Penggunaan Sistem Panel Surya Untuk Rumah Dengan Daya 2200 VA

Bagaimana merencanakan sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA? Berapa biaya sistem panel surya atap untuk rumah 2200 VA jika Anda ingin melakukan pemasangan? Komponen apa saja yang dibutuhkan? Dan bagaimana menentukan sistem yang tepat?

Pertanyaan diatas sering ditanyakan calon pengguna ataupun pengguna yang sudah menggunakan listrik surya, dan ingin melakukan pengembangan. Mungkin Anda pembaca budiman, juga menanyakan hal yang sama.

Artikel PvinAsia kali ini akan mencoba membahas hal tersebut secara lengkap. Artikel ini akan habis dibaca selama 10 menit, jadi pastikan Anda melakukan bookmark untuk menyimpan halaman ini agar dapat dibaca nanti.



Perencanaan sistem panel surya untuk rumah

Di rumah, atap adalah tempat paling sesuai untuk memasang panel surya!

Penggunaan panel surya pada atap rumah dapat memanfaatkan ruang atap sebagai tempat meletakkan panel surya. Sehingga ruang atap, tidak hanya berfungsi melindungi penghuni dari iklim diluar, seperti panas dan dingin, namun juga bermanfaat untuk memproduksi listrik mandiri.

Listrik surya atap akan menguntungkan dari sisi pemanfaatan ruang atap yang selama ini tidak dimanfaatkan, juga menambah alternatif sumber listrik baru, yang bersih dan pro-lingkungan, di rumah Anda! Click To Tweet

Dalam merencanakan pemanfaatan sistem panel surya pada atap rumah Anda, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, yaitu:

  • Dimana lokasi rumah Anda?

sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA
Arah menghadap panel surya secara ideal

Apakah rumah Anda berada di Jakarta? Palembang? Kutai? Makasar? Bali? dan sebagainya. Mengetahui lokasi rumah akan membantu Anda mengetahui potensi daya radiasi matahari yang bisa anda manfaatkan.

Yang perlu Anda ingat adalah jika kota yang Anda tempati dibawah garis khatulistiwa, maka pemasangan panel surya disarankan menghadap utara. Sedangkan jika Anda tinggal di atas garis khatulistiwa, maka pemasangan panel surya menghadap selatan.

Sebagai contoh, Kutai berada di pulau kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur, dan berada di atas garis khatulistiwa. Berarti anda yang tinggal di Kutai memiliki potensi daya matahari maksimal 4,8 kWh/ hari dengan kemiringan panel menghadap selatan.

  • Kemana arah atap rumah yang mau Anda pasang solar panel?

sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA
Pastikan arah menghadap atap rumah Anda.

Apakah rumah Anda menghadap barat? timur laut? selatan? Idealnya atap rumah anda harus menghadap utara atau selatan. Karena dengan begitu, sistem listrik surya akan bekerja dengan lebih maksimal.

Namun jangan khawatir jika ternyata atap Anda tidak menghadap ke arah yang ideal, misalnya atap rumah anda menghadap timur laut.

Panel surya pasti akan mengalami penurunan efisiensi produksi!

Namun, sistem tetap akan berfungsi maksimal dengan perencanaan dan pemilihan solusi komponen produk yang tepat. Temukan jawabannya kasus per kasus, dengan menghubungi rekanan konsultan yang tepat!

  • Apa tipe atap rumah Anda?

sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA
Penyangga panel surya dapat menyesuaikan tipe atap yang digunakan.

Tipe atap rumah akan berpengaruh terhadap pilihan jenis dan tipe struktur penyangga panel surya Anda.

Kebanyakan rumah di Indonesia menggunakan genteng keramik, sehingga dudukan penyangga dapat dipasang diantara sambungan genteng tanpa harus merubah struktur atap Anda.

Dan akan lebih mudah jika ternyata atap Anda adalah dak beton, sehingga saat pemasangan, panel surya dapat mengarah ke arah ideal dan dapat memaksimalkan ruang yang ada untuk meningkatkan produksi panel surya.

