Apakah Energi Alternatif Yang Dapat Digunakan Untuk Pembangkit Tenaga Listrik?

Apakah Energi Alternatif Yang Dapat Digunakan Untuk Pembangkit Tenaga Listrik
Indonesia sudah mengembangkan beberapa sumber energi listrik alternatif diantaranya menggunakan energi air dengan PLTA, tenaga sampah dengan PLTSa, tenaga angin, tenaga matahari dan lainnya.

Apakah PLTS menggunakan energi alternatif?

Berdasarkan dari kondisi geografis, yang membuat negeri kita mendapat sinar matahari yang berlimpah sepanjang tahunnya, PLTS diharapkan menjadi salah satu energi alternatif yang sangat potensial bagi Indonesia.

Apakah energi listrik termasuk energi alternatif?

Bobo.id – Manusia menggunakan energi untuk berbagai keperluan, salah satunya energi listrik, Energi listrik membantu banyak kegiatan yang kita lakukan. Mulai dari menyalakan lampu, menyalakan alat-alat elektronik, dan banyak hal lainnya. Energi listrik yang kita butuhkan setiap hari tentu saja banyak, karena manusia sudah bergantung terhadap energi ini untuk kebutuhan hidup.

Namun, tahukah kamu apa yang akan terjadi jika kita tidak menghemat listrik? Dilansir dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, sumber energi yang menghasilkan hampir 70% listrik di dunia adalah minyak bumi dan bahan bakar fosil. Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 2, Mengapa Kita Harus Menghemat Energi? Minyak bumi merupakan energi yang tidak bisa diperbarui.

Jika listrik semakin banyak digunakan, energi minyak bumi dan bahan bakar fosil juga semakin menipis. Ini bisa menimbulkan kerugian bagi semua orang. Oleh karena itu, para ahli mencari energi pengganti energi listrik. Pada buku tematik kelas 4 tema 2, teman-teman akan menemukan pertanyaan yang berbunyi “Apakah ada energi pengganti energi listrik?”, jawabannya adalah ada.

  • Nah, untuk menemukan kunci jawaban yang lebih lengkap, mari kita perhatikan penjelasan berikut ini dengan seksama.1.
  • Energi Alternatif Energi alternatif adalah energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi atau bahan bakar fosil.
  • Energi alternatif inilah yang digunakan untuk menggantikan energi listrik.

Dari mana kita bisa mendapatkan energi alternatif? Energi alternatif tersedia di alam, contohnya energi sinar matahari, energi angin, energi air, dan energi panas bumi. Bagaimana pemanfaatan energi alternatif sebagai pengganti energi listrik? Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 2, Apa yang Dimaksud dengan Energi Alternatif? 2.

  • Pemanfaatan Energi Alternatif a.
  • Energi Matahari Matahari merupakan sumber energi utama di bumi.
  • Matahari dapat diperbarui dan tidak dapat habis jika digunakan berulang kali.
  • Matahari dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya sebagai energi alternatif.
  • Apakah teman-teman tahu, matahari dapat digunakan sebagai pembangkit listrik? Pembangkit listrik tersebut dinamakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang cara kerjanya mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Benda atau alat yang digunakan untuk PLTS disebut panel surya, yang terdiri dari cermin, menara, dan mesin.b. Energi Angin Angin juga merupakan sumber daya alam terbarukan, yang ketersediaannya di alam tidak akan habis. Angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif, dengan adanya pembangkit listrik tenaga angin.

Alat untuk membantu sistem kerja pembangkit listrik tersebut dinamakan kincir angin. Kincir angin yang berputar karena tiupan angin akan memutar generator sehingga dapat menghasilkan energi listrik.c. Energi Air Air sebagai salah satu sumber daya alam terbarukan juga dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif.

Contohnya pada pemanfaatan kincir air untuk pembangkit listrik. Baca Juga: Contoh Pelaksanaan Hak dan Kewajiban dalam Penggunaan Kertas, Materi Kelas 4 SD Tema 2 Pembangkit listrik tenaga air juga dapat ditemukan di waduk-waduk sekitar rumahmu, lo.d. Energi Panas Bumi (Geothermal) Bumi memiliki energi panas bukan hanya berasal dari sinar matahari, namun juga dari pusat bumi.

  • Panas bumi yang merupakan energi geotermal berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi.
  • Perlu teman-teman ketahui bahwa pusat bumi merupakan bentuk lapisan batuan yang sangat panas.
  • Etika kamu melihat gunung berapi mengeluarkan lahar, lahar tersebut berasal dari pusat bumi.
  • Energi geothermal ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.e.

