Apa Yang Terjadi Bila Kabel Dihubungkan Pada Baterai Dilepas?

Apa Yang Terjadi Bila Kabel Dihubungkan Pada Baterai Dilepas
Mengapa kabel (-) dulu? – Pada urutan langkah melepaskan kabel baterai, terminal (kabel) baterai negatif terlebih dahulu harus dilepaskan. Tetapi mengapa harus kabel (-) dulu yang dilepas? Alasan utamanya adalah agar sistem kelistrikan mobil Anda aman.

  1. Seperti diketahui, kabel (-) baterai terhubung langsung ke body mobil mobil atau chasis mobil.
  2. Dan ingat semua sistem kelistrikan di mobil termasuk sensor-sensor mobil semua terhubung dengan masa body.
  3. Oleh karena itu, apabila terminal (+) terlebih dahulu yang dilepas dan tanpa sengaja kita menempat kunci sedemikian rupa sehingga terminal baterai (+) terhubung dengan body mobil maka akan terjadi hubungan pendek atau konsleting.

Dan ini sangat berbahaya. Kondisi ini tidak akan terjadi jika terminal kabel baterai negatif lebih dahulu dilepaskan. Oleh karena itu, ingat hal utama dalam melepaskan kabel baterai adalah melepaskan kabel baterai dari terminal negatif baterai.

Apakah yang terjadi ketika paku besar yang sudah dililit kawat dan dihubungkan dengan baterai ditempelkan dengan paku kecil?

paku yang dililiti kawat dan dihubungkan dengan baterai dapat menarik paku paku kecil dar besi,jika Jika kawat putus makaa tak ada lagi aliran listrik sehingga paku tak lagi dapat menarik paku paku kecil. Paku-paku kecilnya jatuh karena sumber arus yang melewati paku dari kawat telah putus sehingga gaya magnet yang ditimbulkan juga hilang. : paku yang dililiti kawat dan dihubungkan dengan baterai dapat menarik paku paku kecil dar besi,jika

Mengapa paku yang dililiti kabel berarus listrik DC dapat berubah menjadi magnet?

Salah satu cara membuat magnet adalah dengan cara elektromagnet, yaitu melilitkan kawat berarus pada paku. Ketika paku dililitkan kawat berarus DC maka susunan magnet elementer pada paku akan menjadi teratur sehingga paku akan memiliki sifat seperti magnet. Ketika paku dililitkan kawat berarus DC maka susunan magnet elementer pada paku akan menjadi teratur sehingga paku akan memiliki sifat seperti magnet. Akibatnya, paku kecil yang didekatkan pada paku tersebut akan mengalami gaya magnet dan tertarik pada paku yang dililiti kawat berarus tersebut.

Apa yang menyebabkan paku kecil dapat menempel pada paku besar?

Apabila di dekatmu terdapat paku-paku kecil, sebuah magnet dan sebuah paku besar. Apa yang terjadi Jawaban: Magnet secara sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tiga cara, yaitu gosokan, induksi, dan aliran listrik. Membuat magnet dengan cara gosokan dapat dilakukan dengan cara menggosokkan salah satu ujung magnet pada baja atau besi yang akan dibuat menjadi magnet.

  • Cara menggosok bahan dengan magnet harus dengan arah yang tetap atau selalu searah.
  • Makin lama menggosoknya, maka sifat kemagnetan pada magnet buatan tersebut akan makin kuat Benda-benda kecil misalnya jarum atau paku apabila didekatkan dengan sebatang besi atau sebatang baja tidak akan tertarik oleh besi atau baja tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa besi dan baja bukanlah magnet. akan tetapi, besi dan baja dapat dibuat menjadi magnet dengan cara menggosokkan salah satu ujung magnet secara tetap di sepanjang batang besi, atau baja ke satu arah secara berulang-ulang. Berikut ini percobaan membuat magnet dengan cara menggosok.

