Iklan
Panel Surya Atap

Pemanfaatan Sistem PLTS Atap Untuk Konsumen PLN

PVinAsia – Seiring perkembangan zaman, semakin banyak pula bermunculan teknologi-teknologi penghasil listrik yang inovatif dan tepat guna. Sebagai upaya mencari cara termutakhir dalam mengefisienkan penggunaan listrik. Salah satu contoh penemuan itu ialah panel surya atap untuk konsumen PLN.

Iklan

Panel surya atap sendiri merupakan pembangkit listrik yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energinya. Berkat modul surya, energi matahari tersebut dapat ditangkap lalu dikonversi menjadi energi listrik.

Kendati demikian, panel surya atap masih menghasilkan listrik dalam bentuk arus searah atau DC sehingga Anda perlu membeli komponen tambahan untuk menghasilkan listrik AC dari panel surya. Beda halnya dengan listrik PLN yang sudah dalam bentuk arus bolak-balik atau AC.

Pertanyaannya, apakah bentuk listrik ini satu-satunya faktor yang menentukan keunggulan panel surya ataupun listrik PLN? 

Biar tidak terburu-buru dalam menilai, ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu apa saja perbedaan antara panel surya dan listrik PLN yang ditunjukkan sebagai berikut.

Polusi yang dihasilkan

Panel surya disebutkan mampu menghasilkan listrik tanpa mengeluarkan polusi sama sekali. Beda halnya dengan PLN, yang dalam pelaksanaannya kerap kali mencemari lingkungan sekitar.

Waktu penggunaan

Poin perbedaan berikutnya terletak pada perbedaan waktu penggunaan di antara keduanya. Dimana panel surya hanya bisa memproduksi energi listrik saat pagi hari menjelang sebelum malam hari. Adapun PLN mampu menghasilkan listrik setiap saat selama bahan bakar fosil masih ada.

Sumber energi yang digunakan

Sumber energi panel surya adalah matahari, yang mana tidak akan pernah bisa musnah sehingga bisa menopang energi listrik rumah secara terus-menerus. Di sisi lain, PLN menggunakan fosil sebagai sumber energi listriknya, yang mana memiliki stok terbatas.

Kesimpulannya untuk konsumen PLN

Untuk konsumen PLN, terpenting selain ketiga hal diatas adalah panel surya mampu memotong tagihan listrik penggunanya. 

Misal, jika Anda masih menggunakan panel surya yang terintegrasi dengan PLN, 1 watt listrik dari panel surya mampu memotong tagihan listrik PLN Anda sebanyak 0,65 watt buat bulan selanjutnya. Artinya, Anda hanya perlu membayar tagihan listrik untuk penggunaan daya sebesar 0,35 watt ditambah dengan biaya konsumsi listrik PLN.

Untuk memastikan perhitungan ini lebih lanjut, Anda bisa menggunakan aplikasi SIAP di sini. Cukup masukan saja data atau informasi yang diminta, mulai dari identitas calon pengguna, informasi seputar penggunaan listrik di rumah, hingga pihak penyedia panel surya yang dipilih. Akan terpampang jelas betapa hematnya listrik yang Anda dapatkan dengan menggunakan panel surya.  

Bisa dibayangkan, betapa lebih murahnya menggunakan listrik rumah seperti ini. Apalagi jika menggunakan panel surya sepenuhnya! Yuk, langsung konsultasikan dengan tim PV in Asia! 

Iklan

Apa Komentarmu?

Email Anda tidak akan kami publikasikan Isi kolom dibawah ini *

TERBARU

Hal yang Perlu Ditanyakan Saat Konsultasi Panel Surya

Jika Anda ingin menggunakan panel surya, ada beberapa pertanyaan yang perlu diperhatikan saat Anda sedang… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

PV In Asia Memiliki ISSN Sebagai Media Publikasi Popular

PV In Asia merupakan media publikasi online energi surya pertama yang memiliki ISSN dan menerima… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Investasi Panel Surya Semakin Ekonomis! Tertarik?

Pemerintah terus mendorong investasi panel surya atap untuk digunakan di rumah dan bangunan. Berikut biaya,… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

4 Manfaat Panel Surya di Rumah yang Wajib Kamu Tahu!

Panel surya kini banyak bisa digunakan di rumah, artikel berikut akan membahas manfaat panel surya… SELANJUTNYA

2 bulan yang lalu

Sunseap mengumumkan proyek PLTS terapung 2,2 GW di Indonesia

Sunseap telah menandatangani nota kesepahaman dengan BP Batam untuk pembangunan 2,2 GW PLTS terapung di Waduk… SELANJUTNYA

3 bulan yang lalu

Panel Anti Surya, sudah tahu apa itu?

PVinAsia - Sudah menjadi rahasia umum bagaimana panel surya bekerja di siang hari, tetapi sudah… SELANJUTNYA

3 bulan yang lalu

This website uses cookies.