Mengapa Tenaga Air Adalah Sumber Energi Terbesar Kedua Di Indonesia?

Mengapa Tenaga Air Adalah Sumber Energi Terbesar Kedua Di Indonesia
2. Air – Mengapa Tenaga Air Adalah Sumber Energi Terbesar Kedua Di Indonesia Ilustrasi air (photo/unsplash/@thenata) Sumber energi paling besar kedua setelah matahari adalah air, karena air menjadi kebutuhan utama seluruh makhluk hidup. Dalam kehidupan sehari-hari, air digunakan sebagai minuman baik untuk manusia, hewan, dan tumbuhan.

Apa yang menyebabkan Indonesia banyak pembangkit listrik tenaga air?

Mengapa Tenaga Air Adalah Sumber Energi Terbesar Kedua Di Indonesia Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 1: Mengapa untuk Menghasilkan Listrik Perlu Dibangun Sebuah Bendungan? Bobo.id – Teman-teman kelas 4 mempelajari mengenai Kekayaan Sumber Energi di Indonesia pada tema 9, subtema 1.

  • Di tema ini, salah satu materi yang dipelajari adalah mengenai kaitan antara listrik dan air.
  • Air dapat menjadi alat pembangkit listrik dan menjadi alternatif energi terbarukan dari minyak bumi yang selama ini digunakan untuk energi listrik.
  • Nah, untuk menjadikan air sebagai pembangkit listrik, ternyata perlu dibangun sebuah bendungan,

Hal ini menjadi soal yang ditanyakan, yaitu ‘mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan? Simak kunci jawabannya berikut ini! Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 2: Perubahan Energi Apa yang Terjadi pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya? Air Menjadi Energi Alternatif untuk Pembangkit Listrik Untuk menghasilkan listrik yang digunakan sehari-hari, energi yang digunakan adalah minyak bumi.

  • Namun jumlah minyak bumi semakin berkurang, sehingga perlu adanya sumber energi alternatif untuk menggantikan penggunaan minyak bumi.
  • Air kemudian menjadi energi alternatif yang digunakan sebagai pembangkit listrik, atau Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
  • Baca Juga: 5 Contoh Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Keseimbangan Lingkungan, Soal Kelas 4 Tema 9 Jumlah air yang melimpah menjadi alasan dibangunnya pembangkit listrik tenaga air.

Untuk membangun PLTA, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun sebuah bendungan. Hal ini menyebabkan terdapat banyak waduk atau bendungan di Indonesia, yang mendukung PLTA. Mengapa Diperlukan Bendungan untuk Menghasilkan Listrik? Namun mengapa diperlukan bendungan untuk menghasilkan listrik yang berasal dari PLTA, ya? Bendungan merupakan bangunan yang berupa urugan tanah, urugan batu, beton, maupun pasangan batu.

  • Bangunan ini dibangun untuk menahan dan menampung air.
  • Namun bendungan juga bisa digunakan untuk menampung limbah dari tambang, atau menahan lumpur, sehingga akan terbentuk waduk.
  • Untuk menghasilkan listrik dari PLTA, maka pembangunan bendungan sangat penting, nih, teman-teman.
  • Baca Juga: Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 2: Apa Perubahan Energi pada Kapal Otok-Otok? PLTA membutuhkan air dalam jumlah yang melimpah untuk menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dalam menghasilkan listrik, PLTA mengandalkan energi potensial dan kinetik yang berasal dari air yang berada di bendungan. Pada PLTA, bentuk utamanya adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang akan diputar untuk kemudian diubah menjadi energi listrik.

  • Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 Tema 9: Contoh Pemanfaatan Minyak Bumi dan Mengapa Minyak Bumi Tidak Dapat Diperbarui Dengan menggunakan air untuk menghasilkan listrik, maka arus listrik dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
  • Selain itu, penggunaan air dari bendungan untuk PLTA tidak akan menghabiskan air sebagai sumber daya utamanya.

– Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di www.gridstore.id Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Mengapa air merupakan salah satu sumber energi?

Air merupakan sumber energi yang murah dan relatif mudah didapat, karena di air tesimpan energi potensial (pada air jatuh) dan energi kinetik (pada air mengalir). Tenaga air (hydropower) adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir.

You might be interested:  Panel Surya Merupakan Alat Yang Dapat Mengubah Titik. Menjadi Energi?

Apakah sumber energi yang digunakan pembangkit listrik tenaga air?

Mengapa Tenaga Air Adalah Sumber Energi Terbesar Kedua Di Indonesia Infografik / Koaksi Indonesia Energi air adalah satu dari lima sumber terbesar energi terbarukan. Energi ini dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik Tenaga air tanpa meninggalkan emisi gas rumah kaca seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil.

  1. Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya air akan terus menghasilkan tenaga non-stop dan ketersediaannya terus dihasilkan oleh adanya siklus hidrologi.
  2. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut yang selanjutnya diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air.

