33 Penyedia Listrik Tenaga Surya Di Indonesia

Siapa yang menjual listrik tenaga surya di Indonesia? Dimana menghubungi mereka? Dan sejauh apa kualitas produk dan jasa yang mereka tawarkan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut, mungkin banyak Anda tanyakan ketika akan menggunakan listrik tenaga surya.

Artikel ini akan memberikan panduan 33 penyedia produk atau jasa sistem listrik surya kepada Anda, untuk dapat menjadi referensi Anda jika dibutuhkan.



33 penyedia ini kami simpulkan dalam beberapa kategori: Pabrikan pemilik merek, Perusahaan EPC (Engineering, Procurement, dan Construction) dan O&M (Operational and maintenance), Konsultan dan Pakar, Komunitas, Media dan E-commerce.

Artikel ini akan habis dibaca selama  12 menit, dan pastikan Anda melakukan bookmark untuk menyimpan artikel ini agar dapat dibaca kembali sewaktu-waktu.

Pabrikan pemilik merek produk listrik surya

Pabrikan pemilik merek adalah produsen produk panel surya, inverter ataupun baterai, yang telah memproduksi produk mereka sendiri dengan merek yang telah dikenal publik.

Kelebihan pabrik pemilik merek adalah mereka memiliki pabrik produksi, baik berada di Indonesia ataupun luar negeri, dan layanan purna jual yang diakui, baik sebagai pusat layanan ataupun servis.

Membangun merek agar dikenal publik (brand awarness) bukan hal yang dibangun semalam, perlu kerja keras dan komitmen terhadap kualitas sehingga para penyedia ini dapat berada pada posisi seperti sekarang.

1. Schneider Electric Indonesia – Bisnis Surya

Tidak dapat dipungkiri, merek asal Perancis yang berdiri sejak 1800an ini, telah lama dikenal di pasar Indonesia sebagai suplier komponen elektronik.

Berkembang dengan pesat, beberapa tahun belakangan, Schneider juga terlibat dalam perkembangan dan bisnis teknologi listrik tenaga surya, melalui lini bisnis surya (Schneider Electric Solar) mereka.

Schneider memproduksi komponen solar charger, inverter dan beberapa komponen pendukung lainnya sebagai solusi integrasi sistem listrik surya. Click To Tweet

Menurut laman blog mereka, Schneider telah memenangkan Penghargaan Industri Listrik Surya Untuk Elektrifikasi Pedesaan di Indonesia pada 2015 lalu.

2. PT Sky Energy Indonesia Tbk

PT Sky Energy Indonesia Tbk merupakan produsen panel surya IPO pertama di Indonesia, dengan kode emiten JSKY. Click To Tweet

Didirikan pada 2008, total aset Sky Energy diestimasi telah meningkat menjadi Rp448,58 miliar, yang terdiri dari liabilitas Rp347,93 miliar dan ekuitas Rp106,61 miliar, hingga 2017 lalu.

Bekerjasama dengan Hitachi High-Technologies, JSKY telah mengoperasikan pabrik panel surya dan pencetakan sel surya di Bogor.

Sebagai pabrikan panel surya, JSKY menyediakan beberapa tipe kapasitas panel surya jenis crystalline, mulai dari 10 Wp hingga 310 Wp.

Sebagai catatan, 36% pendapatan JSKY berasal dari ekspor.

3. PT. Sundaya Indonesia

Terkenal dengan varian produk Joulelite, Joulstick ataupun Ulitium solar light kit, Sundaya telah menyasar jutaan pengguna pedesaan di dunia.

Produk Sundaya fokus pada solusi sistem mini DC, yang diperuntukkan bagi penerangan. Click To Tweet

Banyak perusahaan kelas dunia, seperti Total, yang menggunakan solusi ini, sebagai bagian dari program bantuan mereka.

Didirikan pada 1993, Sundaya telah berkembang hingga kini memiliki 3 cabang, baik di Indonesia melalui PT Sundaya Indonesia, di Swedia melalui Sundaya Nordic AB dan di Cina melalui Sundaya Clean Energy Co. Ltd.