Energi Gelombang Air Laut Gelombang air laut juga dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Energi ini dinamakan energi tidal yang dibantu oleh pasang surut air laut. Energi tidal untuk membangkitkan listrik juga lebih ramah lingkungan. Baca Juga: Macam-Macam Energi Alternatif dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari f.

Energi dari Bahan Bakar Bio Bahan bakar bio berasal dari tumbuhan maupun hewan yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Misalnya, biodiesel yang berasal dari tumbuhan berbiji yang dapat menghasilkan minyak. Biodiesel biasanya digunakan untuk pengganti solar. Sedangkan bahan bakar bio yang berasal dari hewan dinamakan biogas.

Biogas berasal dari kotoran hewan-hewan ternak. Biogas dapat digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Nah, itulah beberapa contoh energi alternatif pengganti energi listrik. Tonton video ini juga, yuk! – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

You might be interested:  Besarnya Tegangan Listrik Pada Baterai Yang Ukuran Paling Besar?

Apa yang dimaksud energi alternatif Berikan lima contoh energi alternatif pembangkit tenaga listrik?

Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap minyak bumi, kita harus bisa berpikir bagaimana kita bisa mengunakan energi alternatif untuk keperluan kehidupan manusia. Energi alternatif adalah energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi atau bahan bakar fosil.

  • Terdapat bermacam-macam contoh energi alternatif yang tersedia di alam, seperti energi matahari, energi angin, energi air, dan energi panas bumi, energi petir, energi sampah, energi ombak laut, dan lainnya.
  • Namun, berkat majunya pemahaman manusia tentang energi, sumber energi alternatif kian bertambah.

Perhatikan contoh sumber energi alternatif berikut!

Apa saja yang tidak termasuk energi alternatif?

Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang diperuntukan untuk menggantikan sumber energi yang saat ini banyak digunakan, yaitu energi fosil yang merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Sumber energi alternatif haruslah sumber energi yang dapat diperbaharui.Sumber energi dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu: Sumber energi dapat diperbaharui Sumber energi dapat diperbaharui adalah sumber energi yang dapat digunakan terus-menerus berulang kali serta dapat digantikan kembali.

Contoh sumber energi yang dapat diperbaharui yaitu energi-energi dari angi, gelombang, pasang-surut, panas bumi, air, matahari dan biomassa. Sumber energi yang tak dapat diperbaharui Sumber energi yang tak dapat diperbaharui merupakan sumber energi yang persediaannya terbatas di Bumi. Penggunaan energi ini berlangsung lebih cepat daripada yang dapat digantikan sehingga energi ini akhirnya akan habis.

Contoh sumber energi tak dapat diperbaharui yaitu energi fosil (minyak, gas dan batubara) dan energi nuklir fisi. Dengan demikian, yang bukan sumber energi alternatif adalah bensin. Jadi, jawaban yang benar adalah B. – Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang diperuntukan untuk menggantikan sumber energi yang saat ini banyak digunakan, yaitu energi fosil yang merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber energi dapat diperbaharui Sumber energi dapat diperbaharui adalah sumber energi yang dapat digunakan terus-menerus berulang kali serta dapat digantikan kembali. Contoh sumber energi yang dapat diperbaharui yaitu energi-energi dari angi, gelombang, pasang-surut, panas bumi, air, matahari dan biomassa. Sumber energi yang tak dapat diperbaharui Sumber energi yang tak dapat diperbaharui merupakan sumber energi yang persediaannya terbatas di Bumi. Penggunaan energi ini berlangsung lebih cepat daripada yang dapat digantikan sehingga energi ini akhirnya akan habis. Contoh sumber energi tak dapat diperbaharui yaitu energi fosil (minyak, gas dan batubara) dan energi nuklir fisi.

Dengan demikian, yang bukan sumber energi alternatif adalah bensin. Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Mengapa kita harus menggunakan sumber energi alternatif untuk menghasilkan energi listrik?

Keuntungan Penggunaan Energi Alternatif – Energi alternatif digunakan untuk menggantikan minyak bumi dan energi yang merupakan olahan bahan bakar fosil. Sebab sumber energi berupa pembangkit listrik yang berasal dari minyak bumi akan terus berkurang jumlahnya seiring dengan kebutuhan manusia yang terus meningkat.

