Iklan
Desain

Hal yang Perlu Ditanyakan Saat Konsultasi Panel Surya

PVinAsia – Penggunaan PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya ini memang masih belum diketahui oleh sebagian orang karena kebanyakan orang hanya menggunakan PLN sebagai sumber listrik untuk kebutuhan rumah tangga. Jika Anda ingin menggunakan panel surya, ada beberapa pertanyaan yang perlu diperhatikan saat Anda sedang konsultasi panel surya agar tidak salah memilih.

Iklan

Penggunaan Panel Surya Saat Malam Hari

Pertanyaan pertama yang bisa Anda ajukan adalah mengenai penggunaan panel surya di malam hari apakah bisa digunakan atau tidak. Hal ini penting ditanyakan karena panel surya sangat bergantung kepada sinar matahari dan di malam hari tidak ada sinar matahari yang mengenai panel surya.

Jawabannya Anda tetap bisa menggunakan listrik di malam hari. Dengan menggunakan tipe PLTS atap-grid tie, Anda tetap masih terhubung dengan jaringan PLN selama 24 jam. Sehingga pagi hingga sore Anda bisa mengandalkan energi matahari dan di malam harinya Anda bisa memanfaatkan aliran listrik dari PLN. Begitu juga dengan ketika mendung, panel surya tetap bisa digunakan bersamaan dengan PLN, walaupun aliran listrik yang dihasilkan kecil karena hanya terkena sedikit sinar matahari yang ditutupi oleh awan.

PV In Asia juga bisa menjadi tempat untuk Anda bertanya seputar panel surya atap. Anda bisa mengunjungi laman resminya langsung di sini 

Cara Menjual Listrik ke PLN

Saat konsultasi panel surya Anda juga bisa menanyakan perihal bagaimana caranya menjual listrik ke PLN. Terkait hal ini sebenarnya sudah ada peraturan Permen ESDM No. 49 2018 menerangkan bahwa pengguna panel surya bisa menjual jaringan listrik yang tidak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga ke PLN. Biasanya Anda juga akan diminta untuk mengganti jenis meteran listrik ke meter extrim.

Adapun fungsi dari meter extrim adalah untuk membantu proses pencatatan berapa banyak listrik yang dikirim ke PLN. Biasanya di akhir bulan pihak PLN akan memberikan laporan semua jaringan listrik yang Anda jual ke PLN.

Bagaimana Cara Merawat Panel Surya?

Pertanyaan yang satu ini juga penting diajukan supaya Anda tidak bingung mengenai cara merawat panel surya agar tidak mudah rusak. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan dengan memastikan sudut miring panel surya.

Dengan kemiringan yang cukup, panel surya Anda akan membersihkan dirinya sendiri ketika hujan. Sehingga area panel surya akan tetap cukup ideal untuk menerima sinar matahari.

Namun memang untuk kasus tertentu, Anda harus tetap membutuhkan sedikit ekstra tenaga untuk memastikan panel surya bersih. misalnya karena kotoran burung.

Perlengkapan Untuk Merawat Panel Surya

Ketika Anda sedang konsultasi panel surya pertanyaan terakhir yang penting untuk ditanyakan adalah mengenai peralatan untuk merawat panel surya itu apa saja. Biasanya bahan yang digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran adalah kain serat. Anda juga bisa mencucinya dengan bahan yang bukan deterjen agar menjaga lapisan kaca dari kerusakan. Segala hal yang berkaitan dengan panel surya bisa Anda lihat pada laman ini.

Iklan

Apa Komentarmu?

Email Anda tidak akan kami publikasikan Isi kolom dibawah ini *

TERBARU

PV In Asia Memiliki ISSN Sebagai Media Publikasi Popular

PV In Asia merupakan media publikasi online energi surya pertama yang memiliki ISSN dan menerima… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Investasi Panel Surya Semakin Ekonomis! Tertarik?

Pemerintah terus mendorong investasi panel surya atap untuk digunakan di rumah dan bangunan. Berikut biaya,… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Pemanfaatan Sistem PLTS Atap Untuk Konsumen PLN

Panel surya atap untuk konsumen PLN merupakan salah satu contoh upaya mencari cara termutakhir dalam… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

4 Manfaat Panel Surya di Rumah yang Wajib Kamu Tahu!

Panel surya kini banyak bisa digunakan di rumah, artikel berikut akan membahas manfaat panel surya… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Sunseap mengumumkan proyek PLTS terapung 2,2 GW di Indonesia

Sunseap telah menandatangani nota kesepahaman dengan BP Batam untuk pembangunan 2,2 GW PLTS terapung di Waduk… SELANJUTNYA

3 bulan yang lalu

Panel Anti Surya, sudah tahu apa itu?

PVinAsia - Sudah menjadi rahasia umum bagaimana panel surya bekerja di siang hari, tetapi sudah… SELANJUTNYA

3 bulan yang lalu

This website uses cookies.