Panel Surya Merupakan Alat Yang Dapat?

Panel Surya Merupakan Alat Yang Dapat
Panel Surya Merupakan Alat Yang Dapat sumber foto: zoelradio.com Panel tenaga surya saat ini telah banyak dimanfaatkan seiring dengan semakin menipisnya energi fosil dan bumi mengalami pemanasan global. Panel surya merupakan alat yang dapat mengkonversi tenaga matahari menjadi energi listrik, selain lebih murah penggunaan panel surya ini juga ramah lingkungan sehingga perlu dikembangkan lebih jauh lagi.

  1. Bagaimana cara membuat panel surya sendiri? Saat ini masyarakat dapat memperoleh panel surya atau solar cell di toko-toko elektrik dengan mudah karena permintaan akan barang ini semakin meningkat.
  2. Hal inilah yang mendorong banyak pabrik untuk memproduksi panel surya dalam jumlah yang besar.
  3. Pada dasarnya panel surya buatan pabrik terbuat dari material silicon yang diproses dengan teknologi tinggi sehingga menghasilkan energi besar.

Namun jika kita dapat membuat panel listrik tenaga surya untuk rumah tangga sendiri dirumah mengapa harus membelinya? Kita dapat membuat panel surya dari bahan selain silicon yaitu cuprous oxide yang banyak dijual di toko besi. Bahan ini juga mampu memberikan efek photoelectric yaitu merubah cahaya menjadi aliran listrik melalui satu material.

Lembaran tembaga mengkilat (1 lembar) Capit buaya (2 buah) Micro ammeter (1 buah) kompor listrik (1 buah) Botol plastik bening yang dipotong bagian atasnya (1 buah) Garam meja (2 sdm) Ampelas atau sikat kawat (1 buah) Gunting (1 buah) Air

Bagaimana cara membuatnya? Berikut langkah-langkah cara membuat panel listrik tenaga surya sederhana:

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang bahan-bahan pembuat panel surya agar tidak ada lemak atau minyak yang akan menempel Potong kawat tembaga dengan ukuran sama persis dengan ukuran panel pemanas yang ada dalam kompor listrik Tembaga yang telah dipotong kemudian bersihkan dengan menggunakan ampelas atau sikat kawat sehingga tidak ada kotoran yang dapat menghambat proses penyerapan energi matahari Setelah tembaga dibersihkan kemudian taruh diatas kompor listrik lalu bakar dengan voltase tertinggi. Lakukan proses pembakaran ini selama 30 menit hingga lapisan tembaga berubah warna menjadi hitam. Setelah proses pembakaran selesai, selanjutnya diamkan lapisan tembaga hingga dingin secara alami selama kurang lebih 20 menit. Setelah dingin maka lapisan tembaga akan berkerut sehingga lapisan oksida menyusut. Cuci dan gosok tembaga secara perlahan dengan tangan dibawah air yang mengalir, dalam proses ini jangan sekali-kali meregangkan lapisan tembaga karena dapat merusak lapisan oksida corpus yang dibutuhkan dalam pembuatan panel listrik tenaga surya murah. Potong lembaran tembaga lain seukuran dengan tembaga pertama kemudian tekuk kedua lembaran tembaga yaitu tembaga pertama dan kedua lalu masukkan kedalam botol plastic. Usahakan kedua tembaga tidak bersinggungan satu sama lain. Pasang capit buaya pada lembaran tembaga pertama dan pada lembaran tembaga kedua, kemudian pasangkan kabel dari tembaga kedua ke terminal positif dan kabel dari tembaga pertama yaitu yang telah dibakar ke terminal negatif dari ammeter. Masukkan air garam yang telah dipanaskan kedalam botol dengan hati-hati dan jangan membasahi capit buaya, selain itu ukuran air garam tidak boleh menenggelamkan seluruh plat tembaga. Uji panel surya sederhana yang telah dibuat dengan menaruhnya dibawah sinar matahari maka tenaga yang dihasilkan akan meningkat sekitar 33 micro amper.

You might be interested:  Komponen Yang Digunakan Dalam Pembangkit Listrik Energi Surya?

Demikian informasi seputar cara membuat panel tenaga surya sederhana yang dapat Anda praktekkan dirumah dengan mudah, selamat mencoba. Sumber : benergi.com

Panel surya berfungsi untuk apa?

Apa dan Bagaimana Sistem Kerja Panel Surya? – Penggunaan listrik mulai mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai langkah penemuan energi baru terbarukan mulai di lakukan di Indonesia. Salah satu yang banyak dilirik adalah pemanfaatan energi surya untuk pembangkit listrik tenaga surya.

  • Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluas seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan.
  • Panel surya adalah kumpulan sel surya yang ditata sedemikian rupa agar efektif dalam menyerap sinar matahari.
  • Sedangkan yang bertugas menyerap sinar matahari adalah sel surya.

Sel surya sendiri terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Umumnya sel surya terdiri dari lapisan silikon yang bersifat semikonduktor, metal, anti reflektif, dan strip konduktor metal. Banyaknya sel surya yang disusun untuk menjadi panel surya akan berbanding lurus dengan energi yang dihasilkan.

  • Dalam artian semakin banyak sel surya yang digunakan, maka semakin banyak pula energi matahari yang dikonversi menjadi energi listrik.
  • Ada beberapa jenis sel surya yang telah dimanfaatkan dan dapat ditemui di pasaran, diantaranya adalah Monocrystalline Silicon PV Module, Polycrystalline Silicon PV Module, Amorphous Silicon PV Module, dan Hybrid Silicon PV Module.

Prinsip kerja sel surya dimulai dari partikel yang disebut “Foton” yang merupakan partikel sinar matahari yang sangat kecil. Ketika foton tersebut menghantam atom semikonduktor sel surya sehingga dapat menimbulkan energi yang besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.

  • Elektron yang terpisah dan bermuatan negatif akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari material semi konduktor, sehingga atom yang kehilangan elektron kekosongan pad strukturnya dan disebut “hole” dengan muatan positif.
  • Daerah semi konduktor dengan elektron bebas bersifat negatif dan bertindak sebagai donor elektron yang disebut dengan semi konduktor tipe N.
You might be interested:  How To Make A Solar Panel From Scratch?

Sedangkan daerah semi konduktor “hole” sebagai penerima elektron dinamakan semi konduktor tipe Pdi. Persimpangan daerah positif dan negatif akan menimbulkan energi yang mendorong elektron dan hole begerak ke arah berlawanan. elektron bergerak menjauhi darah negatif, dan hole menjauhi daerah positif.

Keuntungan apa yang didapat dari pengguna tenaga surya?

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengaplikasikan panel surya, yang paling terasa adalah penghematan energi dan menghilangkan ketergantungan akan energi fosil. Kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini memiliki ketergantungan dengan energi listrik PLN yang bahan bakarnya dari batu bara.