  • Inilah mengapa manusia kemudian harus mengembangkan energi alternatif.
  • Energi alternatif yang lebih ramah lingkungan umumnya berasal dari alam.
  • Penggunaan energi alternatif juga dapat mengurangi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari penggunaan minyak bumi yang berlebihan.
  • Penggunaan energi alternatif yang umumnya memanfaatkan sumber daya alam terbarukan, hingga tak dapat mengurangi ketersediaan sumber daya alam di bumi.

Sumber energi yang ramah lingkungan dan hemat biaya, karena kemudian mendapatkan sumber energi dari alam. Contohnya adalah angin dan matahari yang juga digunakan sebagai salah satu pilihan dalam menggantikan sumber daya alam tak terbarukan serta menyediakan energi listrik.

Energi alternatif ini juga tak cepat habis, hal ini dikarenakan ia berasal dari alam dan berupa sumber daya alam terbarukan. Energi alternatif dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari bahan bakar hingga pembangkit listrik. Energi alternatif juga tidak mencemari lingkungan sebab dapat dimanfaatkan dari limbah hewan, sebagai contohnya adalah pada biogas.

Selain sebagai sumber energi terbarukan, pemanfaatan energi alternatif ini juga dapat dirasakan serta bermanfaat untuk Bumi. Berikut ini beberapa manfaat yang kemudian akan didapatkan jika mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif.

Mengapa sumber energi Alternatif disebut juga dengan sumber energi yang ramah lingkungan?

Apakah Energi Alternatif Yang Dapat Digunakan Untuk Pembangkit Tenaga Listrik macrovector/freepik Penjelasan mengapa energi alternatif disebut ramah lingkungan. Bobo.id – Teman-teman, tahukah kamu bahwa energi alternatif sering disebut sebagai teknologi ramah lingkungan ? Pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 9, kamu harus mencari tahu alasan mengapa energi alternatif disebut ramah lingkungan.

Yuk, cari tahu kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini! Apa itu Teknologi Ramah Lingkungan? Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, teknologi ramah lingkungan ( sustainable technology/green technology ) merupakan bentuk penerapan teknologi yang memperhatikan prinsip pelestarian lingkungan.

You might be interested:  How To Heat Water With Solar Panels?

Teknologi ramah lingkungan ini bertujuan untuk menghasilkan berbagai produk dan jasa dengan memanfaatkan sumber daya alam terbarukan. Sumber daya alam terbarukan digunakan supaya tidak menghasilkan limbah yang membahayakan lingkungan. Contoh teknologi ramah lingkungan yang sudah mulai dimanfaatkan manusia yaitu energi alternatif.

  1. Energi alternatif adalah sumber energi yang digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam.
  2. Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 9, Mengapa Kita Perlu Menggunakan Energi Alternatif? Bahan bakar fosil merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sehingga ketersediaannya dapat habis.

Sebagai salah satu sumber energi utama untuk pembangkit listrik, minyak bumi dan batu bara akan terus berkurang seiring kebutuhan manusia. Inilah mengapa manusia harus mengembangkan energi alternatif. Energi alternatif lebih ramah lingkungan dan berasal dari alam.

Energi alternatif juga mengurangi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari penggunaan minyak bumi yang berlebihan. Penggunaan energi alternatif memanfaatkan sumber daya alam terbarukan, sehingga tidak dapat mengurangi ketersediaan sumber daya alam di bumi. Energi Alternatif yang Ramah Lingkungan Penggunaan berbagai sumber energi alternatif menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah daripada emisi dari bahan bakar fosil.

Emisi karbon adalah gas yang dikeluarkan dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung karbon, seperti bahan bakar fosil. Misalnya batu bara yang menghasilkan emisi karbon dioksida mencapai 44 persen dari total dunia. Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 9, Apa Saja Contoh Sumber Energi Penghasil Listrik? Hal ini menunjukkan batu bara sebagai satu-satunya sumber terbesar dari kenaikan suhu Bumi.

  1. Selain itu, emisi karbon yang dihasilkan dari penggunaan minyak bumi mencapai sepertiga dari total emisi global.
  2. Etika bahan bakar fosil ini dibakar, mereka melepaskan gas karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya.
  3. Emudian, gas-gas tersebut akan memerangkap panas di atmosfer, dan menjadi penyebab utama perubahan iklim dan pemanasan global.

Sedangkan energi alternatif, hanya menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah. Contohnya panel surya. Panel surya memiliki beberapa keunggulan, di antaranya tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, namun tetap mampu menghasilkan energi cukup besar. Itulah mengapa energi alternatif disebut sebagai teknologi ramah lingkungan, teman-teman.