4. PT. LEN Industri (Persero)

PT. LEN Industri (Persero) didirikan sejak tahun 1965, dan kemudian bertranformasi menjadi sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada tahun 1991, dengan kepemilikan saham 100% oleh Pemerintah Republik Indonesia.

PT. LEN Industri (Persero) memiliki lini bisnis utama memproduksi produk-produk dalam bidang elektronika, yang salah satunya adalah produsen panel surya tipe crystalline. Click To Tweet

Salah satu pencapaian LEN Industri adalah memasok, membangun dan mengoperasikan, melalui anak perusahaannya, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terbesar di Indonesia, berkapasitas 5 MWp di Kupang, NTT, pada 2015.

5. PT. Surya Utama Putra

PT. Surya Utama Putra, merupakan salah satu pabrikan panel surya dari Indonesia.

Berpusat di Rancaekek, Jawa Barat, SUP mampu memproduksi panel surya hingga 20 MW per tahunnya.

Varian panel surya yang diproduksi adalah jenis polycrystalline dan monocrystalline.

6. PT. Nipress Tbk

PT. Nipress Tbk merupakan pabrik baterai tertua, berdiri pada 1970, di Indonesia dan sekaligus satu-satunya perusahaan publik baterai yang terdaftar di bursa saham.

Tercatat dengan kode NIPS, Nipress memiliki produk utama aki motor, aki mobil dan aki industri (merek NS dan Maxlife). Varian aki industri merupakan jenis yang paling banyak digunakan untuk mendukung sistem listrik surya di Indonesia.

Sebagai sebuah merek, produk Nipress sudah menjangkau hampir semua belahan dunia dan telah memasuki berbagai OEM (Original Equipment Manufacturer).

Pada 2016, melalui blog perusahaan, NIPS mengklaim sebagai pabrik baterai lithium pertama di Indonesia.

7. Luminous

Luminous mengembangkan sayap di pasar Indonesia dengan dengan menawarkan produk inverter dan charger, termasuk panel surya, hingga baterai.

Luminous merupakan salah satu perusahaan asal India yang telah diakuisisi oleh Schneider electric pada April 2011 lalu. Click To Tweet

Sehingga tidak mengherankan jika merek ini berhasil menyabet beberapa penghargaan di negara asalnya, seperti:

Market Penetration Leadership Award, penghargaan Frost & Sullivan “Market Penetration Leadership Award” di Asia Pasifik untuk inverter DC-AC dalam pasar energi yang tidak dapat diperbaharui.

Penghargaan MNRE CRISIL SP1A Grade, Penghargaan untuk kapabilitasnya sebagai sistem integrator dalam segmen fotovoltaik.

Pemenang status “Consumer Superbrand”, Dalam kategori inverter dan baterai inverter periode 2014/15.

8. PT. Indodaya Surya Lestari

PT. Indodaya Surya Lestari memperkenalkan merek ICA Solar pada publik Indonesia untuk produk listrik surya yang mereka jual.

Produk-produk tersebut melingkupi inverter, charger, baterai dan panel surya.

Awalnya ICA Solar telah terlebih dahulu fokus pada pengembangan inverter, lalu kemudian berkembang menjadi penyedia solusi listrik tenaga surya secara keseluruhan.

Rekomendasi artikel lainya:

9. Weston Energy

Weston Energy merupakan salah satu perusahaan rintisan (startup) yang berfokus pada inovasi produk inverter DC ke DC.

Walaupun belum rilis secara resmi untuk publik, produk Weston energy sudah mulai diuji coba dan di standarisasi kan. Agar dapat menjadi solusi maksimal bagi masyarakat di wilayah Indonesia yang belum mendapatkan listrik.

Langkah Weston energy perlu ditunggu pada tahun-tahun mendatang.

Perusahaan ini juga merupakan satu di antara sekian startup yang berkesempatan mengikuti program akselerasi Plug-and-Play batch kedua pada kuartal pertama tahun 2018.

Perusahaan EPC listrik tenaga surya Indonesia

Perusahaan EPC yang dimaksud adalah perusahaan kontraktor yang bertanggung jawab atas semua kegiatan pemasangan listrik tenaga surya mulai dari desain, pengadaan, konstruksi, hingga komisioning dan serah terima proyek kepada Pengguna Akhir, yaitu Anda.

