Di Bawah Ini Yang Tergolong Tenaga Eksogen Adalah?

Di Bawah Ini Yang Tergolong Tenaga Eksogen Adalah
Jawaban ini terverifikasi berikut yang tergolong tenaga eksogen adalah pelapukan (weathering), erosi, dan sedimentasi.

Apa yang dimaksud dengan tenaga eksogen dan contohnya?

Pembahasan – Bumi merupakan salah satu planet dalam sistem tata surya yang berada di galaksi Bima Sakti. Bumi tersusun atas tiga lapisan utama, yaitu sebagai berikut:

Litosfer, merupakan lapisan terluar bumi yang tersusun atas batuan-batuan.Astenosfer, merupakan lapisan selubung atau mantel bumi yang terletak di bawah lapisan litosfer berupa material cair kental dan berpijar.Barisfer, merupakan lapisan inti bumi yang terdiri atas nikel dan ferum.

Pelajari lebih lanjut tentang lapisan bumi penyusun bumi di: brainly.co.id/tugas/758367, Perlu kamu ketahui bahwa lapisan litosfer bumi memiliki kenampakan topografi yang beragam. Keberagaman topografi tersebut dipengaruhi oleh adanya tenaga pembentuk bumi yang terdiri dari:

Tenaga endogen, merupakan tenaga pembentuk bumi yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membangun. Tenaga endogen terdiri dari tektonisme, vulkanisme, dan seisme.Tenaga eksogen, merupakan tenaga pembentuk bumi yang berasal dari luar bumi yang cenderung bersifat merusak. Tenaga eksogen terdiri dari pelapukan, pengikisan, dan pengendapan.

Pelajari lebih lanjut tentang tenaga pembentuk bumi di: brainly.co.id/tugas/1113892,

Apa saja ciri ciri tenaga eksogen?

C i r i – c i r i t e n a g a e k s o g e n a d a l a h bersifat merusak sehingga terjadinya pelapukan, erosi atau pengikisan, gerak massa batuan, dan pengendapan.

Apakah erosi termasuk tenaga eksogen?

Suara.com – Pada masa paleozoikum, beredar teori yang mengatakan bahwa seluruh benua awal mulanya menyatu. Namun ada tenaga yang mampu mengubah bentuk permukaan bumi secara terus menerus, tenaga ini disebut endogen dan eksogen. Mengutip Ruang Guru, Senin (30/8/2021), tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi.

  1. Adapun luar bumi yang dimaksud ialah tenaga yang berasal dari atas permukaan bumi.
  2. Tenaga yang berasal dari atas permukaan bumi termasuk di antaranya kegiatan manusia yang membentuk permukaan bumi.
  3. Ini bisa berarti air, angin, organisme, sinar matahari, dan es.
  4. Tenaga eksogen bersifat merusak dan mengikis permukaan bumi, terutama pada bagian-bagian tinggi.
You might be interested:  Yang Menunjukkan Katoda Dan Anoda Pada Baterai Ditunjukkan Nomor?

Tetapi di sisi lain, tenaga eksogen juga bisa mengisi bagian-bagian yang rendah. Baca Juga: Penyebab dan Jenis Erosi Itu sebabnya, tenaga eksogen bisa menyebabkan pelapukan, sedimentasi, dan pergerakan massa tanah (mass wasting). Pelapukan Pelapukan adalah proses penghancuran massa batuan menjadi massa tanah.

  1. Pelapukan fisik (Mekanis) Pada pelapukan fisik, proses penghancuran batuan menjadi pecahan yang lebih kecil terjadi tanpa mengalami perubahan susunan kimia. Biasanya, pelapukan ini terjadi karena perubahan musim, menyusupnya es di celah batuan, atau perbedaan suhu siang dan malam yang ekstrem. Sehingga tidak jarang wilayah seperti gurun banyak ditemukan bebatuan yang pecah karena perubahan suhu siang dan malam di gurun cukup tinggi. Hal ini berbeda dengan di perkotaan, di mana cenderung ditemukan batu padat dan keras.
  2. Pelapukan kimia Pelapukan kimia adalah jenis pelapukan yang terjadi karena faktor kimia. Salah satu faktor penting dalam pelapukan kimia adalah air. Sehingga tidak jarang benda keras yang terpapar air cenderung mudah lapuk.
  3. Pelapukan biologis Pelapukan biologis adalah pelapukan yang disebabkan oleh organisme melalui aktivitasnya. Contoh paling gampang adalah yang terjadi di pintu rumah, akan berbeda nadanya saat diketuk pada pintu kayu yang dimakan rayap dan menjadi lapuk.