  • Berapa luas lahan yang tersedia pada atap anda?

sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA
Semakin besar ruang atap yang bisa digunakan, maka semakin besar potensi listrik surya Anda.

Luasan areal atap yang Anda miliki, berpengaruh terhadap berapa jumlah kapasitas sistem panel surya yang dapat Anda pasang.

Idealnya 1 kWp sistem solar panel untuk produksi rata-rata 1 kWh listrik, hanya membutuhkan lahan dengan panjang ± 1,2 m dan lebar ± 4 m, atau setara ± 4,8 m². Click To Tweet

Mengetahui luasan atap juga dapat mempengaruhi pilihan penggunaan panel surya. Jika ruang terbatas, namun anda ingin memaksimalkan potensi produksi daya, maka Anda dapat memilih panel surya tipe monocystalline yang memiliki efiensi lebih tinggi dibanding tipe panel surya crystalline lainnya.

  • Berapa jarak antar panel surya terpasang di atap dengan panel utama listrik rumah?

sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA
Berapa jauh panel listrik utama rumah Anda?

Setiap susunan panel surya dalam sebuah sistem listrik surya, memerlukan panel kontrol, yang berisi pengaman dan aksesoris lainnya. Panel kontrol ini akan dihubungkan ke inverter, dan diletakkan dekat dengan panel utama listrik rumah.

Peletakan dekat dengan panel utama listrik rumah dilakukan, agar memudahkan dalam pengawasan dan perawatan sistem secara keseluruhan.

Agar hasil yang didapat menjadi maksimal, maka perlu dilakukan perhitungan jarak terjauh, yang mungkin ada, antar panel surya dengan panel utama tersebut. Sehingga dapat menentukan pilihan ukuran kabel dan aksesoris yang tepat.

Persiapan pemasangan sistem panel surya untuk rumah

Setelah Anda mendapatkan dan memahami informasi yang telah anda kumpulkan diatas, maka selanjutnya adalah proses persiapan pemasangan. Adapun beberapa hal yang perlu diketahui adalah:

  1. Menentukan komponen sistem panel surya yang tepat
  2. Melakukan pembelian komponen

Sampai disini, apakah ada pertanyaan? Jangan sungkan untuk bertanya jika ada masalah yang ingin ditanyakan.

Apa kendala Anda dalam perencanaan listrik surya?

1. Menentukan komponen sistem panel surya yang tepat

Dalam pemanfaatan listrik surya, ada 3 Komponen Utama yang harus dipersiapkan dengan baik, yaitu:

  • Panel Surya

Untuk pengguna yang memiliki kWh meter 2200 VA, maka kapasitas panel surya yang disarankan adalah kurang lebih 2000 Wp.

Jika saya ingin menggunakan panel surya berkapasitas 2100 Wp apakah boleh? Jawabannya boleh selama kapasitas panel surya tidak melebihi kapasitas kWh meter PLN terpasang.

Mengapa tulisan ini menyarankan 2000 Wp? karena akan memudahkan perhitungan kapasitas per modul panel surya yang terpasang, yaitu menggunakan 250 Wp sebanyak 8 unit.

Apakah harus menggunakan 250 Wp? Anda tidak harus menggunakan modul panel 250 Wp. Anda dapat menggunakan modul panel 265 Wp, 270 Wp atau, modul panel terbesar yang ada dipasaran sekarang, 300Wp. Bebas! Selama kapasitas total unit yang digunakan, tidak melebih kWh meter PLN terpasang dan jumlah terpasang muat pada atap anda.

  • Inverter Grid Tie

Untuk memaksimalkan output panel surya, maka inverter grid tie yang dapat digunakan adalah minimal 2000 watt.

Dapatkah saya menggunakan inverter diatas 2000 watt, misalnya 3000 watt? Bisa saja, namun perhatikan batas minimum kerja inverter, apakah sesuai dengan keluaran tegangan dan arus array panel surya Anda.