Perusahaan seperti ini lumrah digunakan untuk membantu memudahkan pengguna dalam mengaplikasikan solusi sistem listrik surya yang dipilih.

Cakupan perkerjaan, tidak hanya dalam skala besar, seperti industri dan komersial, namun juga dapat melakukan pemasangan listrik tenaga surya pada rumah tangga dan kantor.

10. WedoSolar

PT. Wedosolar Indonesia, yang berkantor di Tangerang ini, memberikan solusi yang cukup luas untuk penggunaan listrik surya.

Mulai dari penerangan jalan umum tenaga surya, listrik surya off grid, hingga listrik surya atap, baik tipe grid tie ataupun hybrid.

Untuk pekerjaan EPC, PT. Wedosolar Indonesia menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia. Pengalaman mereka terbanyak di Jakarta dan Tangerang, dan juga dapat memasang solusi di luar pulau jawa, seperti Pekanbaru.

Kunjungi website mereka di:
http://wedosolarindonesia.com/

11. LEIN Power

PT. Lembaga Energi Indonesia atau dikenal LEIN Power merupakan Kontraktor EPC (Engineering Procurement Construction) dan O&M (Operation & Maintenance) listrik surya.

Solusi listrik tenaga surya yang mereka berikan diperuntukkan bagi kebutuhan perumahan dan komersial.

Berkantor di Jakarta, LEIN Power melakukan pekerjaan hampir diseluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bintaro, Bekasi, Bogor, Cilacap, Raja Ampat, hingga Wakatobi.

Kunjungi website mereka di:
http://leinpower.com/

12. ATWSolar

PT. ATW Sejahtera atau ATW Solar dapat memberikan solusi listrik tenaga surya untuk kebutuhan bangunan rumah, komersial dan industri.

Perusahaan yang berkantor di Jakarta ini, berpengalaman dalam memasang sistem berkapasitas mulai dari 2 kWp hingga lebih dari 200 kWp.

Seperti dikutip dari laman blognya, ATW Solar telah memasang listrik surya atap di kluster perumahan Verdi dan Vivaldi, Summarecon Serpong, yang diklaim sebagai yang pertama di Indonesia.

Kunjungi website mereka di:
http://atw-solar.id/

13. Contained Energy

Contained energy beroperasi memberikan solusi listrik surya sejak 2004. Perusahaan ini telah membidani lebih dari ratusan proyek listrik surya, dengan total kapasitas lebih dari ribuan kilowatt.

Solusi yang ditawarkan, baik menggunakan sistem grid tie, hybrid ataupun off grid, meliputi solusi untuk perumahan, komersial, dan komunitas.

Pencapaian terbesar mereka adalah pemasangan 883kWp On Grid untuk pemenuhan kebutuhan pabrik gas Samator, Gresik, pada 2016.

Kunjungi website mereka di:
http://www.containedenergy.com/

14. TML Energy

TML Energy merupakan perusahaan EPC, yang mulai beroperasi sejak 2011 dan berkantor di Bandung.

Banyak penghargaan yang diterima oleh perusahaan ini, salah satunya adalah “Top 5 Best EPC Company in Indonesia in Best Eletricity Award 2016” yang diberikan oleh SWA and majalah Listrik Indonesia.

Salah satu pencapaian mereka adalah memasang listrik surya atap di komplek RU IV Cilacap Pertamina dengan total kapasitas 1,15 MWp.

Kunjungi website mereka di:
https://www.tmlenergy.co.id/

15. Global Energy

PT. Global Dimensi Mandiri atau Global Energy, merupakan perusahaan EPC yang fokus pada penyediaan solusi hybrid dan off grid. Perusahaan ini berkantor di Bekasi.

Jangkauan kegiatan mereka lebih didominasi oleh pemasangan di Wilayah Timur Indonesia, seperti NTT, Maluku dan Papua.

Pada 2018 ini, mereka juga membuka lini bisnis untuk membantu pengguna grid tie / on grid dalam melakukan pemasangan solusi sistem di rumah.