1. Membuat Magnet Dengan Cara MenggosokLaporan Percobaan Membuat Magnet dengan Menggosok Penjelasan dengan langkah-langkah: 1. Membuat Magnet Dengan Cara MenggosokLaporan Percobaan Membuat Magnet dengan MenggosokTujuan Percobaan : Membuat magnet dengan cara digosokkanAlat dan bahan : 1. Magnet2. Paku ukuran besar (1 buah)3. Paku ukuran kecil (15 buah)Langkah-langkah : Langkah-langkah Percobaan: Gosokkan paku besar satu arah pada magnet sebanyak 5 kali. Dekatkan paku besar tersebut pada paku-paku kecil. Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel. Gosokkan kembali paku besar satu arah pada magnet sebanyak 15 kali. Dekatkan paku besar tersebut pada paku-paku kecil. Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel. Gosokkan kembali paku besar satu arah pada magnet sebanyak 30 kali. Catatlah pada tabel jumlah paku kecil yang menempel.Hasil Percobaan :No. Jumlah Gosokan Jumlah Paku Kecil yang Menempel1 5 kali gosokan 1 paku2 15 kali gosokan 4 paku3 30 kali gosokan 6 pakuKesimpulan :Dari pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa semakin banyak gosokan yang diberikan magnet ke paku besar maka sifat kemagnetan semakin kuat sehingga semakin banyak paku kecil yang dapat menempel ke paku besar.2. Membuat Magnet Dengan Cara InduksiLaporan Percobaan Membuat Magnet dengan InduksiTujuan Percobaan : Membuat magnet dengan cara induksiAlat dan bahan : 1. Magnet2. Penggaris3. Paku besar4. Paku kecilLangkah-langkah : Langkah-langkah Percobaan: Dekatkan magnet ke paku besar dengan jarak 6 cm. Dekatkan paku kecil ke paku besar. Catat pada tabel jumlah paku kecil yang menempel pada paku besar. Lakukan hal yang sama dengan jarak 4 cm, 2 cm, dan 1 cm.Hasil Percobaan :No. Jarak Paku Besar &Magnet Jumlah Paku Kecil yang Menempel1 6 cm 1 paku2 4 cm 2 paku3 2 cm 4 paku4 1 cm 5 pakuKesimpulan :Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa semakin dekat jarak antara paku besar dengan magnet, maka sifat magnet yang dimiliki paku besar semakin kuat sehingga paku kecil yang menempel semakin banyak.3. Membuat Magnet Dengan Cara InduksiLaporan Percobaan Membuat Magnet dengan Mengalirkan Arus ListrikTujuan Percobaan : Membuat magnet dengan cara mengalirkan arus listrik.Alat dan bahan : 1. Baterai2. Kawat (15 cm)3. Paku besar4. Paku kecilLangkah-langkah : Langkah-langkah Percobaan: Lilitkan kawat pada paku besar sebanyak 5 kali. Tempelkan salah satu ujung kawat ke kutub positif dan ujung yang lainnya ke kutub negatif dari baterai. Dekatkan paku besar pada paku kecil. Catat pada tabel apa yang terjadi. Lakukan hal yang sama dengan mengubah lilitan menjadi 10 kali dan 20 kali.

You might be interested:  Berikut Yang Bukan Jenis Tenaga Kerja Yaitu?

: Apabila di dekatmu terdapat paku-paku kecil, sebuah magnet dan sebuah paku besar. Apa yang terjadi

Mengapa paku bisa menjadi magnet?

Menggosok – Magnet dapat dibuat dengan cara menggosok baja atau besi ke magnet batang. Pertama, siapkan magnet batang dan sebatang paku (besi/baja) yang akan kita jadikan magnet. Gosok paku ke magnet dengan satu arah. Mengapa satu arah? Karena dengan menggosok satu arah, magnet elementer pada paku akan teratur dan akan mengikuti arah kutub magnet, sehingga paku tersebut menjadi magnet.