Berdasarkan dari daya listrik yang dihasilkan, pembangkit listrik tenaga air dibedakan menjadi: (1) pico hydro yang menghasilkan 5 kW, (2) micro hydro yang menghasilkan 5-100 kW, (3) mini hydro yang menghasilkan daya di atas 100 kW, namun tetap di bawah 1MW dan (4) Bendungan/ dam/ large hydro dengan daya yang dihasilkan sebesar lebih dari 100 MW.

  1. Indonesia telah memanfaatkan air sebagai pembangkit listrik, salah satunya adalah PLTA Cirata, Purwakarta.
  2. Pembangkit listrik yang telah dibangun sejak 1983 ini bukanlah pembangkit utama dalam jaringan listrik Jawa Bali, melainkan dijadikan pembangkit listrik cadangan.
  3. Apabila keseluruhan turbin yang berjumlah 8 di PLTA tersebut berfungsi, PLTA Cirata hanya mampu menyuplai sekitar 4 persen atau sekitar 1.008 MW dari beban listrik Pulau Jawa yang mancapai 23.000 MW.

Selain Cirata, terdapat pula pembangkit listrik tenaga air lainnya yang ada di Indonesia seperti PLTA Saguling, Jatiluhur dan Lamajan. Selain menjadi pembangkit, PLTA juga bermanfaat bagi sektor pariwisata. Pemandangan alam berupa gunung, danau dan wisata kulinernya menjadi daya tarik pariwisata.

Pemandangan alam tidak hanya menjadi objek wisata di kawasan bendungan Jatiluhur, terdapat pula objek pariwisata lain yang tersedia di sana seperti kolam renang dan ski air yang secara langsung menghadap ke danau. Meskipun mendatangkan banyak manfaat, pemanfaatan air dengan membangun bendungan memiliki dampak lain seperti dapat mengganggu keseimbangan ekosistem sungai atau danau, pembangunan yang memakan biaya dan waktu yang cukup lama dan kerusakan pada bendungan yang dapat menyebabkan risiko kecelakaan dan kerugian lain yang besar.

Oleh karena itu perlu diperhatikan aspek-aspek kelingkungan serta keselamatan agar pemanfaatan bendungan dapat dilakukan secara maksimal. Sumber: https://finance.detik.com/energi/d-3044074/melihat-lebih-dekat-plta-terbesar-di-indonesia-yang-dibangun-di-perut-bumi https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1880696/wow-ternyata-waduk-jatiluhur-bisa-jadi-tempat-wisata-asyik/1

Mengapa Negara kita memilih memanfaatkan energi air sebagai pembangkit listrik?

Alasan kenapa negara kita memilih pemanfaatan energi air sebagai pembangkit listrik adalah energi air didapatkan secara gratis dari sumber daya alam di negara kita. Banyaknya sungai ataupun waduk air juga menjadi faktor Indonesia memilih pemanfaatan energi air sebagai pembangkit listrik.

Apa keunggulan dari pembangkit listrik tenaga air?

Technopat #9 – Apa Itu PLTA ? – Friday, 19 November 2021 Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Meski kerap digunakan untuk keperluan sehari-hari, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui cara kerja PLTA. Seperti dikutip dari alterra.id, PLTA merupakan sumber pembangkit listrik yang menggunakan energi potensial dan kinetik dari air guna menghasilkan energi listrik.

  • Di Indonesia sendiri, pembangkit listrik tenaga air memanfaatkan dari bendungan yang sengaja dibuat untuk menghasilkan listrik.
  • Bendungan menjadi salah satu sumber alternatif yang mampu menghasilkan listrik dengan jumlah besar, sehingga dapat mengaliri akses listrik ke rumah rumah dan jalanan untuk penduduk yang jauh dari pembangkit listrik perkotaan.

Apakah PLTA Ramah Lingkungan? Seperti yang sudah diketahui, PLTA merupakan pembangkit listrik yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Ada beberapa komponen utama dari PLTA seperti bendungan, saluran pelimpah, gedung sentral, dan serandang hubung.

Meski begitu, pembangkit listrik tenaga air tak hanya terbatas pada air dari sebuah bendungan, namun juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak. Ada beberapa kelebihan dari pembangkit listrik tenaga air dibandingkan tenaga listrik lainnya, seperti mampu menyesuaikan dengan beban yang dibutuhkan, ramah lingkungkungan, dan tidak menyebabkan polusi.

Bagaimana Cara Kerja PLTA ? Cara kerja PLTA pada dasarnya untuk mengubah energi air menjadi energi listrik. Air menjadi sarana potensial yang bisa digunakan untuk menggerakkan turbin, lalu air yang ada di bendungan akan turun ke dalam lubang untuk memutar turbin.

