Iklan
Panel Surya Atap

Investasi Panel Surya Semakin Ekonomis! Tertarik?

PVinAsia – Pemerintah terus mendorong investasi panel surya atap untuk digunakan di rumah dan bangunan. Pasalnya, hal ini disebabkan dari tren global yang terus memperjuangkan aksi ramah lingkungan. Belum lagi target bauran energi baru terbarukan sebanyak 23 persen, potensi penghematan listrik, dan manfaat ekonomi bagi masyarakat maupun negara.

Iklan

Biaya investasi pemasangan panel surya kini lebih murah 90 persen ketimbang sepuluh tahun sebelumnya. Apabila dulu 1 kilowatt peak sistem panel surya memakan hingga lebih dari ratusan juta per kilowatt peak, maka sekarang Anda hanya perlu menggelontorkan dana sebesar Rp 13-18 juta saja.

Setidaknya, membangun panel surya dapat menghemat pengeluaran Anda sebanyak Rp1,38 juta per bulan atau Rp16,56 juta per tahun. Belum lagi dengan tagihan listrik yang bisa terkuras sekitar ratusan ribu.

Kendati demikian, Anda tetap perlu mewaspadai sejumlah tantangan berinvestasi panel surya sebelum hendak memasangnya. Jangan sampai kaget, jika Anda menemukan betapa banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk pendanaan awal. Ditambah lagi bunga bank yang relatif tinggi dan beberapa produk yang perlu diimpor sehingga perlu memastikan garansi after-sales.

Aspek non-teknis investasi panel surya

Anda bisa mengantisipasi ini dengan memperhatikan aspek teknis maupun aspek non teknis. Di sisi aspek non teknis, memilih pihak penyedia yang tepat bisa menjadi jalan pintas berinvestasi panel surya. Cari tahu latar belakang dan kredibilitas perusahaan. Jangan lupa untuk mencari tahu produk yang ditawarkan, detail garansi, dan lain sebagainya.

Bicara soal pihak penyedia, Anda bisa mengetahui sejauh mana Anda bisa berinvestasi dengan menggunakan panel surya melalui aplikasi SIAP di sini. Masukan saja hal-hal yang diminta dalam formulirnya, termasuk pula pihak penyedia. Barulah Anda akan mendapatkan tagihan listrik terbaru, yang mana bisa dibandingkan dengan menggunakan PLN.

Aspek teknis investasi listrik surya

Jika sudah, Anda bisa merapat ke sisi aspek teknis. Cobalah untuk memilih komponen dengan spesifikasi terbaik, yang mana tetap menunjang satu kesatuan sistem panel surya. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin besar pula biaya yang perlu digelontorkan. 

Kendati demikian, harga tidak menjadi satu-satunya patokan dalam menentukan kualitas. Buktinya masih banyak komponen dengan mutu terbaik yang tidak membebani kantong Anda. Tinggal cermat saja dalam memilihnya, sehingga investasi panel surya Anda dapat lebih maksimal!

Iklan

Apa Komentarmu?

Email Anda tidak akan kami publikasikan Isi kolom dibawah ini *

TERBARU

Hal yang Perlu Ditanyakan Saat Konsultasi Panel Surya

Jika Anda ingin menggunakan panel surya, ada beberapa pertanyaan yang perlu diperhatikan saat Anda sedang… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

PV In Asia Memiliki ISSN Sebagai Media Publikasi Popular

PV In Asia merupakan media publikasi online energi surya pertama yang memiliki ISSN dan menerima… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Pemanfaatan Sistem PLTS Atap Untuk Konsumen PLN

Panel surya atap untuk konsumen PLN merupakan salah satu contoh upaya mencari cara termutakhir dalam… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

4 Manfaat Panel Surya di Rumah yang Wajib Kamu Tahu!

Panel surya kini banyak bisa digunakan di rumah, artikel berikut akan membahas manfaat panel surya… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Sunseap mengumumkan proyek PLTS terapung 2,2 GW di Indonesia

Sunseap telah menandatangani nota kesepahaman dengan BP Batam untuk pembangunan 2,2 GW PLTS terapung di Waduk… SELANJUTNYA

3 bulan yang lalu

Panel Anti Surya, sudah tahu apa itu?

PVinAsia - Sudah menjadi rahasia umum bagaimana panel surya bekerja di siang hari, tetapi sudah… SELANJUTNYA

3 bulan yang lalu

This website uses cookies.