  • Balance of System (BoS)

BoS adalah komponen pelengkap yang harus ada, untuk menambah kehandalan kerja sistem. Termasuk dalam komponen ini adalah: penyanga panel surya, tipe rel berbahan alumunium, kabel PV, DC disconnect, MCB DC minimal 10A, MCCB DC minimal 60A, surge arester, MCB AC, dan kotak panel IP65 beserta kelengkapan lainnya.

Saya tidak memahami BoS, apakah ini berguna? Tentu, kami tekankan bahwa BoS harus anda gunakan untuk menjamin kualitas kehandalan sistem anda. Karena tanpa sistem pengaman ini, sistem panel surya anda sangat berisiko mengalami kegagalan.

Menentukan produk diatas, terkesan sangat mudah. Namun, kami sangat menyarankan Anda untuk tetap berkonsultasi dengan ahlinya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama kedepannya. Karena resiko luka, hingga kematian, dapat terjadi saat berhadapan dengan sistem ini!

2. Melakukan Pembelian Komponen

Dalam melakukan pembelian komponen, anda akan selalu diminta untuk mengecek garansi dan purna jual. Namun jangan lupakan kredibilitas penjual anda dan pahami trik berikut untuk mengetahui kualitas komponen produk surya:

#Garansi terbaik

Selalu pastikan bahwa Anda mendapatkan garansi produk dari komponen yang anda beli. Karena melalui klaim garansi, anda bisa mendapatkan jasa perbaikan hingga pergantian produk, jika terjadi kendala pada komponen produk anda.

#Purnajual dengan pusat perbaikan yang jelas

Banyak penjual, yang hanya menyediakan satu-dua contoh dari produk mereka, dan seringkali terdiri dari berbagai merek. Sehingga kelangsungkan keberadaan alat dari merek tersebut di pasaran secara berkelanjutan, patut dipertanyakan.

Belilah komponen produk sistem panel surya dari penjual yang dapat menunjukkan dimana mereka dapat dikunjungi, jika terjadi masalah. Click To Tweet

Dan pastikan layanan telepon 24 jam mereka betul ada!

#Kredibilitas penjual

Dengan Toko Online, semua orang dapat menjual barang. Namun tidak semua orang dapat memberikan jaminan barang yang mereka jual.

Membeli komponen sistem panel surya harus pada penjual yang kredibel dan profesional, sehingga Anda dapat merasakan kenyamanan dan rasa aman. Click To Tweet

Pastikan mereka memiliki jaringan merek produk yang cukup luas, dan telah memiliki pusat layanan offline, minimal di kota yang dapat Anda jangkau. Sehingga mudah bagi Anda untuk melakukan komunikasi, terkait produk yang Anda beli.

#Trik membeli komponen produk sistem panel surya

Pertama: jaminan garansi, sertifikat kualitas dan ISO, Hasil uji, ataupun TKDN hanyalah lembaran kertas, dan hanya menjelaskan sedikit mengenai barang yang Anda beli. Pastikan selalu cek secara visual produk yang beli.

Kedua: Dalam pengecekan visual, pastikan tidak ada cacat, rusak, ataupun kondisi yang tidak sewajarnya ada pada produk baru. Jangan ragu untuk meminta pergantian produk, jika Anda tidak yakin dengan produk yang Anda lihat.

Ketiga: Semua produk dari produksi masal, pasti beberapa akan mengalami gagal produksi. Jangan terbuai harga murah, untuk merek yang sama. Selalu pastikan alat berfungsi sesuai dengan yang ditawarkan.

Berapa harga masing-masing komponen produk sistem panel surya?

  • Panel Surya

Untuk di Indonesia, pada 2018, harga eceran tertinggi panel surya mencatat harga terendah berkisar pada Rp. 8,500.- per Wp dan harga tertinggi pada Rp. 12,500.- per Wp, dengan rata-rata harga pada Rp. 10.500,- per Wp.

Sehingga rata-rata harga panel surya kapasitas 2000 Wp adalah Rp. 21.000.000,-

  • Grid Tie Inverter (GTI)

Untuk di Indonesia, pada 2018, harga eceran tertinggi GTI mencatat harga terendah berkisar pada Rp. 2,000.- per watt dan harga tertinggi pada Rp. 8,000.- per watt, dengan rata-rata harga pada Rp. 5,000.- per watt.

