Langkah Awal Memasang Panel Surya di Rumah

Ada 3 langkah awal memasang panel surya di rumah yang perlu diperhatikan oleh pemilik rumah. Langkah-langkah ini berfungsi untuk memaksimalkan potensi dan benefit dari penggunaan panel surya di atap rumah. Langkah – langkah tersebut, yaitu mengetahui:

Kapasitas daya yang ingin dipasang

Rata-rata penggunaan daya PLN di rumah adalah 1300 VA atau 2200 VA atau lebih. Anda dapat menemukan berapa daya rumah anda di bukti pembayaran PLN. Mengetahui daya rumah dapat menjadi informasi awal untuk menentukan penggunaan tipe sistem solar panel dan sebagai acuan untuk menghitung biaya investasi sistem solar panel.

Langkah Awal Memasang Panel Surya di Rumah
Panel surya di Tân Nhựt secondary school in Bình Chánh District, HCM City. Via vietnamnews.vn

Ketersediaan lahan

Luasan areal atap yang anda miliki berpengaruh terhadap berapa jumlah kapasitas sistem solar panel yang dapat dipasang. Idealnya 1 kWp sistem solar panel untuk produksi rata-rata 1000 watt listrik perjammnya, membutuhkan lahan dengan luas ± 2,5 m².



Ada 3 langkah awal memasang panel surya di rumah yang perlu diperhatikan oleh pemilik rumah untuk memaksimalkan potensi dan benefit penggunaan sistem.

Perencanaan sistem panel surya yang matang.

Ketika sudah mengetahui kapasitas yang ingin dipasang dan luas areal lahan yang tersedia, maka selanjutnya adalah melakukan perencanaan sistem. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat dijadikan panduan untuk perencanaan:

  1. Dimana lokasi rumah anda?
  2. Kemana arah atap rumah yang akan anda pasang panel surya?
  3. Apa tipe atap anda?
  4. Berapa derajat kemiringan atap anda?
  5. Berapa jarak antar lokasi pemasangan sistem panel surya di atap dengan panel utama listrik rumah?
  6. Anda membutuhkan sistem panel surya untuk “penghematan” atau “pendukung” daya yang ada?
  7. Seberapa sering PLN area anda melakukan pemadaman?
  8. Berapa dana yang anda punya?
  9. Produk apa yang akan anda gunakan? Bagimana kualitas dan jaminan purna jualnya?
  10. Siapakah yang akan melakukan pemasangan?
  11. Bagaimana pengurusan ijin dan SLO?

 

Dengan menjawab pertanyaan diatas, anda akan lebih mudah dalam memasang sistem panel surya di rumah anda. Jangan segan untuk menghubungi tenaga ahli atau kosultan℠ yang berpengalaman jika anda butuh bantuan.

Sistem solar panel adalah salah satu alternatif penggunaan energi listrik yang ramah lingkungan. Sudah seharusnya, kita mulai beralih menggunakan sumber energi bersih yang tidak pernah akan habis ini. Bagaimana menurut anda?




Artikel yang mungkin Anda cari:




Tinggalkan Balasan