Syarat Ruang Untuk Pemasangan Panel Surya Atap

Apa yang syarat ruang untuk pemasangan panel surya atap? Dibawah ini adalah beberapa informasi yang perlu anda ketahui mengenai lokasi, jenis atap dan beberapa hal lainnya. Sehingga anda akan lebih siap dalam memaksimalkan sistem pembangkit listrik surya di atap rumah anda.

Dimana lokasi rumah kamu?

Apakah di Jakarta? Padang? Kutai? Makasar? Bali? dan sebagainya. Mengetahui lokasi rumah akan membantu kamu mengetahui potensi daya radiasi matahari yang bisa kamu manfaatkan.

Sebagai contoh, Kutai berada di pulau kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur, dan berada di atas garis khatulistiwa. Berarti kamu yang tinggal di Kutai memiliki potensi daya matahari maksimal 4,8 kWh/ hari dengan kemiringan panel menghadap selatan.



Yang perlu kamu ingat adalah jika kota yang kamu tempati dibawah garis khatulistiwa, maka panel surya kamu disarankan menghadap utara. Sedangkan jika kamu tinggal di atas garis khatulistiwa, maka kamu akan memasang panel surya menghadap selatan.

Syarat Ruang Untuk Pemasangan Panel Surya Atap
Sumber: http://www.blpower.co.th

Kemana arah atap rumah yang mau kamu pasang solar panel?

Apakah rumah kamu menghadap barat? timur laut? selatan? Idealnya atap rumah kamu menghadap utara atau selatan. Karena dengan begitu, sistem panel surya akan bekerja dengan lebih maksimal. Namun jangan khawatir jika ternyata atap kamu menghadap timur laut, karena sistem solar panel tetap akan terpasang dengan aman dan fungsional dengan perencanaan dan pemilihan solusi yang tepat.

Berapa luas lahan yang tersedia pada atap kamu?

Luasan areal atap yang kamu miliki, berpengaruh terhadap berapa jumlah kapasitas sistem solar panelyang dapat kamu pasang. Idealnya 1 kWp sistem solar panel untuk produksi rata-rata 1 kWh listrik, membutuhkan  lahan ± 2,5 m².

Apa tipe atap kamu?

Tipe atap berpengaruh terhadap pilihan jenis dan tipe struktur penyangga panel surya kamu. Kebanyakan rumah di Indonesia menggunakan genteng keramik, sehingga dudukan penyangga dapat dipasang diantara sambungan genteng tanpa harus merubah struktur atap kamu.

Berbeda jika atap kamu menggunakan genteng Asbes atau Aspal. Tipe atap ini membutuhkan rangkaian penyangga yang dipasang menyatu dengan rangka atap rumah. Karena tipe atap ini, tidak memiliki sambungan yang dimanfaatkan seperti pada genteng keramik.

Berapa derajat kemiringan atap kamu?

di Indonesia, rumah rata-rata memiliki kemiringan atap 30 – 40°. Sedangkan panel surya dapat menangkap sinar matahari, idealnya, pada minimal 10°. Semakin miring atap, efisiensi panel surya akan berkurang. Namun jangan khawatir, minus efisiensi ini cukup kecil dibandingkan dengan total produksi daya yang dapat dihasilkan panel surya kamu.

Ada beberapa syarat ruang untuk pemasangan panel surya atap, seperti jenis atap dan kemiringan. Hal ini untuk memaksimalkan listrik surya yang akan dipasang.



Artikel yang mungkin Anda cari:




Tinggalkan Balasan