Kunjungi website mereka di:
https://gdmenergy.com/

16. Adyasolar

Adyasolar merupakan salah satu lini bisnis dari PT. Adyawinsa Electrical And Power, yang dimulai tahun 2009 di Cikarang. Perusahaan ini juga telah memiliki sebuah pabrik panel surya berkapasitas 10 MWp per tahun.

Cakupan bisnis listrik surya mereka meliputi sistem grid tie, hybrid ataupun off grid, yang telah menjangkau dari Barat Sumatera hingga pelosok papua.

salah satu pencapaian terbesar Adyasolar adalah membangun proyek skala IPP berkapasitas 2 MWp, bersama PT. Brantas Abipraya (Persero), di Gorontalo.

Kunjungi website mereka di:
http://adyasolar.com/

17. PompaTenagaSurya

PompaTenagaSurya.com merupakan lini usaha yang berdiri dibawah manajemen CV. Sinar Harapan, sebagai partner resmi, Premium Sales and Service Partner, dari LORENTZ solar water pump.

Solusi listrik surya dari perusahaan yang berkantor di Surabaya ini didominasi untuk kebutuhan pompa air, baik untuk kebutuhan individu ataupun pemerintah.

Perusahaan ini dapat menjangkau Indonesia bagian timur dengan solusinya.

Kunjungi website mereka di:
http://www.pompatenagasurya.com/

18. Rekasurya

PT Rekasurya Prima Daya adalah perusahaan EPC yang fokus dalam pemasangan solusi listrik surya sistem off grid, hybrid, grid tie, penerangan jalan umum dan pompa air.

Berkantor pusat di Kota Bandung, Rekasurya telah menjangkau hampir seluruh pulau di Indonesia.

Perusahaan ini berpengalaman dalam memasang listrik surya dengan kapasitas dibawah 1 kWp hingga puluhan kWp, baik untuk kebutuhan rumah tangga, industri ataupun proyek pemerintah.

Kunjungi website mereka di:
http://www.rekasurya.com/

19. SUN

PT Surya Utama Nuansa merupakan perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di bidang energi tebarukan. Solusi yang mereka tawarkan ditujukan kepada rumah tangga, industri dan pemerintah.

Pengalaman perusahaan ini banyak dilakukan di daerah belum terdapat akses listrik, melalui kerjasama pembiayaan dengan perusahaan yang menyediakan CSR.

Selain itu, perusahaan yang berpusat di Tangerang ini, juga menawarkan 3 metode pembayaran untuk pembelian solusi listrik surya mereka: melalui sistem pembelian (1) Tunai; (2) Kredit; dan (3) Sewa beli.

Kunjungi website mereka di:
http://suryautamanuansa.com/

20. Go-surya

PT. Permata Sinergi Madani melalui lini binis Go Surya, menyediakan solusi pemasangan listrik surya hybrid dan off grid.

Beberapa portfolio sistem yang telah mereka pasang tersebar mulai dari Jakarta, Balikpapan, hingga NTT.

Perusahaan ini berkantor pusat di Bandung.

Kunjungi website mereka di:
http://gosurya.co.id/

21. JARWINN Energy

PT. JARWINN Feliciti Hotape didirikan di Indonesia pada tahun 2016 dengan kantor pusat di Bekasi dan workshop di Cikarang.

Fokus layanan perusahaan ini adalah pada sistem on grid dan off grid, baik untuk perumahan, komersial ataupun industri.

Namun belum ada informasi lebih jauh mengenai pengalaman mereka, sekarang ini.

Kunjungi website mereka di:
https://jarwinn.com/

22. GPS Energy

PT. GPS Energy merupakan partner resmi, Premium Sales and Service Partner, dari LORENTZ solar water pump.

Berkantor di Bekasi, GPS Energy banyak menjangkau wilayah pulau di Indonesia, untuk membantu pengadaan, pemasangan dan perawatan solusi listrik surya untuk pompa air.

Kunjungi website mereka di:
http://www.gpsenergy.co.id/

23. SEDAYU

PT Selaras Daya Utama  atau disingkat SEDAYU, merupakan salah satu perusahaan EPC bidang energi surya yang berpusat di Jakarta.

