//Keuntungan Menggunakan Listrik Surya Atap Berdasarkan Kalkulator SIAP

Keuntungan Menggunakan Listrik Surya Atap Berdasarkan Kalkulator SIAP

PVinAsia.com – Sudahkah Anda memilih tenaga surya sebagai kebutuhan energi listrik rumah tangga sehari-hari? Kalau belum, cobalah pikirkan dari sekarang. Pasalnya, banyak keuntungan menggunakan listrik surya atap berdasarkan Kalkulator SIAP.

Merujuk pada sumber resmi tahun 2011 silam, Badan Energi Internasional menyatakan bahwa perkembangan teknologi energi surya yang terjangkau, tidak habis, dan bersih akan memberikan keuntungan jangka panjang yang besar suatu saat nanti. Perlahan, pamor energi surya meningkat.

Energi surya sendiri bentuknya berupa sinar dan panas dari matahari. Penggunaan listrik surya atap memanfaatkan teknologi fotovoltaik dan sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik pada rumah tangga/kantor/pabrik.

Kebijakan Penggunaan Listrik Surya Atap

Penggunaan energi listrik surya atap, semakin dikukuhkan dengan adanya Permen ESDM No 49 tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Oleh Konsumen PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), yang kemudian direvisi dengan Peraturan Menteri ESDM nomor 12/2019, dan Peraturan Menteri ESDM nomor 13/2019.

Dalam peraturan ini, selain mengatur cara main pemasangan listrik surya atap di rumah atau kantor/pabrik, juga dijelaskan mengenai kelebihan produksi listrik surya dapat dijual ke PLN, sebanyak 65% dari jumlah yang dihasilkan panel surya.

Hitung Mudah Dengan Kalkulator SIAP

Bagaimana cara perhitungan dan benefit yang didapat setelah menggunakan listrik surya atap? Dapat Anda ketahui dengan mencoba menghitung melalui Kalkulator SIAP dari PVinAsia.

Lewat kalkulator Listrik Surya Atap atau kalkulator SIAP, para pengguna listrik tenaga surya dapat melakukan perhitungan secara detail dan menyeluruh.

Langkahnya juga mudah karena hanya dibutuhkan 3 tahapan:

  1. Mengisi informasi umum, mengenai :
    1. Nama
    2. Email, dan
    3. Lokasi tempat pemasangan listrik surya Atap
  2. Mengisi informasi penggunaan, mengenai:
    1. Tagihan Listrik Perbulan
    2. Golongan Tarif Listrik, dan
    3. Kapasitas Daya Kwh
  3. Mengisi informasi lainnya, mengenai:
    1. Penyedia solusi
    2. Lama waktu penggunaan, yaitu antara 20 – 30 tahun, dan
    3. Rata-rata kenaikan listrik, yaitu kurang lebih naik 9% setiap tahunnya

Setelah selesai melakukan pengisian, Anda mengklik tombol HITUNG dan Anda akan diarahkan ke halaman hasil.

TAHAP 1

Mengisi informasi umum, mengenai :

  1. Nama Anda.
  2. Email Anda.
  3. Lokasi tempat pemasangan listrik surya Atap.
TAHAP 2

Mengisi informasi penggunaan, mengenai:

  1. Tagihan Listrik Perbulan.
  2. Golongan Tarif Listrik.
  3. Kapasitas Daya Kwh Terpasang.

TAHAP 3

Mengisi informasi lainnya, mengenai:

  1. Penyedia solusi Listrik Surya Atap.
  2. Lama waktu penggunaan, yaitu antara 20 – 30 tahun.
  3. Rata-rata kenaikan listrik, yaitu kurang lebih naik 9% setiap tahunnya.

Keuntungan Menggunakan Listrik Surya Atap

Sudah melakukan perhitungan? Ya, kini Anda dapat menyimpulkan sendiri sejauh apa penggunaan listrik sehari-hari. Tentu saja lewat perhitungan tersebut, Anda juga menemukan keuntungan yang bisa didapat dari listrik tenaga surya. Apa saja, kira-kira?

Hal paling mencolok yang terlihat setelah melakukan penghitungan menggunakan Kalkulator SIAP adalah, Anda bisa menghemat biaya pemakaian listrik PLN hingga ratusan ribu rupiah perbulan.

Setelah menghitung pengembalian investasi, Anda juga bisa merasakan benefit menggunakan listrik surya hingga puluhan tahun, karena masa pakai listrik surya yang cukup lama dan bebas dari tarif listrik PLN yang cenderung untuk terus naik.

Keuntungan Menggunakan Listrik Surya Atap Berdasarkan Kalkulator SIAP
Salah satu hasil perhitungan (dapatkan hasil perhitungan Anda dengan klik di gambar).

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Perhitungan yang dilakukan Kalkulator SIAP, berlaku akurat bagi semua orang. Supaya lebih tepat, ada baiknya Anda memastikan beberapa hal sebagai berikut ketika akan melakukan perhitungan:

  1. Pastikan Anda mengisi setiap bagian informasi kalkukator SIAP secara baik.
  2. Jika Anda pengguna dan ingin tahu lebih lanjut mengenai informasi pemasangan, jangan sungkan untuk mengirimkan kebutuhan Anda ke email kami di halo@pvinasia.com.
  3. Jika Anda penyedia dan ingin menambahkan solusi produk Anda di kalkulator PVinAsia, jangan ragu untuk mengirimkan permintaan tersebut kepada kami via email di halo@pvinasia.com.

Yuk, mulai tren hidup “bersih” lewat penggunaan sumber energi listrik energi terbarukan!