(Sumber: Tokopedia, Bukapalak, diakses pada 19/09/2017 17:50 PM, 1 USD = 13,277.47 IDR, belum termasuk pajak dan biaya lainnya yang mungkin ada | Catatan: harga GTI yang tercantum adalah harga GTI yang umum ditemukan di pasaran Indonesia.)

Sehingga rata-rata harga inverter untuk kapasitas 2000 watt adalah Rp. 10,000,000,-

  • Komponen pelengkap lainnya

Untuk komponen pelengkap lainnya, total biaya yang harus dikeluarkan rata-rata berkisar 15-25% dari total keseluruhan biaya pemasangan sistem panel surya. Komponen ini termasuk penyangga panel surya, pengaman, aksesoris, dan produk kelengkapan lainnya.

Pastikan Anda mengetahui secara detail apa yang Anda dapatkan, dalam komponen pelangkap lainnya ini.

Catatan! Beberapa penyedia, juga memasukkan jasa pengiriman, pemasangan, izin pemasangan dan perawatan, ke dalam biaya komponen pelengkap lainnya ini.

Jadi perhatikan dengan baik, penawaran yang diberikan oleh penjual.

Dan jangan ragu untuk melakukan perbandingan terlebih dahulu. Agar Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik.

Total rata-rata biaya untuk komponen BoS dan kelengkapan lainnya ini, untuk kapasitas 2000 watt, adalah kurang lebih Rp. 8.500.000,- (dapat berubah sesuai penawaran masing-masing penjual).

  • KESIMPULAN: Total investasi sistem panel surya

Nilai investasi yang harus disediakan untuk memasang listrik surya bagi rumah 2200 VA, adalah kurang lebih sebesar Rp. 39,500,000,- Click To Tweet

Harga termasuk panel surya kapasitas 2000 Wp, Inverter minimal 2000 watt, BoS dan kelengkapan lainnya.

Perhatikan lagi penawaran yang diberikan. Beberapa penjual telah menyediakan gratis pengiriman, pemasangan, pengurusan ijin dan perawatan untuk harga yang tertera. Jadi, bijaksanalah.
Menurut Anda harga ini mahal?

Jujur, nilai ini pasti akan mencegangkan untuk sebagian orang, karena jumlahnya yang cukup besar. Tapi apa yang sebenarnya terjadi selama masa penggunaan?

Kita coba lihat perbandingan #BiayaPLN dengan #BiayaPanelSurya berikut:

#BiayaPLN

Jika biaya rata-rata pemakaian listrik pelanggan 2200 VA adalah Rp. 500.000,- setiap bulannya (Tarif listrik yang digunakan adalah tarif bulan Juli-September 2018 sebesar Rp. 1.467,28/kWh), maka selama 10 tahun pelanggan tersebut akan membayar sebesar Rp. 60.000.000,-.

Namun perlu diingat, nilai ini tanpa melihat kenaikan tarif listrik setiap tahunnya.

Perbulan, Rata-rata pemakaian listrik pelanggan 2200VA adalah 340,77 kWh, dimana setiap harinya pengguna memakai kurang lebih 11,36 kWh (nilai ini dapat berbeda sesuai karakter penguna).

#BiayaPanelSurya

Biaya pemasangan sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA adalah Rp. 39,500,000,- untuk masa pakai 5-10 tahun, atau setara perbulan Rp. 330,000,-.

Biaya perawatan cenderung minim, dan bahkan tidak ada. Perawatan terpenting hanya memastikan panel surya tidak terkena bayangan.

Dengan kapasitas panel surya 2000 Wp, maka rata-rata listrik yang dapat digunakan sebesar 210 – 270 kWh perbulan, atau  7 – 9 kWh per hari (tergantung radiasi matahari pada hari tersebut).