Solusi yang mereka sediakan mulai dari sistem On Grid / grid tie, hybrid, off grid dan beberapa produk energi surya lainnya, baik untuk kebutuhan perumahan, kantor (seperti Pertamina, BI dan PLN), juga Industri.

Beberapa proyek mereka menjangkau hingga Lampung, Jakarta, Bogor, Halmahera dan papua.

Kunjungi website mereka di:
http://www.sedayu.com/

24. Sunergy

UD. Sunergy Indonesia merupakan pemasok solusi listrik surya, khususnya, untuk kebutuhan maritim, seperti lampu navigasi tenaga surya.

Menurut laman web nya, usaha yang berpusat di Kebumen ini, telah berdiri semenjak 2004, dengan jangkauan hampir ke seluruh Indonesia. Namun tidak dijelaskan lebih jauh pengalaman mereka.

Kunjungi website mereka di:
http://www.indosunergy.com/

25. SMS NuEnergy

Perusahaan EPC dan O&M ini, tidak hanya menawarkan solusi produk dan pemasangan. Lebih jauh, mereka juga menawarkan sistem audit dan inspeksi independen instalasi sistem listrik surya terpasang.

Berpusat di Jakarta, PT. Serayu Manunggal Sukes atau SMS NuEnergy menyediakan layanan untuk rumah tangga hingga industri, baik di perkotaan ataupun di lokasi terpencil sekalipun.

Perusahaan ini berpengalaman dalam menyediakan solusi listrik surya berkapasitas hingga ratusan kWp, baik di wilayah Indonesia ataupun Australia. Mereka juga memberikan pilihan solusi pembiayaan melalui (1) Sewa operasional; dan (2) Perjanjian jual beli listrik.

Kunjungi website mereka di:
http://smsnuenergy.com/

Penyedia listrik surya melalui E-commerce

Penjualan eletronik (E-commerce) melalui media internet juga telah membantu penyebaran produk listrik tenaga surya ke konsumen.

Tidak hanya penjualan melalui kanal-kanal E-Commerce konvensional, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya.

Ada tiga penyedia listrik tenaga surya yang ikut menawarkan produk mereka melalui teknologi internet.

26. Sentra Energi

Sentraenergi.com merupakan kanal E-commerce dari CV. Sukses Bersama, yang berpusat di Jakarta.

Melalui laman web mereka yang cukup interaktif dan mudah digunakan (user-friendly), sentraenergi.com menawarkan banyak solusi paket listrik surya, seperti paket on grid, off grid, penerangan jalan ataupun pompa tenaga surya, dan juga komponen produk, seperti panel surya, inverter, dan aksesoris lainnya.

Dalam percobaan akses yang PVinAsia lakukan (06/25), laman web dapat terbuka dengan baik dan cukup cepat. Akses melalui gawai (smartphone) juga terasa ringan.

Penjelasan paket dan produk pada masing-masing laman, sudah dirasa cukup menggambarkan apa yang ditawarkan.

Dalam proses pembelian juga cukup mudah, seperti umumnya E-commerce. Setelah melakukan pemilihan produk, pengguna akan diarahkan ke halaman pembayaran.

Opsi pembayaran yang sejauh ini adalah melalui transfer bank langsung.

Pengiriman barang akan dilakukan setelah konfirmasi pembayaran telah dilakukan dengan pihak sentraenergi.com

Salah satu layanan menarik yang diberikan adalah opsi “pantau pesanan”.

27. SuryaTek

Surya-Tek.net merupakan kanal E-commerce yang berpusat di Gresik, Jawa Timur.

Surya-Tek.net menampilkan laman web mereka menggunakan bahasa Inggris, dengan tampilan halaman muka (frontpage) berupa solusi paket dan produk yang mereka tawarkan, serta beberapa pengalaman pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Dalam percobaan akses yang PVinAsia lakukan (06/25), tampilan sedikit bermasalah pada desktop dan waktu yang diperlukan untuk membuka laman web cukup lama. Sementara melalui akses melalui gawai (smartphone),  proses akses cukup ringan.