Erosi Proses erosi adalah benda atau batu yang telah lapuk, lalu perlahan pecah menjadi partikel-partikel kecil dan akan menyatu dengan tanah. Setelahnya, tenaga eksogen yang bisa muncul adalah erosi. Erosi merupakan proses pengikisan permukaan bumi oleh media yang melibatkan pengangkatan partikel batuan.

  • Erosi percik: Jatuhnya air hujan dan mulai mengikis tanah.
  • Erosi lembar: Tanah bagian atas yang terkikis, kesuburannya mulai berkurang.
  • Erosi alur: Kikisan tanah tadi mulai membentuk alur sebagai tempat mengalirnya air.
  • Erosi parit: Terbentuk parit/lembah karena kikisan dari aliran air terus menerus.

2. Korasi dan deflasi Korasi atau deflasi merupakan erosi yang disebabkan oleh angin. Biasanya, korasi dan deflasi ini terjadi di daerah gurun. Meskipun sama-sama disebabkan oleh angin, korasi merupakan erosi yang disebabkan oleh angin dan pasir (badai pasir), sementara deflasi hanya angin saja.3.

  • Abrasi Abrasi adalah proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh gelombang laut.
  • Tebing di pinggir pantai juga umumnya terbentuk karena adanya gesekan dari gelombang laut yang membentur.
  • Goa-goa yang ada di pantai juga bisa terjadi karena abrasi ini.4.
  • Eksarasi Eksarasi adalah pengikisan yang disebabkan oleh es yang mencair atau gerakan lapisan es.
You might be interested:  Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Drop?

Karena mencairnya es ini, akhirnya batuan yang ada akan masuk ke bawah dan mengendap. Fenomena alam hasil dari eksarasi ini dinamakan fjord. Penampakannya seperti sebuah pantai yang menjorok ke darat dan dikelilingi oleh tebing curam. Sedimentasi Sedimentasi adalah peristiwa mengendapnya material batuan yang dibawa oleh angin atau air.

Mengapa tenaga eksogen bersifat?

Jawaban yang benar adalah karena sifatnya yang merusak dan dapat menghilangkan suatu bentang alam di permukaan bumi. Tenaga penyusun yang membentuk permukaan bumi terbagi menjadi dua yaitu tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen memiliki sifat yang konstruktif atau membangun, sedangkan tenaga eksogen memiliki sifat destruktif atau merusak.

Apakah mass wasting termasuk tenaga eksogen?

Tenaga Eksogen : Mass Wasting atau Tanah Bergerak – Tanah bergerak (mass wasting) adalah perpindahan massa batuan atau tanah karena pengaruh gaya berat. Proses terjadinya mass wasting sama dengan proses erosi, yaitu melalui tahapan pelepasan massa batuan atau tanah dari batuan induknya, pemindahan batuan yang terkikis dan pengendapan.

  • Subsidence (tanah amblas/ambruk)
  • Slumping (tanah nendat), yaitu proses longsoran tanah yang gerakannya terputus-putus sehingga hasilnya memperlihatkan
  • bentukan seperti teras.
  • Land Slide (tanah longsor)
  • Mud Flow (lumpur mengalir), adalah sejenis tanah mengalir dengan kadar air yang tinggi.
  • Soil Creep (rayapan tanah), adalah gerakan tanah yang sangat lambat pada lereng yang landai
  • Earth flow (tanah mengalir), adalah gerakan tanah yang jenuh air pada lereng-lereng yang landai.