Bagaimana cara kerja elektromagnetik?

jelaskan cara kerja elektromagnet Secara mekanik, cara kerja elektromagnet sangat sederhana. Terdiri dari kawat panjang konduktif, biasanya tembaga yang membungkus sepotong logam. Arus dialirkan, baik dari baterai atau sumber lain listrik, dan mengalir melalui kawat. Hal ini menciptakan medan magnet di sekitar kawat melingkar, membuat logam seolah-olah memiliki energi magnet permanen. : jelaskan cara kerja elektromagnet

Apa yang terjadi jika sebuah penghantar listrik dialiri arus listrik?

apabila sebuah penghantar dialiri listrik,maka penghantar tersebut akan mengalami suatu induksi. Induksi Listrik :Perubahan besar dan arah arus listrik pada suatu kumparan dapat menginduksi kumparan lain yang ada di dekatnya, ditandai dengan munculnya gaya gerak listrik pada kumparan yang lain tersebut.Induksi Magnet : Perubahan jumlah garis gaya magnet yang memotong suatu kumparan dapat memunculkan medan magnet induksi pada kumparan tersebut : apabila sebuah penghantar dialiri listrik,maka penghantar tersebut akan mengalami suatu induksi.

Apa yang menyebabkan terjadinya medan magnet?

Sifat – Hasil kerja Maxwell telah banyak menyatukan listrik statis dengan kemagnetan, yang menghasilkan sekumpulan empat persamaan mengenai kedua medan tersebut. Namun, berdasarkan rumus Maxwell, masih terdapat dua medan yang berbeda yang menjelaskan gejala yang berbeda.

Bagaimana cara kita membuat magnet dari arus listrik?

Pembahasan – ELEKTROMAGNET Elektromagnet atau magnet listrik adalah salah satu cara pembuatan magnet. Tahapan pembuatannya

  1. Membuat lilitan kawat.
  2. Di bagian dalam lilitan kawat bisa diselipkan inti besi lunak seperti besi untuk mempercepat terjadinya magnet.
  3. Menghubungkan kedua ujung kawat dengan sumber arus listrik searah atau baterai.

Elektromagnet memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Dapat diatur kekuatannya, bila ingin lebih kuat bisa ditambahkan lilitannya atau menggunakan baterai dengan daya yang lebih besar.
  • Dapat diatur penggunaannya, bila ingin dipakai, disambungkan ke baterai, bila tidak, bisa dilepas.

Ditanyakan: Cara membuat magnet listrik ? Penjelasan: Cara membuat magnet listrik adalah:

  1. Membuat lilitan kawat.
  2. Di bagian dalam lilitan kawat bisa diselipkan inti besi lunak seperti besi untuk mempercepat terjadinya magnet.
  3. Menghubungkan kedua ujung kawat dengan sumber arus listrik searah atau baterai.

Pelajari lebih lanjut Cara Membuat Magnet brainly.co.id/tugas/9057671 Elektromagnet Lebih Baik Daripada Gosokan brainly.co.id/tugas/26538477 Magnet Elementer brainly.co.id/tugas/13239004 Menentukan Kutub Magnet brainly.co.id/tugas/13891730 Detail Jawaban Kelas : IX Mapel : Fisika Bab : Kemagnetan Kode : 9.6.5. #AyoBelajar

Apakah paku besi bersifat magnet?

Baja lebih sulit dibuat menjadi magnet, namun apabila sudah menjadi magnet, baja memiliki sifat kemagnetan yang tahan lama. Sehingga bila baja dijadikan magnet, baja akan bersifat permanen. – Baja lebih sulit dibuat menjadi magnet, namun apabila sudah menjadi magnet, baja memiliki sifat kemagnetan yang tahan lama. Sehingga bila baja dijadikan magnet, baja akan bersifat permanen.

Mengapa besi dan baja yang belum digosok dengan magnet tidak dapat menarik paku paku kecil?

Halo Aurora, jawaban yang benar dari pertanyaan di atas adalah karena momen magnet dalam bahan feromagnetik belum terkumpul di kutub-kutubnya, sehingga bahan tersebut belum berubah menjadi magnet. Cara paling sederhana dalam membuat magnet adalah dengan menggosokkan magnet permanen ke benda feromagnetik.