#Konklusi perbandingan

Jika dibandingkan biaya PLN dan biaya sistem panel surya, selama 10 tahun, maka investasi sistem panel surya lebih rendah, dengan biaya bulanan hanya 60% dari biaya PLN. Click To Tweet

Ketersediaan energi listrik panel surya juga mampu memenuhi ± 79% dari kebutuhan total konsumsi listrik rumah.

Walaupun sistem panel surya ini sangat bergantung dengan keberadaan PLN untuk mendukung kehandalan sistem, saat matahari tidak bersinar.

karena ketersediaan matahari yang tidak dapat bersinar 24 jam, terus menerus, di Indonesia.

Pemasangan sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA

Setelah seluruh perencanaan dan persiapan diatas telah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah melakukan pemasangan sistem panel surya untuk rumah dengan daya 2200 VA.

Beberapa penjual sistem listrik surya telah memberikan paket produk, jasa pengiriman, pemasangan, pengurusan izin dan perawatan, dalam satu solusi yang mereka tawarkan. Click To Tweet

Jika ini terjadi, Anda tidak perlu repot untuk melakukan pekerjaan pengiriman, pemasangan, perizinan, pengecekan kehandalan sistem (commisioning) dan mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO).

Cukup duduk manis, dan semua pekerjaan dilakukan penjual. Hingga perawatan dan pengecekan kerusakan pun dapat menjadi tanggung jawab penjual.

Namun, jika pun Anda ingin mencoba melakukan pemasangan sendiri, pastikan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan ruang atap untuk instalasi aman dan dapat menahan beban panel surya.
  2. Pastikan kelengkapan alat bantu instalasi dan keamanan diri telah tersedia, sebagai pendukung proses pekerjaan Anda.
  3. Pastikan ruang kerja Anda aman, baik dari gangguan anak kecil ataupun karena cuaca.
  4. Pastikan selalu koneksi kabel dan pengaman telah diinstalasi dengan sempurna, berdasarkan standar yang ada.
  5. Pastikan peralatan dan perlengkapan yang digunakan telah lulus uji kualitas dan berfungsi dengan baik.

Hal penting yang perlu diketahui lainnya

Apakah Anda sudah siap untuk menggunakan sistem listrik surya di rumah Anda?

Jangan Ragu untuk bertanya, jika ada uneg-uneg yang yang ingin disampaikan.

Apa uneg-uneg Anda terkait listrik surya?

Net Metering untuk kWh EXIM: Panel Surya terkoneksi PLN

Di Indonesia, untuk penggunaan listrik surya di rumah sudah diperbolehkan secara legal dan didukung pelaksanaannya oleh pemerintah, baik PLN ataupun Kementerian ESDM, sejak 2013.

Dasar hukum pelaksanaannya adalah:

  1. Peraturan Direksi PT. PLN (Persero) Nomor 0733.K/DIR/2013 tentang Pemanfaatan Energi Listrik dari Fotovoltaik oleh Pelanggan PT. PLN (Persero).
  2. Surat Edaran Direksi PT. PLN (Persero) Nomor E/DIR/2014 tentang Ketentuan Operasional Integrasi Fotovoltaik Milik Pelanggan ke Dalam Area Sistem Tenaga Listrik PT. PLN (Persero).
  3. Peraturan Direksi PT. PLN (Persero) Nomor P/DIR/2016 tentang (SPLN D5.005-1:2015) persyaratan teknis interkoneksi sistem fotovoltaik (PV) pada jaringan distribusi jaringan rendah.
Sistem panel surya di rumah Anda dapat bekerja bersamaan dengan PLN, melalui sistem net-metering. Click To Tweet
Net Metering adalah sebuah sistem layanan, dimana listrik yang dihasilkan oleh sistem pembangkit listrik tenaga surya yang memenuhi syarat di rumah tangga dapat tersambung (dikirim) ke jaringan distribusi PLN, yang kemudian dapat digunakan kembali untuk konsumsi oleh rumah tangga tersebut.

Sehingga pelanggan dapat mengirim (ekspor) produksi listrik harian mereka, dan sekaligus mengkonsumsi (impor) listrik dari PLN untuk digunakan kembali.

