Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Membeli Panel Surya

Pertimbangkan hal berikut sebelum membeli panel surya – Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih panel surya untuk dipasang di rumah. Hal ini dikarenakan teknologi panel surya masih tergolong tidak murah, walaupun harga panel surya mengalami penurunan setiap tahunnya.

Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Membeli Panel Surya, yaitu: daya tahan, bantuan dan dukungan, fitur dan spesifikasi dan dimensi panel surya.

 

Daya tahan

Rumah Anda adalah investasi terbesar Anda, dan karena panel surya akan terpasang selama lebih dari 20 tahun, penting untuk mencari merek yang didukung oleh jaminan (warranty) dan garansi (guarantee) yang terbaik. Jika ada panel yang rusak atau tidak berfungsi, baik karena faktor kerusakan dari pabrikan atau kerusakan eksternal lainnya, anda perlu untuk mengetahui apakah produsen atau penjual akan memberikan pelayanan perbaikan atau pergantian.

Banyak penjual panel surya yang dapat kita temui di Indonesia, tapi pastikan anda membeli dari penjual terbaik. Perhatikan dengan seksama tawaran pelayanan pasca penjualan yang diberikan oleh pejual. Sangat disarankan untuk membeli dari penjual yang terverifikasi sebagai distributor atau agen produsen panel surya berpengalaman. Karena, klaim yang akan anda lakukan dapat dipertanggunggjawabkan hingga masa pakai panel surya habis, selama +30 tahun.

Efisiensi panel surya

Efisiensi panel surya ditunjukkan dalam persentase efisiensi modul yang dapat anda temukan di spesisifikasi teknis produk. Angka ini menjelaskan berapa banyak listrik yang dapat dihasilkan oleh tipikal panel surya per luas permukaan (jumlah yang lebih tinggi lebih baik). Lebih efisien panel, Lebih kecil bidang luasan yang diperlukan panel untuk memproduksi listrik.

Di dunia, efisiensi panel terbaik untuk pasar masal diproduksi oleh SolarCity dengan jenis panel Triex, sebesar 22,5%. Disusul oleh SunPower dengan panel x-series. Di Indonesia rata-rata efisensi panel adalah 14% – 16%, baik yang diproduksi lokal, seperti oleh PT. LEN (BUMN), atau pun panel Import, Seperti SHARP atau SunCo.

Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Membeli Panel Surya
Solar cells panels on the roof of a building

Bantuan dan Dukungan

Karena memilih panel surya akan mempengaruhi investasi, sedangkan teknologi ini masih selalu berkembang, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan baik sebelum dan setelah pembelian Anda.

Mencari dan mendapatkan perusahaan yang menawarkan dukungan pelanggan adalah salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk informasi pra-pembelian, pemecahan masalah dan bantuan lain yang mungkin Anda butuhkan setelah instalasi. Pilih perusahaan yang berkompeten dan menawarkan solusi, alih-alih membeli dari perusahaan yang hanya mendorong anda untuk mengaplikasikan produk mereka saja.

Fitur dan Spesifikasi

Pertimbangkan kebutuhan fitur dan spesifikasi panel surya yang akan anda gunakan. Anda harus memahami, berapa produksi maksimal arus dan tegangan panel surya yang anda pilih, koneksi apa yang digunakan panel, rangka apa yang dipakai, bagaimana tingkat kemudahan instalasi dan lain sebagainya.

Beberapa pengguna mungkin membutuhkan panel dengan rangka yang dapat langsung dipakai pada atap, sedang yang lain membutuhkan panel yang dapat diaplikasikan pada kaca jendela rumah. Beragam jenis dan spesifikasi modul akan mempengaruhi bagaimana anda dapat memilih panel surya yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Dimensi panel surya

Ukuran dimensi panel surya yang anda pilih, akan menentukan berapa banyak panel surya yang dapat anda pasang pada ruang yang tersedia. Semakin kecil ruang yang ada, semakin besar kemungkinan anda untuk menggunakan panel surya dengan efisiensi yang besar namun berdimensi optimal.

Artikel yang mungkin Anda cari:

Tinggalkan Balasan