Perhitungan Investasi Listrik Surya Atap Di Indonesia

Dengan terbitnya Permen ESDM No 49 tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Oleh Konsumen PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), muncul pertanyaan berapa perhitungan investasi listrik surya atap di Indonesia?

Perhitungan Investasi Listrik Surya Atap Di Indonesia

Temukan penyedia listrik surya atap

Ada banyak penyedia listrik surya atap yang ada di Indonesia. PVinAsia pernah mengulasnya secara detail.

Baca juga: 33 Penyedia listrik surya atap di Indonesia

Ada beberapa hal yang perlu Anda cermati dalam menentukan penyedia yang tepat, sehingga investasi Anda dapat maksimal, yaitu:

  1. Ketahui latar belakang mereka. Beberapa hal yang dapat Anda tanyakan adalah:
    • Berapa lama mereka berkecimpung dalam bisnis energi surya? Jawaban ideal adalah diatas 3-5 tahun.
    • Apa tipe jasa yang mereka berikan? Penjual produk? Kontraktor pemasangan? Atau distributor/agen? Mengetahui jasa yang diberikan dapat memastikan bidang keahlian penyedia, sehingga Anda dapat secara tepat mengaplikasikan solusi.
  2. Ketahui detail penawaran yang mereka berikan.
    • Pastikan Anda tahu tipe dan merek produk yang ditawarkan. Jangan ragu bertanya ke Ahli Listrik Surya, untuk mendapatkan pendapat kedua.
    • Dapatkan detail garansi dan jaminan purna jual. Sistem listrik surya dapat digaransi hingga 5 tahun, dengan masa pakai produk mulai dari 5 tahun hingga 25 tahun.
    • Ketahui dimana layanan purna jual di Indonesia, termasuk jika Anda membutuhkan penukaran unit yang masih garansi dan perbaikan jika ada kerusakan.
  3. Jangan ragu untuk menghubungi minimal 3 penyedia, sehingga Anda bisa mendapatkan perbandingan penawaran dan mengetahui secara utuh informasi terkait kebutuhan Anda.

Perhitungan investasi listrik surya atap

Sistem listrik surya atap terdiri dari 3 komponen barang utama: Panel surya, inverter grid tie dan sistem pendukung (seperti penyangga panel surya, kabel, MCB dan lain sebagainya). Dan membutuhkan jasa: perizinan dan pemasangan.

Setiap barang dan jasa yang disebut diatas memiliki spesifikasi terpisah dan kualitas yang berbeda, sesuai penawaran dari penyedia. Setiap komponen perlu didesain menjadi sebuah sistem solusi, sebelum akhirnya Anda gunakan di rumah dan bangunan.

Oleh karena itu, perbedaan tipe dan mereka komponen yang Anda gunakan, maka berbeda juga penawaran harga investasi yang Anda terima.

Idealnya, semakin besar harga yang Anda terima, maka semakin terjamin kualitas yang diberikan. Namun, harga tidak seutuhnya menjadi pertimbangan utama dan mendasar, karena sistem listrik surya atap dapat disesuaikan dengan kantong Anda.

Pada 2018 lalu, Kami pernah melakukan survei terhadap 38 perusahaan penyedia listrik surya Atap di Indonesia. Dari survei tersebut didapat bahwa harga terendah listrik surya di Indonesia sebesar Rp. 15.000.000,- per kWp dan dengan harga tertinggi pada Rp. 30.800.000,- per kWp.

Secara umum, harga komponen panel surya dan sistem pendukung tidak ada perbedaan signifikan. Perbedaan harga ada pada inverter dan jasa yang diberikan.

Untuk lebih detail dan mengetahui penawaran solusi, Anda mungkin bisa langsung menghubungi penyedia listrik surya atap di sekitar Anda.

Ingin tahu investasi pemasangan listrik surya atap di rumah Anda?

Masa depan listrik surya atap di Indonesia

Bagaimana masa depan listrik surya atap di Indonesia? Menarik untuk Kita tunggu perkembangannya. Karena dengan munculnya Permen ESDM No 49 tahun 2018, maka pemerintah sudah cukup “mengakui” perlunya pemanfaatan energi ini secara nasional.

Jika dibandingkan dengan kebijakan PLN 2013 tentang pemanfaatan listrik surya atap oleh pelanggan PLN, maka dirasa Permen ESDM 2018 ini telah melingkupi wilayah, secara cakupan fisik, yang lebih luas.

Walaupun pengurangan nilai offset, yang sebelumnya 100% menjadi 65%, dan banyaknya aturan tambahan untuk pelanggan industri pada Permen ESDM 2018 cukup “mengerem” laju minat pelanggan untuk mensukseskan
percepatan pemenuhan target Pemerintah pada energi surya sebesar 6,6 MW di 2025.

Sehingga patut ditunggu perkembangan listrik surya atap di Indonesia pada 2019 ini!

Artikel yang mungkin Anda cari:

Tinggalkan Balasan