Untuk pembelian, sedikit rumit, karena pengguna diharapkan menghubungi Surya-Tek.net untuk mengetahui posisi stokis dan harga.

Namun, Surya-Tek.net didukung oleh banyak merek premium untuk produk yang mereka tawarkan.

28. Greentek

Greentek.co.id merupakan kanal E-commerce PT. Graha Energi Teknik, yang berpusat di Surabaya.

Produk yang mereka tawarkan lebih kepada komponen produk, seperti panel surya, baterai, inverter, solar charger dan lampu LED, dan solusi paket, baik on grid, hybrid, off grid ataupun penerangan jalan.

Dalam percobaan akses yang dilakukan PVinAsia (06/25), tampilan cukup baik dan menawarkan dua versi bahasa: Bahasa Indonesia dan Inggris, dan dua mata uang: IDR dan USD. Akses melalui gawai (smartphone) cukup ringan.

Kendala yang ditemui adalah ketika akan melakukan pemesanan. Tombol beli tidak dapat di-klik. Sehingga pengguna harus menghubungi pihak greentek.co.id secara langsung untuk melakukan pemesanan dan pembelian.

Media dan komunitas penyedia listrik tenaga surya

Penyedia listrik surya, tidak hanya berbatas pada perusahaan pemilik produk, distributor dan kontraktor EPC. Perusahaan media dan komunitas, juga dapat menyediakan informasi dan solusi terkait listrik tenaga surya.

Ada banyak media, baik on-line ataupun off-line, yang menawarkan informasi mengenai listrik surya. Namun sangat sedikit, yang dikembangkan dengan baik dan membahas spesifik tema tentang listrik surya.

Media dapat menjadi pusat pertukaran informasi dan mendapatkan berita terbaru mengenai kondisi yang ada diseputaran ekosistem listrik surya.

Komunitas juga dapat membantu calon pengguna / pengguna, berbagi mengenai penerapan listrik surya pada bangunan mereka.

Selain menjadi jalur yang tepat untuk mempromosikan listrik surya, komunitas juga dapat memberikan informasi terbaru mengenai listrik surya, melalui diskusi dan pertanyaan.

Perkembangan komunitas pun semakin cepat dengan adanya teknologi sosial media. Seluruh orang yang memiliki akses ke sosial media, dapat dengan cepat bertukar berita dan saling memberikan dukungan melalui akun yang mereka miliki.

29. Janaloka

Janaloka.com, seperti dikutip dari laman webnya, merupakan platform media online yang menyediakan informasi ekosistem bisnis dan implementasi sistem energi surya di Indonesia dan Asia Tenggara.

Janaloka.com memberikan layanan platform berupa:

30. PPLSA

PPLSA atau Perkumpulan Pengguna Listrik Surya Atap, merupakan komunitas yang berkomitmen untuk menggunakan listrik tenaga matahari sebagai suplemen dari listrik yang dilanggan dari PLN.

Sejauh ini, PPLSA baru memiliki grup facebook untuk mewadahi orang-orang yang berminat mendalami lebih jauh listrik surya atap. Anggota di grup facebok hingga saat ini (06/25) sebanyak lebih dari 18.000 akun.

Melalui grup ini, banyak bahasan seputar listrik surya yang didiskusikan dan dibahas antar anggota komunitas.

Untuk dapat bergabung dalam komunitas ini, cukup kunjungi dan daftar akun grup mereka di Pengguna Listrik Surya Atap.

penyedia listrik tenaga surya PPLSA

Konsultan perorangan dan Pakar

Dalam penggunaan listrik tenaga surya, baik saat melakukan perencanaan, pembelian ataupun pemasangan, Anda juga bisa mendapatkan petunjuk dan anjuran dari konsultan perorangan dan pakar.

Sehingga Anda bisa mendapatkan solusi sistem sesuai dengan yang diharapkan.

31. Karna Paitana Leo

Aktif di beberapa komunitas yang membahas listrik surya, Anda bisa menemukan rekan konsultasi yang menyenangkan dengan Karna Paitana Leo.

Berpengalaman cukup luas dalam bidang ini, Ia dapat membantu anda melakukan perencanaan hingga pemasangan solusi listrik tenaga surya yang Anda butuhkan.

