PVinAsia – Sebagai salah satu sumber energi yang dapat diperbarui, energi surya atau energi matahari sekarang dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satu pemanfaatan energi surya adalah sebagai alternatif sumber energi listrik atau dikenal sebagai listrik surya atap. Untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat, tidak heran jika startup yang menjadi pengembang listrik surya atap bermunculan. Berikut lima startup listrik surya atap yang ada di Indonesia.

Lima Startup Listrik Surya Atap 2020

1.    Xurya

PT Xurya Daya Indonesia merupakan salah satu startup energi terbarukan yang menjadi pelopor metode zero-down dan beralih ke tenaga surya. Xurya sendiri saat ini menjadi platform yang akan memberikan nilai tambah untuk pemilik atap dan kontraktor EPC.

Pelayanan yang diberikan untuk pemilik atap, antara lain studi kelayakan, akses green-financing terjangkau, memasok peralatan, dan manajemen konstruksi. Sedangkan untuk kontraktor EPC, Xurya memungkinkan untuk menjadi mitra jangka panjang untuk membantu penyediaan saluran proyek dan mempersingkat siklus penjualan dengan pembiayaan alternatif maupun pembiyaan langsung.

2.    Solar Kita

Solar Kita memiliki layanan yang disebut “end-to-end services” untuk pelanggannya. Sebagai pelanggan, Anda akan diberikan pelayanan berupa konsultasi, survei, instalasi dan aktivasi sistem, hingga pemantauan dan perawatan.

Di tahap konsultasi, akan diberikan analisis mendalam terkait kebutuhan listrik Anda. Begitu urusan konsultasi selesai, maka akan dilakukan survei oleh teknisi. Hasil dari survei akan digunakan untuk merancang desain rencana pemasangan sistem panel surya.

Setelah itu, akan dilakukan instalasi dan aktivasi sistem. Aktivasi dibutuhkan agar listrik surya atap bisa terintegrasi dengan jaringan PLN. Solar Kita juga akan melakukan pemantauan kinerja listrik surya atap di rumah Anda secara rutin. Bukan hanya itu, perawatan berkala juga dilakukan supaya performa panel surya terus terjaga.

3.    Rekasurya Prima Daya

PT Rekasurya Prima Daya atau lebih dikenal Rekasurya saja merupakan salah satu perusahaan PLTS yang sudah terkenal di Indonesia. Rekasurya memfokuskan usahanya dalam bidang PLTS sebagai distributor, importir, dan manufaktur produk PLTS, serta konsultan dan integrator sistem PLTS.

Selain sebagai distributor, tim Rekasurya juga memiliki teknisi untuk melakukan desain, pengadaan, pengiriman, supervisi, instalasi, hingga komisioning PLTS. Sistem PLTS yang ditawarkan, antara lain PLTS on grid, rumah tenaga surya, dan PJU solar cell. Ada juga sistem lainnya, seperti pompa tenaga surya, PLTS off grid komunal dan individual, serta solar home system.

4.    LEIN Power

Startup berikutnya yang juga menjadi pengembang listrik surya atap adalah PT Lembaga Energi Indonesia atau yang dikenal dengan LEIN Power. Pelayanan yang diberikan, meliputi konsultasi, instalasi, dan nikmati listrik surya atap di rumah Anda.

LEIN Power sudah berpengalaman dalam melayani berbagai klien, mulai dari perumahan masyarakat hingga perusahaan. Beberapa perusahaan yang pernah menjadi klien dari LEIN Power, seperti Pertamina, IKPT, PAMA, Energia Prima Nusantara, dan Indonesia Mining Institute.

Proyek yang dikerjakan oleh LEIN Power terbagi menjadi dua kategori, yakni proyek residensial dan komersial. Proyek residensial yang sudah diselesaikan, antara lain di Cibubur Residence, Oriana Permata Bintaro, Grand Wisata Bekasi, Emerald View Bintaro Jaya, dan lainnya. Sedangkan proyek komersial yang pernah dikerjakan, antara lain Amarylis Tower, Patra Lomanis Residence, United Tractors Head Office, dan Indonesia Mining Institute.

5.    ATW Solar

Selanjutnya ada ATW Solar yang memiliki slogan Energy independence for everyone by the power from the sun. Proyek besar yang pertama kali diterima oleh ATW Solar berasal dari salah satu perusahaan bagian Kalbe Group, yakni PT. Kalbio Global Medika.

Selain Kalbe Group, perusahaan lain yang pernah menjadi klien dari ATW Solar, antara lain Summarecon, SCG, BCA, dan BOSCH. Selain itu, Universitas Prasetya Mulya juga pernah menjadi klien dari ATW Solar.

***

Jadi itulah lima startup listrik surya atap di Indonesia yang menjadi pengembang penggunaan panel surya sebagai tenaga listrik. Penggunaan panel surya untuk listrik memang terbukti lebih hemat, sehingga tidak heran jika sekarang banyak masyarakat yang beralih ke pembangkit listrik tenaga surya. Apakah Anda berminat juga beralih menjadi pengguna PLTS?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *