengapa pembangkit listrik tenaga angin lebih cocok digunakan di daerah pesisir?

mengapa pembangkit listrik tenaga angin lebih cocok dibangun di daerah pesisir​ Jawaban: Karena, pembangkit listrik tenaga angin membutuhkan energi angin yang besar tentu nya cocok di daerah pesisir seperti Belanda yang kini menggunakan metode pembangkit listrik tenaga angin.

pembangkit listrik tenaga angin cocok diterapkan di Indonesia?

: mengapa pembangkit listrik tenaga angin lebih cocok dibangun di daerah pesisir​

Apakah pembangkit listrik dari air harus dibangun bendungan?

Untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan karena bangunan ini memiliki turbin yang ketika diputar atau digerakkan oleh air dapat menghasilkan energi listrik. Adapun listrik yang dihasilkan melalui bendungan air dinamakan PLTA ( Pembangkit Listrik Tenaga Air ).

Mengapa di Indonesia banyak pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air?

mengapa di Indonesia lebih banyak dibangun pembangkit listrik tenaga air??​ karena sebagian besar wilayah indonesia adalah perairan Karna memmanfaatkan julukan negara Indonesia sebagai negara Maritim yaitu sebagian besar perairan daripada daratan, Lalu perairan dimanfaatkan untuk PLTA, : mengapa di Indonesia lebih banyak dibangun pembangkit listrik tenaga air??​