Dimana PLN wajib untuk mengkredit energi yang dihasilkan oleh tenaga surya ke rekening pelanggan.

Kewajiban ini memberikan keuntungan bagi pelanggan pada saat akan melakukan pembayaran listrik pada akhir bulan, yaitu pelanggan hanya tinggal membayar selisih konsumsi listrik yang telah mereka pakai (impor dikurangi ekspor).

Pelanggan wajib memasang kWh meter tipe EXIM dan akan menerima tagihan bukti ekspor impor (yang dapat dibandingkan dengan log pada inverter) setiap bulannya.

Baca Selanjutnya: Memahami kWH EXIM untuk Sistem Listrik Surya

Beli tunai mahal, kredit bisa?

Ada beberapa penjual sistem panel surya atap telah menyediakan sistem pembiayaan melalui pembelian dengan kredit. Click To Tweet

Sehingga pengguna hanya menyediakan dana minimal 30% dari seluruh kebutuhan dana pemasangan. Sisanya akan dibayar sesuai jumlah waktu yang disepakati.

Dimana bisa menemukan penjual seperti ini? Belum banyak memang, tapi PVinAsia bisa membantu untuk menghubungkan Anda dengan penjual yang tepat.

Namun ada syaratnya jika mau dibantu: Sudah harus kudu wajib beli, kalau cuma “nanya aja” kelaut dulu deh!

Piknik, seneng-seneng, refresh otak, terus baca ulang lagi artikel ini. Jika sudah paham, bisa tinggalin komentar dibawah atau tanya via Layanan Konsultasi Ini! Gratis.

Jadi, bagaimana selanjutnya?

Apakah Anda siap melakukan pemasangan? Atau perlu pikir-pikir lebih jauh?

Apapun yang Anda putuskan, kebutuhan dunia mengarah pada pemenuhan listrik melalui energi terbarukan. Ikut sekarang atau nanti, pro ataupun kontra, sistem panel surya sudah membuktikan diri layak untuk digunakan dalam skala rumah tangga.

Sistem panel surya sudah membuktikan diri layak untuk digunakan dalam skala rumah tangga #goingsolar #listriksurya Click To Tweet

Semoga artikel diatas bisa menjelaskan sedikit banyak tentang sistem listrik surya atap dan bagaimana proses memasangnya dari awal hingga akhir.

Sistem listrik surya ini, pasti ada kelemahan. Namun juga memiliki banyak kelebihan.

Jika ada niat, pasti ada jalan. Jika Anda masih ragu untuk melakukan pemasangan, jangan tunggu besok! Segera kasih tahu kami, keraguan apa yang masih bersemayam di benak Anda melalui kolom komentar.

Jika Anda sudah yakin, untuk mulai meniti jalan bersama panel surya. Boleh juga kasih komen. Siapa tahu ada yang kami bisa bantu. Asal bukan bantu beli ;p

Jika Anda salah satu penyintas, bisa kasih komentar juga tentang pengalaman Anda selama ini menggunakan listrik surya. Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat rekan yang lain.




Artikel yang mungkin Anda cari:




4 tanggapan pada “Penggunaan Sistem Panel Surya Untuk Rumah Dengan Daya 2200 VA”

  1. Apabila membutuhkan distributor di makassar ,silahkan menghubungi kami,
    PT.Makassar Indo Tape
    Jl.S.Poso 32 Makassar

    A.Djaya wijaya Ojong
    HP./WA: 087841196768

  2. Saya tidak bisa menemukan agen yg bisa memasang panel surya di kota saya bukittinggi. Dan itu perlukan untuk tempat klaim jika terjadi kesalahan nantinya

    1. Halo kak. Iya, Kami juga merasakan kesulitan yang sama ketika ada rekan-rekan di sumatera atau kalimantan butuh tenaga ahli untuk panel surya. PVinAsia sekarang sedang kumpulkan direktori penjual sistem PV di Indonesia, semoga bisa segera selesai ya kak. Untuk membantu rekan-rekan.

Tinggalkan Balasan