  • Bahan feromagnetik adalah bahan yang memiliki momen magnet permanen sehingga dapat ditarik oleh magnet.
  • Contoh bahan feromagnetik adalah besi, kobalt, nikel, dan baja.
  • Ita hanya perlu menggosokkan magnet permanen pada bahan feromagnetik.
  • Medan magnet permanen akan menyelaraskan momen magnet dalam bahan feromagnetik sehingga menjadi terkumpul di kutub-kutub yang berlawanan.

Sehingga bahan feromagnetik tersebut berubah menjadi magnet. Apabila besi atau baja belum digosok dengan magnet, maka tidak dapat menarik paku-paku kecil di sekitarnya. Hal tersebut terjadi karena momen magnet dalam bahan feromagnetik belum terkumpul di kutub-kutubnya, sehingga bahan tersebut belum berubah menjadi magnet.

Apakah magnet Bumi bisa dihilangkan?

Ini yang Terjadi Jika Medan Magnet Bumi Tiba-Tiba Menghilang. Di sekitar Bumi, medan magnet tak terlihat memerangkap elektron dan partikel bermuatan lainnya (Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA) Liputan6.com, California – Ilmuwan menggambarkan medan seperti spageti tak kasat mata.

Medan magnet Bumi adalah fitur penting planet ini yang berfungsi sebagai pelindung dari partikel matahari, memberikan dasar untuk navigasi dan mengetahui evolusi kehidupan di Bumi. Namun, apa yang akan terjadi jika medan magnet Bumi tiba-tiba lenyap begitu saja pada esok hari? Jawabannya adalah, mengutip Live Science, Rabu (2/10/2019), sejumlah besar partikel solar yang bermuatan akan membombardir Bumi, mengacaukan jaringan listrik dan satelit, dan meningkatkan paparan radiasi ultraviolet yang lebih tinggi -yang menyebabkan kanker.

Kabar buruknya ialah selama lebih dari satu abad, medan sudah melemah. Bahkan sekarang, ada titik-titik yang sangat tipis, seperti South Atlantic Anomaly di Belahan Selatan, yang menciptakan masalah teknis untuk satelit yang mengorbit rendah. Hal pertama yang harus dipahami tentang medan magnet Bumi, meski melemah, ini tidak akan hilang -setidaknya sampai miliaran tahun berikutnya.

Para ilmuwan berpikir bahwa pengaturan inti saat ini mungkin telah menetap sekitar 1,5 miliar tahun yang lalu, menurut penelitian tahun 2015.Akan tetapi, Tarduno dan timnya mendapati bukti lain untuk medan dalam mineral tertua di planet ini, yakni zirkon yang berasal dari 4,2 miliar tahun silam.Zat itu menunjukkan aktivitas dalam inti yang menciptakan magnet untuk waktu yang sangat lama.

Berikut ini adalah tayangan kecantikan Aurora Borealis yang terlihat dari Leelanau County di negara bagian Michigan di Amerika Serikat. Ilustrasi medan magnet Bumi. (Sumber Wikimedia) Tidak jelas mengapa dinamo tersebut berawal, menurut Tarduno kepada Live Science, meskipun ada kemungkinan bahwa dampak planet yang menciptakan Bulan mungkin menjadi pendorong utamanya.

Dampak ini, yang diduga terjadi pada 100 juta tahun setelah Bumi bersatu, bisa mengguncang stratifikasi atau pelapisan planet -bahan-bahan dalam inti Bumi. Gangguan tersebut bisa mempromosikan konveksi yang masih menggerakkan dinamo Bumi saat ini. Akhirnya, inti dalam mungkin akan tumbuh cukup besar, sehingga konveksi pada inti luar tidak lagi efisien dan medan magnet akan gagal.

“Tapi skenario itu begitu jauh. Kita bicara miliaran tahun,” pungkas Tarduno. : Ini yang Terjadi Jika Medan Magnet Bumi Tiba-Tiba Menghilang.

