Salah Satu Tenaga Eksogen Ada Yang Disebut Sebagai Masswasting Yaitu?

Salah Satu Tenaga Eksogen Ada Yang Disebut Sebagai Masswasting Yaitu
Apa Itu Mass Wasting? – Elo mungkin udah familiar sama tanah longsor. Namun, apa yang dimaksud dengan mass wasting? Menurut buku Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta (2007), mass wasting adalah proses berpindahnya batuan atau tanah dalam volume besar, yang turun dari lereng karena pengaruh gravitasi.

Mass wasting merupakan salah satu bentuk tenaga eksogen. Elo bisa cek en ricek di sini buat kepoin apa itu tenaga eksogen. Biasanya, mass wasting terjadi di daerah pegunungan, karena emang turun dari lereng. Dalam proses terjadinya mass wasting di pegunungan, batu yang udah mengalami pelapukan sebelumnya, atau tanah yang ada di atas lereng, udah kelebihan beban.

Karena lerengnya miring, dia nggak kuat menahan batuan dan tanah itu. Jadinya, gaya gravitasi mendorong batuan dan tanah di atas lereng buat otw turun menuju ke dasar lereng. Selain di daratan, mass wasting juga bisa terjadi di lautan. Menurut buku Urban Watersheds: Geology, Contamination, and Sustainable Development (2011), mass wasting terjadi di lereng bawah laut yang curam.

Apa yang dimaksud dengan Masswasting *?

KOMPAS.com – Mass wasting bisa juga disebut perpindahan massa batuan atau tanah. Mass wasting umumnya disebabkan oleh pengaruh gravitasi yang bisa mengakibatkan perpindahan massa. Dalam geografi, mass wasting dipandang sebagai sebuah fenomena alam. Jika mass wasting terjadi dalam skala besar, dampak utama yang paling terlihat ialah perubahan bentuk geografis di kawasan tersebut.

Apakah Masswasting tergolong tenaga eksogen?

Apa Itu Mass Wasting? – Elo mungkin udah familiar sama tanah longsor. Namun, apa yang dimaksud dengan mass wasting? Menurut buku Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta (2007), mass wasting adalah proses berpindahnya batuan atau tanah dalam volume besar, yang turun dari lereng karena pengaruh gravitasi.

  • Mass wasting merupakan salah satu bentuk tenaga eksogen.
  • Elo bisa cek en ricek di sini buat kepoin apa itu tenaga eksogen.
  • Biasanya, mass wasting terjadi di daerah pegunungan, karena emang turun dari lereng.
  • Dalam proses terjadinya mass wasting di pegunungan, batu yang udah mengalami pelapukan sebelumnya, atau tanah yang ada di atas lereng, udah kelebihan beban.

Karena lerengnya miring, dia nggak kuat menahan batuan dan tanah itu. Jadinya, gaya gravitasi mendorong batuan dan tanah di atas lereng buat otw turun menuju ke dasar lereng. Selain di daratan, mass wasting juga bisa terjadi di lautan. Menurut buku Urban Watersheds: Geology, Contamination, and Sustainable Development (2011), mass wasting terjadi di lereng bawah laut yang curam.

You might be interested:  Kelompok Zat Gizi Yang Menghasilkan Tenaga Terdapat Pada?

Apa saja macam macam gerak massa batuan?

Jenis-Jenis Gerakan Massa Batuan “Masswasting” Bagaimana rasanya jika kamu sedang naik kendaraan di jalan berbukit kemudian di depan mata melihat bongkahan batu meluncur ke badan jalan?.Kok bisa ya batu meluncur dari atas ke bawah? Ya bisa aja, di dunia apa sih yang gak bisa.

  • 1. Tipe gerakan dan bagaimana cara batuan tersebut bergerak,
  • 2. Derajat pergerakkannya,
  • 3. Jenis material yang bergerak

Dari dasar pengelompokkan di atas maka gerakan massa batuan dapat dibedakan menjadi : earth flow, landslides, dan subsidence. Earth Flow Bahan endapan berbutir halus. Keadaan yang menunjang untuk gerakan ini adanya kadar air yang tinggi dan batuannya banyak mengandung pori.1.

  1. Solifluction Adalah gerakan tanah secara perlahan menuruni lereng.
  2. Bahan yang bergerak berupa lumpur (tanah basah), bergerak karena gaya beratnya.
  3. Solifluction banyak terjadi di daerah dingin (Permafrost).2.
  4. Rapid flow Matererial yang bergerak adalah batu yang berbutir halus dan batuan berbutir kasar dengan kadar lempung yang relatif tinggi.

Umumnya gerakan ini disertai denga hujan lebat. Keadaan yang menunjang untuk gerakan ini adalah terutama apabila lapisan batuan yang permeable (pasir) berseling dengan lapisan lempung. Air yang berinfiltrasi ditampung oleh lapisan pasir dan tidak bisa mengalir langsung.3.

  1. · Pelengkungan lapisan searah lereng
  2. · Tiang-tiang listrik, tiang telepon, atau pagar yang condong ke arah lembah
  3. · Batang-batang pohon melengkung
  4. Material rayapan dapat berupa :
  5. Soil disebut soil creep
  6. Talus disebut talus creep
  7. Raock disebut rock creep
  8. Rock glacier disebut rock glacier creep.
  • Faktor penyebab rayapan
  • a. gaya berat
  • b. kelembaban tanah sebagai salah satu faktor yang memperlemah daya tahan tanah untuk menahan beban dan gerakan
  • c. fluktuasi temperatur tanah, pembasahan dan pengeringan tanah

Landslides Landslides adalah gerakan massa batuan melalui zone atau bidang tertentu. Material pada landslides dapat berupa tanah atau batuan dasar. Landslides merupakan gerakan massa batuan yang berbahaya. Landslides dapat terjadi apa bila massa batuan yang di atas tebing tidak mantap keberadaannya.

  1. 3. getaran gempa
  2. Berdasarkan materinya landslides dapat dibedakan menjadi :
  3. Debris slides (debris = material batuan lepas hasil pelapukan)

Debris slides adalah gerakan bahan-bahan lepas melalui permukaan geser tertentu. Debris slides sering terjadi karena adanya pengerjaan lereng. Misalnya karena penggalian yang menyebabkan terlalu curamnya kemiringan lereng sehingga semakin lemahnya penyangga batuan atau bahan hancuran yang terletak di atasnya.

  • Slump
  • Slump adalah debris slides dalam jumlah massa yang lebih kecil, tetapi disertai dengan gerakan putar.
  • Debris falls
  • Runtuhan bahan-bahan lepas.
  • Rock slides
  • Rock slides adalah gerakan massa batuan yang keras (batuan dasar) yang meluncur melalui sebuah bidang miring berupa bidang perlapisan, bidang patahan, kekar, dan sebagainya yang searah dengan kemiringan lereng.

Rock slides didaerah pegunungan bisa mempunyai gerakan yang cepat karena adanya beda ketinggian yang besar. Karena konstruksi jalan raya di daerah pegunungan juga sering terjadi rock slides. Rock falls Rock falls adalah runtuhnya batuan dasar karena lereng yang terlalu curam.

  1. Subsidence
  2. Subsidence adalah gerakan massa tanah secara vertikal ke arah bawah
  3. Plastic outflows
You might be interested:  How Much Do Solar Panels Reduce Electricity Bills?

Lapisan yang tebentuk oleh material-material plastis atau menjadi plastis karena besarnya tekanan akan mengalir apa bila berada di bawah suatu beban. Hal demikian akan menyebabkan runtuhnya permukaan. Compaction Compaction yaitu runtuhnya massa tanah kerana pemepatan.

  1. Sedimen akan mengalami pemepatan karena adanya beban di atasnya.
  2. Dengan pemepatan ini akan terjadi keadaan hydrodinamic yang tidak mantap, kecuali bila air yang terdapat di dalamnya bisa terlepas.
  3. Collapse Runtuhnya massa tanah atau batuan karena pengambilan bahan-bahan di bawah permukaan tanah dalam jumlah yang besar.

Demikian juga bila terjadi pelarutan bahan-bahan di bawah permukaan tanah seperti banyak terjadi di batuan kapur atau daerah karst. : Jenis-Jenis Gerakan Massa Batuan “Masswasting”

Apa yang membedakan erosi dengan Masswasting?

Hai Syifa, kakak bantu jawab yaa. Jawaban dari pertanyaan di atas adalah erosi menyebabkan penghancuran lapisan batuan atau tanah, sedangkan mass wasting tidak. Berikut penjelasannya. Erosi dan mass wating merupakan bagian dari fenomena yang disebabkan oleh tenaga eksogen (berasal dari luar bumi).

Dimana definisi erosi yaitu proses pengikisan permukaan bumi oleh media (angin, air, maupun gletser) yang melibatkan pengangkatan partikel batuan sehingga menyebabkan penghancuran lapisan batuan atau tanah. Sedangkan mass wasting (pergerakan massa tanah) adalah pergerakan massa tanah pada lereng yang disebabkan oleh pengaruh gravitasi.

Jadi, perbedaan erosi dan mass wasting adalah erosi menyebabkan penghancuran lapisan batuan atau tanah, sedangkan mass wasting tidak. Semoga membantu yaa.

Apa yang dimaksud dengan gerak massa batuan?

Gerakan massa tanah/ batuan merupakan proses pergerakan material penyusun lereng meluncur atau jatuh ke arah kaki lereng karena kontrol gravitasi bumi (Crozier dan Glade, 2004).

Salah satu jenis Masswasting dimana adanya gerakan massa tanah yang jenuh oleh air disebut?

