Untungnya Pakai Listrik Surya Atap Berdasarkan Kalkulator SIAP

Sudahkah Anda memilih tenaga surya sebagai kebutuhan energi listrik rumah tangga sehari-hari? Kalau belum, cobalah pikirkan dari sekarang. Pasalnya, sumber tenaga yang satu ini kian populer dari hari ke hari karena hadir sebagai alternatif baru ramah lingkungan bagi segala kalangan usia.

Merujuk pada sumber resmi tahun 2011 silam, Badan Energi Internasional menyatakan bahwa perkembangan teknologi energi surya yang terjangkau, tidak habis, dan bersih akan memberikan keuntungan jangka panjang yang besar suatu saat nanti. Perlahan, pamor energi surya meningkat.

Energi surya sendiri bentuknya berupa sinar dan panas dari matahari. Ia dapat dimanfaatkan dengan menggunakan serangkaian teknologi seperti pemanas surya, fotovoltaik surya, listrik panas surya, arsitektur surya, dan fotosintesis buatan sesuai pilihan Anda untuk di rumah.



Penggunaan energi listrik surya atap, semakin dikukuhkan dengan adanya Permen ESDM No 49 tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Oleh Konsumen PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero). Selanjutnya, Anda dapat menghitung rinci biaya.

Lewat kalkulator Listrik Surya Atap atau kalkulator SIAP, para pengguna listrik tenaga surya dapat melakukan perhitungan secara detail dan menyeluruh. Langkahnya juga mudah, cukup mengisi data pribadi, penggunaan listrik, dan informasi lainnya yang dibutuhkan.

Kalkulator SIAP
Halaman muka Aplikasi web-based Kalkulator SIAP (klik untuk membuka aplikasi)

Untungnya Menggunakan Listrik Surya Atap

Sudah melakukan perhitungan? Ya, kini Anda dapat menyimpulkan sendiri sejauh apa penggunaan listrik sehari-hari. Tentu saja lewat perhitungan tersebut, Anda juga menemukan keuntungan yang bisa didapat dari listrik tenaga surya. Apa saja, kira-kira?

Hal paling mencolok yang terlihat setelah melakukan penghitungan menggunakan Kalkulator SIAP adalah, Anda bisa menghemat biaya hingga puluhan persen dibanding sumber bahan bakar fosil. Kebutuhan rumah tangga sehari-hari juga dapat dipenuhi tanpa kurang sedikitpun.

Jika dibandingkan biaya PLN dan biaya sistem panel surya, selama 10 tahun, maka investasi sistem panel surya lebih rendah. Ya, biaya bulanan yang Anda keluarkan hanya berkisar 60 persen dari biaya PLN. Tentu saja jauh dibanding harga iuran listrik per bulan pada umumnya!

Biaya perawatan cenderung minim, bahkan tidak ada. Perawatan terpenting yang harus Anda lakukan hanya memastikan panel surya agar tidak terkena bayangan. Tantangan lainnya adalah stabilitas radiasi sinar matahari yang bisa naik turun, meski tak terlalu jadi masalah serius.

Perkembangan teknologi energi surya amatlah terjangkau, tidak habis, dan ramah lingkungan. Kondisi ini akan memberikan keuntungan jangka panjang yang besar bagi setiap rumah tangga di dunia, tak terkecuali Indonesia. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah ramah lingkungan.

Energi surya dapat mengurangi polusi, mengurangi biaya mitigasi perubahan iklim, dan menjaga harga bahan bakar fosil supaya tetap rendah dari sebelumnya. Keuntungan-keuntungan tersebut berlaku secara global, termasuk Indonesia.

Kalkulator SIAP
Salah satu hasil perhitungan (dapatkan hasil perhitungan Anda dengan klik di gambar).

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Perhitungan yang dilakukan Kalkulator SIAP, berlaku akurat bagi semua orang. Supaya lebih aman dan lancar tanpa hambatan, ada baiknya Anda memastikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Ruang atap untuk instalasi aman dan dapat menahan beban panel surya.
  2. Kelengkapan alat bantu instalasi dan keamanan diri telah tersedia.
  3. Ruang kerja man dari gangguan anak kecil ataupun karena cuaca.
  4. Koneksi kabel dan pengaman telah diinstalasi dengan sempurna sesuai standar.
  5. Peralatan dan perlengkapan yang digunakan telah lulus uji kualitas dan berfungsi dengan baik.

Perhatikan segala kebutuhan di atas, mengingat ada biaya lain juga yang harus disiapkan di luar penghitungan menggunakan kalkulator SIAP. Yuk, ciptakan lingkungan sehat lewat penggunaan sumber energi listrik surya atap!




Artikel yang mungkin Anda cari:




Tinggalkan Balasan