Model Pembiayaan Sistem Energi Surya Di Indonesia

Untuk penggunaan skala rumah tangga, beberapa model pembiayaan sistem energi surya yang dapat digunakan adalah:

Pembelian tunai langsung

Model pembiayaan ini paling lumrah digunakan. Pemilik rumah yang ingin memasang sistem panel surya dapat membeli langsung komponen di pasaran atau menghubungi perusahaan penyedia barang dan jasa sistem panel surya.

Setelah pemilik rumah mengetahui kebutuhan sistem yang akan ia pasang, maka pembeli tinggal melakukan pembelian secara tunai seluruh komponen produk yang akan ia gunakan.

Pembelian ini dapat termasuk barang, pengiriman, pemasangan, perizinan dan perawatan, jika pemilik rumah dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan penyedia barang dan jasa sistem panel surya pada atap.

Selalu pastikan anda mendapatkan informasi yang tepat sebelum melakukan pembelian, sehingga anda bisa mendapatkan kebutuhan yang sesuai dengan harapan anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi ataupun bertanya dengan tenaga ahli yang tepat, guna mematangkan rencana anda. Sayang jika, biaya yang telah dikeluarkan tidak berimbang dengan hasil yang didapat.

Model Pembiayaan Sistem Energi Surya Di Indonesia

Pembelian dengan kredit

Beberapa perusahaan penyedia barang dan jasa sistem panel surya atap telah menyediakan sistem pembiayaan melalui pembelian dengan kredit. Sehingga pengguna hanya menyediakan minimal 30% dari seluruh kebutuhan dana pemasangan. Sisanya akan dibayar sesuai jumlah waktu yang disepakati.

Proses yang dilakukan adalah pemilik rumah dan perusahaan penyedia terlebih dahulu melakukan survei dan menghitung kebutuhan sistem panel surya. Setelah dilakukan persetujuan jumlah kapasitas yang akan dipasang, maka perusahaan penyedia akan memulai pekerjaan hingga selesai.

Pemilik rumah tinggal menunggu pekerjaan selesai dan mulai memanfaatkan energi surya tersebut. Tips untuk pemilik rumah: perhatikan kontrak persetujuan dan biarkan perusahaan penyedia melakukan perawatan gratis untuk anda selama 1 tahun kedepan, sebagai bagian dari garansi yang mereka tawarkan.

Sekarang ini ada beberapa bank dan lembaga keuangan yang dapat menawarkan kredit/leasing sistem energi surya, seperti Bank Mandiri melalui KTA. Sebelum melakukan kredit, pastikan anda memahami semua konsekuensi dan resiko dari kredit.

Pastikan juga waktu dan besaran pembayaran. Hal ini supaya anda dapat mengetahui berapa besar biaya dan benefit yang anda dapatkan dari pemasangan sistem energi surya dengan cara kredit.

Model Pembiayaan Sistem Energi Surya di Indonesia ada dua macam, yaitu tunai atau langsung dan sistem kredit atau pinjaman.

Artikel yang mungkin Anda cari:

Tinggalkan Balasan