Contoh Masswasting – Agar lebih bisa memahami apa itu masswasting, kita bisa melihat pada contoh masswasting berikut:

  1. Tanah longsor (land slide).
  2. Tanah amblas atau tanahambruk (subsidence).
  3. Tanah nendat (slumping), berupa proses longsoran tanah yang gerakannya terputus-putus sehingga hasilnya memperlihatkan bentukan seperti teras.
  4. Tanah mengalir (earth flow), berupa gerakan tanah jenuh dengan air di lereng-lereng yang landai.
  5. Lumpur mengalir (mud flow), berupa tanah yang mengalir tetapi kadar air yang terkandung di dalamnya lebih tinggi.

Apa dampak mass wasting?

Mass wasting adalah pergerakan massa tanah akibat gaya gravitasi dan curah hujan. Terdapat beberapa jenis mass wasting yaitu longosr, rayapan tanah aliran lumpur, guguran batu. Fenomena mass wasting ini dapatmerugikan bagi kehidupan manusia. Mass wasting yang terjadi di wilayah permukiman dapat merusak bangunan dan lahan pertanian penduduk dan juga dapat menimbulkan korban jiwa, jika tertimbunmaterial mass wasting,

You might be interested:  How Do I Monitor My Solar Panel Output?

Kenapa tenaga eksogen bersifat destruktif?

Jawaban yang benar adalah karena sifatnya yang merusak dan dapat menghilangkan suatu bentang alam di permukaan bumi. Tenaga penyusun yang membentuk permukaan bumi terbagi menjadi dua yaitu tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen memiliki sifat yang konstruktif atau membangun, sedangkan tenaga eksogen memiliki sifat destruktif atau merusak.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan slow flowage?

jelaskan 4 jenis masswasting bersasarkan kecepatan ? terima kasih Jenis jenis masswasting berdasarkan kecepatan adalah 1.Slow flowage merupakan perpindahan massa batuan yang berjalan dengan gerakan lambat.2.Rapid flowage merupakan perpindahan massa batuan yang berjalan dengan gerakan cepat.3.Very rapid flowage merupakan perpindahan massa batuan yang berjalan dengan gerakan sangat cepat.

Apa yang dimaksud dengan rapid flowage?

Perpindahan massa tanah dan batuan karena gaya berat disebut dengan tanah bergerak ( masswasting atau mass movement ). Gerakan tanah dapat terjadi apabila gaya-gaya yang menahan massa tanah di lereng lebih kecil daripada gaya yang mendorong atau meluncurkan tanah sepanjang lereng.

Ecepatan pada setiap gerakan tanah sangat beragam dan memengaruhi bentuk-bentuk gerakan tanah, antara lain sebagai berikut. Rayapan tanah ( soil crop ) merupakan gerakan tanah yang sangat lambat pada lereng yang landai. Solifluction merupakan pecahan batuan yang jenuh air dan mengalir pelan-pelan menuruni lereng.

Tanah mengalir ( earth flow ) merupakan gerakan tanah yang jenuh air bercampur dengan liat atau debu yang menuruni lereng yang landai. Rapid flowage merupakan gerakan massa batuan yang cepat dan dapat dilihat langsung proses terjadinya. Tanah longsor ( land slide ) merupakan gerakan secara cepat material campuran yang kering menuruni lereng, umumnya berupa tanah, dan dapat diamati prosesnya.

Tanah amblas ( subsidence ) merupakan gerakan tanah ke arah vertikal yang terjadi secara lambat dan tidak merambat lewat tanah (lereng). Jadi, jawaban yang tepat adalah C. – Perpindahan massa tanah dan batuan karena gaya berat disebut dengan tanah bergerak ( masswasting atau mass movement ). Gerakan tanah dapat terjadi apabila gaya-gaya yang menahan massa tanah di lereng lebih kecil daripada gaya yang mendorong atau meluncurkan tanah sepanjang lereng.

Kecepatan pada setiap gerakan tanah sangat beragam dan memengaruhi bentuk-bentuk gerakan tanah, antara lain sebagai berikut.

Rayapan tanah ( soil crop ) merupakan gerakan tanah yang sangat lambat pada lereng yang landai. Solifluction merupakan pecahan batuan yang jenuh air dan mengalir pelan-pelan menuruni lereng. Tanah mengalir ( earth flow ) merupakan gerakan tanah yang jenuh air bercampur dengan liat atau debu yang menuruni lereng yang landai. Rapid flowage merupakan gerakan massa batuan yang cepat dan dapat dilihat langsung proses terjadinya. Tanah longsor ( land slide ) merupakan gerakan secara cepat material campuran yang kering menuruni lereng, umumnya berupa tanah, dan dapat diamati prosesnya. Tanah amblas ( subsidence ) merupakan gerakan tanah ke arah vertikal yang terjadi secara lambat dan tidak merambat lewat tanah (lereng).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.