You might be interested:  Apa Yang Dimaksud Pelatihan Tenaga Penjual?

Mengapa magnet yang dibakar akan hilang?

Fisika Kelas 9 | Bagaimana Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan? Artikel IPA kelas 9 kali ini membahas tentang berbagai cara untuk menghilangkan sifat kemagnetan dari sebuah magnet. Squad, kalian pernah bermain-main dengan magnet nggak, sih? Magnet ini ada di mana-mana lho. Mulai dari gunting, tempelan kulkas, bahkan sampai di dalam bumi juga ada! Hebat banget, ya? Oh iya, kamu pernah nggak sih mengira-ngira, kemagnetan dari sebuah magnet itu bisa hilang apa nggak? Nah, ternyata bisa, lho! Bagaimana caranya, ya? WAH! Magnetnya bisa menarik uang, Squad! (Sumber: Shutter Stock) Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sifat kemagnetan adalah dengan memukul-mukul magnet, Jadi, magnetnya dipukul ke permukaan suatu benda yang cukup keras secara terus menerus.

Atau bisa juga magnetnya dipukul langsung pakai palu, seperti kalau kamu lagi memaku dinding gitu. Jika kamu memukul-mukul magnetnya secara terus menerus, akan terjadi perubahan susunan magnet elementer. Kalau susunan magnet elementernya sudah nggak tersusun secara teratur lagi, nanti mereka nggak akan searah lagi nih.

Lama kelamaan, sifat kemagnetannya akan hilang total. Baca Juga: Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan sifat kemagnetan adalah dengan membakar magnet, Membakar dalam konteks ini adalah dengan cara memanaskan magnet tersebut. Setelah magnet dipanaskan, akan terjadi yang disebut dengan penambahan energi. Magnetnya jangan dimasukin ke oven juga, ya. Hehehe (Sumber: giphy.com) Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sifat kemagnetan adalah dengan mengaliri magnet tersebut dengan arus bolak-balik, Sama seperti kedua cara sebelumnya, efek sampingnya adalah letak dan arah magnet elementer yang menjadi tidak teratur lagi.

  • Oh iya, arus bolak balik ini dikenal juga dengan nama arus AC.
  • Terus, apa bedanya dong, dengan arus DC? Arus DC ini adalah arus yang searah dan tidak dapat memindahkan energi yang jauh karena akan menyebabkan kehilangan energi.
  • Jangan tertukar ya, Squad! Ternyata cara untuk menghilangkan sifat kemagnetan ini mudah, ya.

Bahkan ternyata kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Oh iya, kamu ingin belajar lebih lanjut mengenai magnet dan sifat kemagnetannya? Kamu bisa belajar pakai lho. Tinggal colok USB-nya di HP-mu, lalu selamat menikmati video belajar bebas kuota! Belajar Jadi Mudah kan, Squad? : Fisika Kelas 9 | Bagaimana Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan?

Magnet terbuat dari bahan apa?

Sifat-sifat Magnet – Dilansir dari Modul Fisika Paket C Setara SMA/MA Kelas XII yang ditulis oleh Dra. Salbiah,M.Pd dan Mohamad Hisyam, berikut adalah beberapa sifat yang dimiliki oleh magnet, yaitu:

Dapat Menarik Benda Logam

Dalam magnet pasti terdapat sebuah medan berupa unsur-unsur logam yang dapat menarik benda-benda yang mengandung unsur besi atau logam (magnetik). Hal itu disebut dengan sifat kemagnetan. Berdasarkan sifat kemagnetannya, benda-bendanya dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Benda-benda logam yang dapat ditarik sangat kuat oleh magnet (Ferromagnetik). Contohnya adalah baja.
  2. Benda-benda logam yang ditarik lemah oleh magnet (Paramagnetik). Benda tetap bisa ditarik oleh magnet, hanya saja tidak dapat menempel dengan kuat dan mudah untuk dipisahkan dari magnet, Contohnya adalah aluminium.
  3. Benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet (Diamagnetik). Contoh: plastik, seng, dan kertas

Menghasilkan Dua Jenis Gaya

Adanya kutub-kutub magnet menghasilkan gaya tarik menarik dan gaya tolak menolak. Magnet dengan jenis kutub yang berbeda, jika didekatkan maka akan terjadi gaya tarik menarik. Sementara itu, untuk magnet dengan jenis kutub yang sama, jika didekatkan akan terjadi gaya tolak menolak.

