Tenaga Yang Berasal Dari Luar Bumi Yang Mempunyai Sifat Merusak?

Tenaga Yang Berasal Dari Luar Bumi Yang Mempunyai Sifat Merusak
Tenaga eksogen ialah tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi. Tenaga ini mempunyai sifat merusak permukaan bumi.

Apakah tenaga eksogen bersifat merusak?

Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari atas permukaan bumi. – Suara.com – Pada masa paleozoikum, beredar teori yang mengatakan bahwa seluruh benua awal mulanya menyatu. Namun ada tenaga yang mampu mengubah bentuk permukaan bumi secara terus menerus, tenaga ini disebut endogen dan eksogen.

  1. Mengutip, Senin (30/8/2021), adalah tenaga yang berasal dari luar bumi.
  2. Adapun luar bumi yang dimaksud ialah tenaga yang berasal dari atas permukaan bumi.
  3. Tenaga yang berasal dari atas permukaan bumi termasuk di antaranya kegiatan manusia yang membentuk permukaan bumi.
  4. Ini bisa berarti air, angin, organisme, sinar matahari, dan es.

Tenaga eksogen bersifat merusak dan mengikis permukaan bumi, terutama pada bagian-bagian tinggi. Tetapi di sisi lain, tenaga eksogen juga bisa mengisi bagian-bagian yang rendah. Baca Juga: Itu sebabnya, tenaga eksogen bisa menyebabkan,, dan pergerakan massa tanah (mass wasting).

Pelapukan fisik (Mekanis) Pada pelapukan fisik, proses penghancuran batuan menjadi pecahan yang lebih kecil terjadi tanpa mengalami perubahan susunan kimia. Biasanya, pelapukan ini terjadi karena perubahan musim, menyusupnya es di celah batuan, atau perbedaan suhu siang dan malam yang ekstrem. Sehingga tidak jarang wilayah seperti gurun banyak ditemukan bebatuan yang pecah karena perubahan suhu siang dan malam di gurun cukup tinggi. Hal ini berbeda dengan di perkotaan, di mana cenderung ditemukan batu padat dan keras. Pelapukan kimia Pelapukan kimia adalah jenis pelapukan yang terjadi karena faktor kimia. Salah satu faktor penting dalam pelapukan kimia adalah air. Sehingga tidak jarang benda keras yang terpapar air cenderung mudah lapuk. Pelapukan biologis Pelapukan biologis adalah pelapukan yang disebabkan oleh organisme melalui aktivitasnya. Contoh paling gampang adalah yang terjadi di pintu rumah, akan berbeda nadanya saat diketuk pada pintu kayu yang dimakan rayap dan menjadi lapuk.

You might be interested:  Jika Bensin Dengan Solar Tercampur Bagaimana Cara Memisahkan?

Proses erosi adalah benda atau batu yang telah lapuk, lalu perlahan pecah menjadi partikel-partikel kecil dan akan menyatu dengan tanah. Setelahnya, tenaga eksogen yang bisa muncul adalah erosi. Erosi merupakan proses pengikisan permukaan bumi oleh media yang melibatkan pengangkatan partikel batuan.

Tenaga apakah yang mempunyai sifat merusak permukaan bumi?

Proses Pembentukan Muka Bumi: Tenaga Eksogen – Tenaga eksogen adalah kebalikan dari tenaga endogen, yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Di permukaan bumi, bagian litosfer yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen yaitu dengan jalan pelapukan, pengikisan dan pengangkutan, serta sedimentasi.

  • Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktivitas tektonisme atau vulkanisme.
  • Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan, kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air, angin, gletser atau dengan hanya grafitasi bumi.
  • Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan, ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus.

Berikut penjelasannya dirangkum dari laman UPI education: 1. Pelapukan (weathering) Pelapukan atau weathering (weather) merupakan perusakan batuan pada kulit bumi karena pengaruh cuaca (suhu, curah hujan, kelembaban, atau angin). Karena itu pelapukan adalah penghancuran batuan dari bentuk gumpalan menjadi butiran yang lebih kecil bahkan menjadi hancur atau larut dalam air.

Pelapukan dibagi dalam tiga macam, yaitu pelapukan mekanis, pelapukan kimiawi, dan pelapukan biologis.5 dari 5 halaman 2. Erosi Erosi sering disebut juga pengikisan. Erosi adalah proses pengikisan terhadap batuan yang dilakukan oleh air, angin, atau gletser. Air hujan bisa mengikis permukaan tanah terutama yang gundul.

Tanah itu bersama air mengalir ke sungai. Air sungai juga dapat mengikis tepi atau bagian dasar sungai. Akibat pengikisan pada tepi sungai menyebabkan sungai menjadi berkelok-kelok dan melebar. Sedangkan pengikisan ke dasar sungai bisa menyebabkan sungai bertambah dalam.3.

  1. Sedimentasi Sedimentasi adalah peristiwa pengendapan material batuan yang telah diangkut oleh tenaga air atau angin tadi.
  2. Pada saat pengikisan terjadi, air membawa batuan mengalir ke sungai, danau, dan akhirnya sampai di laut.
  3. Pada saat kekuatan pengangkutannya berkurang atau habis, batuan diendapkan di daerah aliran air tadi.
You might be interested:  Informasi Yang Tepat Tentang Cara Kerja Panel Surya Adalah?

Karena itu pengendapan ini bisa terjadi di sungai, danau, dan di laut.

Kenapa tenaga dari luar bumi disebut sebagai tenaga yang merusak?