  1. Perputaran turbin tersebut akan menghasilkan energi mekanik yang dikonversi melalui generator menjadi energi listrik.
  2. Setelah itu, cara kerja PLTA berikutnya akan diteruskan ke power suplay listrik dan akan disambungkan oleh kabel.
  3. Umumnya, kabel tersebut dibentangkan dan ditahan oleh sutet, lalu dibagi ke daerah atau diteruskan ke rumah penduduk.
You might be interested:  Bagaimana Cara Pemerintah Meningkatkan Mutu Tenaga Kerja Indonesia?

Selain itu, air yang sudah melewati turbin akan disalurkan ke sungai agar bisa dimanfaatkan oleh warga sebagai sumber kehidupan. Apa Saja Bagian Bagian Komponen PLTA? Ada beberapa komponen penting yang digunakan PLTA sehingga bisa menghasilkan energi listrik, antara lain:

Bendungan

Salah satu komponen PLTA yang paling utama adalah bendungan. Komponen ini berfungsi untuk menampung air dalam jumlah besar karena turbin membutuhkan pasokan air yang cukup dan stabil. Tak hanya itu, bendungan juga berperan untuk mengendalikan banjir.

Pipa

Pipa berfungsi untuk menyalurkan dan mengarahkan air ke cerobong turbin. Adapun pipa pusat dipasang pada bak penenang minimal 10 cm. Sementara itu, ujung yang lain diarahkan pada cerobong turbin.

Turbin

Fungsi turbin untuk mendorong dan memutar bolang-baling digantikan oleh air untuk memutar turbin. Langkah berikutnya, turbin akan mengkonversi energi potensial yang disebabkan gaya jatuh air menjadi kinetik. Tanpa turbin, cara kerja PLTA tidak akan efektif.

Generator

Generator merupakan sebuah alat yang dihubungkan dengan turbin melalui gigi-gigi putar sehingga baling-baling turbin berputar, generator juga akan ikut berputar. Alat ini memanfaatkan perputaran turbin untuk memutar kumparan magnet di dalam generator, sehingga terjadi pergerakan elektron yang membangkitkan timbulnya arus listrik AC.

Jalur Transmisi

Jalur transmisi berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari PLTA ke rumah-rumah atau industri. Sebelum listrik dikonsumsi, terlebih dahulu tegangannya di turunkan dengan transformatir step down. Apa saja Kelebihan dari PLTA ? PLTA sebagai pembangkit listrik yang mengandalkan potensi air mempunyai kelebihan-kelebihan dibandingkan pembangkit listrik lainnya.

Pembangkit listrik ini merupakan energi yang ramah lingkungan, bebas dari karbon emisi, dan tidak menyebabkan polusi yang berakibat efek rumah kaca. Pembangkit listrik ini memiliki gas emisi yang lebih kecil dari pembangkit listrik lainnya. Kapasitas output yang dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga air lebih besar dibandingkan pembangkit listrik lainnya. Teknologi yang ada di Indonesia pun mampu dikuasai dengan baik untuk PLTA. PLTA dapat menjadi objek destinasi wisata air. Bendungan yang digunakan untuk PLTA dapat juga digunakan sekaligus untuk sarana wisata dan edukasi. Potensi wisata waduk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghasilkan keuntungan ekonomi. Adanya PLTA mampu membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Adakah Kekurangan dari PLTA ? Di sisi lain, penggunaan PLTA juga mempunyai kekurangan dibandingkan pembangkit listrik lainnya. Kekurangan PLTA adalah sebagai berikut:

Pembangkit listrik ini membutuhkan investasi yang besar. Lahan yang digunakan cukup luas untuk pusat listrik dengan kapasitas listrik yang besar. Dengan adanya pembuatan bendungan air untuk PLTA, dapat mengakibatkan ekosistem sungai atau danau pada tempat tersebut terganggu.

PLTA Terbesar di Indonesia Saat Ini

Waduk Cirata, Jawa Barat

Bermuara di tiga kabupaten, yakni Cianjur, Purwakarta, dan Bandung barat yang merupakan salah satu pemanfaatan potensi tenaga air di sungai Citarum dalam memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Jawa-Bali. Kemampuan daya hingga 1,008 Megawatt dengan kemampuan energi listrik rata-rata 1,428 Giga Watt Hour (GWH) per tahun.

Waduk Saguling, Jawa Barat

PLTA Saguling merupakan waduk buatan, di wilayah Kabupaten Bandung Barat dengan luas genangan 5,600 hektare dengan debit air mencapai 875 juta kubik. Saat ini mampu memenuhi kebutuhan listrik berkapasitas 700 MW, dan bisa ditingkatkan hingga 1,400 MW. Waduk Saguling juga dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, maupun industri agribisnis yang menjanjikan.

You might be interested:  Yang Termasuk Dalam Tenaga Medis Adalah?

Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat

Tak hanya menjadi sebuah pembangkit air, Waduk Jatiluhur merupakan salah satu PLTA di Indonesia yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Meski digunakan sebagai salah satu tempat pariwisata, Waduk Jatiluhur merupakan bagian terpenting dalam memenuhi kebutuhan listrik di tanah priangan maupun Jabodetabek.

Mengapa air menjadi sumber daya alam yang penting bagi manusia?

Air merupakan sumberdaya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia memanfaatkan air untuk berbagai kepentingan, seperti untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, proses produksi, irigasi, pembangkit tenaga listrik, dan lain- lain.

Mengapa air dikatakan sebagai salah satu unsur penting dalam kehidupan?

Air merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi setiap makhluk hidup, tidak terkecuali manusia. Dapat dipastikan manusia tidak akan mampu bertahan hidup tanpa air, karena air merupakan salah satu elemen dasar yang menunjang proses metabolisme tubuh manusia.

Mengapa air merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan manusia?

Dalam kehidupan sehari-hari, air dipergunakan antara lain untuk keperluan minum, mandi, memasak, mencuci, membersihkan rumah, pelarut obat, dan pembawa bahan buangan industri. Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air.

Bagaimana potensi air sebagai sumber energi?

Potensi air sebagai sumber energi terutama digunakan sebagai penyedia energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga air maupun mikrohidro. Potensi tenaga air di seluruh Indonesia diperkirakan sebesar 75684 MW.

Mengapa sumber energi air ramah lingkungan?

Energi Alternatif Ramah Lingkungan – Untuk mendapatkan energi fosil, kita melakukan pengeboran dengan cara melubangi Bumi. Merusak kehidupan di sekitarnya juga mengemisikan minyak mentah dan batu bara ke lingkungan sekitar yang bersifat beracun. Sedangkan energi alternatif lebih mudah didapatkan tanpa perlu melakukan pengeboran Bumi. Mengapa Tenaga Air Adalah Sumber Energi Terbesar Kedua Di Indonesia Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Kadar emisi karbon dioksida penyebab efek rumah kaca berdasarkan sumber energinya Dilansir dari United States Environmental Protection Agency, energi alternatif atau terbarukan mengemisikan gas karbon dioksida yang sangat sedikit bahkan hampir tidak ada.

Baca juga: Apa Akibatnya Jika Tidak Ada Energi Alternatif? Berbeda dengan bahan bakar fossil yang mengemisikan gas rumah kaca dalam jumlah banyak yang kemudian merusak atmosfer Bumi. Dilansir dari National Geographic, pembakaran batu bata bertanggung jawab atas 44 persen emisi karbondioksida dan minyak Bumi bertanggung jawab atas sekitar 33 persen emisi karbon dioksida di Dunia.

Emisi keduanya membawa Bumi pada pemanasan global yang terus meningkat. Pembakaran bahan bakar fosul juga mengemisikan partikulat molekul yaitu debu dan polutan kecil yang mengapung di udara. Inilah mengapa dijalanan yang penuh dengan knalpot mobil dan motor biasanya terdapat banyak sekali debu.

  • Sedangkan energi alternatif sama sekali tidak mengemisikan partikulat molekul seperti debu dan polutan lainnya.
  • Adar karbon dioksida pada pembangkit listrik tenaga angin dan air juga sangatlah bersih dan sama sekali tidak merugikan makhluk hidup lain.
  • Dilansir dari RESET Digital for Good, energi alternatif yang bersumber dari angin dan Matahari bahkan tidak membutuhkan air sama sekali.

Yang berarti penggunaan sumber energi tersebut sama sekali tidak mengurangi pasokan air Dunia. Rendahnya emisi karbon dioksida, tidak adanya emisi gas beracun dan partikulat molekul, serta konsumsi air yang sedikit inilah yang menyebabkan energi alternatif bersifat ramah lingkungan. Mengapa Tenaga Air Adalah Sumber Energi Terbesar Kedua Di Indonesia Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Mengapa Indonesia lebih banyak menggunakan PLTA sebagai sumber pembangkit utama brainly?

Apa alasan mendasar di Indonesia banyak dibangun pembangkit listrik tenaga air​ indonesia merupakan negara kemaritiman karena 75 wilayah indonesia merupakan air, sehingga cocok untuk menggunakan PLTA sebagai pembangkit listrik

Secara geografis Indonesia memiliki aliran sungai yang cukup untuk dibangun PLTA.Secara ekonomis PLTA lebih mudah dibangun dan dioperasikan.Namun dewasa ini pihak swasta lebih mengedepankan sumber listrik dari batu bara karena hasilnya yang banyak dan tidak memerlukan space yang besar.

: Apa alasan mendasar di Indonesia banyak dibangun pembangkit listrik tenaga air​