Sifat Magnetnya Dapat Melemah atau Hilang

Melemahnya hingga hilangnya sifat kemagnetan dari sebuah magnet dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terbentur dan terjatuh secara terus menerus dan terbakar. Sifat ini dimiliki oleh jenis logam buatan sementara.

Medan Magnet Membentuk Gaya Magnet

Medan magnet merupakan daerah di sekitar magnet, dimana magnet atau benda lain dapat dengan mudah dipengaruhi oleh gaya magnet. Contoh: Ketika kalian meletakkan sebuah jarum pentul di dekat magnet, maka jarum pentul tersebut akan menempel, karena ditarik oleh magnet.

Dapatkah paku paku kecil menempel pada paku besar saat arus mengalir?

jika arus listrik dihubungkan maka paku paku kecil akan menempel pada paku besar dan jika arus Jawaban: Paku-paku kecil tersebut menempel pada paku besar sebab ada gaya magnet antara paku-paku kecil dengan paku besar tersebut. Arus listrik tersebut menyebabkan paku besar memiliki ke magnetan sehingga jika arus listrik diputuskan maka paku-paku kecil akan berjatuhan karena tidak ada gaya magnet. Maaf kalau salah Jawaban: karena arus listeri menyalur ke paku besar menjadi magnet dan disebut feromaknetik : jika arus listrik dihubungkan maka paku paku kecil akan menempel pada paku besar dan jika arus

Kenapa paku besar yang dililit kawat penghantar saat dialiri arus listrik dapat menarik paku kecil kecil?

apakah paku paku kecil dapat tertarik oleh paku besar melalui baterai Yep. Itu karena ada arus listrik (searah)dri elemen kering (baterai) yang dihantarkan melalui kawat penghantar yg dililitkan pada paku,sehingga paku (sbg bahan magnetik) dpt menarik paku” kecil. Tetapi, setelah tidak ada arus (ato batrenya dilepas), maka hilanglah kemagnetannya. : apakah paku paku kecil dapat tertarik oleh paku besar melalui baterai

Bagaimana sifat kemagnetan paku yang dialiri arus listrik atau elektromagnetik?

Jika sebuah paku diliputi oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka peristiwa yang akan terjadi Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka yang akan terjadi pada paku akan menjadi magnet. Proses ini disebut juga dengan pembuatan magnet secara elektromagnetik.

  1. Berikut ini merupakan penjelasannya.
  2. Pembahasan: Pengertian magnet Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda lain yang berada disekitarnya.
  3. Magnet pertama kali di temukan oleh orang Yunani pada tahun 600 sebelum masehi.
  4. Magnet memiliki gaya untuk menjadikan benda dapat menempel pada magnet tersebut.

Magnet mampu menarik benda-benda yang terbuat dari logam. Magnet memiliki banyak bentuk dengan masing-masingbentuk magnet dibuat dengan tujuan dan kegunaan yang berbeda.

Bentuk-bentuk magnetSecara umum ada 6 jenis bentuk tetap magnet, antara lain magnet batang, magnet silinder, magnet jarum, magnet cincin, magnet U, dan magnet keping.Bentuk-bentuk magnet, yaitu:Magnet batang, yaitu magnet yang berbentuk menyerupai batang atau balok atau kubus.Magnet silinder, yaitu magnet yang berbentuk menyerupai silinder atau tabung panjang.Magnet U (magnet ladam), yaitu magnet yang berbentuk serupa dengan huruf U atau menyerupai tapal kuda.Magnet jarum, yaitu magnet yang berbentuk seperti jarum kompas dengan kedua ujung atau kutub magnet yang runcing.Magnet cincin, yaitu magnet yang berbentuk lingkaran dengan lubang di tengah menyerupai cincin.Magnet keping, yaitu magnet yang berbentuk menyerupai kepingan logam.Cara membuat magnetAda tiga cara untuk membuat magnet, yaitu dengan cara menggosokkan magnet tetap, induksi, dan mengalirkan arus listrik (elektromagnetik).1. Menggosokkan magnet tetap

You might be interested:  Apa Yang Anda Ketahui Tentang Tata Surya?

