Pemanfaatan Atap Rumah Sebagai Sumber Listrik

Pemanfaatan atap rumah sebagai sumber listrik dapat menjadi pilihan untuk memaksimalkan fungsi ruang atap pada bangunan. Terlebih listrik yang dihasilkan gratis dan bebas polusi. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan panel surya di atap rumah.

Pemanfaatan atap rumah sebagai sumber listrik

Atap rumah, selama ini, hanya dimanfaatkan sebagai ruang peneduh dan pelindung bangunan rumah. Namun fungsi tersebut dapat dimaksimalkan secara lebih baik dengan memanfaatkan area tersebut untuk memproduksi energi listrik.

Dengan melakukan pemasangan panel surya pada atap, pemilik rumah akan mampu menyediakan energi listrik secara mandiri bagi kebutuhan harian rumah tangga. Pemerintah juga telah mendukung penerapan ini dengan kebijakan net metering.



Pemanfaatan Atap Rumah Sebagai Sumber Listrik
Aplikasi Panel Surya Atap di Malaysia Oleh SimpliSolar

Jenis penggunaan panel surya pada atap rumah

Panel surya pada atap rumah merupakan salah satu solusi aplikasi sistem panel surya. Pada aplikasi ini panel surya dipasang pada atap rumah agar dapat memanen cahaya matahari secara maksimal.

Secara garis besar, berdasarkan fungsi dan kebutuhannya, ada 4 jenis aplikasi sistem panel surya pada atap yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Grid-Tie; Listrik surya yang produksi dayanya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, agar dapat digunakan kembali sewaktu-waktu oleh beban rumah tangga.
  2. Grid Interactive: Listrik surya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, juga disediakan baterai sebagai cadangan daya, sehingga listrik rumah aman walau PLN padam.
  3. Grid Hybrid; Listrik surya digunakan secara bersama-sama antara PLN dengan genset atau tipe pembangkit lainnya dan mampu menjadi cadangan daya di saat listrik PLN padam.
  4. Off Grid; Listrik surya yang dapat digunakan mandiri tanpa terhubung dengan listrik PLN, karena ketersediaan baterai sebagai cadangan daya.

Perbedaan mendasar dari empat jenis pemasangan panel surya atap tersebut diatas adalah jenis inverter yang digunakan dan pilihan penggunaan baterai atau tidak. Selain Grid Tie, sistem tersebut membutuhkan baterai sesuai kebutuhan rumah tangga. Sementara inverter pada grid tie memiliki proteksi khusus: anti-islanding.

Secara umum, listrik yang dihasilkan panel surya dapat mendukung seluruh bentuk beban yang digunakan. Mulai dari lampu, kulkas, hingga menggerakkan mesin. Namun kesemuanya harus disesuaikan dengan kapasitas produksi panel surya yang dipasang.




Artikel yang mungkin Anda cari:




Tinggalkan Balasan