Cara Yang Benar Dalam Melepas Kabel Baterai Dari Konektornya Yaitu?

Cara Yang Benar Dalam Melepas Kabel Baterai Dari Konektornya Yaitu
Cara Melepas Kabel Baterai atau Aki yang Benar Baterai atau accu (aki) merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik sementara dan sebagai pensuplai arus listrik untuk sistem kelistrikan kendaraan.Oleh karena itulah kondisi baterai harus selalu dalam keadaan baik, ketika kondisi baterai kurang baik misalnya baterai sudah drop maka baterai tersebut harus diganti dengan yang baru.Ketika akan mengganti maka berhati-hatilah saat akan melepas baterai karena apabila salah dalam prosedur melepas baterai dapat menimbulkan beberapa masalah.

    Pastikan kunci kontak dalam keadaan OFF untuk menghindari terjadinya percikkan bunga api saat melepas kabel baterai. Lepas penahan baterai Lepaskan kabel negatif baterai. Setelah kabel negatif baterai terlepas, kemudian lepaskan kabel positif baterai. Lepas baterai kemudian ganti baterai dengan yang baru. Pastikan ukuran dan kapasitas baterai baru sama dengan baterai yang lama.

Kenapa melepas kabel baterai harus kabel negatifnya terlebih dahulu ? Melepas kabel negatif baterai terlebih dahulu memang bukan tanpa tujuan, tujuannya ya tentu saja agar aman.Kenapa bisa aman? Seperti yang kita ketahui bahwa ground atau massa kendaraan adalah kerangka (chassis) dan mesin kendaraan.Karena kabel negatif baterai 99% terhubung dengan bagian kerangka dan mesin sehingga apabila kabel negatif dilepas, maka negatif baterai tidak akan terhubung dengan kerangka dan mesin.Apabila kabel positifnya dilepas terlebih dahulu sebelum kabel negatif maka ketika meggunakan kunci untuk melepas atau saat melepas tanpa sengaja menjatuhkan alat kerja lain yang terbuat dari logam sehingga dapat menghubungkan antara positif baterai dengan kerangka atau bagian mesin maka akan terjadi hubungan pendek atau konslet.Dan sebaliknya, apabila kabel negatifnya dilepas terlebih dahulu maka ketika kunci atau benda kerja jatuh dan terhubung dengan positif baterai dengan kerangka atau bagian mesin maka tidak akan terjadi hubungan pendek.Oleh sebab itulah untuk menghindari hal tersebut maka dianjurkan untuk melepas kabel negatif terlebih dahulu sebelum melepas kabel positif.

You might be interested:  Baterai Double Power Yang Bagus Merk Apa?

Apakah aman melepas baterai laptop?

Copot baterai laptop biar awet, benarkah? (2)

  • Merdeka.com –
  • Melepas baterai dari benar-benar akan memperpanjang usia baterai jika langkahnya dilakukan dengan benar.
  • Seperti dilansir Makeuseof, baterai sebaiknya dilepas dari laptop jika pengguna akan melakukan berat di laptopnya seperti bermain game dengan waktu yang cukup lama.

Namun, melepas baterai ini sendiri ternyata jika salah malah dapat mempersingkat umur baterai secara drastis. Maka dari itu, sebaiknya jika Anda ingin melepas baterai, maka laptop sebaiknya harus dalam keadaan mati dan sudah terlepas dari kabel charger adaptor.

  1. Dengan melepas baterai dengan cara tersebut, maka diperkirakan umur baterai laptop akan lebih panjang.
  2. Akan tetapi, sebenarnya saat ini sendiri perusahaan laptop juga telah mengembangkan teknologi yang membuat daya tahan baterai lebih lama.
  3. Jika baterai telah terisi penuh, maka daya listrik dari charger akan langsung disalurkan ke laptop dengan sistem by-pass dan baterai sendiri hanya akan berfungsi sebagai stabilisator saja.

Melepas baterai sebenarnya juga akan sedikit beresiko untuk laptop sendiri. Dengan melepas baterai maka aliran listrik AC dari stop kontak akan langsung mengalir ke hardware laptop. Hal ini berisiko merusak hardware laptop ketika terjadi naik turunnya daya ataupun terjadi pemadaman listrik secara mendadak.