Cara ini merupakan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan menggosokkan besi atau baja dengan salah satu ujung magnet tetap. Gosokan-gosokan yang dilakukan harus dibuat searah agar magnet elementar yang ada pada sebuah besi atau baja menjadi teratur dan mengarah ke satu arah.

Penggosokkan harus dilakukan secara berulang-ulang serta searah. Setelah beberapa waktu, besi atau baja akan memiliki sifat kemagnetan atau menjadi magnet. Kedua ujung besi/baja yang digosok akan membentuk kutub-kutub magnet, sehingga dapat digunakan menarik benda magnetik lainnya. Jika kita memiliki besi dengan ujung A dan B.

Jika ujung kutub selatan magnet kita gosokkan dari ujung besi B ke A, maka akan mengubah besi tersebut menjadi sebuat magnet dengan kutub selatan pada ujung B dan kutub utara pada ujung A. Ujung batang besi yang pertama digosok akan memiliki kutub sama dengan kutub yang menggosoknya.2.

  • Induksi Cara membuat magnet dengan cara induksi yaitu dengan meletakkan besi dan baja di dekat magnet tetap.
  • Cara tersebut akan membuat magnet elementer yang terdapat pada besi atau baja menjadi terpengaruh dan terinduksi gaya magnet, sehingga menyebabkan letaknya menjadi teratur dan mengarah kepada satu arah.

Jika dilakukan dengan benar, besi atau baja tersebut akan menjadi magnet, sehingga dapat menarik benda-benda magnetik lainnya. Ujung besi atau baja yang saling berdekatan dengan kutub magnet akan terbentuk kutub yang saling berlawanan dengan kutub magnet penginduksi.

  1. Sifat magnet yaitu akan saling tarik menarik apabila kutub yang berbeda saling berdekatan, sedangkan akan tolak menolak jika kutub yang sama saling berdekatan.
  2. Jika kita memiliki baja dengan ujung A dan B.
  3. Apabila kita mendekatkan kutub utara magnet pada ujung A, maka ujung A pada baja akan menjadi kutub selatan, sebalik ujung B akan menjadi kutub utara.

Jadi, ujung baja yang dekat dengan kutub magnet batang akan memiliki jenis kutub yang berlawanan dengan kutub magnet yang menginduksinya.3. Mengalirkan arus listrik (elektromagnetik) Cara membuat magnet dengan elektromagnetik yaitu dengan melilitkan kawat pada besi atau baja yang akan dihubungkan dengan baterai.

Cara tersebut akan membuat magnet elementer pada besi atau baja akan terpengaruh oleh aliran arus searah yang dihasilkan oleh baterai, sehingga menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Besi/baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya. Magnet yang dibuat dengan menggunakan cara arus listrik disebut magnet listrik atau elektromagnet.

Kutub magnet pada besi atau baja akan bergantung pada arah lilitan kawat penghantarnya. Jika kita memiliki besi dengan ujung A dan B. Apabila arah lilitan searah dengan jarum jam, maka ujung A akan menjadi kutub selatan dan ujung B menjadi kutub utara.

Apakah kutub kutub magnet yang terjadi pada paku di tentukan oleh arah lilitan kabel pada paku?

Pembahasan – 1. Soal Praktikum Percobaan Membuat Magnet dengan Induksi Berdasarkan langkah kerja 1, amati apa yang terjadi pada paku pertama dan kedua. Apakah paku pertama menarik paku kedua? Jawabannya adalah iya, karena paku pertama dan kedua akan terkena medan magnet, maka kedua paku tersebut berubah menjadi magnet.