Pembahasan – Tenaga pembentuk muka bumi terdiri dari dua jenis tenaga, yaitu tenaga yang berasal dari dalam yang disebut dengan tenaga endogen dan tenaga yang berasal dari luar yang disebut tenaga eksogen. Tenaga Endogen terdiri dari :

Tektonisme (pergerakan lempeng tektonik)Vulkanisme (aktivitas magma)Seisme (gempa bumi).

Sedangkan tenaga eksogen terdiri dari :

Sedimentasi (Pengendapan)Weathering (Pelapukan)Erosion (Pengikisan)Mass Wasting (Pergerakan Tanah).

Denudasi apa artinya?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Ilustrasi skematik denudasi regional untuk badan batuan intrusif alkalin felsik di negara bagian Rio de Janeiro, Brasil : Pulau Cabo Frio dan Badan Itaúna. Dalam geologi, denudasi adalah serangkaian proses panjang yang mengakibatkan pengikisan permukaan Bumi dan berujung pada berkurangnya ketinggian dan relief bentang alam dan lanskap.

Apa itu tenaga eksogen dan endogen beri contohnya?

Dalam perkembangannya, permukaan bumi selalu mengalami perubahan. Tenaga yang berperan dalam mengubah permukaan bumi disebut dengan tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu seisme atau gempa, tektonisme dan juga vulkanisme.

Sedangkan tenaga eksogen, merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi, contohnya abrasi dan tanah longsor. – Dalam perkembangannya, permukaan bumi selalu mengalami perubahan. Tenaga yang berperan dalam mengubah permukaan bumi disebut dengan tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu seisme atau gempa, tektonisme dan juga vulkanisme.

Sedangkan tenaga eksogen, merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi, contohnya abrasi dan tanah longsor.

Zaman dimana keadaan bumi belum stabil akibat dari tenaga yang berasal dari dalam bumi dan dari luar bumi yang sangat ekstrem disebut?

Yang Benar itu Arkaikum.

Tenaga eksogen dapat menyebabkan apa saja?

Dampak Tenaga Eksogen – Tenaga eksogen memberikan sejumlah dampak positif dan negatif pada bumi. Berikut beberapa dampak positif tenaga eksogen, dikutip dari Modul Pembelajaran Geologi Pertambangan yang diterbitkan Kemdikbud (2017):

  1. Terbentuknya habitat
  2. Daratan bumi menjadi luas
  3. Daerah tambang semakin dekat dan terjangkau
  4. Sedimentasi dapat membuat sebagian daratan subur
  5. Pelapukan bisa menciptakan bentuk muka bumi yang indah

Sedangkan dampak negatif tenaga eksogen adalah sebagai berikut:

  1. Dasar sungai menjadi lebih dangkal
  2. Abrasi menghapus garis pantai sampai hilang
  3. Kesuburan tanah berkurang
  4. Hasil erosi diendapkan di muara sungai
You might be interested:  Bagaimana Upaya Perusahaan Untuk Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja?

Nah, demikian proses tenaga eksogen merombak bentuk bumi dan dampaknya bagi kehidupan kita di bumi. Apakah detikers pernah melihat bentukan alam lain yang terbentuk oleh tenaga eksogen? Simak Video ” Meksiko Diguncang Gempa M 7,6, Warga Berhamburan! ” (pal/pal) : Tenaga Eksogen: Pengertian, Proses Terbentuk, dan Dampaknya

Tenaga eksogen bisa menyebabkan peristiwa apa saja?

Sisi Negatif –

  1. Kesuburan Tanah Berkurang – Erosi tanah yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan kesuburan tanah di permukaan bumi akan berkurang dan hal ini tentunya akan memberikan pengaruh terhadap tumbuhan ataupun hewan yang menjadikan tanah sebagai tempat tumpuannya ataupun tempat tinggalnya.
  2. Terjadi Pendangkalan – Erosi yang berlebihan juga dapat mengakibatkan sedimentasi di daerah yang lebih rendah dan dapat menyebabkan pendangkalan di daerah danau ataupun waduk sehingga kemampuan PLTA dalam menghasilkan listrik juga akan semakin berkurang. ( baca : Akibat Erosi Sungai )
  3. Kebersihan Air Berkurang – Dalam hal ini erosi juga dapat menyebabkan air yang berada di sungai atau danau menjadi tidak jernih lagi. Akibatnya manusia akan kehilangan sumber air bersih dan nantinya hal ini juga akan menyebabkan timbulnya berbagai macam jenis penyakit. ( baca : Cara Menjaga Sumber Air )
  4. Dataran Garis Pantai Hilang – Hal ini disebabkan oleh abrasi pantai yang berlangsung secara terus menerus yang dapat mengakibatkan dataran yang berada di dekat garis pantai hilang karena adanya ombak serta beberpa rumah yang berada di pinggiran pantai perlahan akan hancur oleh abrasi tersebut.
  5. Tanah Longsor – Erosi tanah yang secara terus menerus terjadi terutama di daerah yang berlereng nantinya dapat mengakibatkan kerusakan lahan bahkan dapat menyebabkan tanah longsor. ( baca : Cara Mencegah Tanah Longsor )
  6. Menimbulkan Angin Kencang – Karena pada dasarnya tenaga eksogen berasal dari angin maka tenaga eksogen ini dapat menimbulkan badai atau bahkan angin puting beliung yang dapat mengakibatkan kerusakan rumah ataupun bangunan.
  7. Menyebabkan Banjir – Seperti halnya dapat menyebabkan angin kencang, tenaga eksogen juga dapat menyebabkan terjadinya banjir air karena sumber dari tenaga eksogen juga berasal dari air. Dimana apabila sampai terjadi banjir bandang, maka hal ini sangat merugikan bagi masyarakat.