Kuis!
Berapa banyak emisi karbon dioksida yang dihasilkan oleh pembakaran batu bara?
Petunjuk: Cek di halaman 2!

Tonton video ini, yuk! – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Mengapa sumber energi alternatif belum banyak digunakan?

Mengapa energy alternative belum banyak digunakan ?

  • Energi alternatif digunakan untuk menyebut sumber energi yang digunakan bersama-sama (melengkapi) dengan sumber energi konvensional untuk berbagai keperluan.
  • Namun dengan semakin menipisnya sumber energi konvensional, di masa depan tidak akan ada lagi kata ‘alternatif’ karena secara penuh kita harus menggunakannya.
  • Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan energi alternatif, penting untuk mengetahui apa saja sumber energi alternatif itu.

Daftar Sumber Energi Alternatif Berikut adalah daftar energi alternatif yang populer digunakan. Selain daftar singkat ini mungkin saja masih terdapat banyak sumber energi alternatif lain yang tidak tercantum.

  1. – Biomassa – Energi Matahari – Energi Angin – Energi Air (Hydro) – Energi Pasang Surut (Tidal)
  2. – Energi Panas Bumi (Geo-Thermal)
  3. Berikut adalah kelebihan sumber energi alternatif.
  4. 1. Energi Terbarukan
  5. Energi alternatif merupakan sumber energi terbarukan sehingga tidak akan terjadi krisis kelangkaan.
  6. Sumber energi seperti matahari dan panas bumi akan selalu tersedia dan tidak pernah habis seperti minyak bumi atau batubara.
  7. 2. Ramah Lingkungan
  8. Energi alternatif tidak menghasilkan limbah yang akan membahayakan lingkungan dalam jangka panjang.
  9. Bahan bakar minyak yang digunakan untuk menjalankan mobil, misalnya, menghasilkan banyak gas yang berpengaruh buruk bagi lingkungan.
  10. 3. Sumber Energi Gratis
  11. Dengan mengesampingkan biaya produksi, sumber energi alternatif tidak perlu dibeli.
  12. Sumber energi seperti sinar matahari, angin, dan air hanya membutuhkan biaya awal untuk instalasi untuk kemudian dapat berjalan dengan sendirinya.
  13. Hal ini tentu saja berbeda dengan minyak bumi atau batubara yang harganya selalu naik.
  14. 4. Pasokan Melimpah
  15. Relevansi dari poin ini akan bervariasi untuk tiap lokasinya.
  16. Jika berada di daerah dengan banyak sinar matahari, maka Anda akan memiliki banyak pasokan energi surya.
  17. Demikian juga, jika Anda memasang kincir angin di daerah berangin, maka Anda akan menerima pasokan konstan energi angin.
  18. Berikut adalah kekurangan sumber energi alternatif.
  19. 1. Biaya Instalasi Awal Tinggi
  20. Biaya instalasi awal untuk pembangkit listrik dari energi alternatif, misalnya, relatif tinggi.
  21. Contoh, bendungan perlu dibangun untuk membuat pembangkit listrik tenaga air.
  22. Membangun bendungan termasuk relokasi penduduk melibatkan biaya yang sangat tinggi.
  23. 2. Penyimpanan dan Transportasi
  24. Salah satu alasan utama mengapa energi alternatif belum digunakan secara luas adalah karena penyimpanan dan biaya transportasi yang masih tinggi.
  25. Sementara teknologi kincir angin dan pembangkit listrik tenaga air telah semakin disempurnakan, sumber energi lain masih memerlukan banyak pemyempurnaan.
  26. 3. Tidak dapat Diandalkan
  27. Sumber energi alternatif sangat tergantung pada faktor-faktor alami.
  28. Misalnya, jika terjadi kemarau panjang, tingkat produksi pembangkit listrik tenaga air akan terhambat.
  29. Demikian pula tanpa sinar matahari yang cukup, listrik yang dihasilkan juga akan berkurang.
  30. 4. Belum Efisien
  31. Hingga saat ini, pembangkit dari sumber energi alternatif belum bisa beroperasi seefisien sumber energi konvensional.
  32. Teknologi yang tersedia saat ini belum cukup mampu menggantikan energi konvensional dengan energi alternatif.
You might be interested:  Satu-Satunya Satelit Di Tata Surya Yang Memiliki Atmosfer Adalah?