Selain itu, dari pengamatan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa semakin dekat jarak antara paku besar dengan magnet, maka sifat magnet yang dimiliki paku besar semakin kuat sehingga paku kecil yang menempel semakin banyak. Prinsip dari pembentukan magnet metode induksi adalah kutub magnet yang didekatkan dengan ujung logam menghasilkan kutub yang berlawanan dengan kutub magnet.2.

Soal Praktikum Percobaan Membuat Magnet dengan Induksi Aliran Listrik Berdasarkan langkah kerja 2, apabila arah lilitan pada paku diubah dari atas ke bawah, apakah interaksi yang terjadi pada rangkaian paku dengan kutub-kutub magnet (seperti pada percobaan langkah 3 dan 4) sama? Jika hasilnya berbeda, coba identifikasi mengapa berbeda? Dan jika hasilnya sama, coba identifikasi mengapa sama? Jawabannya adalah hasilnya akan berbeda.

Hal ini terjadi karena arah lilitan akan mempengaruhi kutub yang terbentuk pada paku. Untuk menentukan arah kutub utara dan kutub selatannya. Kita menggunakan kaidah tangan kanan (keempat jadi dan ibu jari). Yakni keempat jari tangan kanan menunjukkan arah arus yang mengalir. Arah arus yang mengalir adalah berasal dari kutub positif baterai.

Kemudian ibu jari sebagai arah kutub Utara. Jika arah listrik diubah maka posisi kutub magnet pada paku akan berubah, dan interaksi dengan magnet akan berbeda. Magnet yang dibuat dengan listrik inilah yang disebut sebagai elektromagnetik. Elektromagnetik pertama kali ditemukan oleh Hans Christian Oersted pada tahun 1819.

Elektromagnetik termasuk jenis magnet sementara. Hal ini karena ketika arus listrik diputus, maka sifat kemagnetan bahan akan hilang dalam hitungan detik. Sehingga menyebabkan jarum-jarum yang semula menempel pada paku akan jatuh atau lepas. Kita bisa meningkatkan kekuatan elektromagnetik dengan memperbesar nilai tegangan DC atau menambah jumlah baterai dan menambah jumlah lilitan pada paku besi.

Dengan ilmu fisika dapat dijelaskan bahwa kabel yang dialiri arus listrik akan menimbulkan medan listrik dan mempengaruhi magnet elementer yang menyusun besi atau baja. Hal tersebut membuat posisi magnet elementer yang semula tidak teratur menjadi seragam dan searah.

  • Sehingga akan membuat besi memiliki sifat kemagnetan.3.
  • Soal Praktikum Percobaan Membuat Magnet dengan Gosokan Berdasarkan langkah kerja 3, bagaimana pengaruh arah gerak menggosok dengan kutub yang berbentuk pada magnet? Jawabannya adalah batang besi yang digosok dengan magnet selama beberapa saat akan berubah menjadi magnet.

Semakin lama Anda menggosok besi tersebut dengan magnet, maka sifat kemagnetan pada besi tersebut akan bertahan semakin lama. Besi dan baja yang digosok dengan magnet bisa mempunyai sifat kemagnetan karena merupakan bahan yang tersusun dari atom-atom magnet atau domain-domain magnet yang disebut magnet elementer.

  • Arah dan susunan magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja bentuknya tidak teratur, sehingga ke tika besi atau baja digosok menggunakan magnet tetap dalam satu arah, menyebabkan susunan magnet elementer pada benda tersebut menjadi teratur.
  • Etika arah magnet elementer pada besi dan baja menjadi seragam, maka bahan tersebut dapat memiliki sifat kemagnetan.

Prinsip menentukan kutub magnet pada besi atau baja yang digosok dengan magnet adalah kutub yang pertama kali menyentuh logam akan sejenis. Misalnya ada sebuah batang logam besi yang ujungnya adalah X dan Y. Kemudian digosokan ujung magnet kutub Selatan secara searah dan kontinyu mulai dari ujung X.