Ia juga sering turun ke lokasi terpencil untuk melakukan pemasangan pembangkit listrik surya.


32. Sigit Wiyoto

Jika Anda ingin berkonsultasi sambil mencari produk sistem listrik surya yang tepat, Sigit Wiyoto dapat menjadi rekan konsultasi dan penyedia produk.

Didukung oleh beberapa produsen komponen listrik surya, Ia dapat membantu menemukan pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ia memiliki pengalaman dalam merencanakan, mendistribusikan dan memasang solusi listrik surya di beberapa tempat di Indonesia.

33. Amran Mohamad

Berpengalaman lebih dari 10 tahun dan tersertifikasi di bidang energi terbarukan, khususnya teknologi fotovoltaik dan sistem listrik surya, Amran Mohamad dapat menjadi konsultan dan pakar yang tepat, dalam membantu pemasangan solusi listrik surya Anda.

Ia membuktikan mampu melakukan pemasangan untuk skala kecil, seperti rumah tangga, ataupun dalam skala kebutuhan yang lebih besar, seperti Industri dan komunitas.

Standar pekerjaan yang tepat dan kualitas produk terbaik, menjadi perhatian penting baginya dalam melakukan pekerjaan pembangkit listrik surya Anda.


Jadi, mana penyedia listrik tenaga surya Anda pilih?

Keseluruhan penyedia yang sudah disampaikan di atas merupakan penyedia yang tepat untuk Anda.

Mereka memiliki pengalaman dan kemampuan dalam bidang energi surya.

Namun, jika Anda masih ragu menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Pilih penyedia yang dapat Anda jangkau, sehingga jika ada pertanyaan ataupun kendala, penyedia tersebut akan cepat memberikan respon.
  2. Pastikan Anda medapatkan penawaran dan penjelasan yang detail dari para penyedia. Jika mereka tidak memberikan respon yang cukup baik sekarang, bagaimana dengan pelayanan mereka hingga 25 tahun mendatang?
  3. Dapatkan penawaran minimal dari 2 penyedia, dan bandingkan! Karena sistem listrik surya ini bukan barang murah dan tidak habis pakai dalam waktu singkat, Anda harus memastikan solusi yang Anda terima dapat bekerja sesuai kebutuhan Anda.

Lalu, sudah siap untuk memasang listrik tenaga surya di bangunan Anda?

Tinggalkan komentar Anda dibawah, jika ada pertanyaan atau butuh bantuan mengenai penyedia sistem listrik tenaga surya di Indonesia ini.

Anda juga bisa mengisi form Ini! atau kontak halo@pvinasia.com untuk menghubungi redaksi.




Artikel yang mungkin Anda cari:




3 tanggapan pada “33 Penyedia Listrik Tenaga Surya Di Indonesia”

  1. Dalam semangat untuk go Green dengan memasang Rooftop PV, perlu di ingat bahwa ada hal hal penting yang perlu di ketahui oleh Konsumen dan masyarakat, iya itu “consumer Protection” Apakah MAsarakat tahu apa itu?

    Saya ada Pertanyaan untuk Ditjen EBTKE Kementerian ESDM.

    1)Apakah Industri PV sudah siap untuk mendukung, saya pasti mereka sudah.
    2)Apakah bentuk perlindungan yang di sediakan oleh pemerintah untuk melindungi Konsumen dari pada permainan nakal para Supplier, Installer/ kontraktor yang tidak layak atau keahlian malakuna kerja listrik dan mendesain, memasang PLTS ke jaringan PLN?
    3) Apakah bentuk hukuman dan denda keatas pelanggaran atau instalasi yang illegal? Sekarang ini saja sudah ada banyak instalais PLTS yang Illegal dimana iya di lakukan tidak mengikut peraturan Ketenagalistrikan dan PUIL..
    4) Apakah bentuk pengawasan, pemantauan dan penguatkuasaan(Reinforcement) yang akan di lakukan oleh pemerintah ?

    Mentri Ignasius Jonan mungkin sudah ada rencana untuk melindungi konsumen dan masyaakat dalam hal ini kali…

Tinggalkan Balasan