Kelebihan Sumber Energi Alternatif Kekurangan Sumber Energi Alternatif #semoga membantu. : Mengapa energy alternative belum banyak digunakan ?

Sumber energi apa yang dimanfaatkan untuk PLTB?

Saatnya Kembangkan PLTB di Indonesia – Jumat, 18 Juni 2010 – Dibaca 66228 kali Salah satu energi alternatif untuk menghasilkan listrik adalah energi angin. Secara sederhana angin didefinisikan sebagai udara yang bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah atau dari suhu udara rendah ke suhu udara tinggi, yang terjadi akibat pemanasan matahari terhadap atmosfir dan permukaan bumi.

  1. Angin merupakan salah satu bentuk energi yang tersedia di alam yang diperoleh melalui konversi energi kinetik.
  2. Energi dari angin diubah menjadi energi kinetik atau energi listrik.
  3. Energi angin dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengurangan emisi karena tidak dihasilkan emisi CO2 selama produksi energi listrik oleh kincir angin.

Cara kerja pembangkit tenaga angin yang dikenal sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) cukup sederhana. Energi angin yang memutar kincir diteruskan untuk memutar baling-baling pada generator di bagian belakang kincir angin, sehingga menghasilkan energi listrik.

Pemanfaatan angin sebagai energi terbarukan pada tahun 2009 telah menghasilkan energi listrik sebesar 159 GW atau setara 2% konsumsi listrik dunia ( World Wind Energy Association Report/WWEA 2010). Angka tersebut diharapkan akan meningkat menjadi 200 GW pada tahun 2010. Amerika, China, Jerman dan Spanyol merupakan negara paling besar yang memanfaatkan energi angin, baik onshore maupun offshore,

Kapasitas energi listrik yang di hasilkan dari satu kincir angin dengan baling-baling berdiameter 127 meter di Belanda yang berada di offshore mencapai sekitar 6 MW (ECN, Factsheet Wind Energy ). Saat ini sedang dikembangkan baling-baling dengan diameter 150 meter yang diharapkan dapat membangkitkan listrik dengan kapasitas sekitar 10 MW.

Indonesia yang memiliki pantai sepanjang 80.791,42 km merupakan wilayah potensial untuk pengembangan PLTB. Kecepatan angin di Indonesia secara umum antara 4 m/detik hingga 5 m/detik. Namun di daerah-daerah tertentu seperti di pantai kecepatan anginnya dapat mencapai 10 m/detik. Dengan kecepatan tersebut, pembangunan pembangkit listrik tenaga angin masih kurang ekonomis.

Namun, jika dibangun dengan ketinggian tertentu dan diameter baling-baling yang besar dapat dihasilkan energi listrik dengan potensi kapasitas 10-100 kW. Pada tahun 2009, kapasitas terpasang dalam sistem konversi energi angin di seluruh Indonesia mencapai 1,4 MW (WWEA 2010) yang tersebar di Pulau Selayar (Sulawesi Utara), Nusa Penida (Bali), Yogyakarta, dan Bangka Belitung.

Apakah energi gerak termasuk energi alternatif?

Apa Itu Energi Alternatif? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya: Ada PLTA, PLTB dan PLTS Buku Tematik Tema 6 Kelas 3 SD Apa itu energi alternatif? Berikut penjelasan dan jenis-jenisnya yang berguna bagi kehidupan manusia. TRIBUNNEWS.COM – Apa itu energi alternatif?

Berikut adalah pengertian serta jenis-jenis energi alternatif yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Baca juga: Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia.Namun hingga saat ini usaha tersebut belum diperoleh secara maksimal.Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat.Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.Dikutip dari Buku Tematik Tema 6 kelas 3 SD, ada beberapa contoh energi alternatif seperti energi panas matahari, energi gerak angin dan energi gerak air.Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah.Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik.Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB).

: Apa Itu Energi Alternatif? Ini Pengertian dan Jenis-Jenisnya: Ada PLTA, PLTB dan PLTS

Apa saja ciri ciri energi alternatif?

Energi alternatif merupakan sumber energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi. Ciri-ciri energi alternatif yaitu mudah didapat karena tersedia banyak di alam, dapat diperbaharui sehingga bisa digunakan secara berulang-ulang, serta tidak merusak alam.

Jadi, jawaban yang benar adalah A. – Energi alternatif merupakan sumber energi yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi. Ciri-ciri energi alternatif yaitu mudah didapat karena tersedia banyak di alam, dapat diperbaharui sehingga bisa digunakan secara berulang-ulang, serta tidak merusak alam.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.