Jelaskan Apa Yang Kamu Ketahui Mengenai Perencanaan Tenaga Kerja?

Jelaskan Apa Yang Kamu Ketahui Mengenai Perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan Tenaga Kerja – Setelah kita bersama-sama membahas tentang pengertian ketenagakerjaan, apa itu tenaga kerja, dan pengelompokannya. Pada bagian ini kita akan mendalami lebih jauh tentang perencanaan tenaga kerja di Indonesia. Perencanaan tenaga kerja bertujuan untuk melakukan rencana ketenagakerjaan secara sistematis yang nantinya dapat dijadikan acuan dalam menyusun kebijakan, strategi, dan program pembangunan ketenagakerjaan lainnya secara berkesinambungan.

Pemerintah Indonesia dalam hal penetapan kebijakan dan penyusunan progran perencanaan tenaga kerja melakukan pengelompokan menjadi dua kelompok. Perencanaan pekerja makro dan perencanaan pekerja mikro. Hal ini disusun berdasarkan analisa dan rangkaian data yang relevan dan dihimpun dalam informasi ketenagakerjaan.

Informasi ketenagakerjan sendiri dihimpun baik itu berasal dari pemerintah maupun swasta yang memiliki unsur-unsur penting dalam perencanaan tenaga kerja.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan perencanaan tenaga kerja?

Kesimpulan – Model perencanaan tenaga kerja adalah cara holistik untuk menganalisis tujuan strategis organisasi dan membuat peta rinci sumber daya manusianya. Efektivitas membutuhkan dukungan manajemen. Manajemen yang tercerahkan dan proaktif dapat memberi organisasi keunggulan kompetitif di sektor mereka.

Mengapa perencanaan tenaga kerja menjadi kegiatan yang mutlak dilaksanakan oleh perusahaan?

Memenuhi kebutuhan SDM dan mencegah kekosongan jabatan – Alasan utama perencanaan SDM adalah memenuhi kebutuhan tenaga kerja di perusahaan. Menghitung kebutuhan personil ( headcount ) di setiap divisi serta mengenali jenis keterampilan yang dibutuhkan perusahaan, akan membantu mencegah kekosongan jabatan.

You might be interested:  Komet Merupakan Anggota Tata Surya Yang Sering Disebut Dengan Istilah?

Sebutkan apa saja keuntungan yang diperoleh sebuah perusahaan bila perusahaan tersebut melaksanakan perencanaan sumber daya manusia?

Definisi, Tujuan, dan Manfaat Perencanaan SDM – Menurut Robert L. Mathis Dan Jhon H. Jacson (2001), Perencanaan SDM adalah proses analisis dan identifikasi tersedianya dan kebutuhan akan sumber daya manusia sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuan.

Sedangkan menurut William B. Werther dan Keith Davis, Perencanaan SDM adalah perencanaan yang yang sistematis untuk meramalkan kebutuhan pegawai (demand) dan ketersediaan(supply) pada masa yang akan datang, baik jumlah maupun jenisnya sehingga departemen SDM dapat merencanakan pelaksanaan rekrutmen, seleksi, pelatihan, dan aktivitas lain dengan baik.

Jadi secara garis besar perencanaan SDM merupakan proses guna menjamin kontinuitas ketersediaan tenaga kerja dengan keterampilan, kemampuan serta pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Tujuan dilakukannya perencanaan SDM adalah untuk memastikan kesesuaian antara tenaga kerja dan pekerjaan, baik dari segi jumlah maupun kualitas yang dibutuhkan.

  • Mengantisipasi kebutuhan tenaga kerja dengan berbagai kualifikasi di kemudian hari.
  • Tim HR bisa bekerja secara proaktif dalam menemukan kandidat yang sesuai.
  • Meraih visi dan misi perusahaan secara lebih optimal.
  • Dapat memberikan hasil yang optimal pada perusahaan.

Apa yang dimaksud dengan perencanaan sumber daya manusia?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Perencanaan sumber daya manusia adalah proses analisis dan identifikasi yang dilakukan organisasi terhadap kebutuhan akan sumber daya manusia, sehingga organisasi tersebut dapat menentukan langkah yang harus diambil guna mencapai tujuannya. Selain itu, pentingnya diadakan perencanaan sumber daya manusia ialah organisasi akan memiliki gambaran yang jelas akan masa depan, serta mampu mengantisipasi kekurangan kualitas tenaga kerja yang diperlukan.

Apakah manfaat yang didapatkan dan kegiatan perencanaan pegawai?

Melalui perencanaan SDM akan membuat proses penempatan pegawai menjadi lebih tepat pada kemampuannya sehingga perusahaan dapat menjalankan kemampuannya dengan baik untuk mencapai tujuan bersama. Ini juga diperlukan bagi pihak manajemen supaya bisa mengenali pegawainya dengan baik.

You might be interested:  Bagian Chasis Yang Berfungsi Untuk Meneruskan Tenaga Dari Mesin Disebut?

Apakah manfaat yang didapatkan dan kegiatan perencanaan pegawai?

Melalui perencanaan SDM akan membuat proses penempatan pegawai menjadi lebih tepat pada kemampuannya sehingga perusahaan dapat menjalankan kemampuannya dengan baik untuk mencapai tujuan bersama. Ini juga diperlukan bagi pihak manajemen supaya bisa mengenali pegawainya dengan baik.

Apa yang dimaksud dengan seleksi calon pegawai?

Seleksi atau Selection adalah proses untuk memilih pelamar untuk dijadikan karyawan dan menempatkan mereka pada posisi yang dibutuhkan oleh organisasi. Dengan kata lain, Seleksi adalah suatu proses pencocokan kebutuhan dan persyaratan organisasi terhadap keterampilan dan kualifikasi para pelamar kerja.