: Tenaga Eksogen : Macam, Contoh, Gambar, dan Penjelasan

Apakah tenaga eksogen dapat berasal dari air?

Proses Tenaga Eksogen Membentuk Muka Bumi – Tenaga eksogen merombak permukaan bumi akibat dari proses pelapukan, pengikisan (erosi), pengendapan, dan pergerakan batuan atau tanah. Dalam prosesnya ketiga fenomena tersebut biasanya dibantu oleh air, udara, maupun es.

  • Pelapukan adalah peristiwa ketika batuan dari gumpalan besar hancur menjadi gumpalan kecil dan melebur menjadi bentuk yang sangat halus.
  • Proses pelapukan membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan dapat terjadi secara mekanik, kimiawi, dan organik.
  • Pelapukan mekanik yaitu peristiwa hancurnya material batuan tanpa mengubah struktur yang dipengaruhi oleh perbedaan temperatur, dan lainnya.

Lalu, pelapukan kimiawi yaitu proses pelapukan batuan yang mengubah susunan kimiawi dan struktur batuan. Sedangkan pelapukan organik adalah proses pelapukan yang terjadi karena aktivitas makhluk hidup seperti tumbuhan lumut, atau tumbuhan paku-pakuan, maupun aktivitas hewan seperti cacing tanah dans serangga.

You might be interested:  How Much Would Solar Panels Save Me?

Erosi adalah pengikisan batuan yang diakibatkan oleh media yang bergerak seperti aliran air sungai, angin, gelombang laut, dan gletser. Dengan kata lain, proses erosi mengubah atau memindahkan massa batuan secara alami dari satu tempat ke tempat lain. Erosi terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan tenaga perombaknya yaitu erosi air, erosi angin (deflasi), erosi gelombang laut (abrasi), dan glasial.Bentuk permukaan bumi akibat erosi misalnya tebing sungai yang semakin dalam, lembah yang curam, pembentukan gua, atau badan sungai yang melebar.

Hasil dari erosi tidak berhenti dan diam di satu tempat saja. Prosesnya berlanjut ke tahap pengendapan di daerah yang memungkinkan untuk menimbun suatu material. Nah, penimbunan material ini yang kita sebut dengan sedimentasi. Jadi, sedimentasi adalah pengendapan material hasil pengikisan dan pelapukan yang disebabkan oleh air, angin, gletser ke suatu wilayah untuk diendapkan.

Tenaga endogen ada berapa?

Secara umum tenaga endogen dibagi menjadi tiga jenis yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme atau gempa.1) Tektonisme Tektonisme terdiri atas 2 proses, yaitu epirogenesa dan orogenesa.

Apa yang dimaksud dengan tenaga endogen Sebutkan contoh contohnya dan tenaga eksogen serta sebutkan contoh contohnya?

Dalam perkembangannya, permukaan bumi selalu mengalami perubahan. Tenaga yang berperan dalam mengubah permukaan bumi disebut dengan tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu seisme atau gempa, tektonisme dan juga vulkanisme.

Sedangkan tenaga eksogen, merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi, contohnya abrasi dan tanah longsor. – Dalam perkembangannya, permukaan bumi selalu mengalami perubahan. Tenaga yang berperan dalam mengubah permukaan bumi disebut dengan tenaga endogen dan eksogen. Tenaga endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi, yaitu seisme atau gempa, tektonisme dan juga vulkanisme.

Sedangkan tenaga eksogen, merupakan tenaga yang berasal dari luar bumi, contohnya abrasi dan tanah longsor.

Apa yang dimaksud dengan tenaga eksogen serta jelaskan pembagiannya?

Sementara itu tenaga eksogen merupakan tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar tubuh bumi. Tenaga eksogen terdiri dari Pelapukan, Pengikisan, (erosi) dan sedimentasi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan tenaga endogen dan beserta contohnya?

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam perut bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi yang merupakan lapisan terluar dari bumi. Tenaga endogen secara umum dibagi menjadi 3 bagian yaitu tektonisme, vulkanisme dan seisme atau gempa bumi.